Contoh Konsep Video Marketing yang Bisa Kamu Coba di Platform Jualan

Contoh Konsep Video Marketing

Mungkin saat ini sudah waktunya kamu mengeksekusi rencanamu untuk bikin video marketing untuk jualan. Urgent sekali sebab saat ini telah banyak pemain digital marketing yang memanfaatkan dan mengandalkan video sebagai ujung tombak promosinya. Apalagi kemarin kita telah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan video marketing, tentunya harus lebih siap lagi untuk terjun ke dalam promosi lewat tiktok, youtube, snack video, dan sebagainya. Tulisan ini akan memberikan contoh konsep video marketing agar kamu tidak bingung mau memproduksi video yang bagaimana.

Apabila saat ini kamu masih pemula dalam soal pemasaran menggunakan video, maka jangan khawatir. Di sini akan kami bagikan pengalaman kami membuat konten KDJ di tiktok, youtube, maupun instagram. Pengalaman kami tentunnya akan disertai dengan contoh konsep video marketing, karena cara belajar paling mudah adalah menggunakan contoh. Kamu bisa memakai rumus ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Kami pun awalnya menggunakan rumus tersebut untuk memproduksi konten video, tapi akhirnya telah terbentuk pola yang khas Kampus Dosen Jualan.

Rumus ATM atau amati, tiru, dan modifikasi ini mungkin cocok untuk kamu yang masih belajar membuat konsep video marketing. Sebab bagi seorang pemula, apalagi pebisnis solo (sendirian), tentu akan sulit membuat konten video tanpa disokong sebuah tim. Namun kami akan membagikan kepadamu bagaimana saja contoh contoh konsep agar nantinya kamu bisa langsung Tiru dan Modifikasi. Inilah contoh konsep  video marketing buatmu.

Jenis Jenis Video Marketing

  1. Konsep Video Promosi Yang Menarik dengan Video Testimoni

Kalian pernah nggak memasang chat berisi testimoni dari pelanggan? Nah, kalau konten dengan jenis tersebut sudah nampak basi dan banyak yang menyamai, tentu kita harus membuat konten testimoni yang lebih menarik. Salah satu caranya adalah denngan membuat sebuah video testimoni agar para cabuy makin percaya bahwa produkmu memang telah teruji oleh konsumen.

Baca juga :   Tips Sederhana Tajir Melintir ala Dewa Eka Prayoga

Contoh konsep video testimoni adalah dengan meminta pelangganmu menceritakan bagaimana mereka menggunakan produkmu, dan apa manfaat yang mereka rasakan setelah menggunakannya. Memang awalnya tidak mudah untuk memancing mereka untuk ngomong, namun ada sedikit trik di sini. Tanyakan saja kepada customermu, bagaimana mereka memakai barang atau produk yang telah mereka beli. Kalau responnya baik, tentu mereka akan bercerita bagaimana menggunakan produk tersebut.

Namanya video testimoni pasti berisi hal-hal baik seputar produkmu, kalau ada yang testimoni  yang agak nyeleneh misalnya, maka pancing saja mereka untuk memberikan saran dan masukan buat produkmu. Ini akan lebih bisa membangun brandingmu ke depannya nanti.

  1. Contoh Video Marketing dalam Bentuk Branding

Contoh konsep video marketing berbentuk branding adalah berusaha mengunggulkan produkmu di mata calon customer. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika membuat video branding, di antaranya adalah;

  • Keistiqomahan Tema konten
  • Keunggulan Produk
  • Posisi produkmu di dalam konstelasi persaingan produk lain.
  • Visualisasi terhadap produkmu.

Kempatnya sangat berkaitan antar satu dengan yang lain. Di dalam sebuah video branding, kamu harus dapat menemukan keunggulan produkmu dibanding produk lain. Juga kamu harus temukan posisi produkmu terhadap produk lain yang sejenis, misalnya kalian berbisnis rak buku. Jika penjual lain, lebih fokus pada rak buku  untuk ruang tamu, maka jualanmu lebih kepada rak buku untuk anak kos. Inilah pentingnya membentuk keistimewaan produk untuk video branding. Selain itu semua harus ditunjang dengan visualisasi video yang khas sehingga bisa memperkuat brand produkmu.

