Cara Mengaktifkan Reels di Instagram Pada Hape Android

cara mengaktifkan reels di instagram

Cara Mengaktifkan Reels di Instagram – Bagi kamu pengguna instagram pasti kaget kalau buka aplikasi IG. Soalnya di instagram kini muncul fitur baru yang mirip tiktok. Eh yang benerr, kan memang biasanya banyak video tiktok bertebaran instagram?

Bukan sob, kini instagram udah punya sendiri lho. Fitur tersebut bernama reels atau reel. Lalu bagaimana cara mengaktifkan reels di instagram?

Bagi sebagian orang yang tidak akrab dengan IG pasti belum tahu apa itu reels instagram. Maka dari itu simak baik-baik artikel berikut sampe selesai ya sobat. Siapa tahu kamu jadi tertarik jadi kreator reel. Hehe.

Instagram Reels Indonesia Sudah Masuk Lho

Beberapa bulan lalu mungkin kita masih menonton banyak video ber-watermark tiktok bertebaran di instagram. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi tiktok karena semakin banyak yang menyebarluaskan kontennya. Tapi hal itu cepat diantisipasi oleh IG dengan meluncurkan fitur baru yang hampir mirip dengan tiktok. Itulah yang dinamakan fitur reels, yang sebenarnya sudah lama muncul di IG.

Jadi buat kamu yang belum tahu apa itu reels instagram maka tidak usah minder, karena fitur ini memang baru mulai aktif di Indonesia pada pertengahan Juni 2021 kemarin.

Kapan Instagram Reels Rilis Di Indonesia

Secara resmi instagram reels masuk Indonesia pada tanggal 23 Juni 2021. Ini tergolong telat karena sebelumnya IG Reels telah aktif di 50 negara di seluruh dunia. Lalu kenapa instagram baru mengaktifkan fiturnya ini di Indonesia?

Baca juga :   Ide Konten Instagram Reels untuk Tingkatkan Jangkauan Postingan

Usut punya usut ternyata kemunculan reels adalah sebagai  jawaban IG sesaat setelah muncul larangan penggunaan tiktok di Amerika Serikat. Ketiadaan platform semacam tiktok diambil alih oleh IG dengan memunculkan fitur yang hampir mirip dengan tiktok. Namun apakah benar reels merupakan tandingan yang sepadan untuk tiktok?

Fitur Reels Instagram

Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna instagram dapat melihat kilasan video dari pengguna di seluruh dunia.

Di sini instagram sangat mengutamakan kualitas visual dari video yang bersangkutan. Semuanya didukung oleh berbagai efek yang bakalan mempercantik video kamu.

Fitur Reels instagram memang hampir sama dengan Tiktok. Namun dia mempunyai algoritma sendiri yang unik, karena fitur-fitur di instagram berintegrasi dengan reels sehingga membuat penggunanya semakin betah di sana.

Namun terkadang tidak semua akun dapat langsung menikmati reels di instagram lho sobat. Sepertinya kita perlu untuk mengupdate akun dan aplikasinya terlebih dahulu. Berikut adalah cara untuk melihat reels di instagram jika aplikasimu sudah terupdate.

Cara Melihat Reels Di Instagram

  1. Buka aplikasi instagram.
  2. Masukkan username/email dan password.
  3. Lihat pada bagian tengah di atas tombol home. Di situlah icon reels berada.
  4. Jika tidak muncul instagram reels maka tandanya kamu belum update akun, maka sign out dulu akunmu.
  5. suruh temanmu yang sudah bisa melihat reels ke dalam aplikasimu.
  6. Suruh dia sign out kembali.
  7. Lalu masuklah dengan akunmu lagi.
  8. Biasanya setelah kita masuk dengan akun lain maka instagram reels akan otomatis dapat terlihat di akun kita.

Pada dasarnya IG Reels sudah hadir secara optimal dan penuh di Indonesia. Maka tidak ada alasan kita tidak dapat mengaktifkan reels di instagram.

Baca juga :   Pengaruh PPKM Terhadap UMKM dan Strategi Bertahan Saat Pandemi

Di reel tersebut kita dapat melihat video dan scroll untuk melihat video selanjutnya. Kisaran video yang ada di sana adalah 15 atau 30 detik. Hampir sama dengan tiktok. Lalu jika kita ingin menjadi kreator di reels bagaimana caranya? Berikut adalah cara membuat reels di instagram. Biar kamu keren kayak yang lainnya. Masak yang lain udah pasang “it’s my first reels”, malah kamu belum?

