Cara Membuat Breadcrumb Di WordPress

Cara Membuat Breadcrumb Di Wordpress

Cara Membuat Breadcrumb di WordPress. Jumpa kembali dengan rangkaian artikel edukasi dari Kampus Dosen Jualan yang kita tunggu-tunggu bersama. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang sebuah platform yang sedang ngehits dipakai sebagai platform blogging anak muda. Apalagi kalau bukan wordpress.

Sudah sejak dulu wordpress menjadi pilihan para blogger untuk mengoptimalkan situs atau website mereka. WordPress punya fitur yang lengkap serta kemudahan dalam mengoperasikan. Dengan adanya wordpress, kita tak perlu lagi melakukan coding yang super njlimet memakai aplikasi rumit itu. Bahkan hanya dengan wordpress, kita bisa membuat tampilan website semakin menarik.

Berbicara mengenai tampilan website, maka itu adalah satu aspek penting dari sebuah situs. Tanpa tampilan yang menarik dan beda dari yang lain, maka orang yang masuk ke sana cenderung tak betah dan lekas pergi.

Hindarilah hal semacam itu kalau ingin website kamu semakin bagus di mata google. Sebab pembaca yang tidak betah bisa meningkatkan bounce rate. Tingginya bounce rate menyebabkan website kita jelek di mata google. Tentu itu harus kita hindari.

Agar pembaca betah dan paham alur atau peta dalam website kita, maka harus ada yang namanya menu breadcrumbs. di bawah nanti kita akan bahas tentang cara membuat breadcrumbs di wordpress.

Cara ini memang khusus diaplikasikan untuk platform wordpress. Sebab kalau menggunakan website native perlu menggunakan coding atau edit html. Kita akan bermain di ranah yang lebih mudah terlebih dahulu. Lalu apa itu breadcrumb? Buat kamu yang belum tahu, inilah penjelasannya.

Breadcrumb Adalah

Kalau kamu belum tahu apa itu breadcrumb, maka gambar-gambar di bawah ini akan sedikit menjelaskannya.

Baca juga :   Cara Membuat Meta Description di Wordpress agar Pengunjung Auto-Klik

Pernahkah kamu melihat jejeran tulisan yang ada di bagian atas halaman website? Di mana jejeran tulisan itu menunjukkan posisi halaman di mana kita berada? Itulah yang disebut sebagai breadcrumb. Untuk lebih memperjelasnya, simak gambar berikut ini.

Di sana akan ditunjukkan di mana posisi kita berada. Dengan adanya breadcrumb ini bisa memudahkan pembaca untuk menjelajahi bagian halaman lain dari sebuah website. Itulah salah satu pentingnya breadcrumb untuk website.

Ibarat di jalan, maka bagian ini adalah rambu-rambu penunjuk jalan yang dapat mengarahkan kita ke halaman lain dalam website. Berhubung breadcrumb ini menjadi bagian yang sangat penting untuk website kita, maka pasanglah di website kamu ketika berniat mengoptimasi tampilannya.

Cara memasangnya cukup mudah kok, apalagi kita menggunakan wordpress sebagai web buildernya. Karena memang wordpress ini menjadi CMS sejuta umat yang memudahkan pembaca sekaligus bloggernya juga.

Kegunaan Breadcrumb Website

Lalu apa kegunaan breadcrumb website? Secara umum kita sudah membahasnya di atas yakni sebagai fitur atau bagian yang membantu pembaca atau audience untuk menjelajah bagian lagi di halaman situs kita.

Mengapa pembaca harus dimudahkan? Selain karena pembaca adalah raja, juga pembaca tidak semuanya tahu bagaimana harus memperlakukan halaman sebuah web. Kadangkala bagi mereka yang gaptek atau kurang bisa memfungsikan teknologi, maka ketika masuk ke sebuah website hanya ada dua pilihan bagi mereka, terus membaca atau meng-klik tombol kembali (back).

Kalau meng-klik tombol back, maka otomatis akan terhitung sebagai bounce rate. Alias aktifitas tersebut bisa membuat nama web kita jelek di mata google.

