Cara Membuat CTA Di Instagram Anti Ribet

Cara Membuat CTA Di Instagram

Bagaimana cara membuat CTA di Instagram? Apa fungsi CTA di instagram? apakah akun yang jualan online wajib untuk memasang CTA di akun mereka? Berikut akan kami bahas lewat tulisan ini seputar pentingnya CTA untuk akun kita dalam kaitannya dengan relasi dengan customer.

CTA merupakan singkatan dari Call to Action. Secara harfiah artinya menyuruh untuk melakukan sesuatu. Memang tombol call to action berfungsi untuk menyuruh orang melakukan sesuatu. Entah itu untuk menghubungi, membeli sesuatu, maupun hanya untuk berkomentar. Memang secara fungsi, CTA ini sangatlah penting bagi akun kita.

Sebuah akun, apalagi akun untuk jualan online, kalau tidak mengandung CTA maka akan seperti akun yang tanpa tujuan. Keberadaan CTA selain memudahkan penjual untuk mendapatkan lead masuk, juga berfungsi untuk memudahkan pembeli ketika berniat atau berminat kepada produk kita. Ini serius, dan benar adanya. Karena memang betul-betul ada pembeli yang tidak tahu harus kemana menghubungi penjual ketika mereka minat pada suatu hal.

Dengan adanya CTA tentu membuat pembeli lebih mudah sekaligus penjual juga. Dan Call to Action tidak harus berada di bagian tertentu. Kita bisa mengotak-atik sesuai kreatifitas dalam menempatkannya. Di bawah ini ada banyak cara menempatkan call to action,  terutama di aplikasi instagram. Sebelum kita bahas cara membuat CTA di instagram, mari kita bahas dulu apa sebenarnya fungsi CTA itu sendiri baik untuk instagram maupun untuk jualan online.

Fungsi CTA Di Instagram

Tentunya sudah ada fitur DM di instagram atau yang kerap disebut direct message. Namun fitur ini saja kurang ketika kamu menggunakan akun IG untuk berjualan online. Harus ada CTA lainnya, bahkan kita harus menyebar CTA nya di sekujur tubuh akun tersebut. Jika kamu belum tahu apa fungsinya call to action, maka simak beberapa di antaranya berikut ini;

  1. Memudahkan pembeli atau calon pembeli untuk berinteraksi dengan kita.
  2. menghilangkan kesan kalau akun kita merupakan akun fake. Kebanyakan akun fake tidak menyediakann call to action yang memadai.
  3. memudahkan pembeli untuk tanya seputar spek, variasi, dan warna barang dari produk kita.
  4. Memudahkan kita sebagai penjual untuk memastikan setiap konten dari kita punya tujuan (misal share, save, call, dan lain sebagainya).
  5. Dan lain sebagainya.
Baca juga :   Cara Memasang Linktree Di Instagram Ampuh Arahkan Traffic

Itulah beberapa fungsi CTA di instagram yang membuat kamu harus memasangnya di profil kamu. Untuk penempatan CTA sendiri ada bermacam-macam. Apalagi di sebuah profil IG yang pada dasarnya punya banyak fitur dan bagian-bagiannya.

Di bawah ini kita akan bahas apa saja fitur yang bisa anda manfaatkan untuk memasang CTA. Sekaligus cara membuatnya di instagram. Memang tulisan ini kelihatan sederhana, tapi bisa menjadi ide buat anda yang masih belum pernah memasang call to action di IG.

Kami akan berikan contohnya juga dalam bentuk gambar sehingga anda tidak perlu bingung lagi di mana harus menempatkan CT A. Yang jelas call to action ini harus terpasang di tempat strategis agar customer mudah untuk menemukannya. Maka dari itu simak penjelasan berikut ini, di mana saja tempat kita dapat memasang CTA?

Contoh CTA Di Instagram

Setidaknya ada lima contoh tempat kita meletakkan Call to action di IG. Penempatannya bisa bermacam-macam menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau anda ingin membuat CTA yang berisi share, save, dan like maka letakkan itu di postingan. Dan kalau ingin menempatkan CTA yang berisi imbauan untuk melakukan sesuatu semisal menelpon, maka letakkan itu di bagian profil atau bio instagram.

