Mentor Digital Marketing Bank Indonesia Mamuju dari Kampus Dosen Jualan

Mentor Digital Marketing Bank Indonesia

Tim Kampus Dosen Jualan menjadi Mentor Digital Marketing, bagi UMKM Binaan Bank Indonesia Sulawesi Barat. Mengawali aktifitas berkantor kembali setelah liburan lebaran 2023, tim Kampus Dosen Jualan (KDJ) bertolak ke Kota Mamuju Sulawesi Barat. Agenda tersebut sebagai jawaban atas undangan dari Bank Indonesia Sulawesi barat. Undangannya tentu sebagai mentor dan narasumber dalam acara Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) 2023. Kegiatan ini terlaksana di Hotel d’Maleo Mamuju, dengan 30-an peserta yang terbagi dalam 2 kelas, kelas potensial dan kelas unggulan. Kelas potensial peruntukkannya  untuk peserta (UMKM) yang sifatnya baru, hasi pendataan tim Bank Indonesia.

Sedangkan kelas unggulan untuk UMKM binaan Bank Indonesia yang selama ini sudah menjadi mitra Bank Indonesia Sulawesi Barat. Beberapa peserta unggulan sudah beberapa kali menjadi vendor atau supllier dari beberapa kegiatan Bank Indonesia Sulawesi Barat. Baik berupa pengadaan snack, pengadaan souvernir dan catering di acara-acara Bank Indonesia Sulawesi Barat. Acara sendiri terlaksana pada tanggal 9 dan 10 Mei 2023, mulai dari Jam 09.00 hingga 17.30 WITA.

Mentor Digital Marketing Bank Indonesia dari Tim Kampus Dosen Jualan

KDJ untuk agenda ini mengutus 4 orang tim, diantaranya; Suryadin Laoddang (Founder Dosen Jualan Group), Lia Ulfathun Art (CEO Dosen Jualan Group). Turut serta Muqqoddar Ar Rosyadi (Senior Advertiser DJ Group), Bita Silvia (CRM Manager Dosen Jualan Group). Tim Kampus Dosen Jualan bertolak dari Yogyakarta sejak tanggal 7 Mei 2023, dengan penerbangan JT 644 dari bandara New Yogyakarta International Airport. Sengaja berangkat lebih awal, agar bisa mampir di kota Makassar dan bersilaturahmi dengan beberapa mitra bisnis dan Alumni Dosen Jualan di Kota Makassar. Acara di Makassar berlangsung dalam beberapa agenda dan sesi, dimulai sejak tiba di Kota Makassar. Diawali dengan bersua dengan Pengusaha Muda Makassar, Daeng Sulvicar, owner dari Malunra Catering Makassar.

Pertemuan berlangsung di Hidangan Sari Laut Mbak Atun, di kisaran pelabuhan kota Makassar. Agenda makan malam selesai pada kisaran jam 22.00 WIB, dilanjutkan dengan jamuan hidangan khas Makassar yakni Sarabba, di jalan Sungai Cerekan Makassar. Agenda minum Sarabba ini turut dibersamai oleh Alfian, Owner dari Sewa Breaker Makassar. Jam 00.30 WITA, tim sudah kelelahan, mengantuk. Tim beranjak ke Hotel Remcy di daerah Panakukang untuk beristirahat.

Baca juga :   Sekolah Internet Marketing Jogja

Silaturahmi dengan Mentor Digital Marketing di Makassar

Keesokan paginya (8 Mei 2023), tim mengawali agenda dengan sarapan ringan di Hotel, mengingat juga masih ada agenda undangan Sarapan Coto Makassar. Tim dijemput oleh salah satu alumni Dosen Jualan. Ibu Heny Suhaeny owner dari CV. Up Plus Indo, distributor Pupuk Organik Makassar. Bu Henny bersama CEO-nya ibu Andi Irma Sirajuddin dengan penuh hikmat mengantarkan Tim Dosen Jualan ke beberapa tempat. Setelah sarapan tambahan berupa Coto Makassar Daeng Sirua di Jalan Abdullah Daeng Sirua Makassar, rombongan bergerak ke Central Point Makassar. Di area reklamasi pantai ini Tim KDJ puaskan diri berfoto-foto di mini dermaga CPI (central point Indonesia) dan juga di Masjid 99 kubah, ikon baru kota Makassar yang sayangnya terbangun secara serampangan dan tidak lagi terawat.

