Kelebihan dan Kekurangan Video Marketing

Kelebihan dan Kekurangan Video Marketing

Mungkin salah satu media untuk promosi online yang paling efektif untuk kita gunakan saat ini adalah yang berbentuk video. Apalagi di Indonesia yang notabene mempunyai budaya literasi yang masih belum membanggakan sehingga media komunikasi dalam bentuk video sangat digemari. Semenjak kehadiran televisi, tentunya kita mulai mengenal konsep tentang promosi menggunakan video atau yang biasa disebut video marketing. Namun di balik efektifitasnya untuk promosi, video marketing tetap mempunyai kekurangan. Tulisan ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan video marketing untuk kamu semua. 

Saat ini hampir semua orang menghabiskan waktunya berselancar di dunia maya dengan menikmati suguhan berbentuk video. Contohnya adalah melalui media youtube, tiktok, snack video, maupun instagram. Semuanya menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya dapat nyaman menikmati video. Ternyata hal itu didasari oleh tuntutan dari penggunanya yang lebih suka menikmati video daripada gambar atau teks. 

Lalu lambat laun orang juga menggunakan video untuk melakukan promosi barang atau jasa. Apabila kamu sering menonton youtube, tentu sering mendapati iklan di dalamnya. Inilah salah satu bentuk promosi menggunakan video marketing. Tidak hanya itu sebenarnya, video marketing itu luas sekali, termasuk juga vlog, tiktok, snack video, maupun instagram. Lalu apa sebenarnya pengertian video marketing itu? Kami akan mengulasnya sebelum kita mengulas kelebihan dan kekurangan video marketing. 

Pengertian Video Marketing

Mari kita ulas bersama apakah yang dimaksud sebagai video marketing. Ini adalah salah satu bentuk promosi, pengenalan, pemasaran,  ataupun sosialisasi sebuah barang, jasa, ataupun person menggunakan media video atau gambar bergerak. Video yang dimaksud di sini tidaklah sekedar video hasil rekaman, tapi juga video hasil editing seperti animasi, dan lain-lain. 

Video marketing mulai dikenal setelah kemunculan youtube yang fenomenal. Ketika itu, sebuah video adalah sesuatu yang mewah sehingga apa yang diiklankan di sana akan mempunyai prestise yang tinggi.

Saat ini kita mengenal banyak sekali platform untuk video marketing, tidak hanya youtube saja. Tapi kehadiran tiktok juga menggemparkan jagat maya karena berhasil membuat platform video yang lebih dinamis dan berpindah-pindah secara cepat. 

Mau tidak mau, sebagai seorang pebisnis kita harus mengikuti perkembangan dan permintaan pasar yang ada. Kalau pasar saat ini lebih mudah ditemukan lewat media video maka kita harus membuat video pula. Dan tentunya jangan lupa untuk mempersiapkan platform yang ada. Beberapa platform yang memungkinkan sebuah video bisa mempromosikan produk antara lain adalah;

  1. Youtube
  2. Instagram
  3. TIKTOK
  4. Snack video
  5. BIGO LIVE
  6. Dan lain-lain. 

Dari kesemuanya tersebut kita bisa mempromosikan barang atau jasa lewat media video. Karena nantinya akan banyak yang menonton, maka kita harus perhatikan kualitas video yang ada di sana. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan video marketing, yakni harus sangat memperhatikan kualitas kontennya. Di bawah ini kita ulas bersama tentang kekurangan video marketing. 

Sebutkan Kekurangan Video Marketing

Sebenarnya kekurangan video marketing lebih sedikit ketimbang kelebihannya. Oleh karena itu kamu jangan sampai minder dan tidak jadi eksekusi hanya gara-gara tahu kekurangannya. Kami membahas mengenai kelebihan dan kekurangan video marketing ini hanya agar kamu mempersiapkan sebuah perancangan video marketing secara maksimal. 

