Cara Membuat Caption Jualan Online saat Ramadhan

Cara Membuat Caption Jualan Online

Setiap menyambut momen ramadhan pasti ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Sebagai pebisnis tentunya kita juga harus menyambut momen tersebut dengan semarak dan penuh optimisme. Kemarin kita telah membahas tentang waktu yang tepat untuk promosi online di bulan ramadhan. Maka sekarang gantian kita akan bahas tentang cara membuat caption jualan online saat ramadhan.

Caption adalah salah satu mata tombak dalam sebuah usaha digital marketing. Tanpa caption, promosi kita akan terasa hambar dan tidak bisa komunikatif. Apalagi saat menjelang ramadhan seperti sekarang, pasti ada perbedaan dalam membuat caption jualan online karena momen ramadhan dirasakan hampir oleh semua orang. Kalau ingin mempromosikan jualan paling laris selama bulan ramadhan tentunya kita harus memakai media komunikasi yang cocok untuk ramadhan. Dan caption adalah salah satu sarana untuk komunikasi tersebut.

Mungkin sekarang banyak pebisnis sedang mempersiapkan dengan teliti segala hal mengenai pemasaran produknya. Oleh karena itu tulisan ini juga berusaha memberi contoh caption untuk berbagai produk jualan online, seperti gamis, mukena, makanan, dan lain-lain. Namun sebelum memberikan contoh caption jualan online saat ramadhan, maka kita membahas dulu bagaimana cara membuat caption di platform yang cocok untuk jualan online, yakni whatsapp, instagram, dan facebook.

Caption Bisnis Online

Setiap plafrom jualan online mempunyai target market yang berbeda-beda. Oleh karenanya dalam menyapa atau berkomunikasi dengan mereka, kita harus punya bahasa yang menarget dan memikat hati. Misalnya dalam menyapa orang di instagram kita punya cara tersendiri dan tidak bisa disamakan dengan sebuah caption di facebook. Begitupun dengan cara membuat caption di whatsapp juga berbeda dengan membuat caption di facebook. Semuanya punya pendekatan masing-masing. Kita bahas satu-persatu mengenai caranya;

Contoh Caption Promosi Di Instagram

IG terkenal sejak lama sebagai platform-nya anak muda. Maka dari itu kamu harus menyapa target pasarmu dengan bahasa yang lebih lugas dan mudah terpahami. Buatlah caption yang relevan dengan apa yang ada di postingan. Ini penting, karena menyelaraskan antara gambar dan teks sungguh tidak mudah. Beberapa tips dalam membuat caption caption jualan online di instagram antara lain adalah;

  • Buatlah head di setiap caption, sebab pembaca akan bingung ketika langsung membaca caption. Mereka harus tahu dulu apa yang mereka baca. Alangkah lebih baik lagi apabila langsung menyapa customer di bagian lead head.
  • Buat struktur bahasa yang berisi dialog. Itu lebih mudah dipahami oleh user di instagram.
  • Jangan membuat caption yang berbeda jauh dengan hastag. Keduanya harus relevan.
Baca juga :   Mindset Pebisnis Online Sebagai Pegangan Awal Dalam Berbisnis

Itulah beberapa tips dalam membuat caption jualan online saat ramadhan. Lalu kita berganti membahas bagaimana conoh caption untuk jualan online di instagram. Kami di kampus dosen jualan mempunyai beberapa unit bisnis untuk menyonsong ramadhan tahun ini. Berikut akan kami berikan contoh caption promosi di instagram.

cara membuat caption jualan online

Seperti halnya contoh di atas, bahwa sebuah caption harus mengikuti dengan momen yang sedang terjadi. Momen ramadhan tentunya adalah momen yang besar dan dirasakan oleh hampir semua orang. Oleh karenanya sapalah customer dengan copywriting ala ramadhan seperti di atas.

Caption Jualan Di Wa

Berbeda lagi dengan whatsapp. Dalam membuat copywriting untuk WA kita sebaiknya memanfaatkan betul space jumlah maksimal kata dengan penjelasan yang lengkap. Customer suka dengan copywriting di whatsapp yang bisa membawa mereka untuk menikmati penjelasan demi penjelasan tanpa harus berfikir. Oleh karena itu buatlah penjelasan di promosi whatsapp dengan kata-kata yang memikat. Berikut adalah contoh copywriting di whatsapp yang bisa kita jadikan contoh;

cara membuat caption jualan online 2

Seperti yang kita tahu bahwa cara promosi di whatsapp adalah dengan pesan berantai. Karena memanfaatkan fitur pesan, maka buatlah sebuah chat yang mengundang orang untuk membaca. Contoh di atas adalah contoh promosi jualan online di whatsapp yang sering kami kirimkan kepada customer. Kita dapat membuatnya agar orang cenderung membuka pesan. Sebab kebanyakan orang, jika sudah ada yang chat dan itu berisi iklan, maka orang akan cenderung malas. Di sinilah kemampuan kita membuat lead diuji. BUatlah lead yang menarik ya sobat.

