Cara Menghitung Insight Instagram agar Tingkatkan Engagement Akun

Cara Menghitung Insight Instagram

Cara Menghitung Insight Instagram. Selama ini sudahkah kamu mengubah akun instagrammu menjadi akun professional? Akan banyak hal yang kamu dapatkan ketika sudah mengupdate instagram dari akun biasa menjadi akun bisnis atau professional. Kalau sudah diupdate berarti kamu akan mendapatkan tools-tools yang tidak kita dapatkan di versi instagram biasa. Salah satu tools atau fitur tambahan untuk bisnis itu adalah tools yang bernama Insight instagram.

Tools insight instagram ini merupakan kebutuhan utama, dan bahkan kebutuhan pokok untuk para content creator. Sebab dari sana para creator dapat melihat grafik perkembangan dari akunnya. Bahkan tools ini tidak hanya berguna buat para content creator. Para pebisnis online yang mengandalkan instagram untuk berjualan, ternyata juga memerlukan fitur ini lho sob. Untuk itulah kami akan membahas tentang cara menghitung insight instagram buat para pebisnis online dan content creator yang belum terbiasa menganalisis data di akunnya.

Pada dasarnya seorang pebisnis online juga termasuk salah satu content creator. Sebab pebisnis online senantiasa dituntut untuk mempromosikan atau branding produk mereka kepada khalayak ramai. Keberhasilan dari sebuah promosi tentunya harus dapat kita lihat, dan salah satu cara melihatnya adalah lewat insight instagram.

Pada tulisan ini kami akan berikan tips tentang cara melihat insight instagram, serta bagaimana mencatat insight tersebut untuk melihat dan menelusuri perkembangan akun. Jadi tidak hanya melihat saja nantinya, melainkan kamu dapat mencatat perkembangan akunnya, apakah promosi selama ini berhasil atau tidak.

Insight Instagram Adalah Pengukur Keberhasilan Postingan

Banyak sekali pebisnis online yang masih menggunakan akun biasa untuk menjalankan toko onlinenya. Sebenarnya tidak menjadi masalah, sebab akun biasa pun juga dapat kita gunakan untuk berpromosi. Namun ada satu hal yang tidak akan kamu dapatkan bila masih memakai akun biasa ini.

Baca juga :   Lowongan Magang Mahasiswa Komunikasi 2021 - 2022

Yang tidak akan kamu dapatkan adalah fitur insight. Jadi insight instagram adalah pengukur keberhasilan postinganmu. Segala hal bisa dikatakan berhasil apabila grafiknya meningkat. Nah, jika promosimu selama ini berhasil, maka tentu grafiknya akan selalu merangkak naik.

Adanya insight instagram juga dapat menjadi patokan untuk menilai langkah apakah yang harus diambil untuk lebih mengembangkan akunmu. Semisal ada beberapa postingan yang kurang efektif dan minim interaksi, maka gantilah dengan konten lain atau ganti di jam-jam yang lebih prime time.

Itulah salah satu kegunaan dari insight instagram, yakni dapat membuat kita bisa merancang strategi peningkatan akun. Dari sini kita juga dapat melihat habits dari followers kita atau pengunjung secara umum. apabila terdapat feed yang berhasil maka tingkatkan dan pertahankan konten tersebut. Dari sini kita telah mengetahui pentingnya insight instagram. Lalu bagaimana cara menghitung insight instagram tersebut?

Yuk sebelum bahas tentang cara menghitung insight instagram, kita akan bahas dulu beberapa jenis insight yang akan kita baca dan hitung nantinya.

  1. Insight Feed Instagram

Ini adalah insight yang membaca seberapa jauh jangkauan dan interaksi dari postingan kita di feed. Biasanya grafik dari feed ini meliputi kunjungan, jangkauan, likes, comment, share, save, dan lain sebagainya. Nanti kita akan bahas bagaimana cara menghitung insight instagram agar kamu makin mengenalnya.

  1. Insight Instagram Story

Lalu jenis insight yang kedua adalah insight instagram story. Ini merupakan salah satu yang dapat kita baca dari sebuah post instagram khususnya story. Jadi, story adalah sesuatu yang dapat diakses oleh orang lain. biasanya dalam insight story, kita dapat melihat viewers, klik pada link, swipe up, dan lain sebagainya. Untuk cara menghitung insight instagram story ini caranya sama dengan yang di atas. Kita akan simak caranya di bawah ini.

