Prospek Bisnis di Lampung : Ide Buat yang Ingin Buka Usaha

Prospek Bisnis di Lampung

Banyak orang tidak tahu apa yang menjadi potensi di daerahnya. Kadangkala saking dekatnya kita dengan tempat tinggal, jadi melupakan keunggulannya. Jika kamu tidak tahu potensi daerah, maka kamu tak dapat mengambil peluang usaha. Nah, dalam tulisan ini khusus kita akan bahas mengenai prospek bisnis di Lampung. Agar saudara-saudara kita di sana dapat memanfaatkan potensinya secara maksimal. 

Prospek bisnis di Lampung ini penting buat mereka yang punya modal dan pengalaman namun bingung mau bisnis apa. Memang bagi beberapa orang, mencari peluang dan prospek bisnis itu begitu sulit. Bukan karena dia tak punya pengalaman, tapi karena terkadang pasar yang ada di daerah tersebut sudah berubah. 

Maka dari itu buat anda yang berada di Lampung, inilah prospek bisnis di Lampung buat anda. Kami sudah risetkan khusus buat anda. Sebelum nanti kita akan bahas prospek bisnis di Lampung, mari kita bahas dulu tips mencari peluang bisnis di sana. 

Tentunya tips ini versi kami. Jika kamu sudah tahu risetnya, maka akan lebih baik. Berikut adalah tips mencari peluang bisnis ala Kampus Dosen Jualan. 

Tips Mencari Peluang Bisnis

Bagi seorang pebisnis, dia harus punya yang namanya kepekaan terhadap pasar. Target pasar senantiasa berubah, oleh karena itu kepekaan kita penting di sini. Lalu bagaimana cara dan tips mencari peluang bisnis buat anda yang tinggal di Lampung? 

  1. Masuk ke google.co.id
  2. Masukkan buying keyword pada kolom pencarian. Misalnya, “jual, sewa, jasa, agen, atau distributor”.
  3. Setelah buying keyword, berilah spasi lalu tulis kata “Lampung”.
  4. Di antara buying keyword dan kata lampung itu berilah spasi double. 
  5. Lalu di antara dua kata tersebut ketikkan huruf A, B, C, D, dan seterusnya secara bergantian. 
  6. Rekomendasi-rekomendasi produk yang muncul itulah yang dapat kamu eksekusi untuk menjadi ide produk.

Mungkin cara di atas cenderung sederhana dan sepele. Tapi memang itulah cara mencari produk potensial yang laris di suatu daerah. Setelah kamu riset, lalu kerucutkan lagi produk tersebut menjadi lebih sempit lagi. Itu akan kita bahas di kesempatan lain. Sekarang kita akan fokus pada ide produk dan prospek bisnis di Lampung ya sob.

Tapi sebelum itu, mari kita bahs dulu cara berbisnis di Lampung ini. 

Usaha yang Belum Ada di Bandar Lampung

Cara berbisnis di Lampung sebenarnya cukup mudah. Caranya adalah dengan mencari usaha yang belum ada di Bandar Lampung. Jangan berbisnis dan berjualan barang-barang yang melimpah di sini. Tapi pilihlah bisnis yang produknya ramai peminat tapi stoknya sedikit. 

Beberapa ide bisnis berikut ini mungkin saja dapat menjadi inspirasi kamu. Usaha-usaha yang akan kami bagikan ini adalah usaha yang belum ada di Bandar lampung atau yang masih sedikit pelaku usahanya. 

Yuk kita bahas apa saja peluang usaha di Provinsi Lampung.

Peluang Usaha di Provinsi Lampung

Dari beberapa peluang usaha di Provinsi Lampung ini mungkin dapat menjadi inspirasi bisnis kamu. Dan di sini kamu tidak harus berbisnis di skala besar. Mulailah berbisnis di skala kecil terlebih dahulu. Baru kemudian jika sudah jalan, maka tingkatkan kapasitas bisnismu. 

Berikut adalah beberapa prospek bisnis di Lampung;

  • Buka Jasa Event Organizer dan Organ Tunggal

Mungkin kita masih ingat dengan Andika kangen band. Dia merupakan salah satu penyanyi sukses tanah air yang mengawali karirnya dari penyanyi organ tunggal dan cafe. Dan akhirnya dia berhasil sukses berkarir di ibukota. 

