Bingung Memulai Bisnis Coba Lakukan Ini : Tips dan Sharing Session

Bingung Memulai Bisnis Coba Lakukan Ini

Bingung Memulai Bisnis Coba Lakukan Ini. Para peserta yang berlatih jualan online di KDJ tidak sekadar belajar utak atik platform media sosial lho. Dalam beberapa kesempatan, KDJ juga mengundang beberapa alumninya untuk sharing kepada para peserta yang ada di kelas IJO. Ada banyak hal yang akan kita dapatkan dari sesi sharing session ini, mulai dari tips memulai bisnis, menentukan produk potensial, mencari target pasar, mencari supplier, hingga cara mendatangkan lead lebih banyak. Dalam sesi sharing session yang dilakukan pada hari rabu, tanggal 13 Oktober 2021 ini, kami mengundang narasumber dari alumni KDJ Angkatan 35.

Nama narasumbernya adalah Mas Nasher yang berasal dari Jogja. Bisnisnya  adalah importir rumput sintetis dengan target kota di seluruh Jawa. Beliau datang ke KDJ, rasanya seperti nostalgia kembali. Dengan ditemani sang istri, beliau menjelaskan bahwa pada saat belajar di KDJ, kadangkala juga muncul rasa bosan. Tapi rasa bosan itu terus dilawannya, dan hasilnya baru berbuah sekarang. Di mana setiap closing, beliau mendapatkan orderan hampir tiap harinya dengan nilai transaksi jutaan rupiah. Tentu ini semua bukan sebuah proses yang tiba-tiba  dalam semalam. Banyak pengorbanan mulai dari waktu, tenaga, kuota, hingga masa muda untuk lebih memaksimalkan bisnis. Dalam tulisan ini, kami mencoba merangkum hasil sharing dari mas Nasher dengan judul Bingung memulai bisnis coba lakukan ini!

Masalah yang seringkali dihadapi oleh pebisnis pemula adalah hilang orientasi. Maka dari itu tulisan ini bertema bingung memulai bisnis coba lakukan ini.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Tanpa Pengalaman

Bingung Mau Jualan Apa?

Biasanya masalah yang seringkali dihadapi oleh pebisnis pemula adalah bingung mau jualan apa. Meskipun sudah punya produk tapi kadangkala keinginan untuk mencari prospek bisnis lain senantiasa menghantui. Inilah tantangannya, sebab seorang pebisnis kalau tidak bisa mengatasi godaan itu maka ia akan masuk ke dalam lingkaran setan yang tiada habisnya.

Baca juga :   Cara Memulai Bisnis Tanpa Pengalaman Tips Untuk Pemula

Sebagai pebisnis pemula pasti kamu akan mengalami fase-fase bingung mau jualan apa. Maka dari itu tulisan ini akan bagikan kepadamu apabila bingung memulai bisnis coba lakukan ini. tips ini diberikan oleh Mas Nasher yang merupakan alumni KDJ Angkatan 35. Beliau Sekarang fokus pada bisnis rumput sintetis yang telah ia geluti sejak empat tahun belakangan.

*suasana sharing section

Mas Nasher bilang bahwa sebelum menemukan bisnisnya yang sekarang, ia sempat bergelut dengan berbagai bisnis lain. Di antara bidang yang pernah dia geluti adalah bisnis elektronik, mukena, makanan, dan hingga baju batik. Tapi semuanya tidak dilanjutkan karena menurutnya produk-produk itu sudah banyak pemainnya. Sebenarnya kalau kita bisa melakukan diferensiasi produk itu tidak menjadi masalah. Tapi mendiferensiasi produk itu bukan pekerjaan yang mudah untuk kita lakukan sebagai pemula. Oleh karenanya Mas Nasher akan membagikan sedikit pengalamannya terkait bisnis online. Sesi sharing tersebut akan kita beri judul bingung memulai bisnis coba lakukan ini. Di bawah adalah beberapa tips dari Mas Nasher. Semoga dapat membantu kamu yang masih bingung dan kurang konsisten dalam satu produk tertentu. Simak di bawah ini.

Cara Mengetahui Usaha Yang Cocok Untuk Diri Sendiri

Jika kamu masih bingung memulai bisnis coba lakukan ini. Mungkin dapat membantu kamu untuk menemukan the winning products atau untuk lebih memantapkan hati ketika fokus pada satu bisnis tertentu.

  1. Usaha Yang Jarang Tapi Dibutuhkan dalam Jumlah Banyak

Kamu harus sebisa mungkin mencari usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh orang banyak. Memang tidak mudah. Bahkan harus bertahun-tahun menemukannya. Mas Nasher mencontohkan ketika dia berjualan rumput sintetis itu termasuk jarang juga pemainnya. Sebab tidak banyak yang mampu mencari produknya dari suppliernya langsung.

