Contoh Konten Jualan di Instagram Datangkan Customer Baru

Contoh Konten Jualan di Instagram

Contoh Konten Jualan di Instagram. Sudahkah kamu rutin posting instagram untuk toko online kamu? Di jaman sekarang, salah satu indikator untuk melihat eksistensi sebuah toko adalah lewat akun instagramnya. Kalau akun instagramnya sepi dan nampak tidak terawat, maka para pembeli cenderung akan memilih tempat lain. Tentu ini suatu hal yang tidak kita harapkan. Lalu apa yang harus kamu lakukan kalau selama ini belum maksimal dalam mengelola konten di instagram?

Jika instagram kamu masih belum rutin postingnya, serta tidak banyak interaksinya, maka kamu harus sering-sering melakukan spionase terhadap akunnya kompetitor. Kalau akun instagram mereka lebih hidup, maka itu adalah tanda bahwa kamu juga harus menghidupkan akun dan bersemangat ngonten lagi. Barangkali ada kendala, maka itu akan menjadi tugas kami untuk membantu kamu menyelesaikannya.

Salah satu kendala orang ketika merawat akun instagram untuk bisnis online adalah mereka tidak mengetahui bagaimana contoh ide konten instagram yang menarik. Maka dari itu, di sini akan kami bagikan contoh konten jualan di instagram untuk kamu seorang. Beberapa contoh di bawah ini dapat kamu amati, tiru, dan modifikasi untuk diterapkan ke dalam akunmu. Tidak ada yang salah ketika kita harus meniru dan memodifikasi konten orang lain. sebab dari sinilah awal agar akunmu dapat aktif kembali.

Keaktifan akun ini sangat penting untuk sebuah akun jualan. Sebab akun jualan berbeda dengan akun pribadi. sebuah akun jualan harus menjalankan fungsinya sebagai media promosi. Meskipun tidak ada ide atau inspirasi, tetaplah kamu harus memproduksi konten untuk promosi di instagram.

Konten Promosi Instagram

Akun instagram untuk jualan mempunyai fungsi sebagai media atau alat promosi. Itulah yang membedakannya dengan akun pribadi. sebab akun pribadi, kecuali untuk personal branding, tidak wajib rutin memposting konten. Hal yang berbeda ada pada instagram jualan. Kalau ingin produkmu laku, maka kamu harus rutin posting konten promosi instagram.

Baca juga :   Cara Mengatasi Customer Komplain. Pedoman untuk CS Online Shop

Kewajiban tersebut kadang yang tidak bisa dilakukan oleh banyak pebisnis di luar sana. Kebanyakan mereka tidak punya waktu yang cukup untuk mengkonten instagram. Maka dari itu biasanya mereka akan mencari vendor yang bisa mengelolakan akunnya. Namun di sini, kita akan belajar mandiri untuk menghidupkan akun instagram. Caranya adalah dengan menyimak beberapa contoh konten jualan di instagram agar kamu tidak buntuh lagi ketika mencari ide.

Jika kamu sudah rutin kelola akun dan sudah menemukan ritme, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus membuat rencana konten instagram atau kalender agar ke depan kamu sudah mempunyai cadangan apa yang akan diupload selama sebulan, dan bahkan setahun ke depan.

Rencana Konten Instagram

Tanpa adanya sebuah rencana konten instagram, maka kamu senantiasa akan bingung untuk menyiapkan konten di setiap harinya. Seorang konten kreator sudah pasti memiliki rencana konten instagram atau jadwal konten instagram yang jelas. Sebab di sana kita sudah terjadwal akan mengupload dan memposting apa.

Kalau kamu belum tahu contoh rencana konten instagram, maka simaklah contoh di bawah ini. di bawah ini merupakan contoh kalender konten di setiap harinya. Kami membuatnya untuk sebulan. Semisal ada revisi, maka kami juga memperbaikinya disesuaikan dengan kebutuhan untuk promosi. Berikut adalah contoh kalender konten kampus dosen jualan.

Contoh Konten Jualan di Instagram (1)
Contoh Konten Jualan di Instagram (1)

 

Dalam contoh tersebut kita akan dimudahkan sebab kamu tidak perlu bingung ketika akan posting konten. Biasanya tanpa adanya rencana konten ini, akan menyebabkan kamu bingung dan buntu ketika mencari ide. Sebab ide tidak dapat kita temukan setiap harinya. Terkadang ada hari di mana kamu tidak akan menemukan inspirasi sama sekali. INilah kegunaan dari kalender konten, yakni untuk mengantisipasi saat kamu tidak punya inspirasi. Tapi apakah boleh kita membuat konten di luar kalender tadi?

