Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan yang Baik dan Benar

Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan

Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan – Bagaimana sih cara memulai bisnis online? Kadang ini menjadi pertanyaan krusial yang tidak gampang menjawabnya. Sebab kebanyakan pebisnis memang terjun begitu saja ke dalam bisnis. Mereka bahkan tidak merencanakan akan sesukses atau sekaya itu. Lalu bagaimana kalau kita ingin menjajal bisnis online juga? Hal apakah yang harus kita lakukan?

Hal pertama yang kita lakukan untuk memulai sebuah bisnis online adalah kenalan dulu dengan platform yang kita pakai untuk promosi nantinya. Sepertinya hampir semua pebisnis memakai instagram untuk mempromosikan produknya. Ini karena adanya kelebihan instagram sebagai media promosi. Apa saja kelebihannya simak di link artikel tersebut ya sob.

Tapi bagaimanakah cara membuat akun instagram untuk jualan agar bisa mendapatkan banyak follower dan nantinya mereka semua bisa menjadi customer? Tentu ada trik tersendiri ketika membuat akun instagram untuk jualan. Apalagi kamu yang masih baru pertama kali menjajal bisnis online, tentunya harus paham cara membuat akun instagram untuk jualan. Jika akunmu dibuat dengan benar, maka akan lebih mudah untuk mengembangkannya.

Cara Jualan di Instagram Bagi Pemula

Tips membuat akun instagram untuk jualan ini merupakan salah satu cara jualan di instagram bagi pemula. Seorang pebisnis yang baru pertama kali kenal dengan platform online, maka harus pelan-pelan sekali membangun media promosinya. Itulah yang menjadi jurus kami di Kampus Dosen Jualan.

Berikut adalah beberapa cara jualan di instagrma bagi pemula, agar kamu tidak bingung lagi memperlakukan akunmu, simak  ya;

  1. Buat akun instagram dengan benar (username, email, bio, logo, dan trik mendapatkan follower pertama)
  2. Rutin memposting dengan konten edukasi dan jualan.
  3. Terapkan trik follow unfollow instagram dengan rutin dan telaten.
  4. Mintalah kepada customermu untuk follow akun instagram tersebut.
  5. Perbaiki kualitas design agar semakin menarik pengunjung.
Baca juga :   Cara Menentukan Harga Jual Produk Online

Memang cara jualan di instagram bagi pemula ini sangat cocok untuk belajar jualan online. Sebab hampir semua target pasar produk apapun ada di sana. Meskipun di sana banyak kompetitor, tapi itu bagus untuk kamu yang masih dalam tahap pemula. Mungkin belajar jualan di instagram ini juga bisa tanpa modal lho sobat. Kamu bisa menjualkan produk tetangga, saudara, atau bahkan produk orang lain alias kamu menjadi resellernya.

Di bawah ini kita akan bahas cara berjualan di instagram tanpa modal, dan salah satu langkah awalnya adalah kita harus tahu cara membuat akun instagram untuk jualan.

Cara Berjualan di Instagram Tanpa Modal

Sebenarnya tidak ada cara berjualan di instagram tanpa modal. Meskipun terkesan tanpa modal ,tapi sebenarnya kita juga bermodal. Misalnya adalah modal kuota internet, akun email, dan juga pengetahuan cara membuat akun instagram untuk jualan.

Nah, inilah langkah-langkah untuk membuat akun IG jualan. Terapkan langkah-langkahnya, agar kamu tidak salah langkah dan harus mengulang dari awal. Meskipun terkesan ribet tapi memang ini akan jadi cara berjualan di instagram tanpa modal. Jadi kamu hanya diharuskan untuk rutin posting dan senantiasa menerapkan trik follow unfollow.

  1. Cara Membuat Instagram di Laptop dan Hape

Kita bisa menerapkan cara membuat instagram di laptop maupun di hape. Cara membuat akun IG di hape mungkin menjadi cara yang lebih simpel dan efektif. Tapi kalau kamu ingin membuatnya di laptop juga boleh kok. Yang penting kamu harus siapkan dulu akun email yang belum pernah digunakan untuk daftar IG.

