Riset Kata Kunci Marketplace Facebook

Riset Kata Kunci Marketplace Facebook

Riset Kata Kunci Marketplace Facebook. Tentunya banyak dari kita yang pernah menggunakan facebook sebagai platform jual beli. Dulu kita dapat berjualan di FB hanya dengan mempostingnya di beranda, grup, ataupun lewat inbox perorangan. Namun jurus itu sudah tidak ampuh lagi sejak FB membatasi aktifitas jual beli di platformnya.

Sebagai gantinya, Zuckerberg dan kawan-kawan membuatkan fitur khusus di FB yang bernama marketplace di mana kita bisa memposting produk di dalamnya. Termasuk kita juga dapat mencari barang dari sana.

Karakteristik dari transaksi atau jual beli di fb adalah berdasarkan geolokasi. Artinya produk yang ditawarkan di sana berdasarkan dekatnya lokasi dengan kita. Kalau lokasinya dekat maka akan ditampilkan.

Namun selain fitur geolokasi ini, ternyata fb juga melihat suatu produk dari keyword yang dipasang. Jika produk itu menarget kota tertentu dengan kata kunci, maka itulah yang mereka sarankan kepada orang di kota tersebut. Jadi prinsip dari FBMP sebenarnya mirip dengan marketplace lain kok sob.

Di sini kita akan belajar riset kata kunci marketplace facebook. Karena hal itu termasuk salah satu jurus jitu kita untuk bisa berkompetisi dengan pesaing di marketplace. Kita harus paham bahwa ada banyak pesaing baik di skala lokal maupun regional yang produknya sama dengan kita. Kalau kita tak mampu membuat kata kunci yang bagus dan tepat maka produk kita tak akan muncul di halaman pencarian.

Untuk selengkapnya mari kita simak tips nya di bawah ini.

Cara Menaikkan Insight Marketplace Facebook

Tanda keberhasilan dari pemasaran di FBMP bisa kita lihat dari insight atau traffic orang yang klik postinganmu. Semakin banyak traffic atau insight nya maka semakin besar pula peluang produkmu untuk terjual.

Baca juga :   Peluang Usaha di GunungKidul Wonosari dan Sekitarnya

Salah satu cara untuk menaikkan insight marketplace facebook adalah dengan riset kata kunci marketplace facebook. Riset ini bukanlah hal yang utama, namun ini hal pertama yang kalau keliru bisa gagal promosi kamu.

Maka dari itu riset kata kunci marketplace facebook ini harus kamu perhatikan betul. Dari sana akan muncul indikator bahwa produkmu bisa sampai ke customer atau tidak.

Banyak manfaat dari riset marketplace facebook, untuk selengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

  1. Riset Marketplace Facebook

Salah satu manfaat riset kata kunci adalah kita dapat mengalahkan pesaing dengan produk yang sama. Tidak semua orang dapat melakukan riset FBMP. Kalau kita dapat melakukannya, maka kita selangkah lebih maju karena sudah mengalahkan 50% dari kompetitor yang ada.

Lalu tugas kita selanjutnya adalah kita dapat masuk ke dalam 10% teratas agar peluang produk ditemukan semakin besar.

Jadi inilah salah satu manfaat dari riset kata kunci Marketplace facebook, yakni mendetailkan kata kunci yang kita miliki agar orang semakin mudah menemukan. Kalau kata kuncinya detail otomatis pasarnya akan menciut. Namun itu bukan masalah karena selalu akan ada yang mencari produkmu.

Sebelum kita menginjak bagaimana teknis risetnya, tentu kita harus paham dulu mindset ketika meriset kata kunci. Jadi mindset utama yang harus kita miliki adalah dengan perkecil skup pasar dan perbanyak varian postingan.

Ini semacam trik dalam sebuah peperangan, di mana kita memperbanyak varian  tugas dari prajurit untuk memperkecil peluang musuh. Gampangnya adalah kita mengepung customer dengan banyak kata kunci yang detail-detail.

Untuk praktiknya nanti kita akan bahas di bawah ini. Sekarang tugas kita adalah memahami dengan betul, mindset di atas. Rumusnya adalah; perdetail lagi target pasar, sekaligus perbanyak varian produk (diferensiasi produk. Kamu tak harus menjual banyak produk kok, cukup dengan membuatnya nampak berbeda saja.

