Contoh URL Website Blog yang Bagus untuk Nama Domain Kamu

Contoh URL Website Blog

Sudah tidak terhitung para pengguna blog di seluruh dunia. Ada yang menggunakannya untuk bisnis, untuk kepentingan pendidikan, ataupun sekadar menekuni hobi menulis. Kalau untuk kepentingan bisnis mungkin kita akan membuat website blog dalam jumlah yang banyak untuk menguatkan kata kunci produk kita di pencarian. Tapi sudahkah kamu menerapkan cara membuat url website blog yang baik dan benar? Tulisan berikut akan membagikan tentang contoh url website blog yang tak hanya seo friendly tapi juga sedap dipandang mata.

Seringkali orang menamai weblog-nya dengan nama yang unik dan tiada duanya. Misalnya dengan kombinasi antara huruf dan angka seperti (ahmadsaepudin1407.*wordpress.*com). memang nama tersebut nampak keren menjadi url website pribadi kita. Namun URL itu tidak efektif kalau penggunaannya nanti adalah untuk bisnis.

Maka dari itu ada beberapa syarat agar URL web blog dapat SEO Friendly sekaligus sedap terpandang mata. Berikut adalah syarat-syaratnya;

  1. Berasal dari riset keyword yang mendalam.
  2. Dapat terbaca oleh user dengan mudah.
  3. Terdiri dari 3-4 kata.
  4. Mempunyai buying keyword yang spesifik.
  5. Tidak akan ada perubahan dalam waktu yang lama.

Mungkin kelima syarat di atas harus kamu terapkan secara teliti ketika akan membuat URL website blog untuk bisnis. Sekaligus dalam tulisan ini akan kami berikan juga contoh url website blog agar kamu tinggal menyesuaikan dengan produk yang kamu miliki. Sebelum itu mari kita bahas dulu macam-macam website blog gratisan yang familiar di Indonesia. Simak uraiannya di bawah ini.

Baca juga :   Pentingnya Instagram Untuk Bisnis

Contoh Blog dan Berbagai Jenis Platform-nya

Sejak dulu kita mengenal ada banyak platform untuk blogging ria di internet. Masa-masa itu mungkin kita kenal yang namanya blogger dengan segala tips seputar dunia digital dan internet. Lalu kita mengenal si wordpress dengan ciri khas tulisannya yang reflektif dan sangat personal.

Lalu masih ada platform blog lain yang hampir-hampir sama dengan keduanya, namun masih punya kemiripan dalam pengoperasian. Kalau untuk bisnis tentu kita tak bisa sembarangan menamai URL ketika akan membuat akun. Usahakan ada setidaknya nama produk di url blog yang kau buat entah itu blogger ataupun wordpress. Contoh url website blog ada banyak sekali yang bisa kamu coba. Tulisan ini hanya akan memberimu tips-tips nya saja agar lebih mudah membat URL website blog.

Syarat URL dan Contoh Url Blog

  1. Riset Keyword yang Mendalam

Hal yang pertama harus kamu lakukan sebelum membuat akun blog adalah meriset nama URL terlebih dahulu. URL itu ibarat alamat rumah. Semakin mudah dieja maka semakin mudah ditemukan oleh para pencari di google. lalu bagaimana cara riset keyword untuk contoh url website blog tersebut?

Cara meriset keyword untuk URL blog ada bermacam caranya. Salah satunya dapat kamu cermati dalam tulisan ini (Cara Meriset Kata Kunci Google Secara Manual). Ada lagi cara lainnya yakni dengan memanfaatkan google trends. Tools tersebut merupakan tempat di mana kamu dapat mencari volume pencarian orang atas sebuah keyword tertentu.

Kalau google trends kurang akurat, cobalah lagi menggunakan tools google question di mana di sana ada bermacam-macam topik yang bisa kamu jadikan tema blog. Tema-tema di google question juga termasuk yang sering orang tanyakan di google lho. Ini trik terbaru lho sobat KDJ.

Baca juga :   Cara Memakai Google Search Console untuk Melihat Kunjungan Website

Lalu bagaimana contoh url website blog yang telah mengalami riset mendalam tersebut sehingga layak untuk kita pasang sebagai URL? Contohnya adalah sebagai berikut;

Buying keyword + nama produk + keterangan tempat/spesifikasi.

