Teknik SEO On Page Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Penerapan

teknik seo on page

Tahukah anda ada berapa macam teknik optimasi dalam SEO (Supaya Entuk Orderan hhe) itu? Terdapat berbagai teknik optimasi SEO yang dapat diterapkan pada website anda. Namun, disini, saya akan menjawab bahwa ada dua teknik SEO yang paling mendasar dan penting, yaitu teknik SEO On Page dan Off-Page SEO.

Trik SEO on page adalah sebuah trik yang dilakukan di dalam sebuah website untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari. Teknik On-Page SEO meliputi pemilihan keyword yang tepat, pembuatan konten berkualitas, optimalisasi struktur situs, dan optimasi tiap elemen halaman.

Sementara itu, teknik Off Page SEO adalah teknik yang dilakukan di luar situs web untuk meningkatkan otoritas domain dan popularitas situs web. Teknik Off-Page SEO meliputi link building, penggunaan media sosial, guest posting, dan brand mentions.

Kombinasi dari teknik On-Page dan Off-Page SEO yang efektif akan membantu meningkatkan peringkat dan kemunculan situs web di mesin pencari serta membantu menghasilkan traffic organik yang lebih tinggi. Dengan memahami dan menerapkan kedua teknik tersebut dan mengimplementasikan strategi yang tepat, situs web dapat meningkatkan peringkat yang lebih baik dan menghasilkan lebih banyak pengunjung yang tertarget.

Setelah kita tahu kedua teknik tersebut saatnya kita masuk lebih dalam ke teknik seo on page. Sebab teknik ini adalah teknik yang sangat memungkinkan untuk kita lakukan sebagai seorang pemula atau newbie. Mari kita simak apa pengertiannya berikut ini.

Baca juga :   Jenis-jenis Kebiasaan Langka yang Meningkatkan Nilai Plus Dirimu

Pengertian SEO On Page

Tidak perlu khawatir jika Anda masih bingung dengan teknik SEO On Page. Pada dasarnya, SEO On-Page adalah teknik yang dilakukan di dalam situs web Anda untuk membantu meningkatkan peringkat website Anda di search engine seperti Google.

Berbagai hal yang dapat dilakukan pada web Anda untuk membantu meningkatkan ranking, termasuk menentukan kata kunci yang relevan dengan konten Anda dan memasukkannya ke dalam elemen situs web seperti title, deskripsi meta, konten, dan URL. Selain itu, penting untuk menyediakan konten yang relate, informatif, dan renyah dibaca, yang dapat membantu meningkatkan interaksi user dengan situs Anda.

Anda juga perlu mensetting situs web Anda agar mudah dimengerti oleh pengguna dan mesin pencari dengan menyesuaikan struktur situs, seperti penggunaan tag header, tautan internal, dan navigasi yang mudah user pahami. Mempercepat kecepatan loading halaman situs web juga akan membantu memperbaiki SEO On Page Anda.

Dengan mengimplementasikan teknik SEO On-Page tersebut, Anda dapat meningkatkan ranking website anda dan membantu mesin pencari memahami isi situs Anda dengan lebih baik. 

Setelah tahu apa pengertiannya, dan segala kesulitan yang mengikutinya mari kita simak apa sih tujuan dari teknik SEO On page ini. 

Tujuan SEO On Page

Berikut beberapa tujuan dari trik SEO On page untuk website anda. Simak baik baik karena dari sini anda akan semakin bersemangat untuk menerapkan teknik ini pada web anda. 

  • Membantu Mesin Pencari Memahami Website Anda

Ketika anda menerapkan seo on page maka mesin pencari menjadi semakin mudah memahami website anda. Mesin pencari tidak kesulitan lagi memetakan dan menggolongkan website anda sesuai dalam niche yang ada di website. 

  • Menyediakan Konten yang Relevan dengan Pencari 

Apabila anda menerapkan teknik ini juga mempermudah user dalam mencari konten kita. Sebab user yang membutuhkan informasi tersebut menjadi lebih mudah menemukan website kita karena web kita hadir di halaman satu google. 

  • Memudahkan Pengguna untuk Berselancar di dalam website kita. 

Kalau kita menerapkan seo on page juga menjadikan user senang berselancar di web kita. Sebab mereka tak bingung lagi ketika masuk ke dalam homepage anda. Misalnya sudah tersedia tag, menu, dan kategori yang memudahkan untuk dipahami. 

