Keunggulan Fitur Whatsapp Business Bagi Pebisnis Online

Keunggulan Fitur Whatsapp Business

Keunggulan Fitur Whatsapp Business. Memang sudah banyak dari pengusaha atau pebisnis online menggunakan whatsapp bisnis sebagai platform menerima orderan dalam bentuk apapun. Hanya saja tak sedikit juga yang belum menggunakan whatsapp bisnis secara optimal. Padahal wa bisnis sudah di setting fiturnya  sedemikian rupa untuk memudahkan sistem kerja kita terutama untuk pengusaha atau pebisnis online.

Di balik keunggulan fitur whatsapp business itu, Mari kita tengok apa aja sih  fitur-fitur whatsapp bisnis yang bisa kita optimalkan fungsinya untuk memudahkan sistem kerja kita dalam hal menerima pesan atau orderan via whatsapp bisnis.

Baca Juga : Contoh Broadcast Whatsapp yang Menarik

Mengenal kelebihan whatsapp bisnis beserta fitur-fiturnya

  • Ciri-ciri WA Bisnis dan Whatsapp Biasa

Tentunya dibandingkan dengan whatsapp biasa, whatsapp bisnis memiliki kelebihan nya sendiri. Banyak keunggulan fitur whatsapp business, mulai dari segi tampilan antara yang memakai whatsapp bisnis dan whatsapp biasa. Berikut ini akan kami tunjukkan sedikit perbedaan tampilan orang yang menggunakan whatsapp bisnis dengan whatsapp biasa.

[whatsapp biasa]                                                                                            [whatsapp bisnis]       

Lalu jika kita masuk ke dalam profilnya maka yang nampak adalah sebagai berikut. Jadi berikut merupakan perbedaannya. Kalau whatsapp biasa maka tidak adakan muncul katalog, fitur bagikan, dan juga jam buka toko. Sedangkan profil whatsapp biasa, maka tidak akan muncul semuanya itu. Kita hanya akan menemukan foto profil dan kalau bisa nama serta status dari kontak tersebut. Berikut ini merupakan gambaran dari ciri-ciri whatsapp bisnis dan whatsapp biasa.                                                                   
Nah, sekarang sudah tau kan sedikit perbedaan diantara keduanya. Saatnya kita mengenali apa aja sih fitur-fiturnya yang tersedia. Sebab tanpa mengenal fitur dan keunggulan fitur whatsapp business maka kita tidak dapat menggunakan segenap keunggulan tersebut untuk bisnis. 

Whatsapp business untuk bisnis online

Sebelum kita bisa menggunakan  menggunakan whatsapp bisnis lebih optimal untuk bisnis jualan dan yang lainnya, tentunya kita harus mengenal dulu fitur-fitur nya yang telah disediakan. Jadi apa aja sih fitur yang tersedia di whatsapp bisnis? Setelah kamu tahu tentunya akan lebih termudahkan dengan whatsapp tersebut. 

Untuk memudahkan kamu mengetahui fitur yang ada dalam whatsapp bisnis, sambil membaca artikel ini mungkin kamu bisa buka aplikasi  whatsapp bisnis ya sob. Setelah kamu membuka aplikasinya silahkan klik titik tiga di pojok kanan atas dan klik “fitur bisnis”. Maka kamu akan menemukan tampilan seperti ini

Mengenal saja tentu nggak cukup, selain mengenal bukankah lebih baik kita bisa memahaminya? Karna tentunya dengan kita bisa memahami maka kita tidak akan salah paham dalam kegunaan dan fungsinya. Layaknya manusia yang diciptakan mempunyai alasan, begitu juga dengan fitur whatsapp yang diciptakan sebagai alasan untuk bisa memudahkan urusan manusia

Lalu tahukah kamu apa saja manfaat fitur-fitur dari whatsapp bisnis ini? Setelah tadi kita bahas mengenai kelebihan fitur whatsapp business, maka kita juga harus tahu apa manfaatnya. Tentunya di balik semua kelebihan tadi ada fitur yang harus kamu tahu sebagai seorang pebisnis online. Manfaat ini dapat memaksimalkan kerja kamu untuk membalas, broadcast, dan menginformasikan produk kepada customer. 

Daripada whatsapp biasa, tentunya ada banyak manfaat dari WA Bisnis ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari WA business.

Manfaat fitur-fitur whatsapp bisnis

  • Profil bisnis

Di dalam profil bisnis menyediakan beberapa hal yang harus diisi atau lebih baik bisa terisi dengan lengkap. Hal-hal yang dapat dilengkapi sebagai berikut.

