Ide Jualan Makanan di Bulan Ramadhan Anti Mainstream Ini Layak Dicoba

Ide Jualan Makanan di Bulan Ramadhan

Masih bingung mau jualan apa saat masuk bulan puasa nanti? Atau kamu kebanyakan ide hingga tidak bisa dan bingung mau memilih jualan yang mana? Kalau begitu tak usah khawatir. Sebab konten KDJ kali ini kembali membahas mengenai jualan online di momen ramadhan. Konten KDJ kali ini akan mengulas tentang ide jualan makanan di bulan ramadhan. Siap-siap eksekusi idenya ya, selepas membaca artikel berikut ini.

Kalau berbicara mengenai bulan puasa, tentu tidak bisa kita lepaskan dari yang namanya kebutuhan akan pangan. Justru di momen yang serba menahan inilah, tingkat konsumsi masyarakat kita sedang tinggi-tingginya. Tapi kita tidak akan mengulas tentang perubahan pola konsumsi masyarakat, melainkan kita akan berbagi tentang ide jualan makanan di hari hari puasa agar tidak menjadi rutinitas tahunan yang membosankan.

Bulan puasa membuat orang yang sebelumnya tidak berjualan menjadi berjualan. Ramadhan juga membuat makanan yang awalnya tidak begitu pasaran, menjadi begitu diperlukan. Oleh karena itu akan ada banyak sekali peluang untuk jualan makanan di bulan ramadhan. Tapi juga jangan kaget apabila pesaingnya naudzubillah banyaknya. Nah, maka dari itu kita harus membuat inovasi bisnis di bulan ramadhan, salah satunya dengan mencari ide jualan makanan di bulan ramadhan yang anti mainstream dan tak terpikirkan oleh para pesaing di luar sana.

Jualan Paling Laris Di Bulan Ramadhan

Kita sudah sepakat bahwa jualan paling laris di saat puasa adalah dengan berjualan makanan. Mari kita lihat bersama bahwa iklan-iklan di TV sudah duluan melakukan booming promosi padahal bulan puasa masih beberapa hari lagi. Itu mereka lakukan karena saking pentingnya bulan puasa untuk menghabiskan stok produk di gudang. Tanpa bulan puasa, produsen besar tak akan mendapatkan panen raya karena memang momen puasa membuat orang begitu konsumtif.

Baca juga :   Keuntungan SEO Bagi Website Bisnis Kamu

Tidak ada salahnya juga kamu ikut jualan makanan di bulan ramadhan untuk memetik rezeki dari momen ini. Jika produkmu sama dengan yang lain itu tidak masalah, karena customer sudah tahu mana produk yang berkualitas dan mana yang tidak. Jadi bersainglah secara sehat dengan kompetitormu. Sebab seberapapun omsetmu nantinya pasti akan berhasil berjualan di bulan puasa ini karena memang kebutuhan masyarakat akan pangan begitu tinggi. Lalu bagaimana kita bisa selangkah lebih terdepan dibanding kompetitor yang menjual produk sama. Simak ulasannya di bawah.

  • Dagangan Yang Laris Di Bulan Puasa

Ketika beberapa pedagang menjual barang yang sama dalam satu waktu, dalam satu momen yang sama, maka kemungkinan persaingan yang sehat akan terjadi. Nah, pemenangnya adalah mereka yang sanggup berada satu langkah di depan yang lain. Maka dari itu, inilah tips jualan makanan di bulan ramadhan agar jualanmu selangkah di depan yang lain;

  1. Pasarkan produkmu secara online (wajib), apalagi jika kompetitormu masih memakai pemasaran manual.
  2. Temukan karakteristik rasa yang beda dari yang lain.
  3. Sering-seringlah membuat free buying, untuk lebih menarik customer. Misal beli 1 gratis 1. Gratis buka puasa, dan lain-lain.
  4. Siapkan paket promo untuk waktu-waktu krusial bulan ramadhan, seperti paket ngabuburit, paket buka puasa, paket sahur, dan lain-lain.

Keempat ha tersebut setidaknya harus kamu terapkan ketika produkmu sama dengan pesaing yang lain. Misalnya kompetitormu jualan kurma dengan membuka lapak, maka kamu harus selangkah di depan dengan menjual kurma melalui fanspage. Dan jika pesaingmu menjual kurma kiloan, maka kamu harus menjual paket kurma untuk sedekah puasa, dan sebagainya. Inilah inti dari ide jualan makanan di bulan ramadhan, yakni berbedalah dari yang lain jika jualan kalian sama.

