Digital Marketing, Strategi Untuk Meningkatkan Omset Keuntungan

Digital marketing

Digital Marketing jika melihat dengan kacamata konteks kekinian adalah satu hal yang mana anda harus terapkan saat ini. Bagaimana tidak, perkembangan teknologi memungkinkan seorang untuk melakukan segala sesuatu dengan bantuan teknologi. Digitalisasi dari pemasaran akan membuat semua hal menjadi efisien, dan ini pula yang akan meningkatkan omset keuntungan apabila penerapannya optimal dalam aktivitas jual beli.

Tertarik dengan kenaikan untung? simak artikel kali ini untuk mengetahui digital marketing, sebagai strategi untuk meningkatkan omset keuntungan.

Digital Marketing

Secara sederhana, digital marketing merupakan aktivitas pemasaran atau promosi suatu merek, brand, atau jasa penawaran dengan memanfaatkan media digital. Tujuan utama dari digital marketing adalah menjangkau pasar yang luas dan pelanggan yang banyak tanpa menguras banyak tenaga, tentunya dengan cara yang efektif dan efisien.

Berbeda dengan model pemasaran konvensional yang memanfaatkan media luring, dalam digital marketing, media pemasarannya berasal dari sarana digital.

Tujuan digital marketing

Digital marketing dalam penerapannya bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan produk, awareness produk, dan menjangkau pasar yang lebih luas. Digital marketing juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hubungan antara sang penjual dan calon konsumen.

Beberapa tujuan yang disebut di atas merupakan hal yang penting bagi pengusaha untuk terus bisa survive di era arus globalisasi yang begitu kencang, diakui atau tidak implementasi model digital di lini ekonomi mampu meniscayakan adanya kemunduran model penjualan tradisional. Bisakah anda membayangkan bagaimana pengusaha yang tidak berdialog dengan kemajuan zaman beberapa tahun yang akan datang?

Baca juga :   Apa Itu Whatsapp Marketing

Jenis-jenis digital marketing

Ada dua jenis model penjualan digital, yaitu berdasarkan strategi, dan media pemasaran.

Berdasarkan media pemasaran

  • Website dan Search Engine Optimization (SEO)

Website dalam digital marketing merupakani kebutuhan primer bagi anda pemilik bisnis online, sebab melalui website inilah digital marketing berjalan.

Dalam konteks website sebagai media pemasaran, website ini ibarat toko namun tidak memiliki bentuk fisik.

Lebih sederhana, website adalah toko digital yang salah satu fungsinya adalah melakukan promosi untuk menarik pelanggan.

Agar website senantiasa eksis, maksudnya berada di tempat teratas pada pencarian google, website membutuhkan penerapan kaidah SEO. Namun buatlah ia dengan semenarik mungkin agar pelanggan betah berada di dalamnya.

Baca juga: Teknik SEO On Page Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Penerapan

  • Search Engine Marketing (SEM)

Selain SEO, website juga membutuhkan SEM. Jika SEO bertujuan untuk menempatkan website pada pencarian organik saja, namun SEM bisa bertujuan untuk menempatkan website di posisi pencarian teratas baik pada pencarian organik maupun berbayar.

  • Social Media Marketing

Dalam dunia pemasaran digital, selain website, ada pula toko online dari social media. Melihat model masyarakat yang pada saat ini “ketergantungan” dengan sosial media, maka anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai lahan penjualan juga.

  • Email Marketing

Email marketing adalah pesan yang berupa teks atau gambar dari website ke konsumuen. Pesan tersebut secara otomatis akan terkirim kepada setiap pelanggan yang terdaftar sebagai pengikut suatu website. .

Strategi ini biasanya dapat anda lihat di akun email anda pada kolom promosi.

  • Content Marketing

Dalam digital marketing, penjualan atau penarikan hati para konsumen melalui konten juga dapat anda lakukan. Penjelasan content marketing lebih lanjut akan dijelaskan di bawah.

  • Influencer Marketing

Influencer marketing adalah model gabungan antara digital marketing dengan model marketing tradisional, yaitu dengan menggunakan jasa individu untuk pemasaran produk.

Baca juga :   Cara Pemasaran Madu Sebuah Tips Agar Customer Mau Repeat Order

Para penjual produk biasanya menggunakan jasa dari nama-nama terkenal untuk memasarkan produk melalui akun mereka. Disinilah letak penggabungan natar model tradisional dengan digital, yaitu tetap mengiklankan produk di media digital, namun menggunakan jasa seseorang.

