Keunggulan Nama Domain Id untuk Nama Website Kamu

Keunggulan Nama Domain Id

Ada banyak sekali eksistensi domain yang kita kenal saat ini. setiap eksistensi mempunyai kualitas dan ciri khasnya sendiri-sendiri. Dalam setiap ekstensi juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam tulisan ini akan kita bahas tentang keunggulan nama domain id.  Sebagai informasi saja bahwa domain id ini merupakan salah satu ekstensi domain yang sedang hype di Indonesia. Meskipun belum begitu banyak digunakan, daripada ekstensi com, tapi sudah mulai banyak website besar yang berekstensi id.

Salah satu pelopor website yang memakai ekstensi id adalah portal berita Tirto.id. situs itu merupakan media online alternatif yang cukup mempunyai nama di Indonesia. Tirto adalah salah satu website yang menggunakan domain id. Tentu ada keunggulan nama domain id ketika nama ini kita pakai untuk domain website. Tulisan ini akan menjelaskannya. Namun sebelum itu kita akan bahas dulu apa sih domain id itu dan bagaimana sejarahnya dulu.

Selama ini yang banyak orang pakai adalah domain berekstensi .com. hampir semua website berbayar memakai ekstensi ini, sehingga kita harus jeli ketika ingin mencari nama URL yang belum pernah ada pemakainya. Tapi akhirnya muncullah nama id. Sebuah ekstensi baru yang tentunya masih banyak potensinya. Kalau kamu tahu apa saja keunggulan nama domain id, maka kamu akan lekas-lekas untuk migrasi ke URL lain. Yuk simak apa itu domain id?

Domain Id Adalah Ciri Khas Domain Indonesia

Seperti namanya, domain ID adalah ciri khas website yang berasal dari Indonesia. Id adalah singkatan dari kode Indonesia di dunia internasional. Sebagaimana NL untuk Nederland, dan IN untuk india. Biasanya website yang dibuat di Indonesia dapat menggunakan ekstensi ID ini. tapi kalau kita membuatnya di luar negeri, tentu ekstensinya akan menyesuaikan dengan negara tempat kamu membuatnya.

Namun apakah hanya orang Indonesia yang boleh memiliki domain ID? Ternyata tidak sob. Jadi domain ID ini hanya sebagai penanda kalau website tersebut dibuat di Indonesia atau lokasinya Indonesia. Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak di bawah ini;

Baca juga :   Cara Daftar Gmail Tanpa Verifikasi No Hp Wajib Dicoba

Id Digunakan Untuk WNI maupun WNA

Kalau sekarang yang sedang hype adalah domain berekstensi nama domain.id, maka sebelum itu juga sudah ada domain yang berakhiran .id. tapi ada beberapa macam ekstensi id yang harus kamu ketahui. Di antaranya adalah, sch.id, ac.id, go.id, ataupun co.id. Untuk penjelasan lengkapnya simak ulasan berikut ini.

  1. Domain Sch Id Digunakan Untuk Sekolah

pertama adalah domain sch id. Ini adalah ekstensi untuk nama website sekolah, baik SD, SMP, SMA, SMK, maupun sekolah lainnya. Sch merupakan singkatan dari school. Untuk pendaftarannya, kita harus melakukan verifikasi nomor induk sekolah nasional dan harus melalui administrasi yang rumit.

  1. Ac Id Digunakan Untuk Kampus dan Universitas

Ac merupakan singkatan dari academy. Ini adalah jenis domain yang peruntukannya khusus untuk penamaan universitas, institus, ataupun kampus. Sebagaimana halnya dengan sekolah, kalau ingin mendaftar ac.id maka kamu harus memverifikasi status kampusnya. Kalau kredibel maka proses akan langsung dijalankan oleh otoritas yang bersangkutan. Ranking ac id juga termasuk tinggi apabila masuk ke dalam sistem google.

  1. Co Id Digunakan Untuk Korporasi

Korporasi adalah perusahaan. Maka ekstensi co id diperuntukkan khusus bagi korporasi yang berasal dari Indonesia. Prosesnya juga memerlukan verifikasi.

  1. Go Id Adalah Ekstensi untuk Pemerintahan

Lalu selanjutnya adalah ekstensi go id. Ini adalah URL khusus untuk pemerintahan di Indonesia. Proses pembuatannya juga harus melalui verifikasi di tingkatan kominfo dan kementrian yang bersangkutan. Biasanya website kabupaten atau provinsi akan memiliki ekstensi ini. Perangkingan di google juga menempatkan ekstension ini di awal halaman karena dinilai lebih kredibel daripada jenis lainnya.

