Hashtag untuk Reels Instagram Bagusnya Pakai Nggak ya?

hashtag untuk reels instagram

Hashtag untuk Reels Instagram – Kini Instagram telah menjadi platform yang lekat sekali dengan kehidupan kita. Semua aktivitas sharing, branding, dan marketing banyak terjadi di sana. Bahkan hoax pun bercampur baur dengan kebenaran-kebenaran yang lain dalam lautan informasi instagram.

Meskipun di instagram terdapat jutaan bahkan milyaran informasi yang belum jelas kebenarannya, tapi itu bukan alasan bagi kita untuk tidak memakainya. Tugas kita sekarang adalah menyeleksi informasi tersebut sehingga dapat relevan dengan apa yang kita butuhkan. Ibaratnya adalah menambang emas, kita harus mencari serbuk-serbuk emas di antara milyaran butiran pasir yang ada di tambang. 

Salah satu treatment untuk menyeleksi informasi tersebut adalah dengan fitur atau alat di instagram yang namanya hastag atau tagar. Cara menyeleksinya adalah dengan menyuruh instagram untuk mencari postingan yang sesuai dengan tagar yang kita ketikkan. Nah, sebelum kita bareng-bareng membahas tentang hashtag untuk reels instagram, alangkah baiknya kita ulas dikit aja tentang apa  itu hashtag instagram dan seluk beluknya. 

Hashtag Instagram

Sebenarnya tidak cuma IG yang mempunyai fitur hastag.  Dalam dunia medsos kita juga menjumpai platform lain yang punya fitur hastag, seperti youtube, facebook, tiktok, hingga twitter.

Banyak yang mengartikan hastag sebagai tagar atau tanda pagar. Ini merupakan sejenis perintah kita kepada platform tersebut untuk mencarikan postingan yang di dalamnya memakai hastag tersebut. 

Misalnya kita mengetikkan kata “obat covid” di pencarian IG. Maka akan ada beberapa pilihan penyortiran di sana, apakah kita pilih account, post, atau tag (hastag). Jika kamu ingin mencari hastag maka pilih saja tag. Lalu akan muncul yang postingan-postingan yang memakai  tanda pagar tersebut. Jadi memang ini adalah semacam shortcut untuk memudahkan pencarian informasi di IG.

Hashtag-hashtag yang sering dicari orang maka akan menjadi instagram trending hashtag. Setiap harinya ada tagar-tagar yang trending di dunia dan Indonesia. Untuk melihatnya kita bisa menuju searching IG. 

Hashtag instagram hampir ada di semua jenis postingan IG mulai dari feed post, story, reels, hingga IG TV. Semuanya bisa kita tanami dengan tanda pagar, terutama sekali feed post dan reels. Nah sebelum kita bahas mengenai hashtag untuk reels instagram, maka kita bahas dulu fungsi hastag dalam sebuah postingan instagram.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Reels di Instagram

Baca juga :   Cara Membuat Time Schedule Kegiatan Selama Ramadhan untuk Bisnis

Fungsi Hashtag dalam Sebuah Postingan Instagram 

Beberapa fungsi dari tagar dalam postingan instagram adalah seperti halnya keyword dalam sebuah website. Sebuah post, baik itu reels, feed, ataupun IG TV, akan mudah kita temukan ketika ditanami dengan sebuah tagar (tanda pagar). 

Lalu apa saja sih fungsi hashtag dalam post Instagram?

  1. Memudahkan sebuah postingan ditemukan. 
  2. Menggolongkan postingan kamu ke dalam sejenisnya. 
  3. Memperluas jangkauan postingan (jadi tak sekadar followers yang bisa melihat).
  4. Memudahkan viewers untuk melihat postingan yang sejenis dengan post kita di instagram.

Mungkin itu dulu beberapa fungsi tagar dalam sebuah post IG. Kalau berbicara mengenai fungsi dan manfaat tentu banyak sekali dan tiap akun tidaklah sama. Termasuk performa hastag pada setiap fitur IG pun tidaklah sama. 

Misalnya kita memakai hastag yang sama untuk post feed dan reels, maka efek hastag terhadap kedua jenis postingan tersebut tidaklah sama. Inilah menariknya hastag, yakni mempunyai efek yang berbeda untuk setiap postingan, dan bahkan setiap akun. 

Tulisan ini khusus akan bahas tentang hashtag untuk reels instagram. Kamu sudah tahu kan apa itu reels instagram? 

Fitur Terbaru Instagram

Instagram baru saja merilis fitur barunya bernama reels di Indonesia pada Juni 2021 kemarin. Fitur ini memungkinkan kita melihat video-video pendek secara acak dari pengguna di seluruh dunia. 

