Contoh Pendahuluan Artikel yang Bikin Pembaca Penasaran

Contoh Pendahuluan Artikel

Contoh Pendahuluan Artikel. Masih ingat dengan pelajaran pas SD dulu gak sob? Siapa yang dulu pas pelajaran mengarang sering menulis cerita pelesir ke rumah neneknya di desa? Tentu, semua dari kita pernah menulis sebuah tulisan. Entah itu dalam bentuk chat, email, artikel, ataupun caption. Pada dasarnya semua itu adalah artikel, namun dengan panjang yang bervariasi.

Bagi kita yang tidak terbiasa dengan kegiatan menulis, maka akan sangat berat untuk dilakukan. Kalau dalam pepatah jawa bilang, tresna jalaran saka kulina. Maka kalau ingin  menulis dengan mudah, maka kamu harus terbiasa menulis juga sob. Kadangkala kita butuh contoh untuk membuat artikel, sebab dari contoh itu kita dapat membuat artikel versi kita sendiri. Maka dari itu tulisan ini akan bahas tentang contoh pendahuluan artikel.

Mengapa kita akan bahas pendahuluannya saja? Kenapa tidak contoh semua bagian artikel? Sebab menulis contoh pendahuluan artikel adalah  yang paling susah. Kalau kita berhasil menulis bagian pendahuluan, maka bagian selanjutnya akan lebih mudah dan lancar. Tidak percaya?

Kalau kita ibaratkan artikel itu sebagai sebuah rumah, maka judul itu adalah teras rumahnya. Sedangkan pendahuluan artikel itu dapat kita ibaratkan sebagai ruang tamunya. Untuk membuat tamu nyaman, maka kita harus membuat pendahuluan artikel yang menarik dan dapat dipahami. Jadi pendahuluan artikel itu adalah judul dari tulisan itu sendiri. Sudah siap untuk menyimak contoh pendahuluan artikel dari kami? Sebelum itu yuk simak dulu apa saja jenis-jenis artikel.   

Jenis-Jenis Artikel

Ada beberapa jenis artikel yang dapat kita kenali. Tentu yang pertama adalah artikel ilmiah. Ini merupakan artikel yang berisi catatan akademis dan biasanya orang tulis ketika bersekolah atau berkuliah. Dalam menulis artikel ilmiah, kita harus riset di laboratorium atau wawancara narasumber terlebih dahulu. Nanti berbeda lagi dengan jenis artikel populer.

Baca juga :   Cara Menghitung Insight Instagram agar Tingkatkan Engagement Akun

Artikel populer adalah artikel yang dapat kita buat dengan perenungan kita sendiri. Berdasarkan pengalaman, maupun berdasarkan sebuah pemikiran. Artikel populer biasanya renyah untuk dibaca. Jadi ketika kamu ingin membuat artikel populer, maka buatlah bahasamu menjadi enak untuk orang cerna ketika membaca.

Struktur dalam Sebuah Artikel

Secara umum struktur dalam sebuah artikel adalah sebagai berikut; pendahuluan, isi, dan juga penutup. Ini merupakan struktur baku dalam sebuah tulisan. Tulisan ini khusus akan membahas tentang contoh pendahuluan artikel. Dari situ akan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat paragraph pendahuluan.

Memang proses belajar menulis artikel ini cukup sulit dan tidak gampang. Tapi kalau kamu terus berlatih dan menyimak contoh-contohnya, maka akan dapat menemukan tulisan terbaik versi kamu. Yuk kita simak bagaimana caranya membuat pendahuluan artikel.

Cara Membuat Pendahuluan Artikel

  1. Carilah Tema Artikelmu

Kalau ide kamu masih belum begitu matang, sebaiknya kamu tentukan dulu tema artikelmu. Tema artikel adalah gambaran yang akan kita bahas di dalamnya. Jika masih bingung, maka simak langkah berikut ini;

  • Buka google kamu.
  • Ketiklah tema yang akan kamu tulis misalnya, “cara membetulkan pompa air yang rusak”.
  • Biasanya akan muncul rekomendasi dari google.
  • Rekomendasi itu biasanya tidak pas sama dengan apa yang kamu ketik.
  • Ikuti saran dan rekomendasi dari google.
  • Lalu scrool halaman terbawah.
  • Beberapa rekomendasi lain yang ada di halaman terbawah google itu dapat kamu jadikan sub judul tulisan.

Itulah cara menemukan tema artikel dan cara menemukan sub judul untuk tulisanmu.

  1. Awali dengan Percakapan atau Quotes dari Tokoh

Agar menarik pembaca untuk menikmati tulisanmu, maka buatlah pendahuluan dengan awala quotes tokoh atau percakapan. Biasanya kedua hal tersebut bisa menarik perhatian pembaca agar membaca tulisanmu sampai selesai.