Baca juga :   Perbedaan Akun Pribadi Dan Akun Bisnis Di IG Jangan Sampai Tertukar

Dan yang tidak boleh kamu lupakan adalah, kamu harus mencatat data-datanya setiap hari. Tujuannya adalah untuk melihat tingkat keberhasilan dari promosi kamu setiap harinya. Nanti kita akan bahas juga tentang standard an cara pencatatan insigh tersebut.

Baca juga : Fitur Instagram untuk Digital Marketing

Cara Melihat Insight Di Instagram

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah merubah akun instagram dari yang biasa menjadi professional atau bisnis. Nah, jika sudah maka kamu bisa mendapatkan dasbor untuk melihat insight tersebut. caranya adalah sebagai berikut;

  1. Login ke akun instagram.
  2. Masuk ke bagian profil.
  3. Pada bagian atas terdapat tombol view professional.
  4. Jika kamu sudah masuk dasbornya, maka langkah selanjutnya adalah klik track your performace.
  5. tanpa kamu klik sebenarnya dari situ sudah kelihatan traffic-nya. Penampakannya adalah sebagai berikut.
  6. pilih ingin melihat data berapa hari terakhir (7, 30, atau 6 bulan)
  7. Di antara insights overview-nya adalah sebagai berikut; jangkauan akun, interaksi konten, persentase audience dengan pengikut, serta performa feed yang kamu bagikan.
  8. Selesai.

Itulah beberapa langkah taktis untuk melihat data IG kamu, sebelum nantinya kita akan belajar cara menghitung insight instagram. Dan jangan sampai lupa untuk mencatat setiap data tersebut. pencatatan ini adalah salah satu cara menghitung insight instagram.

Teknisnya adalah dengan membuat tabel yang berisi data-data akun kita nantinya. Nanti akan kami share tabelnya di bawah ini buat kamu. Tabel ini sering kami namakan sebagai tabel analisa akun instagram. Dari tabel tersebut kita dapat menyimpulkan apakah akun kita bagus atau tidak. Kalau bagus maka dipertahankan dan kalau tidak, maka harus kita tingkatkan lagi.

Insight Instagram Yang Bagus

Membangun akun IG untuk jualan tidak bisa kita lakukan dalam semalam. Jadi memang tidak ada standar berapa insight IG yang bagus. Sebab semuanya akan kita hitung titik berangkatnya. Jika akunmu baru, dan jangkauannya sudah lebih dari 100 per postingan maka itu sudah bisa kita golongkan bagus.

  1. Standard Engagement Rate Instagram

Sebenarnya tidak ada yang namanya standard engagement rate instagram yang bagus. Namun secara umum engagement yang meliputi likes, share, comments, dan save itu yang bagus harus naik terus. Jadi, dari satu hari ke hari berikutnya sebaiknya ada peningkatan. Kalau tidak, maka ada yang salah dengan optimasnya atau ada yang salah dengan isi kontennya.

Baca juga :   Cara Memperkuat Keamanan Akun Google dengan Verifikasi Dua Langkah

Nantinya di bagian interaction akan ada grafik dari akunmu. Jika indikatornya +, maka itu sudah bagus meskipun hanya beberapa persen saja. Tapi jika (-), maka itu adalah tanda yang tidak baik karena terdapat penurunan engagement.

  1. Aplikasi Insight Instagram Dicatat Pakai Apa

kamu tidak perlu aplikasi yang neko-neko untuk mencatat insight instagram. Cara menghitung insight instagram itu sederhana, yakni dengan membuat tabel seperti di bawah ini.

Dalam tabel tersebut, kita melihat perkembangan dari insight feed hari per harinya. Data yang harus kamu hitung di antaranya adalah tayangan (video), like, komen, save, share, kunjungan profil, jangkauan, impresi (tingkat ketertemuan: beranda, profil, serta hastags).

Nah, sudah cukup paham kan bagaimana cara menghitung insight instagram? Cara tersebut sangat mudah dan sangat membantu untuk proses promosi kamu selanjutnya. Jangan lupa untuk senantiasa melihat performa postingan tiap harinya, agar kamu bisa merencanakan strategi atau pendekatan tertentu ketika interaksimu mengalami penurunan.