Tapi terbukti mas Nasher mampu untuk mengembangkan produknya dan berhasil menyetok kebutuhan rumput sintetis untuk perusahaan-perusahaan dan juga instansi lainnya. Tentunya ketika menjalin bisnis dengan instansi dan lembaga, kita harus berhati-hati, begitu pesan Mas Nasher. Sebab di sana sangat banyak peluang untuk memark up dana untuk dikorupsi.

  1. Bingung Mau Usaha Apa Gak Punya Modal

Kalau kamu bingung mau usaha apa gak punya modal, maka jadilah dropshipper untuk orang lain. di satu sisi kamu dapat menambah pengalaman, dan di satu sisi dapat mencukupi kebutuhans sehari-hari. Tapi kalau kamu ingin berbisnis yang serius, maka memang harus menggunakan modal awal.

  1. Cara Memulai Usaha Dari Nol itu Mudah, Asalkan Kamu Pandai Mencari Laba

Mas Nasher bilang bahwa sebagai pebisnis pemula kita harus pandai-pandai dalam mencari margin keuntungan. Minimal kita haris mencari margin keuntungan sebanyak 50.000 per item. Dan yang terpenting adalah jangan sampai kita mencari laba dengan menabrak aturan agama. Dalam aturan islam sendiri kita tak boleh mencari keuntungan bahkan sampai 100% dari harga normalnya.

Baca juga :   Iklan di FB ADS, Ini Trik Jadul Yang Menguntungkan

Kamu juga harus menghindari transaksi dalam jumlah kecil atau eceran. Karena hal ini akan menghabiskan tenaga. Carilah orang atau customer yang mau membeli dalam jumlah besar, seperti perusahaan, pabrik, atau instansi pemerintahan.

  1. Bingung Memilih Usaha Yang Cocok? Coba Lihatlah Potensi Bisnis di sekitarmu.

Misalnya kamu masih bingung memilih usaha yang cocok maka carilah produk yang aman. Dalam artian, kamu bisa dengan aman mengirimnya, dan produk tersebut dapat tahan dalam waktu yang lama. Lalu kalau kamu masih bingung, maka dapat mencari produk yang dapat dijual di tempat atau platform-platform yang ramai. Misalnya sekarang platform yang ramai adalah tiktok, maka juallah produk yang bisa laris di tiktok. Semisal adalah tas rajut, anyaman bambu, dan sebagainya.

  1. Usahakan Bujuk Customer Beli dalam Jumlah Besar

Kita dapat memberikan promo dan sejenisnya untuk memancing orang membeli dalam jumlah besar ini. biasanya para customer baru akan membeli dalam jumlah sedikit. Tapi kalau mereka sudah repeat order, maka berilah promo untuk pembelian dalam jumlah banyak. Mereka yang sudah tahu kualitas produkmu, tentu tidak akan keberatan membelinya.

  1. Cari supplier jangan di Halaman 1

Kalau kamu mencari supplier, maka jangan cari di halaman satu karena biasanya mereka adalah orang-orang yang sudah paham dengan digital marketing. Justru carilah supplier yang ada di halaman 3, 4, 5, dst. Di situlah mereka akan terbantu dengan skill kamu, karena mereka juga butuh untuk memasarkan produknya. Sedangkan kita dapat mengambil keuntungan dari penjualan produk tersebut.

  1. Targetlah Semua Kota yang ada Di Pulau Jawa atau Indonesia.

Lalu bagaimana jika ongkos kirimnya akan mahal nantinya? Jangan khawatir! Kamu bisa mencari supplier yang dekat dengan mereka. misalnya kamu menarget kota di Jawa Timur, maka carilah supplier yang ada di Surabaya atau Malang. Agar ongkos kirimnya nanti tidak mahal.

Baca juga :   David vs Goliath dalam Bisnis Kita

Atau jika target kotamu di Jabodetabek, maka carilah supplier yang ada di Jakarta. Ini adalah sebuah trik untuk menarget banyak kota sekaligus.

  1. Perbanyak akun Sosial Media.

Tujuannya adalah agar tiap orang yang mencari suatu produk tertentu, maka mereka dapat menemukan produkmu. Kepung kata kunci tersebut dengan akunmu. Pasti satu atau dua  orang yang mencari pasti akan menemukan akunmu. Kita tidak harus menyempurnakan akun untuk jualan, misalnya followers harus 1k ke atas. Sebab kita dapat berjualan hanya dengan akun yang followersnya minim.

Itulah strategi ketika kamu masih tahap awal belajar jualan online. Bingung memulai bisnis coba lakukan ini merupakan tips dari Mas Nasher yang kini menjadi pebisnis rumput sintetis di Jogja. Semoga sesi sharing session ini bermanfaat dan dapat menjadi pencerahan untuk kita. Selamat mencoba.