  1. Cara Membuat Video Marketing Profile Company

Jenis video marketing selanjutnya adalah berbentuk company profile. Nah, ini merupakan tahapan selanjutnya setelah kamu membuat video branding. Yang namanya publik pasti akan kepo terhadap pembuat produk setelah mereka melihat sebuah brand tertentu. Inilah yang harus kita lakukan setelah membuat video branding, yakni membuat profile company.

Baca juga :   Kelebihan dan Kekurangan Video Marketing

Biasanya video profile company berbentuk video pendek (60-120 detik) yang berisi bagaimana produk tertentu telah diproduksi oleh sebuah pihak. Nah dalam video itulah tugas kita untuk mengunggulkan dan menjelaskan latar belakang dari si company atau produsen tersebut.

Memang dalam pembuatan sebuah company profile membutuhkan riset yang panjang, mulai dari riset historis hingga riset angle untuk pengambilan video. Nah, untuk proses editing terkadang membutuhkan tenaga yang ahli di bidangnya. Kamu dapat menyewa jasa editor untuk ini agar video company profilmu  dapat menjual.

  1. Yang Termasuk Media Video Marketing Adalah Demo atau Peragaan Sesuatu

Tentunya konsep video marketing tidaklah sekadar menjelaskan produk atau perusahaannya saja, melainkan juga cara pemakaian produk tersebut atau cara pengaplikasiannya. Terkadang kita menemukan sebuah contoh konsep video marketing yang berisi review terhadap produknya sendiri. Ini juga penting dalam sebuah video marketing. Sebab bagaimanapun sebelum kita menjual suatu produk ke masyarakat, mereka harus tahu lebih dulu bagaimana penggunaan, kegunaan, serta manfaatnya.

Seperti halnya seorang penjual masker memeragakan pemakaian masker, maka kamu juga bisa membuat konsep konten marketing berisi penggunaan produk, misalnya mukena, skincare, kaos, sepatu, ataupun produk software untuk laptop/pc. Memang contoh konsep video marketing ini tidak secara langsung mendatangkan pembeli apalagi closing, namun cara ini bermanfaat untuk soft selling yang mana secara tidak langsung produkmu akan dikenal oleh pengguna.

Platform yang paling powerfull untuk mengupload video demo atau peragaan ini adalah tiktok dan instagram. Keduanya sangat cocok untuk upload konten yang pendek dan cenderung sekali lihat. Jika  versi punyamu lebih panjang maka itu jenisnya sudah lain, yaitu konsep edukasi.

  1. Cara Kerja Video Marketing dengan Konsep Edukasi

Tugas seorang digital marketer di era sekarang sebenarnya tidak lagi berjualan, melainkan memberikan pengertian dan info kepada yang membutuhkan. Masalah nantinya produk akan laku itu adalah efek yang tak dapat kita prediksi. Nah, konten yang tidak boleh kamu lupakan ketika membuat konsep video marketing adalah konten edukasi.

Baca juga :   Belajar PBN (Private Blog Network) Dengan Gampang Ya di Kampus Dosen Jualan Aja

Konsep edukasi ini bisa dalam bentuk di antaranya adalah video ilustrasi, video tutorial, live IG, ataupun bincang-bincang seputar penggunaan suatu produk. Jenis video ini biasanya akan lebih panjang daripada jenis demo. Karena konsep video edukasi lebih bertujuan untuk memberi kejelasan dan pengertian, serta tidak sekadar teknis penggunaan saja.

Berbagai platform bisa menjadi temanmu untuk  memberikan edukasi, di antaranya adalah youtube, LIVE IG, Tiktok, LIVE Tiktok, LIVE Facebook, IG TV, dan lain-lain. Semua platform sama powerfullnya untuk menerapkan contoh konsep video marketing ini. Asal kamu sudah mempunyai target pasar yang jelas. Jangan lupa untuk memberikan semacam banner atau pemberitahuan dulu, sebelum kamu akan melakukan edukasi pasar. Misalnya dengan membuat poster, coming soon, nantikan, simak, dan lain-lain.

Konsep ini sebenarnya sudah sering digunakan oleh mereka yang berprofesi oleh konten kreator, tapi bagi seorang penjual online tentu ini bisa kita tiru. Sebab cara ini cenderung akan mendatangkan banyak interaksi dan traffic baru. Selamat mencoba beberapa contoh konsep video marketing di atas. Semoga bermanfaat.