Apa Itu UMKM Go Digital? Berikut Manfaat Dan Tips Memulainya

Apa Itu UMKM Go Digital?

 

Apa itu UMKM Go Digital? UMKM Go Digital merupakan salah satu respon dari pandemi Covid-19. Sebagaimana yang dikehui, Covid-19 memang menyebabkan terhentinya beberapa sisi sosial manusia, misalnya pendidikan dan ekonomi. Hal tersebut lantas membuat masyarakat butuh untuk memalingkan interaksi sosial yang biasanya dilakukan langsung, ke model interaksi daring, dengan maksud agar virus Covid-19 menyebar.

Sering berjalannya waktu, model digital terus menerus digunakan meski Covid-19 telah berakhir, alasannya adalah karena adanya peningkatan transaksi dengan basis digital yang pesat. Model ini kemudian diadopsi oleh Pemerintah Indonesia untuk tetap menjalankan ekonomi Indonesia. Salah satu program yang mereka buat adalah UMKM Go Digital, suatu bentuk sarana dengan memberdayakan UMKM namun berjalan dengan basis digital.

UMKM Go Digital

UMKM Go Digital adalah istilah yang tertuju pada digitalisasi kegiatan UMKM. Maksudnya, kegiatan jual-beli UMKM tidak lagi menggunakan metode konvensional, namun dengan cara baru dengan pemanfaatan platform digital agar membuka lebih banyak peluang dan pasar, dan tentunya meningkatkan traffic keuntungan.

UMKM Go Digital memungkinkan pelaku UMKM untuk melakukan aktivitas perdagangan mereka dengan basis digital. UMKM yang dimaksud bukan hanya tertuju pada satu bentuk saja, namun mencakup semua bidang, kuliner, fashion hingga agribisnis. Dengan mengadopsi sistem dengan basis digital ini, diharapkan pelaku usaha mampu meningkatkan efisiensi bisnis.

Manfaat UMKM Go Digital

Dengan perkembangan teknologi digital yang pesat, para pelaku UMKM tentu berlumba-lomba untuk mendigitalisasi usaha mereka, mengapa demikian? Tentu karena digitalisasi UMKM memberi manfaat yang besar.

Baca juga :   Belajar Instagram ads Marketing

Apa saja manfaatnya?

Jangkauan pasar yang luas

Kecanggihan model telekomunikasi apabila diadopsi ke kegiatan jual-beli tentu akan memberi suatu keuntungan, yaitu memberi jangkauan pasar yang luas bahkan sampai ke luar negeri. Dengan luasnya pasar, penghasilan tentu dengan sendirinya akan meningkat.

Meminimalisir biaya operasional dan pemasaran

Penggunaan media digital tentu akan meminimalisir biaya produksi apalagi dibandingkan dengan model pemasaran konvensional, dimana semuanya dilakukan serba luring. Belum lagi jika melihat trend masyarakat yang hampir semua menggunakan smartphone.

Selain itu dalam program UMKM digital, pelaku usaha sebenarnya tidak membutuhkan lagi toko fisik, sebab semuanya telah dilakukan serba digital. Tidak ada lagi biaya sewa toko bulanan, tidak ada lagi biaya karyawan berlebih, dengan UMKM digital, anda ahanya butuh perangkat digital dan kuota.

Menjadikan UMKM lebih profesional dan tertata

Bisnis digital akan menjadikan bisnis anda terlihat profesional meski hanya dijalankan beberapa orang saja dan tempat kerja yang tidak tetap. Hal ini bisa anda lakukan dengan menata baik akun bisnis atau website anda. Hal ini sekaligus membuat meningkatan kepercayaan konsumen kepada bisnis anda

Digitalisasi juga akan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan sistem keuangan. Sebab semua hal diatur dengan sistem digital yang canggih. Dengan pola ini, pencatatan keuangan bisnis anda akan lebih sehat dibandingkan dengan pencatatan manual.

Baca juga: Membangun Tim Digital Marketing Jangka Panjang

Lantas bagaimana tips memulai UMKM Go Digital dan sukses dalam penerapannya?

Tips Memulai UMKM Go Digital

Manfaatkan Selalu Media Sosial

Tentu hal yang paling berperan penting dalam aktivitas jual-menjual adalah promosinya. Kebanyakan orang memulai usaha dan membuat produk tanpa pernah mempromosikannya. Tentu hal tersebut akan membuat angka penjualan stagnan dan mungkin akan turun. Bagaimana mungkin produk anda bisa dibeli oleh orang lain jika produknya tidak dikenal oleh pasar? Disinilah peran media sosial.