Alhasil reels instagram adalah cara bagi kita untuk dapat nampang di beranda orang lain. Namun pentingkah hashtag untuk reels instagram? Bukankah tanpa hastag pun kita sudah dapat membawa post kita ke beranda orang lain? 

Mari kita bahas bareng-bareng pada sub judul di bawah ini. 

Baca Juga : Ide Konten Instagram Reels

Baca juga :   Makin Pede Setelah Pasang Iklan Langsung Tampil di Google

Mengapa harus Ada Hashtag untuk Reels IG?

Banyak yang menyangsikan tentang manfaat hastag pada reels instagram. Apakah reels memang membutuhkan tanda pagar sesaat ketika diposting? Bukankah tanpa hastag pun kita dapat meluaskan jangkauan video asalkan video tersebut berkualitas sinematis? 

Oke, kita akan menjawabnya secara perlahan. Sebenarnya ada banyak alasan mengapa reels instagram harus memakai tagar sebagaimana jenis postingan lain. Jadi, reels IG adalah salah satu fitur yang mempercepat perluasan jangkauan akun kita. Mereka yang tidak pernah follow kamu tapi lewat reels ini maka mereka dapat melihat postinganmu. Atas dasar apa Instagram menghadirkan postinganmu kepada mereka yang tidak follow kamu? 

Inilah uniknya algoritma instagram di mana mereka punya rumus-rumus tertentu untuk melihat habits dari penggunanya. Biasanya postingan mereka yang tak pernah kamu follow akan turut hadir di berandamu karena postingan mereka sejenis dengan postingan yang sering kamu lihat di reels. Dan salah satu cara agar postingan itu dapat digolongkan ke dalam sejenisnya adalah dengan menanam hashtag sesaat sebelum posting. Inilah mengapa alasan kita harus memberikan hastag untuk reels di instagram.

Tentu, hastag ini juga berfungsi ketika para pengguna mencari postingan lewat fitur tag searching. Tentu ini akan menambah peluang postingan kita ditemukan di searching. 

Hastag untuk Reels di Instagram

Lalu apa hastag yang tepat untuk kita pasang di reels instagram? Lalu bagaimana kita mencari hashtag untuk reels instagram agar postingan semakin luas jangkauannya? 

Jadi memang tidak ada rumus khusus atau instagram trending hashtag untuk reels instagram. Sebenarnya tagar untuk IG adalah tagar biasa sebagaimana yang kita pakai untuk membuat postingan feed. 

Namun untuk lebih mengoptimalkannya maka kita harus paham dengan kekhususan fitur reels ini. Jadi fitur reels di IG lebih menekankan kepada up to date atau kecepatan informasi. Jadi bila kamu bisa mengikuti trend yang ada di reels maka semakin besar peluangnya untuk dapat naik dan mendapatkan banyak viewers. 

Agar postinganmu bisa cepat meluas maka ikutilah instagram trending hashtag untuk reels. Misalnya beberapa minggu lalu sempat ramai trending #firstreels atau reels pertama. Itu dapat menjadi pemicu video reels yang kamu buat dapat mendapatkan banyak viewers. 

Selain instagram trending hashtag, ternyata juga ada beberapa tagar ‘wajib’ yang harus ada di reels. Di antara tagar itu adalah;

  • #reels.
  • #reelsinstagram.
  • #reelsvideo.
  • #instagramreels.

Itulah beberapa tagar wajib yang sifatnya sebenarnya lebih ke wajib kifayah karena itu menjadi kewajiban yang tidak utama. 

Nah, selain hastag trending  dan juga hastag waji kifayah, maka kita dapat menambahkan hastag spesifik ke dalam postingan video reels. Lalu bagaimana mencari tagar spesifik tersebut? Simak ulasannya di bawah ini. 

Bagaimana mencari hastag untuk reels?

Bagaimana sih cara mencari hastag untuk reels IG? Tenang sob. Ada banyak cara mencarinya. Jadi memang tidak ada perbedaan khusus ketika mencari hastag untuk post feed ataupun untuk reel. 

Mungkin kalau post feed kita mencari ide hastag berdasarkan isi dari gambar tersebut, maka kalau reel dapat kita cari dari jenis video yang ada di sana. Misalnya video masak maka kata kunci untuk tagarnya adalah masak, chef, masterchef, dan sebagainya. 

Jangan lupa untuk menggunakan tools cek hashtag instagram untuk mencari hashtag untuk postingan instagram yang powerfull. Sekian tips mengenai apa hashtag untuk reels instagram yang paling tepat. Semoga bermanfaat.