  1. Menu Breadcrumb Adalah untuk Memudahkan Pembaca

Sebenarnya tanpa breadcrumb pun kita sudah dapat menampilkan halaman sebuah artikel dalam situs kita dengan maksimal. Namun dengan adanya bagian ini, ternyata akan menambah kesan baik pembaca terhadap web kita.

Baca juga :   Cara Memasang Backlink di Wordpress agar DA/PA Meningkat

Bagaimana tidak, aslinya breadcrumb ini memang pada dasarnya untuk memudahkan pembaca dalam menjelajahi tiap lekuk web kita. Tentunya akan lebih memudahkan pembaca apabila blog atau web kita terdapat breadcrumb.

Namun tidak semua web menampilkannya di halaman mereka. ada banyak alasan, seperti ketidaktahuan serta ketakutan bahwa breadcrumb justru akan memperjelek tampilan web mereka.

Tapi tenang saja, karena dengan adanya fitur ini justru akan mempercantik web kok. Asalkan kita bisa menempatkannya di space yang tepat. Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat breadcrumb di wordpress, maka simak penjelasan berikut;

Cara Menambahkan Breadcrumb Design di WordPress

Kita akan aplikasikan cara ini di platform wordpress, jadi buat kamu yang memakai platform blogging lain seperti blogger atapun web native maka kamu bisa mencari cara lain di google. Oke mari simak tips nya berikut ini;

  1. Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan

Sebelum menerapkan cara ini alangkah baiknya, kamu sudah menginstal plugin berikut ini. Yakni YOAST SEO.

Plugin inilah nantinya yang dapat membantu kita untuk menambahkan breadcrumb di wordpress. Namun biasanya ini adalah plugin yang auto terinstall oleh seorang blogger wordpress. Namun bila anda belum menginstallnya dan lebih memilih squirlly seo misalnya, maka boleh install dulu yoast seo.

Kita akan menerapkan cara membuat breadcrumb secara sederhana lewat Yoast SEO oleh karena itu pertama-tama install dulu. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Login dulu ke dasbor wordpress. Lewat namadomain*.com/wp-admin
  • Masukkan username dan password
  • Setelah di dalam dasbor, lalu klik plugin, tambahkan plugin.
  • Carilah di pencariannya yang bernama yoast seo. Klik Install.
  • Lalu aktifkan.
  • Nantinya di bagian menu kiri layar kamu akan muncul salah satu icon yoast seo yang bergambar huruf Y.
Baca juga :   Cara Agar Website Terindeks di Google, Terapkan Sekarang Juga!

Jika sudah selesai install yoast, maka sampai di sini kita sudah bisa menerapkan cara membuat breadcrumb di wordpress. Maka lanjut ke tahap berikutnya di bawah ini.

  1. Langkah-langkah Menambahkan Breadcrumb di WordPress

Mari kita menerapkannya di dasbor word press masing-masing. Tapi ini khusus untuk dasbor wp berbayar, jadi buat yang masih dalam bentuk blog, maka harap sabar.

Oke kita simak langkahnya berikut ini;

  • Masuk ke dasbor wordpress.
  • pilih yoast SEO, yang bagian Tampilan pencarian atau search visualization.
  • pada menunya pilih breadcrumb.
  • Lalu isikan pengaturan pada kolom-kolom yang ada, misalnya; pemisah antar breadcrumb, dll.
  • Dan yang terpenting jangan lupa untuk mengaktifkan breadcrumb di tema kita. pada bagian akhir fitur tersebut.

Setelah menyetting semua tadi, sekarang kita dapat mulai mengatur setting dari breadcrumb tersebut. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Pilih Tampilan, bagian
  • Lalu pilih breadcrumb YOAST SEO.
  • Setting prefix, tanda hubung, serta apa saja yang ingin kamu tampilkan di sana.
  • pilih update/publish di bagian atas.

Cukup mudah kan menambahkannya?

Jika sudah paham langkahnya maka mari kita mempraktekkannya di wordpress kita masing-masing.