Cara Menampilkan Insight pada Facebook Marketplace

Cara menampilkan insight pada facebook marketplace

Insight merupakan data yang memberikan informasi mengenai kinerja halaman, seperti data demografi dan bagaimana orang-orang menanggapi postingan yang kalian unggah. Cara menampilkan insight pada Facebook marketplace pun cukup mudah dan akan mimin jelaskan lebih lanjut nanti.

Hal yang harus kalian ketahui adalah bahwa insight hanya menyediakan informasi untuk 2 tahun terakhir, sementara data untuk demografi, jenis kelamin, umur dan lokasi akan tersedia pada Insight Halaman apabila sudah mencapai 100 orang atau lebih.

Data Insight Halaman menjadi penting karena bisa kalian gunakan untuk:

  • Memahami cara orang berinteraksi dengan halaman kalian
  • Melihat metrik kinerja halaman kalian
  • Mengetahui jenis postingan yang paling menarik perhatian pengunjung, serta mengetahui waktu online sebagian besar pengunjung.

Adapun cara yang bisa kalian lakukan untuk melihat Insight Halaman, yaitu:

  1. Buka kabar beranda
  2. Klik ikon Halaman (bendera) di menu kiri
  3. Buka halaman kalian
  4. Klik Insight di menu kiri

 

Cara Meningkatkan Insight Facebook Marketplace

Ada banyak faktor penyebab naik turunnya jumlah pengunjung di halaman Facebook marketplace kalian. Pada umumnya, faktor yang paling mempengaruhi yaitu faktor internal toko. Bagaimana cara mempersiapkan toko kalian menjadi lebih menarik dan dilirik oleh pengunjung. Berikut ini cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk menaikkan insight di marketplace Facebook:

Manfaatkan Fitur Premium Seller

Fitur premium seller memungkinkan kalian untuk mempromosikan toko online secara eksklusif. Keuntungan yang akan kalian peroleh dengan fitur ini adalah lapak kalian menjadi muncul pada urutan atas, produk menjadi lebih sering dipromosikan, dan mendapatkan promo-promo eksklusif.

Baca juga :   Mengoptimalkan Whatsapp Business dengan Lima Jurus Berikut Ini

Gunakan Fitur Ads

Kalian juga bisa mempromosikan produk jualan kalian dengan mudah melalui fitur iklan atau ads. Namun, sebelum beriklan pastikan kalian sudah meriset karakter calon pembeli yang seperti apa yang kira-kira akan tertarik dengan produk yang kalian jual.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan kapan waktu terbaik untuk beriklan. Misalnya jika target pembeli produk kalian adalah anak-anak sekolah, maka akan lebih efektif ketika kalian memasang iklan di luar jam sekolah, seperti sore atau malam hari.

Harga Bersaing

Di Facebook marketplace, kalian mungkin akan menemukan banyak kompetitor yang menjual produk sama seperti yang kalian tawarkan. Pastikan kalian menetapkan harga bersaing ya! Jangan sampai harga produk kalian jauh lebih mahal dari toko lain yang menjual barang serupa.

Namun juga jangan sampai kalian membanting harga atau menetapkan harga yang terlalu murah dari rata-ratanya. Karena nanti pengunjung menjadi ragu dengan kualitas produk yang kalian jual.

Tawarkan Promo

Cara lain yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan insight Facebook marketplace adalah dengan menawarkan promo seperti potongan harga, buy 1 get 1, gratis ongkir, dan lain-lain.

Apabila pengunjung melihat lapak kalian sedang mengadakan promo, mereka tentu akan semakin tertarik melihat-lihat produk yang kalian tawarkan. Kalian juga bisa menarik pelanggan baru dengan menawarkan promo untuk pembeli pertama.

Lakukan Riset

Lakukan riset untuk mengetahui produk apa yang sedang banyak dicari oleh pengguna Facebook. Maksimalkan iklan yang kalian buat untuk menawarkan item yang memang sedang populer di platform tersebut.

Gunakan kategori untuk melihat produk mana yang saat itu sedang laris. Kalian juga dapat melacak produk populer dengan mengunjungi halaman bisnis yang berbeda.

Baca juga :   Cara Foto Makanan untuk Jualan Online Biar Estetik

Promosikan di Platform Lain

Selain di marketplace, kalian juga dapat melakukan promosi di platform lain supaya jangkauannya lebih luas, seperti di media sosial dan web jualan online. Misalnya, jika bisnis kalian memiliki akun media sosial, akan lebih baik apabila kalian memasang link marketplace pada deskripsi profil.

