Aplikasi Untuk Mencari Kata Kunci Youtube

Aplikasi Untuk Mencari Kata Kunci Youtube

Aplikasi untuk Mencari Kata Kunci Youtube. Jaman sekarang orang lebih suka nonton video daripada harus membaca tulisan yang panjang dan rumit. Karena memang video lebih mudah untuk dinikmati dan banyak visualisasi serta tidak terlalu menuntut banyak perhatian. Beda dengan tulisan. oleh karenanya platform sosial media berbasis video saat ini menjadi populer di kalangan content creator baik di Indonesia maupun dunia.

Para content creator biasanya membuat konten-konten yang mengedukasi menghibur di youtube, bahkan orang biasa pun juga bisa membuat konten di sana. Kita bisa menyaksikan sendiri tumbuhnya youtuber-youtuber lokal yang mulai bermunculan. Semua ini karena mudahnya akses informasi serta penguasaan akan teknologi dan digital.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan ketika kamu ingin menjadi creator di youtube? Tentunya peralatan dasar seperti kamera dan laptop itu jelas diperlukan. Selain itu kita juga harus kuasai alat tersebut, semisal penggunaan kamera serta editing video.

Namun ada satu hal lagi yang luput bagi banyak orang. Yakni bagaimana ketika nantinya video itu sudah terupload dapat ditonton oleh banyak orang. Sebuah video yang bagus belum tentu banyak penontonnya karena di youtube ada jutaan video lain. Maka dari itu kita harus memakai teknik SEO di sini.

Sebenarnya SEO juga berlaku di youtube, karena youtube pun juga termasuk search engine. Maka dari itu satu hal yang perlu kamu kuasai ketika ingin videomu ramai penonton adalah memperhatikan penulisan judul videonya. Jadi kamu harus memasang kata kunci pada judul tersebut. Dalam tulisan ini kita akan bahas tentang aplikasi untuk mencari kata kunci youtube.

Cara Mencari Kata Kunci Youtube

Usah terlalu gusar jika kamu belum tahu bagaimana cara riset kata kunci di youtube. Sebab di sini kita akan ulas bersama agar kita menjadi tercerahkan. Dalam SEO setidaknya ada dua teknik ketika melakukan riset keyword. Pertama adalah riset manual dan kedua dengan menggunakan tools.

Baca juga :   Kursus Jualan Online Bandung ke Kampus Dosen Jualan Aja

Pun dengan cara mencari kata kunci youtube juga menggunakan dua cara yakni cara manual dan menggunakan aplikasi untuk mencari kata kunci youtube. Kedua-duanya akan kita bahas nantinya, sebab mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kalau menggunakan cara manual, tentunya akan lebih detail kata kunci yang kita dapatkan. Namun kekurangannya adalah kita tidak dapat mencari kata kunci dalam jumlah banyak. Sebab caranya masih manual dan tidak menggunakan tools pemercepat.

Sedangkan riset menggunaka aplikasi untuk mencari kata kunci youtube, kelebihannya adalah kita dapat mencari turunan serta peluangnya. Sedangkan kekurangannya adalah kata kunci yang kita dapatkan tidak detail dan pencariannya berdasarkan histori pencarian sebelumnya.

Terlepas dari dua teknik tersebut, sebenarnya prinsip dari meriset kata kunci tetaplah sama. Prinsipnya adalah kita harus mencari kata kunci yang persaingannya rendah tapi juga masih banyak dicari. Ibarat kolam, maka kolam itu sempit namun isinya banyak ikan. Itulah kata kunci yang ingin kita target atau riset.

  1. Cara Melihat Kata Kunci Yang Paling Banyak Dicari

Nanti kita akan bahas  tentang cara meminimalisir persaingan pada kata kunci (atau simak riset kata kunci minim kompetisi) sekarang mari kita bahas dulu ciri-ciri keyword yang paling banyak dicari.

Untuk mencari keyword potensial, maka kamu dapat menggunakan tools untuk memudahkannya yang bernama google question hub. Selain itu mungkin kamu dapat menggunakan google trends.

Sekarang cobalah buka google trends. Lalu ketikkan di kolomnya satu atau dua kata yang mewakili tema yang akan kamu cari. Misalnya adalah “restoran Chinese”.

Lalu di bagian bawah, pada kolom interest by subregion akan muncul daerah serta jumlah pencari di daerah tersebut. Itu dapat kamu gunakan sebagai patokan untuk menilai apakah di suatu daerah banyak mencari kata kunci tersebut atau tidak. Kalau tidak banyak yang mencari maka jangan menarget kota tersebut.

