Jobdesk Content Writer yang Harus Anda Ketahui!

Jobdesk Content Writer

Pastinya anda bertanya-tanya apa saja jobdesk content writer bukan? Sebab profesi ini memang tergolong baru. Terutama semenjak dunia digital semakin berkembang pesat. Meskipun saat ini pekerjaan content writer digadang tergantikan oleh Artificial intelligence tapi pekerjaan ini tetap banyak yang membutuhkan. Tentunya dengan kehadiran AI menjadikan to do list pekerjaan ini menjadi berubah. 

Orang seringkali menyamakan saja pekerjaan content writer dan copywriter. Padahal sebenarnya keduanya ini berbeda. Keduanya sama-sama penting untuk dunia digital sekarang. Saking pentingnya bahkan seseorang yang pekerjaannya ini bisa perusahaan gaji dengan gaji yang sangat tinggi. Bayangkan pekerjaan anda hanya menulis tapi gajinya bisa sampai puluhan juta. Namun dengan gaji yang besar itu tentu harus beriringan dengan kualifikasi yang mumpuni pula. Di sini kita harus mempunyai skill di atas rata-rata kebanyakan orang. Sebab kita tidak hanya menulis saja pekerjaannya melainkan juga memakai otak. Sebab menulis itu sebenarnya 20% mengetik dan 80% berpikir. Oleh karenanya anda harus membiasakan menjadi seorang content writer. Tentunya jika ingin semakin sukses anda harus ikut pelatihan content writer agar semakin terbiasa dengan jobdesk content writer. 

Di bawah nanti kita akan berkenalan dengan salah satu tempat pelatihan content writer yang tokcer. Namun sebelum itu kita harus tahu dulu step-step menjadi seorang content writer handal. Pertama anda harus ketahui apa perbedaan antara content writer dan copywriting. Lalu anda juga harus tahu apa pentingnya dan urgensi dari skill content writer. Lalu nanti kita juga simak apa materi di pelatihan content writer tersebut. Tanpa berlama-lama mari kita simak uraiannya berikut ini. 

Baca juga :   Apa Itu Pembicara Internet Marketing?

Perbedaan Content Writer dan Copywriting

Keduanya ini seringkali banyak yang menyamakan. Namun aslinya berbeda lho. Apa perbedaan antara keduanya? Agar lebih mudah membedakannya mari kita lihat definisi dan contoh pekerjaan keduanya. 

Sebagai seorang content writer, tugas utama kita adalah membuat konten seperti artikel, blog, panduan, atau ulasan yang informatif, edukatif, atau menghibur. Konten ini dapat terbit di berbagai platform, termasuk situs web, blog, media sosial, majalah, atau surat kabar.

Jadi, ya, sebagai content writer, Anda dapat bertugas menulis untuk situs web, namun tidak terbatas pada itu saja. Anda juga dapat menulis untuk publikasi offline atau media sosial. Bergantung pada perusahaan atau klien Anda, Anda mungkin juga bertanggung jawab untuk melakukan riset topik, mempublikasikan konten di platform yang berbeda, mengoptimalkan konten untuk SEO, dan lain sebagainya. Nah sudah jelas bukan apa pengertian dari jobdesk content writer. Sekarang yuk mari kita simak apa perbedaan content writer dengan copywriting. 

Sebagai seorang copywriter, pekerjaan Anda adalah menulis teks persuasif dan menggugah minat pembaca untuk membeli produk atau layanan tertentu. Tugas ini dapat terasa sulit karena Anda harus membuat teks yang menarik, jelas, dan menggugah minat secara kreatif namun tetap menjaga fokus pada tujuan bisnis klien.

Untuk menjadi seorang copywriter yang sukses, beberapa skill yang kita perlukan antara lain:

  1. Kemampuan menulis yang baik
  2. Kemampuan riset pasar dan pesaing
  3. Kreativitas dan imajinasi yang tinggi
  4. Kemampuan untuk memahami target audiens
  5. Kemampuan untuk bekerja dengan deadline yang ketat

Tulisan copywriter dapat dipublikasikan di berbagai media, seperti iklan cetak, spanduk, brosur, email marketing, atau website. Banyak copywriter juga menulis untuk media sosial, konten pemasaran, atau video iklan.