Inilah salah satu contoh bagaimana di Lampung, penyanyi sungguh mendapat tempat tersendiri. Masyarakat lampung begitu mengharapkan penyanyi pada setiap acara yang mereka selenggarakan. Oleh karena itu jika anda ingin berbisnis di Lampung, maka bukalah jasa event organizer atau organ tunggal yang sekaligus menyewakan jasa menyanyi. Jika kamu tidak mempunyai bakat sebagai penyanyi maka sewalah jasa itu dari orang yang kamu kenal.

  • Paket Usaha di Lampung dalam Bidang Internet dan Wifi

Saat ini yang terkenal laris di Provinsi Lampung adalah dalam bidang jasa internet dan wifi. Jika anda berminat bisnis di sini, maka bukalah atau bekerjasamalah dengan penyedia provider internet lalu bukalah jasa pemasangan wifi. 

Apalagi di masa pandemi ini, wifi menjadi kebutuhan primer dari yang awalnya kebutuhan sekunder atau tersier. Jika kamu punya modal berlebih akan lebih baik lagi jika mempunyai tim khusus untuk pemasangan itu. 

Untuk pemasaran jasa ini tentu dapat menggunakan SEO atau optimasi website. Jika anda berminat untuk belajar mengenai marketing atau pemasaran jasa internet dan wifi maka konsultasikan dengan kami. Untuk merencanakan strategi berikutnya. 

  • Bisnis kuliner di lampung itu Jualan Tiwul

Prospek bisnis di Lampung ternyata juga ada dalam bidang kuliner. Jika anda berminat untuk mengeksekusi bisnis maka cobalah untuk berbisnis atau berjualan tiwul. Tiwul adalah produk olahan ketela yang dapat menjadi bahan pengganti nasi.

Kamu tidak harus menjual tiwul dalam keadaan matang. Namun bisa dijual juga dalam keadaan masih mentah atau dalam bentuk tepung. Tiwul dalam bentuk tepung ini dapat kamu jual kiloan secara online lho sob. Memang bisnis kuliner ini begitu menggiurkan karena saat ini banyak orang menganggap tiwul tak lagi makanan murahan. Melainkan menjadi nostalgia mereka kepada nenek moyang. 

  • Buka Usaha Pemancingan

Nah, inilah prospek bisnis di Lampung untuk mereka yang bermodal besar. Yakni dengan membuka usaha pemancingan. Yap, memang memancing di Lampung menjadi salah satu kegiatan yang terfavorit. Sekarang mancing tidak perlu di sungai, karena orang lebih mencari penghiburan daripada apa yang didapatkan dari memancing. 

Oleh karena itu kamu dapat membuka usaha pemancingan. Tentu usaha ini akan berbiaya besar karena butuh lahan dan pengelolaan kolam. 

Buat kamu yang bermodal kecil, maka dapat membuka usaha jualan alat pancing. Peralatan pancing ini juga begitu dicari di Lampung. Sebab masyarakat di sana begitu hobi memancing. Kamu bisa menjual produk ini secara online lho sob. Sebab jumlah pencarian produk di Lampung  untuk alat pancing sungguh tinggi saat kami risetkan.

Jualan perlengkapan ini tidak hanya alat memancingnya, tetapi juga aksesoris ketika memancing. Seperti jaring, jala, ataupun topi pancing. Di sini kamu tidak hanya bisa menjualnya tetapi dapat juga menyewakannya. Banyak kan sob potensi bisnis dari satu hal yakni memancing ini. Yuk buruan eksekusi buat kamu yang berada di Lampung. 

  • Pakan dan Bibit Bebek Petelur

Lalu potensi bisnis yang menjadi ciri khas lampung berikutnya adalah usaha jualan pakan dan bibit bebek petelur. Jadi memang Lampung menjadi salah satu daerah penghasil telur bebek terbesar di Indonesia. Jika kamu ingin buka bisnis, maka bukanlah usaha telur bebek itu sendiri. Tetapi justru penyediaan bahan untuk produksi telur itu yakni, pakan dan bibit bebek petelur. 

Pakan dan bibit bebek petelur memang banyak pencarinya di Lampung. Maka dari itu jika kamu ingin berbisnis ini mulailah dari bisnis kecil terlebih dahulu. Jual produkmu di sekitar lingkunganmu sendiri. Barulah ketika sudah berkembang, maka tingkatkan pemasarannya lewat media online. 

Itulah beberapa ide bisnis di Provinsi lampung yang dapat kamu eksekusi untuk ke depannya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat bagimu untuk memulai bisnis.

Baca juga :   Dari Piyungan Branding Perguruan Tinggi Kota