Cara Membuat Meta Deskripsi di Blog untuk Platform WordPress

Cara Membuat Meta Deskripsi di Blog

Cara membuat meta deskripsi di Blog – Banyak orang tidak bisa membuat deskripsi yang tepat untuk blog atau website miliknya. Hal ini akan berdampak pada keterindeks-an website tersebut di dalam mesin pencari (google misalnya). Maka dari itu agar website atau blog kamu dapat terindeks dengan cepat dan tepat di Google maka buatlah meta deskripsi yang baik dan benar. 

Kenapa banyak orang tidak tahu cara membuat meta deskripsi yang tepat di website miliknya? Lalu apa dampak jika kita gagal menuliskan meta deskripsi yang tepat untuk website?

Pertama, banyak orang salah menuliskan atau bahkan tidak menuliskan sama sekali meta deskripsi karena mereka tidak paham bahwa deskripsi meta ini ikut berperan penting membentuk website mereka. Penulis sendiri pernah berada di fase, ketika tidak begitu menganggap penting deskripsi ini. Jadi deskripsi di dalam blog atau website sungguh berbeda dengan deskripsi di sosial media. 

Kalau deskripsi di sosmed mungkin kita dapat menuliskan kata secara bebas dan tak terikat aturan. Pokoknya asal kece saja. Namun ini tidak bisa kita terapkan untuk meta deskripsi, karena meta deskripsi sangat berkaitan erat dengan bagaimana google memandang website kita nantinya. 

Akibat jika kita gagal menuliskan meta deskripsi adalah paling parah website kita tidak atau sulit terindeks di google. Dampak atau akibat lainnya adalah website kita gagal menjelaskan dirinya kepada orang atau pengunjung di google. Tentunya kita tak ingin ini terjadi bukan? Maka dari itu sebelum kita membahas cara membuat meta deskripsi di blog, yuk berkenalan dulu dengan apa itu meta deskripsi. 

Apa itu meta title dan meta description?

Di dalam blog atau website, kita mengenal dua macam meta. Yakni meta title dan meta deskripsi. Apa itu meta title dan meta description? Serta di mana letak keduanya jika ingin mengeditnya? Maka dari itu simak terus pemaparan mengenai apa itu meta title dan meta description.

Kita bahas satu persatu ya sob. Kalau meta title adalah satu atau beberapa kata penjelas yang singkat. Fungsi dari kata-kata ini adalah untuk menjelaskan isi dari website kita. Letaknya meta title biasanya ada di status bar pencarian (tab). Meta title ini penting dan jangan sampai kita lupa untuk menuliskannya. Dan menuliskan meta title juga tidak dapat sembarangan karena ini ikut menentukan bagaimana google memandang website atau blog kita. 

Lalu apa itu meta description? Jadi meta description adalah sejenis paragraf singkat (terdiri dari 1-3 kalimat, yang akan menjadi penjelas dari website kita saat ditemukan di mesin pencari. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu meta title dan meta description, maka baca sub bab selanjutnya dalam tulisan ini.  

Deskripsi Meta Adalah Deskripsi Homepage Website kita

Sekarang kita dapat membedakan antara meta title dan meta deskripsi bukan? Oke, tulisan ini akan mengkhususkan diri pada cara membuat meta deskripsi di blog dan website dengan platform wordpress. 

Buat kamu yang belum tahu, jadi deskripsi meta adalah sejenis kalimat yang terdiri dari 1-3 kalimat, yang fungsinya untuk menjelaskan website kamu ketika muncul di pencarian google. Kalau kamu sering browsing maka akan sering menemukan meta deskripsi ini muncul di bagian bawah judul website. Jadi deskripsi meta adalah deskripsi dari homepage website kita. 

Meta deskripsi ini penting karena kalau pengunjung tidak menemukan sesuatu yang menarik dari website kamu maka mereka akan lebih memilih meng-klik website lain. 

Maka dari itu kita sudah mengantongi satu tips dan cara membuat deskripsi meta di blog, yakni buatlah deskripsi ini yang menarik. Tapi ada tips lainnya yang harus kamu ketahui ketika menuliskan meta description ini. Yuk kita simak apa saja tipsnya di bawah ini. 