Tanpa berpanjang lebar, inilah beberapa penempatan call to action di akun IG untuk jualan maupun untuk branding. Agar lebih mudah kami sertakan juga contohnya. Selamat menyimak penjelasan dari kami berikut ini ya sob.

Check this out!

  1. Tombol CTA Pada Microblog

Pertama-tama jika ingin memasang call to action, maka kita bisa memasangnya di microblog atau konten carousel. Jadi pada dasarnya konten jenis carousel ini adalah konten informative atau edukasi. Namun kita bisa memasanginya call to action, misalnya untuk menyuruhnya simpan, share, ataupun like. Untuk contohnya adalah sebagai berikut ini.

Baca juga :   Alasan Seseorang Berani Memulai Bisnis Online Tidak Takut Rugi
tombol cta pada microblog

 

Lalu selain kita dapat menyuruh untuk likes, share, dan save, maka kita juga dapat menyisipkan tombol seperti nomor whatsapp pada gambar carouselnya. MIsalnnya adalah sebagai berikut ini

tombol CTA Whatsapp pada microblog

 

Memang kelihatannya tidak terlalu berguna tapi keberadaaan CTA ini juga bisa menjadi tambahan space untuk ruang yang masih kosong. Itu tadi cara menaruh CTA pada microblog.

  1. Call To Action Buttons Di Instagram Lewat Linktree

Jika anda ingin memasang CTA yang banyak misalnya CTA shopee, lazada, dan nomor kontak sekaligus maka gunakanlah linktree. Jadi linktree ini merupakan semacam landing page maker. Anda bisa membuat semacam halaman untuk CTA jika memakai linktree ini. Untuk informasi cara membuatnya bisa lihat pada artikel berikut ini (cara memasang linktree di instagram).

Untuk contoh linktree di IG kamu bisa simak contohnya berikut ini;

tombl CTA dengan linktree

 

Di sana kamu bisa melihat bahwa adanya link tersebut akan memudahkan pembeli atau calon pembeli yang ingin mengetahui lebih lanjut seputar informasi produknya. Tentunya jangan berikan CTA yang kosong ya sob pada kolom tersebut karena ini akan mempengaruhi trust customer kepada produk kita nantinya.

  1. Pasang CTA lewat Wa.me

Kalau kamu hanya ingin memasang link dalam bentuk kontak whatsapp maka juga bisa memasang wa.me di link bio yang tertera. Ini adalah cara termudah untuk cara membuat CTA di instagram. Caranya menulis wa. me adalah sebagai berikut ini www.wa.me/62xx (tanpa spasi).

Jadi wa. me ini adalah semacam shortcut bagi kita untuk mengakses chat WA. Jadi langsung akan terarah ke chat room kita nantinya. Namun yang perlu kita perhatiikan di sini ketika memasang WA di instagram, maka jangan lupa untuk mengubah akun wa kita menjadi akun bisnis. Sebab kebanyakan pembeli akan menemukan akun toko itu dalam bentuk akun bisnis.

  1. Pasang CTA di Highlight Instagram

Kalau anda ingin memasang CTa sebenarnya juga bisa lewat hightlight IG. jadi memang highlight ini nantinya akan terpasang manis di bagian atas feed. Untuk contohnya adalah sebagai berikut ini;

Baca juga :   Cara Mengarahkan Pengunjung di Internet ke Website
CTA di highlight instagram

 

Jadi ketika membuat story yang menyuruh orang atau audience untuk melakukan sesuatu, maka tandailah story tersebut untuk menjadi highlight. Sudah pasti customer akan menuju CTA tersebut jika anda memberi nama highlight nya, misalnya adalah ; kontak, hubungi, atau lain sebagainya.

  1. Ubah akun IG kamu jadi akun bisnis dan rasakan perubahannya

Untuk memasang CTA juga bisa pada bagian profil IG. Jadi kalau anda cantumkan email dan nomor hape pada pengaturan, maka otomatis itu akan muncul jika akunmu sudah menjadi akun bisnis atau professional.

Sekian itulah beberapa cara membuat CTA di instagram  sekaligus di mana saja penempatannya di akun IG kita. Semoga kamu juga bisa menerapkannya di akun jualanmu.