Berdasarkan strategi

  • Push digital marketing

Push digital marketing adalah metode pemasaran dimana produknya langsung ditawar kepada pelanggan agar mendapat hasil penjualan yang cepat. Strategi ini biasanya digunakan untuk produk yang baru dan belum dikenal, dan tujuan utamanya agar pasar tahu bahwa produk ini ada.

  • Pull digital marketing

Jika push digital marketing berkesan “jor-joran,” maka pull digital marketing sebaliknya, yaitu melakukan promosi dengan tidak terlalu frontal. Iklan dalam strategi pemasaran ini biasanya tampak sedemikian rupa agar ada ketertarikan dari benak konsumen dan mencari tahu sendiri lebih dalam.

Bagaimana trik pemasaran dengan digital marketing agar omset meningkat?

Ada beberapa trik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan keuntungan dalam aktivitas jual beli. Trik-trik ini adalah untuk menjangkau pasar yang luas, sebab hal tersebut secara langsung berhubungan dengan calon pembeli. Semakin besar jangkauan pasar bukankah semakin besar peluang untuk menaikkan keuntungan?

Berikut trik-trik dalam digital marketing untuk meningkatkan omset keuntungan:

Paham akan kebutuhan sasaran pasar

hal fundamental yang harus anda lakukan awalnya adalah memahami apa yang sebenarnya pasar butuhkan. Pemahaman akan kebutuhan pasar ini akan mendorong perusahaan untuk mendialogkan produknya dengan apa yang calon konsumen inginkan. Tentu, konsumen yang nyaman dengan hal tersebut akan menjadi pelanggan tetap.

Sebagai contoh, anggaplah anda mempunyai perusahaan yang bergerak untuk memproduksi dan menjual kacamata. Anda seharusnya memahami apa sebenarnya diinginkan oleh para calon konsumen, model kacamata seperti apa dan dengan spek apa. Jangan hanya menganggap model yang anda akan diterima mentah-mentah oleh konsumen. Balik logikanya menjadi apa yang sebenarnya dibutuhkan pasar, maka sediakan. 

Baca juga :   Cara Riset Kata kunci yang merajai google oleh Rizki Pahlawan

Buat iklan menarik

Ketika memasarkan produk di media digital, buatlah iklan dengan konsep semenarik mungkin. Buat iklan dengan tawaran yang menarik namun dengan komponen konten yang menghibur dan akan memberi dampak positif di hati konsumen. Hal tersebut akan menggugah hati calon konsumen sehingga tertarik untuk melihat produk yang anda iklankan.

Buat konten yang berkualitas

Selain membuat iklan yang menarik, hal yang harus anda lakukan adalah membuat konten yang berkualitas, tentunya di akun bisnis tempat berjualan. Jangan hanya mengunggah konten penjualan, namun usahakan sisihkan beberapa konten menarik dan informatif. Agar follower dari akun anda tidak merasa risih dengan banyaknya iklan.

Contohnya, anda adalah pelaku usaha yang menawarkan kursus bahasa Inggris dengan goals mendapat beasiswa belajar di luar negeri. Selain mengunggah konten penawaran kurus, anda juga dapat mengunggah konten informatif yang berhubungan dengan bidang tersebut. misalnya fakta-fakta berkuliah di luar negeri, 10 peringkat universitas tertinggi di dunia, dan lain-lain.

Bangun tim yang kompeten

Yang tidak kalah penting kemudian adalah membangun tim yang kompeten dalam bidangnya masing-masing. Meskipun segala macam hal dalam digital marketing menggunakan teknologi digital, namun anda harus melakukan kontrol manual sepenuhnya. Tidak perlu banyak tim, yang penting tim berkualitas. 

Baca juga: Membangun Tim Digital Marketing Jangka Panjang

Evaluasi pemasaran

Setelah semuanya berjalan, jangan lupa untuk melakukan evaluasi pada setiap aktivitas penjualannya. Lihatlah bidang mana yang efisien berjalan atau bidang mana yang menyebabkan omset menurun. Hal ini akan membuat anda dapat membayangkan kemungkinan apa yang harus anda lakukan selanjutnya. Dan jangan lupa belajar untuk mencari cara agar bisnis anda semaking berkembang.