Kita akan bahas saja tentang cara membuat IG di handphone. Cara membuat instagram di laptop sebenarnya tidak beda jauh dengan itu. Berikut adalah cara membuat account IG untuk jualan di hape;

  • Buka aplikasi instagram.
  • Log out dari semua akun yang ada.
  • Klik sign up.
  • Pilih sign up with email or phone number.
  • Ada dua pilihan verifikasi; email/phone number.
  • Pilih Email.
  • Masukkan email yang akan kamu pakai.
  • Masukkan nama kamu dan password.
  • Jangan lupa berilah nama sesuai target bisnis kamu (misal : jual tas di wonosobo)
  • Nantinya instagram yang akan menawarkan username akun.
  • Lengkapi foto profilmu.
  • Siapkan bio untuk akunmu, berisi penjelasan tentang bisnismu secara singkat.
  • Pilihlah beberapa nama yang akan kamu follow pertama kali.
  • Pilih akun yang setema dengan bisnismu, semisal tas, ransel, dan lain-lainnya.
  • Klik Next.
Baca juga :   Perlu Konsultan Digital Marketing di tahun 2021?

Sampai di sini kamu sudah berhasil menerapkan cara membuat akun instagram untuk jualan. Cukup simpel dan mudah bukan? Terpenting kamu sudah memulai membuat akun. Masalah itu akunmu belum sempurna maka bukan menjadi halangan untuk tidak lekas menerapkan cara membuat instagram di laptop atau hape. Jika sudah ada akun, lalu apa yang kita lakukan selanjutnya?

  1. Cara Posting Produk di Instagram

Langkah selanjutnya setelah buat akun IG adalah kita harus tahu cara posting produk di instagram. Tapi alangkah baiknya sebelum mulai posting produk, kita harus membuat postingan tentang opening ceremony.

Nah, lalu kita akan bahas cara posting produk di instagram. Memang cara ini kelihatannya gampang, akan tetapi sebenarnya harus teliti dan target-able. Oke, berikut langkah-langkahnya;

  • Klik profil kamu di beranda.
  • Pilih tanda (+) di pojok kanan atas.
  • Di menu create, pilih post.
  • Pilih foto yang akan dipost.
  • Klik next.
  • Sesuaikan filternya lalu next.
  • Berilah caption dengan struktur; heading dan body teks.
  • Buat heading yang mengambil simpati pembaca.
  • Tag orang atau akun yang sesuai dengan akunmu.
  • Tambahkan lokasi sesuai target kotamu.
  • Jangan lupa tambahkan hastag di caption. (Cara Cek Hashtag Instagram)
  • Lalu centang dan sudah terposting.

Itulah beberapa cara posting produk di instagram dengan baik dan benar. Oiya ada tambahan lagi, jadi kalau kamu ingin fotomu powerfull maka rename-lah nama filenya dengan nama produk+target kotanya juga ya. Kata pak dosen jualan itu turut berpengaruh terhadap performa postingan nantinya.

  1. Cara Jitu Promosi di Instagram dengan Manfaatkan Hastag

Satu hal yang tidak boleh kita lupakan ketika menerapkan cara jualan di instagram adalah hastag. Jadi hastag ini merupakan semacam keyword atau kata kunci agar postingan kita mudah ditemukan oleh pembeli di instagram.

Baca juga :   Kesalahan Berjualan Di Instagram Ini Wajib Kamu Hindari Sebelum Telat

Cara jitu promosi di instagram salah satunya adalah dengan memanfaatkan hastag. Jika kamu perlu tools cek hashtag instagram maka klik di link artikel tersebut ya sob. Cara jitu promosi di instagram yang lebih powerful lagi tentunya adalah instagram ads. Jika kamu ingin belajar IG Ads maka datang langsung ke kampus dosen jualan. Di sini sudah ada mentor-mentor yang kece abiss.

Tapi buat kamu yang ingin tips berjualan di instagram secara gratisan, maka lebih baik jangan langsung menarget IG ads. Lebih baik pakailah dan terapkan dulu cara berjualan di instagram tanpa modal di atas. Oiya dan jangan lupa terapkan juga cara membuat akun instagram untuk jualan agar kamu tinggal posting-posting saja. Sekian. Semoga bermanfaat.