Cara Membuat Meta Description di WordPress agar Pengunjung Auto-Klik

Cara Membuat Meta Description di Wordpress

Cara Membuat Meta Description di WordPress. Saat ini kita makin dipermudah ketika mengelola sebuah website. Semakin berkembangnya era digital, maka kesempatan untuk hadir ke dunia maya semakin terbuka. Termasuk ketika seseorang ingin mempunyai website dan bisa nampang di halaman google.

Dulu kita perlu mempelajari coding dan html terlebih dahulu kalau ingin mengelola sebuah halaman internet atau website. Tapi sekarang keadaan sudah semakin mudah. Kamu tidak perlu lagi belajar coding yang biaya belajarnya mahal itu. Karena sekarang sudah ada belasan CMS (Content Management System) yang bisa kamu manfaatkan untuk mengupload dan mengelola sebuah konten website. Apa itu CMS? Mari kita simak pennjelasan berikutnya di bawah ini.

Jadi, CMS itu adalah sebuah platform yang memungkinkan kita dapat memposting, menjadwalkan, mengatur tampilan, hingga menambahkan tools optimasi di dalam sebuah website. Keberadaan CMS ini memungkinkan kita mengelola sebuah website hanya dari satu tools saja dan tidak perlu menggunakan aplikasi yang banyak. Di antara yang menjadi CMS ini adalah WordPress, bLogspot, edublog, dan lain sebagainya. Pasti di antara CMS tersebut kamu sudah pernah menggunakannya bukan?

Kalau kamu sudah akrab dengan blog dan wordpress, maka kita tak perlu bingung lagi ketika mengelola sebuah website berbayar dengan CMS. Nah, di dalam sebuah postingan itu ada beberapa unsur yang harus kita perhatikan. Di antaranya adalah cara membuat meta description di wordrpess. Selain itu masih banyak hal lain, seperti halnya di bawah ini.

Baca juga :   Comma Separator Dosen Jualan Comeback, Bantu Kebutuhan SEO-mu

Baca juga : Cara Membuat Meta Deskripsi di Blog

Bagian-bagian dari Postingan di WordPress

Ketika akan memposting sebuah tulisan di CMS atau wordpress, maka ada beberapa bagian yang harus kita perhatikan. Salah satu bagiannya itu adalah meta description. Maka dari itu tulisan ini akan bahas cara membuat meta description di wordpress. Namun kamu juga harus tahu apa saja bagian-bagian di dalam sebuah artikel di wordpress. Di antaranya adalah;

  1. Title, ini adalah judul artikel yang akan kita upload. Title terdiri dari kata kunci dan juga keterangan.
  2. Badan artikel, ini merupakan artikel yang akan kita upload. Biasanya di dalam artikel ini terdiri dari heading 1, 2, 3, dan seterusnya.
  3. Keyword, ini merupakan kata kunci yang kita gunakan untuk memfokuskan pencarian di google.
  4. Gambar andalan atau feature, ini merupakan gambar ilustrasi yang ada di postingan wordpress.
  5. Meta deskripsi, adalah kalimat keterangan yang akan tampil di google ketika tulisanmu muncul di pencarian. Biasanya letaknya di bawah judul tulisan dan link.

Itu tadi beberapa bagian-bagian di dalam sebuah postingan artikel. Dan tulisan ini khusus akan membahas tentang cara membuat meta description di wordpress. Oh iya, jadi meta deskripsi ini beda ya dengan yang kita sebut sebagai meta title. Untuk perbedaannya simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Meta Deskripsi Dan Meta Title Adalah

Di sini kita akan bahas tentang perbedaan meta deskripsi dan juga meta title. Jadi meta deskripsi adalah paragraf keterangan yang ada di tiap artikel atau postingan. Jadi di setiap mengupload, kita harus membuat meta deskripsinya. Kita bisa menyettingnya menggunakan tools atau plugin yang sudah ada di wordpress. Di antara plugin tersebut adalah Squirly SEO, Yoast SEO, dan lain-lain sebagainya. Kita dapat menyetting meta deskripsi itu tanpa menggunakan plugin. Nanti kita simak caranya di bawah.

Baca juga :   Tips Menyusun Konten Edukasi untuk Digital Marketing

Nah, kalau meta deskripsi adalah dijelaskan seperti di atas, sedangkan meta title adalah kalimat atau paragraph keterangan yang ada di bagian tabulasi ketika kita membuka websitenya. Biasanya ketika kamu menemukan sebuah halaman home website di google dan di situ ada kata-kata keterangannya, maka itulah yang kita namakan sebagai meta title. Sudah paham kan?

