Kelebihan Website e Commerce untuk Kemajuan Bisnis Online

kelebihan website e commerce

Kelebihan Website e commerce. Meskipun saat ini sudah ada berbagai macam platform sosial media, nyatanya bisnis online melalui website masih menjadi pilihan banyak orang di luar sana. Kalau tren marketing saat ini berkutat di seputar wilayah sosial media dan platform video, maka website tetap memiliki pangsa pasarnya sendiri. Tentunya akan menjadi suatu nilai lebih jika kita dapat memanfaatkan peluang dan potensi yang tersisa ini.

Berbicara mengenai bisnis online via website, maka salah satu hal yang tidak dapat kita sepelekan adalah bagaimana kita melakukan optimasi dan maintenance website agar dapat maksimal menjalankan fungsi marketingnya. Tentunya kita tidak dapat menggunakan sebuah web yang asal-asalan untuk mendapatkan hati sang customer. Maka dari itu para praktisi internet menghadirkan suatu jenis optimasi atau optimalisasi bernama SEO (atau Search engine optimization). Di sini tujuan kita menjalankan SEO adalah untuk menempatkan web kita di halaman pertama atau kedua mesin pencari (google).

Selain menggunakan jurus SEO, tahukah kamu ada satu lagi aspek yang harus kita ketahui ketika memutuskan untuk memakai web sebagai platform pemasaran? Salah satu hal penting tersebut adalah tahapan maintenance. Sebagai informasi bahwa di antara yang  menjadi kerja-kerja maintenance adalah; penataan visual dan penataan website, kemudahan menggunakan tools di dalamnya, serta kecepatan loading web itu sendiri. Salah satu jenis website yang bisa menghadirkan itu semua dalam dirinya adalah website dengan jenis e-commerce.

Apa itu website e-commerce dan apa bedanya dengan web biasa biasa kita kenal pada umumnya? Pada penjelasan di bawah ini, kita akan simak apa itu website e commerce dan apa kelebihan website e commerce untuk berjualan online.

Baca juga : Keunggulan Nama Domain ID

E Commerce Adalah?

Apa itu web e commerce? Dalam benak kita mungkin jika ditanya e commerce pasti akan merujuk pada platform-platform jual beli, seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada. Namun tahukah kamu bahwa ternyata e commerce itu dapat kita ciptakan sendiri dalam bentuk sebuah website. Di era sekarang semua orang, semua pebisnis, boleh menerapkan cara apapun dalam berjualan, asalkan tidak melanggar hukum yang berlaku di bawah negara kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga :   Trik Berbisnis Make Up dari Anisa Kusuma, Sang Manajer Fabil Beauty Group

Termasuk dalam hal pembuatan website e commerce. Jadi kita tak hanya dapat mengandalkan shope saja untuk aktifitas jual beli seperti check out, pembayaran, dan lain sebagainya. Kita bisa membuatnya sendiri dalam suatu website jika ingin fitur seperti halnya marketplace pada umumnya.

Bedanya dengan marketplace si oren, ijo, dan merah adalah di website e commerce ini hanya ada satu penjual dan satu brand yakni brand kamu seorang. Tentu kalau kita menyimak beberapa brand kenamaan di Indonesia dan dunia saat ini, tentunya sudah banyak yang memakai sistem web e-commerce seperti ini. Seperti halnya eiger adventure, bata, gramedia online, dan masih banyak lagi.

Banyak brand kenamaan tersebut memakai konsep web e-commerce karena ada banyak kelebihan website e commerce tersebut sehingga memudahkan untuk mereka berjualan. Nah, dalam tulisan ini kita akan membahas apa saja kelebihan tersebut sehingga mungkin menyebabkanmu tergiur untuk juga memakai jenis web tersebut.

Jelas halaman e-commerce ini lebih memakan biaya apabila hendak membangunnya. Namun biaya berapapun tidak akan terasa berat apabila kita memang menginginkan kualitas pelayanan yang lebih baik terhadap para customer.

Oke, tanpa berlama-lama lagi kita akan simak kelebihan website e commerce beserta jenis-jenisnya serta contohnya di bawah ini;

Jenis Jenis E Commerce dan Kelebihannya

Pemakai halaman e-commerce sudah banyak sekali. Alasan mereka memakai web jenis tersebut tentunya karena mempunyai kelebihan tersendiri.Apa saja kelebihan website e commerce untuk bisnis dan penjualan kita?