Buying keyword ini kamu sesuaikan dengan produknya. Misal produk jasa maka memakai istilah seperti sedia, terima, tempat, dan lain-lain. Sedangkan kalau produknya berbentuk barang maka pakailah buying keyword seperti jual, sedia, pusat, grosir, dan lain-lain.

Nah, untuk nama produk dan keterangannya itu bisa kamu riset lewat google trends dan juga google question. Barulah ketika sudah dapat maka gabungkan menjadi satu dan contoh url website blog adalah sebagai berikut;

jasapasangwifijakartatimur.*wordpress.*com

jasakurastoiletsurabaya.*blogspot.*com

  1. URL yang User Friendly

Selain URL yang seo friendly ternyata kita juga butuh URL yang user friendly. Maksudnya adalah mudah untuk terbaca para pencari di google serta tidak belibet ketika dibaca. Contohnya seperti dua di atas. Apabila kamu baca mungkin langsung akan ngeh meskipun tulisannya tidak terpisah atau berspasi.

Lewat latihan panjang dan proses bongkar pasang kata-kata tentu akan membuatmu terlatih menemukan keyword yang seo dan user friendly sekaligus. Dan kunci untuk membuat URL yang seperti itu ada pada poin ketiga di bawah ini. Simak uraian mengenai contoh url website blog di bawahnya ya.

  1. Alamat Blog jangan Panjang-panjang (3-4 Kata)

Ketika kamu membuat alamat website blog juga jangan panjang-panjang. Usahakan berjumlah 3-4 kata saja karena sudah mencakup semua buying keyword +produk + keterangan. Kalau terlalu panjang akan menyebabkan susah terbaca oleh user. Terkadang demi menyasar kata kunci yang persaingannya mudah  kita pakai URL website blog yang panjang.

Tapi itu sangat tak disarankan sebab meskipun seo friendly ternyata url mu malah tidak user friendly. Berikut adalah contoh url website blog yang  terlalu panjang dan tidak efektif.

Baca juga :   Widget yang Wajib Ditambahkan pada Halaman Blog

Sewakameradslrjogjatermurah.*wordpress.*com

Memang kata kunci tersebut mudah untuk masuk ke kategori persaingan rendah, tapi juga akan susah terbaca oleh mata normal kecuali si pembaca harus memicingkan mata. Itu merupakan contoh url website blog yang tidak kami sarankan.

  1. Contoh Judul Blog Dan Alamat Blog Pakai Buying Keyword yang Spesifik

Nah, ada juga contoh url website blog yang bagus untuk kamu buat toko online. kalau ingin mendapatkan url yang unik maka pakailah buying keyword (jual, sedia, sewa, dan lain-lain) yang unik atau spesifik. Misalnya buying keyword yang spesifik adalah tempat persewaan, tempat belajar, sentra, dan lain-lain. contohnya adalah sebagai berikut, daripada kamu pakai buying keyword dengan kata jual maka pakailah saja kata “penyedia”. Misalnya sebagai berikut, “penyedia kaos polos jogja grosir”, dan lain-lainnya.

  1. URL harus berumur lama dan tidak cepat berubah

Sebuah kata kunci yang akan digunakan sebagai URL harus berusia lama. Artinya url tersebut tidak akan berubah dalam waktu yang lama. Jadi tidak akan tergeser oleh kata kunci lain yang muncul. Semakin sedikit jumlah kata dalam URL maka akan semakin berumur panjang.

Misalnya adalah URL yang terdiri dari dua kata seperti Mukena Distro / Distro Mukena. Kata kunci tersebut bagus kamu gunakan untuk menjadi URL website blog karena tak akan berubah dalam waktu dekat. Beda lagi jika kamu memakai contoh url website blog yang berbentuk Long tail Keyword seperti Jual Kaos Tie Die Jogja Full Corak. Kata kunci tersebut memang gampang untuk masuk persaingan di google. Tetapi keyword itu berusia pendek karena akan berubah seiring dengan perubahan pencarian orang terhadap kaos tie die dan variannya.

Itulah yang dapat kami bagikan kepada kamu terkait cara memilih url blog yang bagus secara visual maupun SEO. Semoga tips terkait media blogging ini bermanfaat untuk bisnis kamu.

Kalau kamu masih penasaran dengan cara berbisnis bermodal blog, maka join saja dalam Kelas Inkubator SEO Kampus Dosen Jualan Batch 8 yang akan terselenggara pada bulan Juni Mendatang. Untuk info selanjutnya hubungi 0821 3694 7525 (Kade).