  • Memudahkan Konten Kita Mencapai Ranking di Google

Dan tentunya tujuan dari seo on page itu adalah memudahkan website kita mencapai ranking tertinggi di google. Sebab google senang terhadap website yang kontennya relevan dengan keinginan user. 

Baca juga :   Bongkar Habis Trik Jualan dengan Facebook Organik Bersama Pak Suryadin Laoddang

Itulah keempat manfaat dari teknik optimasi seo on page ini. Lalu apa sih manfaat yang bisa kita dapatkan apabila sudah menerapkan teknik tersebut? Sebelum kita bahas cara penerapan seo on page mari kita simak dulu manfaat dari teknik itu. 

Manfaat SEO On Page

Ketika Anda menerapkan teknik SEO On-Page yang baik, situs web Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan di mesin pencari seperti Google. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung yang masuk ke situs web Anda. 

Selain itu, teknik SEO On-Page juga membantu memperbaiki kecepatan situs web, meningkatkan user experience, dan memastikan konten situs web Anda relevan dan informatif. Dengan cara ini, interaksi pengunjung dengan situs web Anda dapat meningkat secara drastis dan kualitas situs web Anda secara keseluruhan dapat ditingkatkan, sehingga jumlah pengunjung dan perkembangan situs web Anda meningkat. 

Dalam intinya, menerapkan teknik SEO On-Page yang tepat sangat penting untuk meningkatkan jangkauan dan traffic situs web Anda, yang kemudian dapat meningkatkan kesadaran merek, penjualan, dan keuntungan Anda.

Itulah inti dari penerapan SEO on page yakni untuk meningkatkan penjualan. Bukankah teknik seo on page itu sangatlah penting bagi bisnis anda? 

Untuk itu simak baik baik contoh penerapannya di bawah ini agar anda tak bingung lagi untuk meningkatkan traffic tersebut.

Contoh Penerapan SEO On Page

Jika anda masih belum tahu memulai teknik seo on page dari mana maka simak caranya berikut ini : 

  1. Optimasi Konten Sesuai Standar SEO

Konten berstandar SEO harus terstruktur dengan baik dan mudah terpahami oleh pengguna dan mesin pencari. Konten harus mengandung kata kunci utama yang relevan dan terletak secara strategis pada elemen halaman, seperti judul, deskripsi meta, header, dan isi konten.

  1. Lakukan Riset Kata Kunci untuk Artikel Secara Serius

Anda sebaiknya melakukan riset kata kunci SEO dengan menggunakan alat-alat atau tools khusus untuk membantu menentukan kata kunci yang tepat untuk berguna dalam konten atau halaman web Anda.

Baca juga :   Facebook Marketplace : Ketahui Pengertian, Manfaat serta Fungsinya

Alat atau tools tersebut dapat memberikan informasi tentang seberapa sering suatu kata kunci di mesin pencari, tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut, serta saran kata kunci lain yang relevan dengan topik atau niche yang Anda bidik.

  1. Perbaiki Kecepatan Loading Website

Berikut beberapa cara untuk memperbaiki kecepatan loading website, antara lain: dengan Optimalkan gambar sebab Gambar dengan ukuran besar dapat memperlambat loading website. Gunakan gambar yang optimal dengan ukuran yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya. Lalu Gunakan caching. Caching adalah teknik penyimpanan data sementara pada browser. Sehingga website akan lebih cepat termuat saat pengguna kembali mengunjungi halaman yang sama. Serta anda bisa memilih kapasitas hosting yang besar dan cepat. 

  1. Buatlah Judul yang Ramah SEO dan Membuat Pembaca Betah Berada di Website

Cara agar pembaca betah berada di website anda adalah Buat tampilan situs yang menarik. Tampilan situs web yang menarik akan membuat pembaca merasa nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu lebih lama di situs Anda. Selain itu tentunya harus menulis konten yang benar-benar memberikan solusi atas masalah para pembaca agar mereka menemukan value dari sana. 

Itulah pengertian, tujuan, manfaat, dan contoh penerapan teknik seo on page yang bisa anda terapkan di website anda. Ikuti informasi lainnya yang terbaru soal SEO di website kampus dosen jualan. Dan jangan lupa untuk ikut dalam kursus SEO di tempat kami. Tepatnya pada bulan februari ini. untuk informasi lebih lengkap bisa hubungi whatsapp berikut ini 0821-3694-7525.