  • Nama bisnis

Nama bisnis ini bisa kamu isi yang menjelaskan apa bisnismu ini. Ex: “Jasa angkut barang”, “Distributor MS Glow”, “konveksi Wedding Dress” dan masih banyak lagi

  •  Deskripsi

Deskripsi yang ada disini bisa kamu isi sesuatu yang menggambarkan bisnis yang kamu miliki. Contohnya bisa seperti ini :

“Kami menyediakan berbagai macam fashion model kekinian. Dan kami selalu update fashion terbaru sehingga kamu bisa selalu tampil trendi dan kekinian”

  • Kategori bisnis

Kategori bisnis disini diisi sesuai dengan bisnis yang kamu miliki. Sudah tersedia dan bisa kamu pilih, dan maximal hanya 3 kategori saja yang bisa kamu pilih atau kamu cantumkan

  • Alamat, Jam operasional , dan Email

Pada bagian alamat bisa kamu isi alamat toko atau alamat bisnis mu. Jam operasional dapat disesuaikan dengan jam kerja, dan bila ingin mencantumkan email maka cantumkan email yang aktif untuk bisnis

  • Katalog

Pada bagian katalog kamu bisa memposting gambar produk atau sesuatu yang menyangkut bisnis atau usaha yang sedang kamu jalani. Selain foto produk,kamu bisa mencantumkan deskripsi produk beserta harganya. 

Selain itu, produk yang kamu pasang dikatalog bisa juga kamu iklankan di facebook. Jika kamu ingin mengiklankan produk yang ada dikatalog whatsapp bisnis pada facebook, kamu cukup klik titik 3 pojok kanan atas. Setelah itu klik yang bertuliskan ”Advertise On Facebook”.

Selain bisa kamu iklankan, kamu bisa share link katalogmu agar memudahkan juga untuk orang orang mengetahui  produk apa saja yang kamu jual, atau layanan jasa apa yang kamu tawarkan. Kamu bisa share pada kontak whatsapp atau bisa juga kamu pasang pada postingan facebook atau profil instagram.

  • Fitur perpesanan

  • Pesan di luar jam kerja

Pada bagian ini tulislah pesan yang berguna sebagai jawaban apabila ada seorang pelanggan yang mengirimkan pesan di luar jam kerja  yang sebelumnya telah kamu jadwalkan

  • Salam

Salam ini bisa kamu isi kata sambutan atau sapaan hangat. Pada fitur ini berguna untuk membalas pesan dari seseorang yang baru pertama kali mengirim pesan padamu. Atau juga sebagai balasan untuk seseorang yang melakukan chat kembali setelah masa 14 hari tidak melakukan interaksi chat terhadapmu

  • Balasan cepat

Fitur ini berguna untuk bisa mengirimkan pesan secara cepat. Biasanya pesannya berupa sesuatu yang sering terulang atau kamu gunakan. Misal nya seperti nomer rekening, format order, format join reseller, link join grup dll

Balasan cepat kita awali dengan tanda /(judul isi chat)

  • Label 

Label ini berguna untuk kamu mengelompokkan perpesanan atau menandai sesuatu yang penting. Misalnya seperti mengelompokkan orang yang sudah transfer, orang yang  sudah pesan tapi belum transfer, orang yang sering order dll. 

Selain melabeli kontak seseorang, kamu juga bisa melabeli chat yang sangat penting. Contohnya pesan alamat pelanggan aktif, bukti resi ekspedisi dll.

  • Jangkau lebih banyak pelanggan

  • Tautan pendek

Ini adalah tautan yang bisa kamu bagikan lewat postingan facebook, profil instagram, atau lewat chat whatsapp, messenger,DM atau yang lainya. Guna mengarahkan seseorang untuk bisa langsung menghubungi mu via whatsapp

  • Facebook dan instagram 

Bagian terbawah dari fitur bisnis whatsapp bisnis ini adalah memasang atau menghubungkan whatsapp kamu pada halaman facebook atau instagram.

Itulah tadi beberapa manfaat dan kelebihan fitur whatsapp business yang harus kamu tahu sebagai seorang pebisnis online. Semoga pembahasan mengenai whatsapp ini dapat bermanfaat buat kamu. Salam inspirasi.

(Ditulis oleh Vya- Tim Olshop KDJ)

Baca juga :   Cara Cepat Remove Teman di Facebook yang Gak Aktif