Baca juga :   Pengertian Hukum Pareto dan Implementasi dalam Dunia Bisnis

Media sosial dalam hal ini digunakan untuk mempromosikan barang yang anda jual. Mempromosikan barang anda di media sosial bukanlah suatu hal yang susah. Anda hanya membutuhkan smartphone dan kuota untuk melakukannya. Selain karena kemudahannya, cakupan pasarnya juga luas bahkan sampai di seluruh daerah Indonesia. Anda dapat menggunakan Facebook, Twitter, dan media sosial yang lain.

Adapun cara-cara menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan barang anda adalah:

  • Buat akun bisnis

Sebelum jauh mempromosikan produk anda, pastikan terlebih dahulu, akun tempat anda berjualan telah dialihkan menjadi akun bisnis dan bukan akun pribadi. Hal ini akan menambah kesan profesionalitas tempat penjualan anda. Bukankah aneh jika di sela-sela promosi anda mengunggah foto keluarga anda?

  • Promosikan produk secara teratur

Ketika akun bisnis anda telah dibuat, jangan sampai lupa untuk mengunggah produk yang anda jual atau tawarkan. Sebab inilah yang menjadi bagian utama dari penggunaan media sosial sebagai tempat pemasaran produk.

Aturlah jadwal pengunggahan konten. Pastikan waktu yang anda pilih merupakan waktu dimana pengunjung media sosial sedang ramai.

  • Buat konten yang menarik dan bermanfaat

Jangan hanya mengupload konten mengenai produk anda saja. Sebab hal tersebut akan membuat follower jenuh dan beralih meninggalkan akun tersebut. Oleh karenanya pastikan di sela-sela promosi, anda mengunggah postingan yang menarik dan bermanfaat.

Misalnya, saat ini anda menjalankan usaha dagang durian. Jangan hanya upload ready stock durian, namun hal-hal menarik yang mengenai durian. Misalnya fakta menarik mengenai durian, 5 daerah dengan penduduk yang menyukai durian, dan lain sebagainya.

  • Lakukan interaksi dengan audiens

Di akun bisnis anda, pastikan anda senantiasa berinteraksi dengan audiens. Hal ini dapat berupa jawaban responsif di kolom komentar atau pesan akun. Jangan sampai melewatkan hal ini, sebab hubungan antar penjual dan pembeli dipertaruhkan.

  • Gunakan hashtag

Salah satu cara efektif untuk mendatangkan konsumen di media sosial adalah penggunaan hastag. Gunakanlah hashtag yang sesuai dengan bisnis anda, atau hashtag populer. 

Baca juga :   Cara Memakai Google Search Console untuk Melihat Kunjungan Website

Bangun website

Selain membuat akun media sosial, hal yang harus dilakukan agar UMKM Go Digital anda sukses adalah membangun website. Dalam website inilah anda menjelaskan lebih dalam mengenai penjelasan produk anda. Hal-hal seperti apa saja yang anda tawarkan, kelebihan produk anda, cara pemesanan, komplain dan lain sebagainya.

Selain sebagai lahan promosi produk, website juga mampu memuat bermacam hal, seperti tulisan artikel. Pastikan bahwa artikel yang termuat dalam website anda ditulis dengan menggunakan kaidah SEO yang menarik agar dapat menempati posisi atas di search engine. Dengan hal ini, kemungkinan produk anda dilirik oleh konsumen semakin besar.

Baca juga: Teknik SEO On Page Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Penerapan

Gunakan E-Commerce

Terkadang konsumen malas untuk mencari satu persatu website mengenai produk yang akan mereka membeli. Belum lagi mereka harus membandingkan antar satu produk dengan produk lain. Tentu mereka begitu malas untuk membuka dan menutup satu dua website mengenai produk yang sama namun dengan merek yang berbeda.

Namun e-commerce menawarkan solusi akan kemalasan tersebut. Dengan membuka e-commerce, konsumen akan lebih mudah untuk membandingkan satu produk dengan produk yang lain. Oleh karenanya, Anda tidak boleh ketinggalan membuat satu toko di e-commerce. Jangan hanya mengandalkan website dan media sosial, namun andalkan segala lini agar kemungkinan produk anda dibeli oleh orang menjadi lebih besar.

Pelajari juga bagaimana cara agar produk anda menempati posisi teratas di kolom pencarian. Anda tentu akan lebih tertarik dengan produk teratas daripada produk yang berada di bagian bawah bukan?