  1. Keyword Marketplace Fb

Selain harus tahu mindset, ternyata kamu juga wajib mengetahui bagaimana keyword marketplace fb ditulis. Kalau kita mencari sebuah barang secara online, maka ada yang namanya buying keyword. Jadi buying keyword ini biasanya berada di awal kata kunci. Contoh buying KW adalah jual, beli, toko, distributor, sales, supplier, dan lain sebagainya.

Baca juga :   Kursus Bisnis Online Gratis, Memangnya Ada? Cek Di Sini!

Namun buying keyword tidak maksimal jika kamu tak menambahinya dengan nama produk. Tulislah nama produkmu secara singkat dan jelas. Jangan terlalu banyak menambahkan embel-embel, tapi justru tambahkanlah varian produknya. Misalnya kamu tidak perlu menulis “bak kamar mandi”, tetapi tulislah dengan kata “bak mandi warna merah, dll”.

Namun juga jangan hanya menulis buying keyword + nama produk saja, kamu juga harus menuliskan yang namanya keterangan yang meliputi target kota, target customer, serta varian atau jenis produknya. Boleh juga kamu berikan spesifikasi. Contoh keterangan itu antara lain;

jual pashmina biru di Bantul Yogyakarta, jual ebook khusus untuk unas SMP, dan lain sebagainya.

Untuk semakin melengkapinya, maka kamu bisa menambahkan yang namanya keterangan lain seperti terbaik, termurah, terpercaya, dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya kata-kata ini kamu tambahkan, agar semakin menarik minat dari pembeli. Inilah yang dinamakan sebagai kata-kata hiperbola.

  1. Tidak Bisa Jual Barang Di Marketplace Facebook? Pahami dulu Aturan Privasi FB

Ada aturan khusus dari FB buat kamu yang akan riset kata kunci marketplace facebook. Jadi ada beberapa kata yang oleh FB akan mereka tolak tanpa kompromi. Di antara barang yang dipermasalahkan oleh facebook antara lain adalah produk dengan kata kunci, pembesar, pemutih, peninggi, penguat, dan lain sebagainya.

Jual beli barang-barang yang terlarang juga akan langsung terkena aturan privasi fb. Oleh karena itu jika ingin menjual barang-barang semacam itu di FB sudah pasti tidak akan bisa termuat di FB MP.

Jika memang produkmu tidak membahayakan namun tetap terkena banned oleh FB, maka carilah kata kunci lain berdasarkan sinonim sampai produkmu bisa terupload di sana. Untuk lebih lengkap memahami riset KW, maka simak tutorial lengkap di bawah ini.

  1. Cara Riset Kata Kunci Facebook Marketplace

Kita akan bahas cara riset kata kunci marketplace facebook secara teknis. Simak langkahnya berikut ini dan praktekkan untuk berjualan.

  • Buka aplikasi fb di hape atau laptop kamu.
  • masuk atau login ke akun jualanmu.
  • klik ikon FBMP, yakni yang bergambar toko.
  • Ketik ikon atau menu “JUal Barang” yang bertanda plus.
  • Masuk ke jenis tawaran, lalu pilih barang dijual.
  • begitu masuk ke dasbor upload produk, maka bukalah halaman marketplace facebook yang tadi. bisa kamu buka di tab baru.
  • di halaman marketplace, klik telusuri barang.
  • lalu ketikkan buying keyword plus nama produkmu, misalnya “jual mukena…..”
  • di situ akan muncul banyak rekomendasi, tulis semua rekomendasi tersebut di tabel excel. Misalnya rekomendasi yang muncul adalah “jual mukena anak”, jual mukena murah, jual mukena terbaru, dan lain sebagainya.
  • Setelah itu lalu kumpulkan kota target atau keterangan yang kamu butuhkan misalnya nama kota (Bantul, sleman, yogya, kulonprogo dan lain sebagainya).
  • buat kata kunci selengkap mungkin dari tiap rekomendasi + kota target di atas.
  • Jangan lupa juga menambahkan kata-kata hiperbola, seperti termurah, terdekat, halus , dan sebagainya.
  • Pada langkah selanjutnya, pakailah hasil dari riset tersebut untuk kamu copas di bagian judul pada dasbor FB MP yang tadi.
  • Selesai.
Baca juga :   Cara Jual Motor di Marketplace Facebook Biar Cepet Kejual

Cukup mudah bukan tips riset kata kunci marketplace facebook. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.