Baca juga :   Riset Kata Kunci Minim Kompetisi Agar Cepat Halaman Satu

Ituah cara melihat kata kunci lewat google trends.

Cara Membuat Kata Kunci Youtube Secara Manual

Lalu kita akan bahas tentang cara mencari keyword youtube secara manual dulu. Caranya cukup gampang. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti;

  • Masuk ke halaman pencarian youtube
  • Di kolom pencarian, ketikkan tema video kamu. Misalnya adalah “restoran Chinese” tadi.
  • dari situ lalu tetaplah berada di kolom pencarian, dan tambahkan satu spasi dan satu huruf setelah kata Chinese, misalnya “restoran Chinese h….”.
  • Dari situ biasanya akan muncul rekomendasi kata kunci, dan di yang muncul ternyata adalah “restoran Chinese food halal”.
  • keyword tersebut dapat kamu gunakan untuk judul videomu jika memang restoran yang ada di videomu menyediakan masakan halal.

Cukup gampang bukan cara membuat judul video youtube yang SEO Friendly? Bahkan tanpa menggunakan aplikasi untuk mencari kata kunci youtube pun kita dapat melakukannya.

Sekarang kita akan bahas yang agak rumit yakni mencari kata kunci lewat tools atau aplikasi seo youtube berikut:

Aplikasi Seo Youtube

  1. Semrush

Salah satu aplikasi untuk mencari kata kunci youtube yang populer adalah Semrush. Ini adalah aplikasi yang servernya ada di Boston Amerika. Jika kamu ingin riset menggunakan semrush, maka masuklah ke bagian halaman keyword research. Di sana nanti akan ada tombol Try for free.

memang aplikasi ini berbayar dan hanya ada versi trial selama beberapa hari saja. Namun di masa trial tersebut kamu dapat memanfaatkannya. Di antaranya adalah untuk menemukan longtail keyword, mencari jumlah pencari, potensi klik, dan juga mencari ide keyword turunan.

  1. Keyword tool

Lalu tools pencari kata kunci youtube selanjutnya adalah keyword tool io. Mungkin bagi para pemain SEO sudah mengerti dengan tools berikut ini. Tanpa harus mendaftar pun kamu sudah dapat menggunakannya. Namun penggunaan tanpa login dan daftar akan dibatasi hanya sampai 10 kali pencarian saja.

Baca juga :   Penempatan Kata Kunci dalam Artikel

Di KW IO kamu dapat mencari ide keyword turunan, jumlah pencarian, serta potensi kata kunci tersebut mendapatkan halaman satu google.

Ini tools gratisan namun terbatas yang sangat worth it, karena dia akan mencarikan ide keyword bahkan sampai 15-20 varian.

  1. Keyword Everywhere

Ini merupakan salah satu tools yang sangat mudah menemukannya, karena tergabung bersama dengan web browser yang kita miliki. Kamu dapat menginstallnya terlebih dahulu di extension chrome atau Mozilla.

Jika sudah install, maka secara otomatis extension tersebut akan aktif ketika kamu masuk ke halaman google. Di antara yang bisa kamu dapatkan adalah keyword turunan serta longtail keyword.

  1. Google Trends

Sebenarnya tools ini sudah kita bahas di atas. Google trends lebih kepada mencari jumlah pencari per suku kata dan bukan per keyword.

Jadi ketika kamu dilemma mau menggunakan keyword untuk youtube yang mana maka risetlah di google trends terlebih dahulu. BIasanya akan ada jumlah pencari serta dari daerah mana pencarinya.

  1. Ubbersuggest

Lalu aplikasi untuk mencari kata kunci youtube yang lain adalah ubersuggest. Ini merupakan tools besutan om Neil Patel dan sangat berguna buat para praktisi SEO maupun youtube.

Di sini kita dapat mencari keyword untuk artikel maupun untuk judul youtube. Sebenarnya hampir mirip dengan KW IO. Namun bedanya si Ubersuggest ini punya lebih banyak informasi terkait kata kunci semisal paid difficulty, serta SEO Difficulty. Pembacaan data di ubersuggest ini juga lebih mudah karena menyertakan juga jumlah angka pencarian di samping keyword.

Itulah beberapa aplikasi untuk mencari kata kunci youtube serta beberapa terkait cara mencarinya secara manual. Semoga dapat kamu aplikasikan ketika akan mengupload video nanti.