Makanan yang Laris di Bulan Puasa, Mulai Dari Keripik Hingga Frozen Food

Makanan yang Laris di Bulan Puasa

Kamu sedang bingung mau jualan apa saat ramadhan tiba? Atau mungkin bosan dengan jualan yang begitu-begitu saja dan tidak ada inovasi? Simak tulisan berikut ini tentang produk makanan yang laris di bulan puasa.

Memang kita harus melihat keadaan pasar terlebih dahulu sebelum menentukan jenis makanan yang layak dan laris di bulan puasa. Ini tidak mudah, sebab kita tidak bisa berpatokan pada  bulan puasa tahun sebelumnya. Setiap tahun pasti mempunyai keadaan yang berbeda-beda.

Mungkin beberapa tips berikut ini bisa memberikan gambaran terkait produk apa yang laris di bulan puasa. Kita sudah sepakat bahwa inovasi bisnis di bulan ramadhan merupakan sebuah keharusan untuk menatap tahun 2021 ini. Lalu apa saja tips untuk ide jualan makanan secara online di bulan ramadhan tahun ini;

  1. Makanan harus simpel pengemasannya.
  2. Produk makanan harus tahan lama, minimal seminggu.
  3. Makanan tersebut harus punya ciri khas khusus yang membedakan dengan produk sejenis.
  4. Produk tersebut harus punya karakter back to nature.
  5. Makanan yang dijual harus punya rasa yang kuat.

Kalau produk yang akan kamu jual sudah memenuhi kriteria di atas, tentunya akan menjadi makanan yang laris di bulan puasa tahun 2021. Ini berdasarkan riset kami kecil-kecilan di berbagai platform mulai dari instagram, tiktok, hingga youtube. So, yang harus kamu persiapkan saat ini untuk menyambut bulan penuh berkah adalah menyiapkan strategi usaha yang terbaik. Dan salah satu strateginya adalah dengan berjualan makanan.

Usaha Di Bulan Puasa Ramadhan Yg Laris

Jualan makanan menjadi salah satu usaha di bulan ramadhan yang laris. Meskipun ini bulan yang katanya menahan, tapi tingkat konsumsi masyarakat justru sedang tinggi-tingginya di sini. Potensi ini harus kita manfatkan sebaik mungkin dengan menghadirkan jenis produk makanan yang halal dan terbaik untuk mereka.

Baca juga :   Cek Hashtag Instagram Memakai Tools Gratisan

Usaha makanan pasti banyak kendala di awalnya. Apalagi kita jual makanan yang sifatnya basah dan tidak tahan lama. Oleh karena itu dalam tips makanan yang laris di bulan puasa ini kita akan bagikan produk yang tahan lama dan cocok kamu pasarkan secara online. Lalu apa saja makanan yang bakal laris kamu pasarkan secara online tersebut? Simak penjelasannya di bawah.

Dagangan Yang Laris Di Bulan Puasa

Makanan yang laris di bulan puasa tahun 2021 ini mempunyai kriteria antara lain; kemasan simpel, tahan lama, berciri khas, back to nature (minim micin), punya rasa yang kuat. Berdasarkan pengamatan kami terhadap beberapa media belakangan ini, ternyata menyimpulkan bahwa ada beberapa produk yang layak kamu jual secara online di bulan puasa. Apa saja produknya;

  • Keripik
  • Makanan Manis (Kue-Minuman)
  • Gorengan
  • Paket Kurma
  • Frozen Food

Sekiranya saat ini kamu sedang berencana untuk jualan makanan secara online maka tidak ada salahnya mencoba jual beberapa produk di atas. Lalu kenapa harus jualan makanan di atas? Bagaimana strategi pemasarannya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Ide Jualan Makanan Bulan Puasa

  1. Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan adalah Keripik Rasa-rasa

keripik

Jika anda saat ini sedang merencanakan sebuah usaha rumahan dengan mengonlinekannya di media sosial maka produk yang tepat untuk menyambut bulan keberkahan adalah jualan keripik. Makanan itu saat ini menjadi primadona karena simpel dan sangat dibutuhkan untuk mengisi waktu luang.

Guna membedakannya dengan produk sejenis maka kita bisa membuatnya dengan banyak varian rasa, misalnya keripik buah-buahan atau bahkan kripik kurma atau bayam. Kripik menjadi primadona karena harganya yang murah dan tahan lama. Cocok untuk kita pasarkan secara online.