Oke lalu kita akan menginjak bagaimana cara membuat meta description di wordpress tanpa plugin seperti janji admin di atas.

Cara Membuat Meta Description Di WordPress Tanpa Plugin

Di atas sudah admin jelaskan tentang berbagai plugin untuk membuat meta description di antaranya adalah squirly SEO dan juga Yoast SEO. Kamu tinggal pilih mana yang paling gampang untuk kamu pakai. Kalau admin lebih pilih Yoast SEO.

Nah, lalu bagaimana cara membuat meta description di wordpress tanpa plugin? Caranya adalah sebagai berikut ini;

  1. Buatlah kalimat pertama tulisanmu yang menarik dan terdiri dari kata kunci.
  2. Karena kalimat pertama inilah yang secara otomatis akan nampil di google ketika tulisannya muncul di sana.
  3. Jadi kalimat pertama adalah kunci. Sebab kalimat pertama inilah yang akan dideteksi oleh google dan akan berguna sebagai meta description.

Setelah kita tahu bagaimana membuat meta description tanpa plugin, yuk kita bahas bagaimana cara menuliskan meta description di wordpress agar menarik orang untuk klik pada tulisan dan website kita.

Tips Membuat Meta Description di WordPress

  1. Buatlah sesuai karakter yang ada di google

Nah, tips pertama ketika kamu ingin cara membuat meta description di wordpress adalah jangan sampai deskripsimu tersebut terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Normalnya adalah antara 150-200 karakter. Kalau terlalu sedikit maka tidak akan menarik. Tapi kalau terlalu panjang juga membosankan. Sesuaikan lah jumlah karakter dengan yang ada di Yoast Seo atau squirly SEO.

  1. Carilah PIlihan Kata yang Pas. Meta Description = caption

Berhubung meta deskripsi ini adalah teras rumah dari sebuah tulisan, maka buatlah ia sebagus mungkin. Cari pilihan kata terbaik di antara seluruh badan tulisan. Sebab meta deskripsi dapat kita anggap sebagai sebuah caption. Kalau caption dan gambar tidak cocok maka tidak banyak yang ngelikes. Begitu juga dengan sebuah postingan artikel, kalau meta nya tidak cocok dengan isi tulisannya maka pembaca akan lekas pergi dari websitemu.

  1. Suruh temanmu untuk membaca

Pertama kali membuat metadeskripsi, maka suruhlah temanmu untuk membacanya. Apakah ia paham atau tidak? Jika paham dan ia membacanya sampai selesai, berarti tulisanmu bagus. Dan apabila dia hanya melihat sekilas, maka kamu patut untuk membenai ulang metadeskripsi tersebut.

  1. Jangan lupa selipkan kata kunci dan sinonimnya

Satu hal yang penting di dalam sebuah deskripsi adalah kata kunci artikelnya. Di sini kamu dapat menyisipkan kata kunci di antara tulisan untuk deskripsi. Lalu carilah juga sinonim dari kata kunci tersebut untuk lebih menarget pengunjung secara lebih banyak lagi.

  1. Buatlah orang penasaran dan ingin klik

Lalu tips selanjutnya ketika menerapkan cara membuat meta description di wordpress, adalah kamu harus membuat orang penasaran dan ingin klik. Biasanya para pencari di google itu akan mengklik artikel yang provokatif dan paling nyeleneh. Buatlah artikelmu seperti itu untuk lebih datangkan customer. Membuat orang penasaran ini penting karena itu termasuk trik tersendiri. Namun di sisi lain kita juga harus bisa sedikit menjawab kegelisahan pembaca lho.

  1. Sedikit jawab kegelisahan para pembaca

Seperti yang kita tahu bahwa ada berbagai macam tipe pembaca di internet. Ada pembaca yang browsing karena nyantai dan ada juga yang karena urgent. Bagi para pencari yang urgent ini, mereka butuh kepastian apakah website tersbut dapat menjawab mereka tau tidak. Maka dari itu ketika menerapkan cara membuat meta description di wordpress, maka kmau harus sedikit menjawab kegelisahan para pencari di internet.

Baca juga :   Cara Memasang Backlink di Wordpress agar DA/PA Meningkat