Kata-Kata Jualan Online Di Facebook

Berbeda dengan yang ada di whatsapp dan instagram, cara membuat caption jualan online di facebook ternyata lebih mudah. Sebab platform ini mennyediakan caption yang tak ada batas maksimal. Di sinilah kepandaian kita untuk membuat caption yang jelas dan dapat tercerna customer sangat diuji sekali. Kadangkala kita membuat caption di sini terlalu panjang. Itulah yang harus kita hindari karena menyebabkan orang malas untuk membaca.

Baca juga :   Jualan Viral Ya Lewat Youtube Saja, bagaimana belajar Youtube marketing?

Contoh Caption Berdasarkan Produk

Pada sub judul kali ini kita akan membahas cara membuat caption jualan online berdasarkan produk. Tentunya setiap produk punya caption dan pendekatan yang berbeda-beda. Kami akan memberikan contoh dan tips dalam membuatnya agar sesuai dengan momen ramadhan.

  • Caption Untuk Jualan Makanan Online

Ketika membuat caption untuk produk makanan saat ramadhan tentunya jangan sampai keluar dari rel momen ramadhan. Misalnya adalah ketika para customer sedang khusyuk beribadah puasa, maka jangan sampai kita menawarkan barang yang mungkin tidak mereka perlukan. Ketika customer sedang berpuasa maka tawarkanlah kepada barang-barang yang nanti mereka gunakan untuk berbuka puasa, misalnya air mineral, sayur siap saji, cathering, dan lain-lain.

  • Kata-Kata Jualan Mukena

Ramadhan sarat sekali dengan simbol-simbol muslim. Oleh karena itu kita lebih mudah menjual mukena ketika tiba pada momen puasa. Buat kamu yang sedang berjualan mukena maka cara membuat caption jualan mukena adalah dengan memberikan tips seputar bersuci, mencuci, atau doa-doa harian kepada customer. Hal ini akan bermanfaat buat customer sekaligus tokomu dapat terkenal.

  • Caption Jualan Baju

Siapa yang tidak ingin baju baru untuk persiapan lebaran? Tentu relevan sekali apabila kita berjualan baju ketika momen ramadhan tiba. Di sinilah kemampuan kita untuk membuat copywriting yang menyangkutkan puasa dan lebaran diperlukan. Kita bisa membuat beberapa promo khusus lebaran dan ramadhan misalnya.

  • Caption Jualan Masker Wajah

Meskipun sedang puasa, tapi beberapa orang justru mengalokasikan waktu lebih untuk merawat dirinya. Apalagi saat puasa banyak sekali kasus ketika kulit kering karena kekurangan air. Inilah peluang bagi pebisnis masker wajah untuk menjual produknya saat ramadhan. Kita bisa membuat tips edukasi seputar perawatan kulit ketika puasa tiba.

  • Kata Kata Promosi Gamis Syar’i

Seperti halnya jilbab, gamis adalah salah satu simbol di bulan ramadhan. Oleh karena itu buat kamu yang berjualan gamis, maka wajib bersuka cita, karena di sini adalah lahan basah untuk kalian. Kita bisa membuat beberapa tips edukasi seputar memilih gamis berdasarkan warna kulit, atau jenis-jenis gamis berdasarkan tinggi badan misalnya.

  • Caption Menarik Untuk Giveaway

Nah, salah satu tips untuk menggaet customer adalah dengan membuat giveaway di dalam postingan kita. Giveaway tersebut misalnya berisi tebak-tebakan seputar puasa. Atau tantangan tertentu yang mengundang customer untuk hadir ke dalam akun toko online kamu.

Baca juga :   Cara Mengedit Video Tiktok yang Sudah di Draft Pakai 5 Fitur Berikut Ini

Itulah tadi beberapa contoh cara membuat caption jualan online di bulan ramadhan yang dapat kamu aplikasikan di toko online. Semoga bermanfaat buat bisnismu.