Baca juga :   Webinar Digital Marketing Pemula : Ada Banyak Pilihannya di Kampus Dosen Jualan

Agar lebih maksimal maka pasarkan jualan keripik di platform instagram dan facebook, atau bahkan tiktok. Tidak jarang juga youtube bisa menjadi jawaban untuk pemasaran ini. alumni KDJ bernama Kang Erdy pernah menjadi penjual keripik hanya dengan memanfaatkan media youtube.

  1. Resep Jajanan Bulan Puasa Paling Laris yang Manis-manis

“Berbukalah dengan yang manis-manis”. Sepertinya kalimat itu begitu terpatri di benak masyarakat ketika ramadhan tiba. Ini bisa menjadi peluang yang sangat baik untuk menemukan makanan yang laris di bulan puasa.

Lalu bagaimana cara menemukan makanan manis yang tahan lama sehingga bisa dijual secara online? Beberapa produk manis-manis yang bisa pasarkan online adalah kue dan minuman bervitamin. Seorang pengusaha asal Malaysia berhasil membuat minuman susu stroberi lalu menjualnya secara online. Produknya bisa awet dan tahan selama tiga bulan. Kamu juga bereksperimen untuk membuatnya.

  1. Ide Kreatif Di Bulan Ramadhan Contohnya Adalah Gorengan Kekinian

Beberapa waktu lalu sempat viral ada sebuah outlet di Jombang Jatim yang menjual gorengan dengan kemasan yang simpel dan kekinian. Selama ini kita melihat produk gorengan biasanya dijual di pinggir jalan. Namun dengan sedikit kreatifitas, ternyata pemilik outlet berhasil melakukan branding secara maksimal.

Meskipun gorengan ini tidak tahan dalam waktu berhari-hari, namun tentunya kamu bisa menjualnya secara online. Caranya adalah dengan melakukan strategi viral marketing agar menarik orang untuk mencoba produkmu.

Sepertinya gorengan juga menjadi makanan yang laris di bulan puasa tahun ini. Karena gorengan punya rasa yang kuat dan terkenal sebagai camilan semua umat. Pasti di momen tadarus, tarawih, ataupun buka puasa pasti akan menyajikan gorengan sebagai makanan utamanya.

  1. Jualan Paling Laris Di Bulan Ramadhan Paket Kurma dan Madu untuk Berbuka

Dua produk berikut ini yakni kurma dan madu, merupakan produk makanan paling laris di bulan puasa. Sebabnya adalah kedua makanan tersebut begitu lekat dengan tradisi keislaman. Nah buat kamu yang mungkin berpikir jualan keduanya terlalu mainstream, maka coba buatlah sedikit inovasi pemasaran.

Baca juga :   Tips Berbisnis Makanan Sahur agar Tidak Terjerumus dalam Bisnis

Misalnya dengan membuat paket madu + kurma khusus bukber. Pastinya masyarakat butuh keduanya ketika menyajikan makanan untuk berbuka. Apalagi saat momen pandemic seperti ini akan banyak orang untuk mengkonsumsi madu. Ini bisa menjadi peluang yang sangat terbuka untuk berbisnis.

  1. Resep Jajanan Bulan Puasa Kekinian adalah Frozen Food dengan Kemudahannya.

Nah, dan makanan yang laris di bulan puasa yang terakhir adalah frozen food atau makanan beku. Ini merupakan produk yang laris semenjak masa pandemic covid-19. Namun hingga kini frozen food tetap menjadi pilihan orang-orang untuk persiapan menghadapi bulan puasa.

Frozen food terkenal dengan kemudahan dan rasanya yang enak. Oleh karena itu pasti akan menjadi pilihan utama orang kala bulan puasa tiba. Bagi mereka yang mungkin tak sempat keluar mencari makan sahur, maka frozen food menjadi pilihannya.

Kamu bisa berjualan frozen food yang antimainstream semisal dengan membuat paket-paket khusus. Semisal paket daging ayam frozen untuk masak sahur. Atau paket sayur frozen untuk makan sahur. Ini semua bisa kita padukan dengan produk fresh seperti sayur, buah-buahan ataupun makanan lainnya.

Nah, itulah kelima produk makanan yang laris di bulan puasa tahun 2021. Tidak ada salahnya untuk mencoba salah satunya. Karena memang peluang  untuk berbisnis makanan di bulan ramadhan tidak pernah ada matinya. Selamat mencob