Cara Membuat Meta Description di WordPress Tanpa Plugin

Beberapa tips cara membuat meta deskripsi di blog mungkin mengharuskan kita menginstall plugin tertentu. Namun kita akan memakai cara manual ketika membuatnya. Lalu apa saja syarat yang harus ada dalam sebuah meta deskripsi ini sehingga menarik perhatian pengunjung website? Hal-hal berikut ini dapat menjadi acuan kamu ketika akan menerapkan cara membuat meta deskripsi di blog dengan platform wordpress. 

Tips Membuat Meta Deskripsi pada Blog

  1. Singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami. Jangan buat deskripsi yang berbelit. 
  2. Tanamlah kata kunci pada meta deskripsi untuk lebih memudahkan google mengenali website kamu. Misalnya ; jual madu yaman di Jakarta, Sekolah digital marketing terbaik, dan lain sebagainya. 
  3. Jangan buat meta deskripsi kurang dari 300 karakter. Dan jangan lebih dari itu. 
  4. Usahakan jangan terlalu sering merubah meta deskripsi pada blog atau website karena itu akan menyebabkan websitemu susah dikenali oleh google. 
  5. Pahami produkmu secara betul-betul agar kamu tidak salah menjelaskannya dalam meta deskripsi. 

Itulah beberapa tips dan syarat meta deskripsi yang baik untuk kamu pasang di blog dan website. 

Kita bahas pada poin nomor dua karena ini sangat penting dan banyak orang gagal memahaminya. Jadi ketika membuat meta description, kita sering melupakan bahwa di dalamnya harus terdapat kata kunci dan juga kota target produk atau pemasaran kita. Untuk contohnya kita akan bahas pada sub bab selanjutnya ya sob. 

Kalau kamu ingin mendapatkan kata kunci terbaik untuk meta deskripsi, maka lakukan dulu riset kata kunci di artikel Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Mencari Kata Kunci. Terapkan tips mencari kata kunci itu lalu kata kunci yang sudah ketemu tarohlah di dalam meta deskripsi. Nah, untuk contoh dari meta deskripsi nanti kita bahas di bawah ini ya sob. 

Nantinya sesuaikan meta deskripsi itu dengan produk atau brand yang kamu kelola websitenya. 

Dan sebelum kita bahas mengenai contoh meta description, yuk kita bahas dulu cara merubah meta deskripsi di dasbor wordpress.

  1.  Jika anda belum memiliki Yoast SEO, maka install dulu plugin tersebut. 
  2. Setelah install, lalu pilih menu SEO (Yoast) lalu pilih tampilan pencarian. 
  3. Di situ akan muncul SEO Title dan meta description. 
  4. Jika meta description masih kosong maka tarohlah meta yang telah kamu buat di situ. 
  5. Jika sudah lalu klik simpan perubahan. 
  6. Tunggu hingga 30 hari, barulah perubahan tersebut akan terdeteksi di google. 

Itulah cara membuat meta deskripsi di blog untuk platform wordpress. Nah, agar kamu dapat membuat teks meta nya, maka simaklah beberapa contoh meta description berikut ini.

Contoh Meta Description

Berikut merupakan beberapa contoh meta description yang dapat kamu contoh untuk ditaruh di website atau blog kamu. Dari beberapa contoh ini dapat kita kelompokkan menjadi dua jenis deskripsi meta, yaitu meta yang berbentuk kalimat narasi dan meta yang isinya hanya kumpulan kata kunci saja. Berikut contohnya;

Itu adalah contoh dari meta deskripsi yang berbentuk narasi. Memang tidak mudah untuk mengkombinasikan kata kunci menjadi kalimat yang naratif. Namun kalau kamu terus mencoba pasti akan bisa. 

Berikut juga contoh lagi untuk description yang berbentuk narasi.

 Lalu jenis kedua dari meta-deskripsi adalah yang berbentuk kumpulan kata kunci. Contoh berikut ini mungkin dapat menjadi inspirasi kamu. 

Sekian tulisan mengenai cara membuat meta deskripsi di blog. Semoga tulisan ini dapat membantu kesulitanmu selama ini ya sob. Salam inspirasi.

Pengunjung juga mencari:

  • cara membuat meta deskripsi di blog language:id
Baca juga :   Pelatih Pemasaran Online Terbaik Untuk Toko Online