Manfaat Highlight Instagram untuk Akun Instagram Online Shop

Manfaat Highlight Instagram

Kalau kita menengok akun instagramnya para konten kreator pasti di sana akan dipasang yang namanya highlight. Apa itu highlight instagram? Apa manfaat highlight instagram bagi perkembangan akun kita? Semua itu akan kita simak melalui tulisan berikut ini.

Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang pertama kali mempunyai fitur story di dalam aplikasinya. Dengan adanya fitur story maka memungkinkan kita untuk membuat sebuah ‘cerita’ yang mana itu akan terhapus dalam waktu 24 jam.

Jadi story ini merupakan salah satu fitur posting di dalam instagram yang bersifat sementara, karena kita hanya bisa memasang story tersebut selama 24 jam. Hampir semua platform sosial media sekarang juga mempunyai fitur story. Dan kebanyakan juga waktu tayangnya hanya 24 jam.

Tentu fitur story ini menjadi salah satu tempat curhat, tempat promosi, tempat branding, hingga tempat atau ajang pamer bagi para pengguna instagram. Di sini kita hanya akan bahas aspek story instagram dari segi fungsinya sebagai media promosi.

Jaman sekarang kalau jualan hanya via postingan maka tidak kelihatan aktif akunmu sob. Kamu juga harus membuat konten story yang berisi jualan untuk membuktikan bahwa akunmu memang up to date. Sebelum kita bahas manfaat highlight instagram, mari kita bahas dulu apa saja konten yang cocok untuk dijadikan story.

Konten Yang Dapat Diterapkan Pada Ig Story Adalah

Pasti anda akan bertanya, sebaiknya posting apa ya untuk story IG yang berisi jualan? Apakah harus posting foto produk plus harganya? atau bisa posting testimony? Bagaimanakah sebaiknya mengatur sebuah jadwal postingan dalam bentuk story?

Baca juga :   Pemasaran Pariwisata Dengan Teknologi Digital

Sama seperti feed post, yang namanya story instagram juga powerfull apabila kita manfaatkan untuk berjualan. Namun kalau membuat konten di story tak melulu harus dalam bentuk foto produk ya sob.

Ada banyak opsi untuk konten story tersebut, di antaranya adalah video motivasi, tebak-tebakan, jajak pendapat, testimony, foto artis menggunakan produkmu, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya apabila anda membuat jadwal konten IG story untuk satu bulan ke depan. Agar kontenmu dapat istiqomah dan terus menerus posting. Jadi tidak hanya kita membuat kalender posting saja, melainkan juga harus membuat jadwal konten story. Inilah yang kami lakukan di kampus dosen jualan selama ini.

Nah, apabila sudah banyak konten kamu yang terposting, lalu kelompokkan story-story tersebut ke dalam sebuah highlight yang salah satu manfaat highlight instagram adalah untuk mempercantik feed sekaligus memudahkan audience untuk melihat arsip kita.

Apakah kamu sudah bisa mengarsipkan story pada highlight IG? Caranya adalah sebagai berikut ini;

  1. Upload story kamu di instagram.
  2. Jika sudah lalu lihat kembali story yang telah terupload itu.
  3. Pada bagian kanan bawah terdapat tulisan highlight.
  4. Pilih highlight mana yang akan kamu pakai sebagai kategori story di atas.
  5. Jika ingin tambahkan highlight, maka klik tanda + (tambahkan).
  6. beri nama sesuai dengan jenis kategorinya.
  7. Lalu akan muncul tulisan added to highlight.

Itulah sekilas cara menambahkan sebuah story pada highlight instagram kita. Lalu apa sih manfaat highlight instagram sehingga kita harus memasangnya di beranda akun kita? Mari simak di antaranya di bawah ini.

Apa Fungsi Highlight Instagram?

Fitur highlight ini tergolong baru di instagram. Memang dalam perkembangannya fitur ini sebenarnya lebih pada pengkategorian sebuah story agar tidak tercerai berai tidak karuan. Tentu akan sangat eman apabila story yang sudah kita posting dan mendapatkan audience akan hilang begitu saja tidak terlihat oleh audience lagi. Maka dari itu kita akan bahas bersama tengang apa manfaat highlight instagram  bagi bisnis kita. Berikut adalah beberapa fungsi highlight instagram dalam akun jualan.