Baca juga :   Cara Masuk FYP Tik Tok Tanpa Bantuan Akun Buzzer Ini Layak Dicoba

Lalu bagaimana jika produk sama, cara jualan sama, dan strategi pemasarannya pun sama? Tentunya ide kreatif kita dalam menyambut puasa harus lebih ditingkatkan lagi. Caranya adalah sebagai berikut;

Usaha Rumahan Di Bulan Ramadhan

Untuk mengeksekusi ide jualan makanan di bulan puasa tidaklah harus dengan modal yang besar. Kita cukup bisa memproduksi makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat itu di rumah kita sendiri, sehingga sering kita sebut sebagai usaha rumahan.

Memang tidak dapat terhitung berapa usaha rumahan baru ketika bulan ramadhan menjelang. Oleh karena itu kita harus mencari ide jualan makanan yang lebih strategis lagi. Caranya adalah dengan riset pasar kecil-kecilan. Survei itu nanti akan menjawab tentang makanan apa yang cocok dijual saat bulan puasa, dan apa makanan yang laris di bulan puasa?

  • Makanan Yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa

Makanan yang cocok dijual belum tentu akan laris di bulan puasa. Cocok dijual berarti makanan tersebut pasti laku saat bulan ramadhan. Namun keuntungannya juga tidak seberapa. Nah untuk makanan yang cocok kamu jual di bulan puasa di antaranya adalah;

  1. Kurma
  2. Kurma cair untuk selai.
  3. Bahan-bahan untuk kolak.
  4. Sayur dan buah-buahan.
  5. Sirop buah.
  6. Frozen food untuk makan sahur.
  7. Cathering untuk buka bersama.
  8. Dendeng daging.
  9. Dan sebagainya.

Sepertinya semua produk di atas hampir akan selalu kita butuhkan saat ramadhan tiba. Sebab semuanya sangat orang butuhkan ketika sahur maupun buka. Jika kamu ingin jualan yang pasti laku, maka ide jualan makanan di atas adalah pilihan yang sangat baik sekali.

  • Makanan Yang Laris Di Bulan Puasa

Berbicara mengenai makanan yang laris di bulan puasa, tentu akan sulit sekali menemukannya. Sebab permintaan pasar sangat cepat berubah dari waktu ke waktu. Apa yang laris di tahun kemarin belum tentu akan laris di tahun ini. Mungkin kita ingat bahwa di bulan ramadhan tahun kemarin, produk paling laris adalah frozen food dan olahan buah. Sebab bulan puasa tahun kemarin, sedang gencar-gencarnya pandemi corona sehingga membuat orang cenderung ingin memenuhi kebutuhan jasmaninya.

Baca juga :   Cara Membuat Caption Jualan Online saat Ramadhan

Tapi kemungkinan trend tersebut akan berubah, karena kondisi pandemi sudah tidak begitu genting. Berdasarkan riset kecil-kecilan kami, maka ada beberapa jenis produk makanan paling laris di bulan puasa tahun ini. Di antaranya adalah;

  1. Salad Buah.
  2. Minuman bervitamin.
  3. Cathering kotakan.
  4. Olahan daging.
  5. Sayur matang.
  6. Lauk siap saji.
  7. Dan sebagainya.

Jadi kedelapan contoh produk paling laris di atas kemungkinan akan menjadi trend di bulan ramadhan tahun 2021. Sebab orang-orang cenderung menyukai kepraktisan saat ini. Apalagi untuk buka bersama, tentu sudah akan berjalan seperti biasa tahun ini. Namun dengan format yang lebih taat protokol kesehatan, oleh karenanya cathering kotakan akan laris manis di bulan penuh berkah tahun ini.

Ide Kreatif Di Bulan Ramadhan tahun 2021

Terlepas dari apa nanti yang akan menjadi produk andalanmu saat berjualan di bulan ramadhan, tentunya kamu harus siapkan seperangkat strategi marketing online untuk bertempur melawan spam iklan di televisi yang bertubi-tubi. Buatlah strategi marketing yang beda daripada yang lain. Salah satunya adalah dengan membuat konsep pengkaitan antara nilai agama dan motif ekonomi.Untuk penjelasannya, silakan ikut di Kelas Ramadhan Kampus Dosen Jualan yang akan hadir sebentar lagi. Semoga bermanfaat dan tunggu jawabannya di artikel selanjutnya.