Kekurangan video marketing antara lain adalah;

  1. Membutuhkan waktu untuk take video, editing, dan juga saat proses pencarian ide. 
  2. Kurang bisa menyampaikan maksud suatu promosi secara substansial.
  3. File berukuran besar sehingga tidak efektif untuk menyapa mereka yang  berada di daerah kurang sinyal.
  4. Mudah terjadi pembelokan informasi karena video bisa menjadi potongan dan diframing. 
  5. Membutuhkan tenaga khusus untuk taking  dan editing video. 
  6. Videonya harus berkualitas tinggi kalau ingin bagus hasilnya. Namun video berkualitas tinggi kadang juga menyebabkan kelemotan ketika konten tersebut dibuka oleh kalangan yang berada di wilayah susah sinyal. 

Itulah kekurangan video marketing yang mungkin belum mampu terselesaikan oleh platform media manapun. Karena kekurangan inilah, maka banyak pemain digital marketing lebih memilih tetap menggunakan sosial media berbasis teks dan gambar. Karena apabila tak bisa mengikuti tren dalam pembuatan video maka akan ketinggalan dalam promosi. Oleh karena itu kita harus mempunyai tim yang khusus bertugas memproduksi konten video. Dengan begitu kita bisa mengikuti trend yang sedang terjadi. 

Dalam video marketing, tren adalah segalanya. Sekali saja kita ketinggalan upload, maka itu akan mempengaruhi algoritma platform ke depannya. Namun kalau kamu bisa mengikuti trend dan challenge yang sedang berkembang, maka kita bisa mudah mengoptimalkan promosi ke depannya. Inilah salah satu kelebihan video marketing. 

Kelebihan Digital Marketing Melalui Video

Semua hal harus kita takar berdasar manfaat dan mudharatnya. Karena itulah tulisan ini ada. Apabila kita takar bersama, maka ada banyak sekali kelebihan video marketing. Daripada kelemahannya maka masih lebih banyak kelebihannya. Pada saat ini video marketing sedang menjadi calon menantu idaman. Jika ingin memantaskan diri di depan customer, tentu kita harus memulai sebuah agenda pemasaran melalui video marketing. Di antara yang menjadi kelebihan video marketing adalah, sebagai berikut;

  1. Banyak peluang promosi kita menjadi viral.
  2. Jangkauannya lebih luas karena bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. 
  3. Bisa lebih memancing interaksi antara creator dengan calon customer.
  4. Bisa membekas di benak orang-orang yang menonton. 
  5. Lebih mudah dalam mengirimkan pesan dan maksud promosi, meskipun media dalam bentuk video cenderung simpel. 
  6. Ada banyak platform untuk mengupload-nya. 
  7. Bisa menguatkan karakter sebuah brand.
  8. Bisa semakin meyakinkan customer.

Gimana? Apakah kamu sudah ada rencana untuk mengalihkan fokus pemasaran ke dalam bentuk video? Jangan ragu untuk memulai sobat. Karena saat ini sudah mulai banyak orang yang mencari barang lewat platform-platform berbasis video,seperti Youtube dan Tiktok. Hal ini sudah ada yang membuktikan sendiri yakni Kang Erdy (Salah satu alumni kampus dosen jualan), juga berhasil mengembangkan bisnis lewat platform youtube. 

Jualan Online dengan Video Marketing

Beliau seringkali mengisi kelas SEO Youtube di KDJ, dan bilang bahwa kalau ingin membuat konsep jualan yang simpel dan hasilnya maksimal adalah dengan memanfaatkan platform youtube. Di sini kita tak terlalu dituntut untuk bisa jago dalam hal editing, karena orang yang mencari barang lewat youtube biasanya hanya akan melihat spesifikasi produk. Syukur-syukur kamu bisa mengoptimalkan videomu lagi dengan aplikasi yang bagus tentu hasilnya lebih maksimal. 

Itulah kelebihan dan kekurangan video marketing menurut Kampus Dosen Jualan. Berdasarkan pengalaman kami di tim konten KDJ, ternyata sebuah strategi video marketing lebih menghasilkan insight yang memuaskan. Namun terkadang kita masih kebingungan untuk menentukan keberhasilan sebuah video marketing. Karena terkadang orang yang mengklik videonya adalah orang yang tidak sengaja sehingga tetap saja itu tidak menyasar target market. 

Semoga tulisan mengenai kelebihan dan kekurangan video marketing berikut ini dapat bermanfaat, dan bisa semakin memantapkan dalam membuat strategi video marketing.

Baca juga :   Tugas Admin Digital Marketing Makin Mudah dengan Aplikasi Berikut Ini