Sejam lebih disini, tim bergerak ke pinggiran pantai losari, berfoto-foto dengan latar pantai dengan hiasan tulisan letter besar seperti Pantai Losari, Bugis, Makassar, Mandar, Toraja dan lainnya. Hanya sejenak disini, tepat jam 10 tim bergerak ke Saunk Cafe and Resto. Menghadiri undangan ramah tamah bersama Tim Digital Marketing Pusat Kebutuhan Laundry Makassar. Bersama hidangan berupa cemilan pisang goreng dan sukun goreng, kedua tim larut dalam diskusi ala aktifis Makassar tentang evalausi dan rencana Digital Marketing Roadmap untuk Pusat Kebutuhan Laundry.

Jam 11.30 tim KDJ bergerak lagi menuju Kampung Kuliner, menghadiri undangan makan siang dari Bapak Asbar Andaya dan Ibu Oga Suryanti. Sosok pertama adalah founder dari Makassar Tahfiz Cetre, sosok kedua adalah inisiator dari gerakan sosial Sedekah Jumat (Si Jum) di Gowa dan Makassar. Di restoran berkonsep sirkah ini, semua tim kayaknya sengaja mengincar hidangan Es Pisang Ijo Prancis, makanan khas Sulawesi yang entah kenapa ada bumbu kata Prancis di akhir namanya. Pertemuan ini menjadi seru dan ramai dengan kehadiran beberapa alumni Kampus Dosen Jualan seperti Sudarsono, juga mitra bisnis kami Bapak Baharuddin owner dari JNT Cargo Makassar.

Baca juga :   Milad Ke - IV Kampus Dosen Jualan

Mentor Digital Marketing Dadakan di Makassar untuk Para Mitra

Tepat jam 14.00 WITA, tim bergerak ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, tentu untuk melanjutkan perjalanan Kota Mamuju. Tiba di Bandara, dengan fasilitas protokoler VIP Bandara, tim KDJ menghemat banyak waktu dan tenaga untuk segera istirahat di ruang tunggu. Tepat jam 15.40 tim sudah memasuki lambung pesawat ATR 72-600 milik maskapai Wing Air. Seharusnya dalam hitungan 1 jam kami sudah mendarat di Bandara Tampa Padang Mamuju, namun rupanya alam menunjukkan kuasa-Nya. Setelah 30 menit bermanuver dan berputar-putar di langit Kota Mamuju.

Karena hujan badai, sang pilot memutuskan untuk kembali ke Bandara Makassar. Dua kali kegagalan dalam percobaan mensejajarkan badan pesawat dengan landasan pacu, rupanya mendukung keputusan sang pilot, pendaratan ini akan berbahaya jika dipaksakan. Salut untuk sang pilot dan copilot-nya, tidak ada getaran dan guncangan sama sekali salama manuver dan percobaan mendarat, bahkan hingga kami tiba di Bandara Makassar.

Kisaran jam 19.45 WITA, kami mendarat di Makassar, segera kami mencari hotel transit, mandi dan berganti pakaian. Lalu beranjak ke agenda kuliner, makan Sop Saudara dan Konro di Konro Rappocini. Itu setelah masih lanjut lagi nikmati Pisang Ngepe di Pantai Losari Makassar. Setelah puas kuliner, baliklah kami ke hotel untuk istirahat. Karena keesokan paginya, jam 05.20 WITA kami harus kembali naik Wing Air untuk kembali di Kota Mamuju, tujuan utama dari perjalanan kami kali ini. Jam 06.30 kami mendarat di Mamuju, sudah menunggu jemputan dari Tim Bank Indonesia regional Mamuju.