  1. Mengelompokkan Story agar Sesuai Kategorinya

Tujuan dari adanya highlight adalah untuk mengelompokkan story sesuai dengan tema atau topik di dalam story tersebut. Misalnya story kamu berisi foto produk + harga, maka nantinya highlight yang pas adalah bernama Harga Produk.

Baca juga :   Cara Memasang Foto Katalog Whatsapp Serta Komposisi Gambarnya untuk Jualan

Begitu pula jika story yang kamu upload bertema testimony, atau berisi chat testimony pemmakaian. Maka nantinya nama highlight yang pas adalah testimony atau kata mereka.

Kalau sudah terkelompok sesuai dengan jenis kontennya, maka akan mudah bagi kita untuk menghadirkan kembali story tersebut ke dalam hadapan audience. Inilah manfaat highlight story instagram yang pertama.

  1. Mempercantik Feed Instagram

Adanya HL yang berada di bagian atas feed, tentu akan mempercantik feed itu sendiri. Bayangkan jika beranda kamu hanya ada profil dan feed nya saja, tentu akan membosankan bukan?

Peletakkan highlight di bagian atas feed adalah sebagai usaha instagram untuk menahan audience agar tidak lekas keluar  dari aplikasi tersebut. Suatu hal yang sudah dilakukan lama oleh instagram guna membendung peralihan penggunanya ke aplikasi lain.

  1. Mengarsipkan Story yang Sudah Lampau

Lalu salah satu manfaat highlight IG selanjutnya adalah untuk mengarsipkan story yang sudah lampau. Sama seperti yang kita bahas di atas, bahwa story kita yang lama-lama tentu akan tercerai berai apabila tidak dihadirkan kembali ke hadapan audience. Inilah salah satu kegunaan dari highlight yakni mengumpulkan kembali balung yang pisah.

Sebenarnya story yang sudah kita upload di IG tidak akan hilang karena tersimpan di database kita. Namun kalau tidak ditata, juga tidak akan bisa dilihat kembali. Maka dari itu buatlah highlight secantik mungkin ya sob.

  1. Memudahkan Audience untuk Melihat Kembali Penawaran dari Kita

Sebenarnya fungsi ini hampir sama dengan fungsi di atas, yakni guna memudahkan audience untuk melihat kembali story kita yang sudah lampau. Misalnya story soal apa saja produk kita selama ini, dan lain sebagainya.

Baca juga :   Kelas Digital Marketing “Inkubator Jualan Online” Batch 79 Tinggal Menghitung Hari

Mengapa harus ada highlight? Sebab highlight bisa membuat audience semakin percaya bahwa kita tidak hanya berjualan baru-baru ini. Melainkan sudah lama berjualannya.

Kadang-kadang customer juga butuh melihat kembali atau flashback dari produk-produk kita untuk mengukur kualitasnya. Inilah mengapa kami katakan bahwa Highlight adalah salah satu indikator customer menaruh trust pada kita.

  1. Meningkatkan Trust karena Akun Kita Sudah Berusia Lama

Jelas, seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa manfaat highlight selanjutnya adalah agar customer semakin punya trust dengan produk kita. Adanya highlight ini akan membuat mereka menganggap akun kita sudah berpengalaman dalam berjualan dan menawarkan jasa. BUkan anggapan lagi, tapi memang sudah menjadi kenyataan.

Maka dari itu kita harus memasang dan mengelompokkan story mulai dari sekarang agar jejak-jejak tidak hilang begitu saja. Jangan takut instagram anda menjadi lemot karena memasang highlight ya sob. Sebab IG mempunyai database nya di dalam server mereka.

Itulah beberapa manfaat highlight instagram yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga dengan begitu kita menjadi sadar arsip dan sesegera mungkin mencadangkan dan mengelompokkan story ke dalam jenis-jenisnya.

Semoga tips ini bermanfaat. Salam entrepreneur.

baixar futemax futebol ao vivo 2021