Baca juga :   Kursus Jualan Online Bandung ke Kampus Dosen Jualan Aja

Tapi jangan lupa untuk mencari quotes yang sesuai dengan tema artikelmu. Misalnya tulisanmu bertema pendidikan, maka carilah quotes dari Ki Hadjar Dewantara. Atau kalau artikelmu bertema bisnis, maka pilihlah quotes dari Bob Sadino. Dan jika artikelmu adalah tentang teknologi, maka pilihlah quotes dari Albert einsten atau Richard hawking. Itulah tips kedua dalam membuat contoh pendahuluan artikel.

  1. Berilah Sebuah Pertanyaan yang Menggelitik

Pertanyaan yang relate dengan  tema dan memunculkan masalah yang dirasakan oleh banyak orang akan dapat menarik perhatian pembaca. Misalnya kamu menulis tentang tema pendidikan, maka buatlah pertanyaan seperti, berikut; “Pendidikan di Indonesia katanya mahal, lalu bagaimana dengan nasib orang yang kurang beruntung?”.

Itulah contoh pendahuluan artikel yang dapat kamu coba. Cara ini biasanya efektif untuk membuat artikelmu mengalir lancar sampai selesai.

  1. Buat Para Pembaca Bertanya-tanya dan Penasaran

Jangan terlalu cepat menyuguhkan fakta di dalam pendahuluan artikel. Seperti halnnya seorang pesulap, maka bukalah fakta-fakta dan pendapatmu secara pelan-pelan. Ini untuk menghindari kamu kehabisan kata-kata serta untuk membuat pembaca semakin penasaran.

Tidak ada yang dapat menghentikan seorang pembaca yang penasaran. Pasti mereka akan membaca artikelmu sampai selesai. Tips membuat pembaca penasaran selanjutnya adalah sapa mereka dan yakinkan kalau artikel ini akan menjawab keresahan mereka.

  1. Ajak Pembaca Berpikir Lalu Alihkan ke Pembahasan Selanjutnya

Jangan pernah menggurui pembaca di dalam sebuah artikel. Artikel yang baik adalah yang mau mengajak pembaca berpikir. Tapi kembali lagi, jangan ajak pembaca terlalu memikirkan yang berat-berat. Sebab itu akan membuat mereka cepat bosan dan malah tidak membaca kelanjutan artikelmu.

Kemudian yang terpenting adalah kamu harus membuat artikel yang saling berkait antar satu paragraph ke paragraph selanjutnya. Kalau tidak ada kaitannya, maka akan membuat pembaca bingung.

Baca juga :   Cara Masuk FYP Tik Tok Tanpa Bantuan Akun Buzzer Ini Layak Dicoba

Baca Juga : Contoh Tulisan Artikel SEO

Contoh Pendahuluan Artikel

contoh pendahuluan artikel
contoh pendahuluan artikel

Ini adalah contoh pendahuluan artikel. Kalau kamu baca, sekilas memang tidak ada quotes ataupun percakapan. Tetapi pembuka tulisan itu, berusaha bercerita tentang bagaimana berdirinya KDJ tujuh tahun yang lalu.

Jenis pembukan tulisan yang mengajak pembaca untuk mendengarkan cerita ini juga yang termasuk sangat efektif. Sebab orang-orang cenderung senang ketika mendengarkan cerita. Maka dari itu kamu harus membuat pendahuluan yang berisi cerita atau pengalaman.

Tentu tidak sulit untuk menulis pake teknik cerita ini. kita tahu semua orang bisa cerita dan semua orang bisa curhat.

Manfaat Artikel untuk Jualan Online

Kamu tahu gak apa manfaat artikel untuk jualan online? Jadi memang artikel ini fungsinya urgent buat kamu pebisnis yang suka pakai SEO untuk promosi produk. Tanpa tulisan, maka websitemu tidak dapat memmenuhi kriteria SEO. Hhe.

Selain itu artikel juga dapat membuat website jualan kamu banyak yang mengunjungi. Oleh karenanya menulis itu sebenarnya pekerjaan yang menjadi keahlian wajib para pebisnis online. coba tengok siapa pebisnis yang tidak menulis? Mardigu? Sandiaga Uno? Chairul Tanjung? Dahlan Iskan? Semuanya merupakan orang yang gemar menulis. Maka dari itu jika kamu ingin jadi pebisnis yang punya taring, maka biasakanlah untuk menulis. Meskipun itu sekadar menulis caption. Semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat buat kamu dan buat bisnismu. Sekian.