Sehingga pengunjung yang tertarik untuk membeli bisa langsung menuju marketplace dengan mengklik link tersebut. Begitu pula pada website toko online, kalian bisa menyisipkan link yang mengarahkan pengunjung ke toko online kalian di marketplace.

Cara lain yaitu dengan membuat dan membagikan konten pada website toko online kalian, kemudian pasang tombol CTA (Call-to-Action) yang akan mengarahkan pengunjung ke marketplace.

Selain mengetahui bagaimana cara menampilkan insight pada Facebook marketplace, lalu bagaimanakah cara menampilkan fitur marketplace di Facebook? Mari ikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

Cara Menampilkan Fitur Marketplace di Facebook

Cara menampilkan fitur marketplace ini penting bagi kalian yang ingin berjualan ataupun berbelanja. Namun, kebanyakan cara memunculkan fitur ini dibutuhkan oleh para pebisnis atau pedagang yang menggunakan akun Facebook.

Nah, kalian bisa memilih cara menampilkan fitur marketplace pada Facebook baru, lama atau cara menampilkan fitur Marketplace pada Facebook Lite.

Cara Menampilkan Fitur Marketplace pada Facebook Lama

Pertama, pilih perangkat yang akan kalian gunakan.

Menggunakan Komputer:

  1. Login ke link com
  2. Setelah login, pilih pengaturan lalu opsi Notifikasi
  3. Kemudian pilih opsi Di Facebook, lalu scroll turun hingga terdapat opsi Marketplace
  4. Lalu menu Edit
  5. Dan terakhir pilih opsi Aktifkan lalu simpan

Menggunakan Aplikasi HP Android:

  1. Klik tiga garis sejajar yang berada di pojok atas
  2. Lalu klik icon marketplace, kalau tidak ada maka klik Lihat Lainnya
  3. Kemudian icon orang
  4. Pilih icon lonceng
  5. Klik Pengaturan
  6. Pilih Aktifkan
Baca juga :   Cara Melihat Insight di Instagram dari Aplikasi dan Web

 Cara Menampilkan Fitur Marketplace pada Facebook Lite

Cara menampilkan fitur marketplace pada Facebook Lite dapat kalian lakukan menggunakan handphone dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan sebelumnya kalian sudah cek di halaman Facebook Marketplace
  2. Cek juga apakah pada Facebook Lite sudah ada icon marketplace
  3. Namun jika belum ada, maka kalian bisa klik tiga garis sejajar yang ada di Facebook Lite
  4. Kemudian klik icon Marketplace
  5. Jika tidak ada icon marketplace, maka kalian bisa pilih Lihat Selengkapnya

 Cara Menampilkan Fitur Marketplace pada Facebook Baru

Apabila kalian menggunakan Facebook baru untuk membuat marketplace, maka biasanya akan terdeteksi sebagai spammer. Oleh karena itu, cara memunculkan fitur marketplace pada Facebook baru tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Trik cara mengaktifkan marketplace pada Facebook baru:

  1. Pastikan terlebih dahulu kalian sudah menggunakan setting negara dan berada di negara yang didukung oleh Marketplace.
  2. Pastikan kalian sudah memiliki beberapa teman sebelum menggunakan fitur ini
  3. Gabunglah dengan beberapa grup jual beli yang ada di Facebook
  4. Postinglah beberapa buah iklan ke dalam grup jual beli tersebut
  5. Setelah beberapa waktu, maka kalian bisa mendaftar atau request untuk menampilkan fitur marketplace di akun kalian. Kalian bisa melakukan request di halaman : Request Marketplace Facebook

 

Selesai sudah pembahasan kita pada artikel kali ini mulai dari bagaimana cara melihat insight pada halaman Facebook, cara menaikkan insight Facebook Marketplace hingga cara menampilkan fitur marketplace dengan menggunakan komputer dan handphone.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian yang kira-kira masih bingung dan belum tahu langkah-langkah di atas.

Semoga apa yang mimin bagikan hari ini dapat bermanfaat dan membantu kalian untuk mengoptimalkan bisnis kalian ya!

Hotmaria S

Pengunjung juga mencari:

  • insight Facebook mar