Sedikit ngebut memang, karena kami harus tiba di lokasi sebelum Jam 08.00 WITA, sebelum acara Pelatihan. Sayang, kami tak mampu mencapai jadwal tersebut, mengingat kami butuh checkin di Hotel, sarapan dan mandi. Meski demikian salah satu personil tim kami masih sempat mengukuti acara pembukaan, meski cuma pada akhir acara. Jam 10.00 WITA, kelas resmi kami mulai. Tim kami menempatkan diri berdasarkan kelas dan jadwal masing-masing.

Mentor Digital Marketing dari KDJ untuk Bank Indonesia Mamuju

Berangkat dari pengalaman Bank Indonesia Puasat yang telah 4 tahun menjadikan Kampus Dosen Jualan sebagai mitra pembelajaran dan pembinaan UMKM mereka sejak 2019. Maka, patut menjadi rasa syukur jika tim KDJ selalu mendapatkan rekomendasi untuk menjadi mentor pada semua kantor wilayah Bank Indoensia seluruh Indonesia. Dalam acara di Mamuju ini, KDJ menurunkan 4 mentor, berikut adalah jadwal dan materi masing-masing mentor :

Baca juga :   Cara Jitu Menulis Artikel SEO bagi Pemula

Suryadin Laoddang

Dengan latar belakangnya sebagai praktisi, konsultan dan mentor digital marketing di Indonesia, mendapatkan dapuk untuk membawakan materi berikut ini :

  • Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Lokal dan Nasional
  • Aktivasi dan optimasi Ekosistem Google
  • Praktek pembuatan Konten Foto, Banner, dan Video

Lia Ulfathun Art

Berlatar belakang sebagai CEO dari Dosen Jualan Group, sebuah perusahaan berbasis digital marketing di Yogyakarta, layaklah kiranya jika Mbak Lia membawakan materi berikut :

  • Membangun Tim Digital
  • Building Your Digital Mindset
  • Customer Relation Manajemen (CRM)
  • Aktivasi dan Optimasi Berjualan Online di platform ride hailing (Grabfood)

Muqoddartur Ar Rosyadi

Pengalamannya sebagai Senior Advertiser di Dosen Jualan Group, menjadikannya sangat mengusai ikhwal dunia iklan berbayar. Baik itu di Meta (facebook, instagram dan Whatsapp) Ads, Google Ads hingga Market Place Ads. Inipulalah yang menjadi dasar, kenapa beliau mendapatkan kepercayaan mengampu materi berikut :

  • Praktek digital marketing dengan Googe Ads
  • Optimasi Fitur Promosi di Marketplace lokal dan nasional

Bita Silvia

Secara usia dan pengalaman kerja, Mbak Bita adalah personil tim termuda dalam tim Dosen Jualan yang berangkat ke Mamuju. Sehari-harinya, mbak Bita membidangi tata kelola tim sosial media dan konten di Divisi Olshop Dosen Jualan Group. Sehari-harinya ngurusin marketing dan selling, layaklah kiranya jika mendapat amanah berupa materi berikut :

  • Digital Content Development (Foto dan Video Produk, dan Copy Writing)
  • Aktivasi dan Optimasi Toko Online di Marketplace Nasional (Shopee)

Semanjak pagi hingga magrib, tim kampus dosen jualan larut dalam penugasan materi. Namun di malam hari, tim memanfaatkan waktunya untuk berwisata kuliner di Kota Mamuju, terutama hidangan ikan lautnya. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Relatif tidak banyak kendala yang terjadi, kecuali masalah tepat waktunya peserta masuk kelas belajar.

11 Mei 2023, jam 06.00 WITA tim melanjutkan perjalanan untuk balik ke Yogyakarta. Berawal dengan penerbangan dari Mamuju ke Makassar, Makassar ke Jakarta dan Jakarta ke Yogyakarta. Setelah di Mamuju, selanjutnya Tim Dosen Jualan akan menghadiri undangan acara WUBI di Kendari, Sulawesi Tenggara. Selain dua agenda tersebut, sebelumnya tim Dosen Jualan juga telah menghadiri acara serupa. Yakni menjadi mentor digital marketing Bank Indonesia di Kantor Wilayah Sumatera Utara (Sibolga). Sebelumnya hadir juga di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.