Itulah beberapa jenis URL domain selain id yang telah ada lebih dulu. Namun dalam tulisan ini kita akan membahas tentang jenis domain yang tidak memakai embel-embel apapun, jadi Cuma memakai ekstensi id. Kita akan bahas bersama-sama tentang keunggulan nama domain id. Meskipun tidak kita pakai untuk instansi apapun, tapi domain jenis ini juga dilihat google secara lebih tinggi daripada URL lainnya. Yuk simak apa saja kelebihan nama domain id berikut ini.

Baca juga :   Dari Piyungan Branding Perguruan Tinggi Kota

Kelebihan Domain Id untuk Nama Domain

Kita akan membahas keunggulan domain id yang harus kamu ketahui. Siapa tahu jika kamu sudah mengetahui kelebihannya, maka akan tertarik atau tergiur untuk berpindah domain. Yuk simak apa saja kelebihannya di bawah ini.

  1. Mempunyai Ranking Lebih tinggi di Google

Secara umum, google melihat domain berakhiran id mempunyai kelebihan dari pada com ataupun ekstrensi lainnya. maka dari itu google akan menempatkan situs berdomain id di tataran tinggi halaman pencariannya. Kalau kamu ingin produkmu cepat ditemukan pembeli, maka hadirkanlah domain id di halaman situs kamu.

  1. Bangga dengan Identitas Keindonesiaan

Kelebihan lain mungkin adalah kita menjadi lebih bangga terhadap identitas Indonesia. ID ini memungkinkan website kita lebih mudah dikenali karena identitasnya sudah jelas yakni ID (Indonesia).

  1. Dinilai Lebih Positif dan Meningkatkan Trust dari Pengunjung

URL Berakhiran ID juga lebih membuat customer menaruh trust terhadap kita. BIasanya orang sudah terhegemoni bahwa domain ID adalah website yang terpercaya. Maka dari itu jika kamu ingin mendapatkan kepercayaan lebih, maka harus memakai jenis ini ya sob.

  1. Masih Minim Pemakainya

Lalu URL berekstensi ini juga masih minim pemakainya. Jadi jika kamu mencari ide nama domain untuk jualan, maka masih tersedia banyak dan melimpah. Jangan takut ide nama jualanmu nanti tidak ada atau not available. Maka dari itu, sebelum banyak yang memakai maka lekas belilah domain idamanmu bereksetensi ID. Jangan lupa untuk membuatnya berdasarkan nama yang menarik dan juga eye catching. Itu akan lebih cepat mendatangkan pengunjung sob.

  1. Lebih Aman dan Terpercaya

Ada yang bilang bahwa ekstension dari domain ID lebih aman dan terpercaya, alias tidak rawan hacking. Jika kamu memang berminat untuk merintis website jangka panjang untuk keperluan branding, maka domain id adalah pilihan yang bagus.

Baca juga :   Cara Riset Kata kunci yang merajai google oleh Rizki Pahlawan

Tentunya selain keamanan dari ekstension ini kita harus tetap memperkuat sekuritasnya dari sisi plugin misalnya. Sebab jika hanya mengandalkan domain itu tidaklah cukup.

  1. Proses Pembuatannya atau Pendaftarannya Tidak Ribet

Kemudian keunggulan dari ID selanjutnya adalah lebih cepat pembuatannya. Saat ini id lebih terprioritaskan oleh banyak pelayanan penyedia website. Selain itu ID ini juga pendaftarannya tidak seribet domain government ataupun sekolah.

Baca juga : Contoh URL Website Blog yang Bagus

  1. Mitosnya akses domain ID lebih cepat

Lalu ada juga yang bilang bahwa domain ID ini lebih cepat loadingnya. Tapi selain itu kita juga harus pintar pintar memilih template agar website kita gampang untuk di buka. Beberapa faktor yang membuat akses website cepat adalah; ekstension, template, dan juga ukuran halaman.

  1. Harganya Tidak Begitu Jauh dari jenis Ekstensi Lain

Apabila kita bandingkan dengan ekstension lain, maka URL id ini sedikit lebih mahal. Tapi melihat beberapa keunggulannya di atas, maka harga itu tidak begitu jauh dari harga ekstension lain. Paling margin harganya Cuma beberapa puluh ribu saja per tahunnya. Yuk mantapkan pilihanmu untuk membeli domain ID.

Itulah beberapa keunggulan nama domain ID yang harus kamu ketahui. Semoga tulisan ini dapat menjadi pertimbanganmu ketika akan membeli domain. Salam sukses.