  1. Memberikan Customer Experience yang Berkesan

Jenis web ini memang akan memberikan customer experience yang berkesan. Sebab platform marketing dan penjualan yang menjadi satu akan memudahkan mereka untuk mengenal sekaligus mencoba produknya. Sebab di banyak platform, biasanya marketing dan closing itu tidak terjadi dalam satu platform. Namun kelebihan website e commerce untuk bisnis kita adalah dapat memudahkan pelanggan membeli langsung dari websitenya.

  1. Menghindari adanya Calon Buyer Tidak Jadi Beli

Di atas kita sudah singgung tentang marketing dan closing yang tidak terjadi dalam satu wadah. Jadi akibat yang terjadi jika kita menggunakan dua platform untuk marketing dan closing, maka ini berpotensi menghasilkan calon customer yang gagal closing. Sebab di saat customer memikirkan sistem pembayaran, mereka sudah lepas dari kendali kita. Sehingga mereka menengok ke toko lain yang sistem pembayarannya lebih mudah dan terpercaya. Jadi halaman e-commerce ini akan menyatukan proses jual beli tersebut dan customer merasa untuk dimudahkan.

  1. Lebih Memangkas Kerja Customer Service dan Admin Jualan

Integrasi platform dalam satu web tentunya akan memangkas kerja dari customer service dan juga admin jualan online. Mungkin kita dapat memangkas sebanyak dua sampai tiga orang posisi dalam sebuah tim digital marketing. Jadi kita cukup menggunakan satu orang saja untuk melayani penjualan, pemesanan, penawaran, dan juga deal maker.

  1. Memunculkan Trust dari Pelanggan

Lalu sebuah web yang berbentuk e-commerce juga menjadikan customer lebih menaruh rasa percaya kepada bisnis kita. Sebab web adalah tolok ukur kepercayaan tersebut. Kalau websitenya bagus dan menarik, apalagi ada fitur check oout dan lain sebagainya maka akan banyak yang menaruh percaya.

  1. Meningkatkan Kualitas Website di Mata Google

Aktifitas di dalam web kita seperti belanja, membaca, dan memesan barang tentunya akan menjadi sumber otoritatif dari google. Bahasa sederhananya google akan melihat aktifitas jual beli dan transaksi tersebut sebagai sesuatu yang positif sehiingga mereka akan memberikan rating dan otoritas lebih kepada web kamu. Itu kalau web kamu berbentuk e-commerce.

Baca juga :   Contoh Analisis SWOT Bisnis Online Shop Untuk Strategikan Bisnismu

Namun di balik kelebihan website e commerce tersebut tentunya ada kekurangan yang membayangi kita. Dan ini harus sedini mungkin kita antisipasi agar tidak menjadi sesuatu yang kontraproduktif untuk bisnis dan marketing. Berikut ada kelemahannya.

Kekurangan E Commerce

  1. Website Menjadi Lebih Berat

Kita tahu sendri bawah web e commerce berisi banyak konten, mulai dari listing hingga artikel. Maka tidak mengherankan jika websitenya cenderung lambat ketika kita buka. Kadang hal ini terjadi pada website yang numpang di hosting yang minim space. solusinya adalah kita harus menyewa hosting sendiri untuk membuat website menjadi ringan.

  1. Butuh Keahlian Khusus untuk Mengelolanya

Jenis website ini juga butuh keahlian khusus untuk mengelolanya. Sebab kita tidak hanya akan posting artikel saja melainkan juga listing dan mengecek pemesanan. Selain itu kita juga harus update foto.

  1. Harus Senantiasa Update

Ini merupakan kelanjutan yang tadi, bahwa kita harus senantiasa update misalnya berapa stok tersisa, dan bahkan update harga.

  1. Belum Begitu Dikenali Oleh Pembeli

Jenis web e commerce memang akan menjadi sesuatu yang kontraproduktif manakala banyak dari customer kita atau orang yang menjadi target pasar kita tidak mengetahui bahwa mereka dapat memesan barangnya dari web tersebut.

Itulah beberapa kekurangan apabila kita menggunakan web e commerce untuk bisnis online. Sebenarnya kalau bermodal keberanian, maka tidak ada yang sia sia sebab masih banyak kelebihan lain dari adanya web tersebut. Untuk contoh dan tampilan web e commerce simak foto-foto berikut ini.

Contoh E Commerce

Kelebihan Website e Commerce
Tampilan Website e Commerce

 

Kelebihan Website e Commerce (3)
list produk di web e commerce

 

Kelebihan Website e Commerce (4)
check out di web e commerce

 

sistem pembayaran di web e commerce