Baca juga :   Contoh Konten Instagram Yang Menarik Dari Yang Paling Rumit Hingga Paling Sederhana

Jadi sudah jelas sekali bukan perbedaan jobdesk content writer dan copywriting. Memang keduanya sama sama menulis tapi bekerja di ranah yang berbeda. Mari sekarang kita simak apa saja skill yang kita butuhkan seorang content writer.

Apa Saja Skill Content Writer

  • Benchmarking

Ya, seorang content writer sebaiknya melakukan benchmarking kompetitor. Benchmarking kompetitor adalah proses mempelajari konten yang telah diterbitkan oleh pesaing Anda untuk mendapatkan ide, inspirasi, dan wawasan tentang topik, gaya penulisan, dan format yang populer.

  • Riset Kata Kunci dan Tema

Riset kata kunci sangat penting bagi seorang content writer karena dapat membantu meningkatkan kualitas dan efektivitas konten yang Anda tulis. Beberapa alasan mengapa riset kata kunci penting bagi seorang content writer, antara lain:

Mengetahui apa yang sedang dicari oleh audiens: Dengan melakukan riset kata kunci, Anda dapat mengetahui kata kunci yang digunakan oleh audiens untuk mencari informasi yang berkaitan dengan topik yang ingin Anda tulis. Dengan demikian, Anda dapat menulis konten yang sesuai dengan kebutuhan dan minat

  • Pengetahuan SEO tipis-tipis

Seorang content writer sebaiknya memahami dasar-dasar SEO, seperti penggunaan kata kunci, judul, meta deskripsi, dan struktur konten yang baik. Ini akan membantu meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari dan meningkatkan trafik ke situs web.

  • Layout Tulisan dan Publishing

Sebagai seorang content writer, penting untuk membuat konten yang mudah dibaca dan menarik bagi pembaca. Oleh karena itu, selain menghasilkan konten yang berkualitas dan informatif, seorang content writer juga harus memperhatikan gaya penulisan dan struktur kalimat agar konten menjadi lebih enak dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca.

Gaji Content Writer

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi gaji seorang content writer, seperti pengalaman kerja yang semakin lama, kualitas dan jumlah portofolio yang dimiliki, spesialisasi dalam industri atau topik tertentu, lokasi geografis tempat pekerjaan ditawarkan, jenis pekerjaan, dan ukuran serta reputasi perusahaan tempat content writer bekerja.

Baca juga :   Kursus Jualan di Marketplace untuk Warga Piyungan oleh KDJ Jogja

Tentunya bekerja sebagai content writer di Yogyakarta dan Jakarta berbeda. Maka kita harus bisa memilih tempat yang tepat. Kalau kita ingin mendapatkan gaji besar tentunya di jakarta. Namun Jogja juga bukan tempat yang salah untuk berkembang menjadi seorang content writer berpengalaman. 

Nah, sudah tahu bukan apa saja yang mempengaruhi gaji content writer untuk setiap jobdesk content writer yang mereka kerjakan. Lalu bagaimana untuk meningkatkan kemampuan content writing kita? 

Ikut Pelatihan Content Writer

Bangun karir menjanjikan sebagai penulis profesional dengan mengikuti pelatihan content writing di Kampus Dosen Jualan Yogyakarta. Tingkatkan keterampilan menulis Anda dan menjadi seorang penulis handal dengan didukung oleh para ahli digital marketing. Segera daftar sekarang! Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa menghubungi nomor berikut ini 0821-3694-7525.

Lalu apa saja sih materi yang nantinya diberikan di kampus dosen jualan?

Materi Content Writer

Materi Pelatihan Content Writer di Kampus Dosen Jualan Yogyakarta meliputi: cara menulis artikel SEO agar terindeks dengan baik di mesin pencari, cara menulis ebook yang menarik dan informatif, serta cara menulis caption yang memikat pembaca dan meningkatkan interaksi di media sosial.

Tunggu apalagi segera hubungi nomor di atas dan dapatkan seat untuk duduk sebagai peserta di pelatihan content writer KDJ. Kami tunggu dan jadilah seorang penulis yang menerapkan jobdesk content writer dengan baik.