Cara Membuat Reels Instagram

  1. Buka aplikasi instagram.
  2. Sign in dengan masukkan username dan password.
  3. Klik tanda (+) yang ada di bagian kanan atas. (di atas barisan story).
  4. Di situ ada pilihan apakah kamu akan buat postingan, story, reels, atau IG LIVE.
  5. Pilih reels.
  6. Lalu Pilih panjang video yang akan kamu buat.
  7. Pilih speed atau kecepatan video yang akan direkam (1, 2, 3x).
  8. Kamu dapat memilih effect atau rona warna pada videomu.
  9. Di sini kamu juga dapat menambahkan musik latar atau backsound untuk membuat video reels semakin estetik.
  10. Jika sudah maka tinggal arahkan kameramu pada obyek.
  11. Lalu tekan tombol rekam (icon video di tengah).
  12. Setelah selesai rekam sesuai durasi pilihanmu, maka kita bisa tambahkan teks, stiker, bahkan suara dan pengaturan warna pada video yang siap upload.
  13. Jika sudah Klik Next.
  14. Tambahkan caption
  15. Pilih apakah akan bagikan ke feed atau tidak.
  16. Klik share.

Cukup mudah bukan cara membuat reels di instagram? Di sini kamu dapat berkreasi penuh untuk membuat videomu makin cantik. Jangan lupa untuk mereview terlebih dahulu setiap video yang akan diupload menjadi reels.

Dengan melakukan pengecekan atau review ini maka kamu bisa memastikan kualitas audio pada reels. Jika sudah oke barulah klik share, maka kamu sudah berhasil membuat reels pertama kamu.

Baca juga :   Perbedaan Tiktok dan Reels Instagram

Instagram Reels Tidak Ada di Akunmu?

Pada pembahasan sebelumya sudah kita bahas solusi atau cara memunculkan reels di instagram. Kadang memang tidak semua akun dapat secara otomatis masuk kepada fitur ini. Lalu bagaimana jika instagram reels tidak ada di akunmu? Kemungkinan reels IG tidak muncul ada beberapa sebab, di antaranya adalah;

Reels Instagram Tidak Muncul

  1. Aplikasimu belum update ke versi instagram terbaru.
  2. Akunmu jarang digunakan sehingga perlu pemanasan dulu sebelum masuk ke fitur reels.
  3. Kamu tidak tahu di mana icon reels itu berada.

Itulah beberapa kemungkinan reels instagram tidak muncul pada akunmu. Lalu bagaimana solusi jika reel IG ini tidak muncul?

Nah, jika akunmu memang sudah lama tak digunakan dan engagement nya rendah maka harap sabar. Perbaharui dulu aplikasimu lalu gunakan akun tersebut untuk beraktifitas di IG barang sehari dua hari. Untuk lebih detailnya begini cara memunculkan reels di instagram.

Cara Memunculkan Reels Di Instagram

  1. Masuk ke aplikasi instagram.
  2. Jika di atas tombol home belum ada icon reels maka pergilah ke searching.
  3. Di situlah kamu scroll-scroll rekomendasi postingan yang ada.
  4. Perhatikan di sela-sela postingan.
  5. Jika ada post berbentuk video dengan icon reels berarti selamattt.
  6. Kamu sudah dapat menerapkan reel bahkan membuat reels.
  7. Caranya tonton dulu video.
  8. Lalu log out akun dan masuklah kembali.
  9. Dijamin akunmu sudah dapat melihat dan membuat konten melalui fitur terbaru tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang mungkin dapat kamu lakukan yaitu cara mengaktifkan reels di instagram. Barangkali dari kesemua cara tersebut ada cara lain yang berasal dari pengalamanmu, maka jangan lupa share ke sobat KDJ semuanya. Terima kasih, telah membaca artikel sampai selesai. Semoga bermanfaat dan dapat berguna buat sobat semuanya.

(Sependek pengalaman tim konten KDJ,ternyata keberadaan konten reels dapat meningkatkan engagement akun dengan drastis loh. Yuk cobain berkonten ria pake fitur ini)