Baca juga :   Aplikasi Untuk Membuat Konten Instagram dengan Gampang dan Mudah

Tentunya kamu boleh membuat konten di luar kalender tadi. Kalender hanyalah semacam outline untuk mengetahui to do list posting. Jika memang kamu punya banyak inspirasi maka jangan batasi. Adanya kalender konten bukan untuk membatasi ide dan inspirasi.

Contoh Konten Instagram Yang Menarik

Ada banyak contoh konten instagram yang menarik yang dapat kamu amati, tiru, dan modifikasi. Tapi carilah akun-akun yang sesuai dengan produkmu. Misalnya kamu berjualan  parfum, maka carilah bahan atau contoh postingan dari akun yang berjualan parfum juga. Kalau bisa carilah akun-akun yang produknya di atas produkmu, baik dari segi penjualan, promosi, ataupun secara followers.

Biasanya akun-akun promosi yang sudah banyak pengikutnya, akan memperhatikan betul perencanaan konten mereka. pastinya mereka punya beberapa jenis konten untuk promosi. Secara umum, kami menyimpulkan bahwa ada tiga jenis konten dalam akun jualan. Jenisnyaa adalah sebagai berikut; konten instagram interaksi, konten bisnis atau jualan, dan juga konten edukasi. Untuk penjelasannya lebih lanjut akan kita bahas bersama-sama lewat contoh konten jualan di instagram di bawah ini.

Contoh Konten Jualan Online Shop Instagram

  1. Contoh Konten Instagram Interaksi

Tadi sudah kita sebutkan di atas bahwa ada yang namanya jenis konten interaksi. Jenis konten ini adalah bertujuan untuk mencari perhatian, likes, dan komen dari para followers. Mereka yang melihat konten ini sebisa mungkin bisa gatel untuk mengkomentari serta likes di statusmu. Konten interaksi ini biasanya isinya tidak begitu berat dan membat mikir. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari video, konten tebak-tebakan, hingga konten yang memancing orang untuk bercerita tentang pengalaman atau pesannya. Untuk contoh konten instagram interaksi adalah sebagai berikut;

Baca juga :   Contoh Konten Instagram Yang Menarik Dari Yang Paling Rumit Hingga Paling Sederhana
Contoh Konten Jualan di Instagram (2)

 

Sudah tahu kan bagaimana cara membuatnya? Jenis konten ini biasanya memang butuh mencari ide dan inspirasi. Jadi tidak bisa sekali jadi. Kalau kamu ingin istiqomah mengkonten maka harus merencanakan jenis konten interaksi ini jauh-jauh hari.

Baca juga : Cara Membuat Akun INstagram untuk Jualan

  1. Contoh Konten Instagram Bisnis

Kemudian contoh kontekontn instagram selanjutnya adalah contoh konten instagram bisnis atau konten jualan. Yang namanya konten jualan pasti isinya adalah berjualan. Dan ini memang tidak perlu kita sembunyikan lagi. Konten jualan biasanya memang memunculkan beberapa unsur, antara lain adalah harga, spesifikasi, serta cara pemesanan. Berikut adalah contoh konten instagram bisnis, yang ada di KDJ.

Contoh Konten Jualan di Instagram (4)

 

Berhubung content jualan, maka biasanya interaksinya akan minim. Tapi kamu jangan khawatir. Kalau kamu bisa membuat promosi jualan yang berisi soft selling pasti akan lebih bisa diterima. Minimal promo jualanmu akan banyak likes, komen, meskipun tidak ada jaminan untuk adanya closing.

  1. Contoh Konten Edukasi Instagram

Nah, sekarang kita akan lihat contoh konten edukasi instagram. Jenis konten edukasi ini adalah content yang berusaha untuk memberikan sebuah pencerahan kepada para followers dan calon customer. Konten edukasi ini penting, sebab ini akan menjaring customer yang belum tahu seluk beluk produkmu. Berikut adalah contoh dari konten edukasi;

Contoh Konten Jualan di Instagram (3)

 

Konten edukasi memang perlu untuk memperkenalkan fungsi, kegunaan, dan manfaat dari produk yang bersangkutan. Sebab biasanya orang-orang ragu untuk membeli produk hanya karenan belum tahu pemakaiannya. Jika kamu sanggup menjelaskan manfaatnya, sudah pasti orang-orang akan tertarik dengan produkmu.

Sekian tips dari kami tentang contoh konten jualan di instagram. Semoga lewat contoh konten jualan di instagram di atas dapat kamu terapkan di akun jualanmu. Selamat mencoba dan semangat.