Riset Kata Kunci Minim Kompetisi Agar Cepat Halaman Satu

Riset Kata Kunci Minim Kompetisi

Kemarin kita sudah bahas mengenai apa tujuan riset keyword. Sekarang pastinya kamu sudah paham bukan tentang pentingnya riset kata kunci untuk bisnis. Namun dalam praktiknya, ternyata riset kata kunci itu tidak mudah. Atau boleh kita katakan bahwa itu gampang-gampang susah. Gampangnya karena kita tidak butuh keahlian khusus untuk itu. Tapi susahnya adalah susah dalam menentukan kompetisinya. Maka dari itu kita akan bahas tentang riset kata kunci minim kompetisi.

Kata kunci ibaratnya adalah hastag yang kita pasang di postingan kita. Bedanya kalau kata kunci akan kita pasang di sebuah tulisan atau listing produk. Maka dari itu kita harus bisa mencari kata kunci yang jarang penggunanya. Sebab dari situ kita akan bisa mendapatkan peluang untuk berada di ranking bagian atas.

Lalu bagaimana cara riset kata kunci minim kompetisi? Apakah kita memerlukan sebuah tools tertentu misalnya, ubersuggest dan lain sebagainya? Ternyata tidak hanya memerlukan tools saja melainkan juga insting dalam mencari celah dari sebuah kata kunci. Nanti kita akan bahas mengenai cara riset kata kunci minim kompetisi. Agar nantinya kita akan bisa mendapatkan kata kunci terbaik untuk nantinya kita pasang di artikel dan listing produk.

Kemudian pertanyaannya adalah mengapa diperlukan riset kata kunci minim kompetisi? Bukankah kalau produk kita berkualitas maka akan lebih cepat ditemukan? Nah inilah pertanyaan yang harus kita jawab terlebih dahulu sebelum bahas tentang riset kata kunci minim kompetisi.

Baca juga :   Cara Membuat Meta Deskripsi di Blog untuk Platform Wordpress

Mengapa Diperlukan Riset Kata Kunci

Sebaik-baiknya produk kita, ternyata riset kata kunci tetaplah kita perlukan. Sebab kompetitor kita ada ribuan di luaran sana, yang mempunyai produk yang sama dengan yang kita miliki.

Bahkan dari produk-produk tersebut, masih ada diferensiasi produk di mana masing-masing penjual mempunyai pasarnya masing-masing. Inilah prinsip dari riset kata kunci. Dari kata kunci nantinya akan muncul diferensiasi produk kita di antara sekian banyak produk tadi. Sehingga produk kita akan memunculkan pasarnya sendiri. Dan inilah yang harus kita cari lewat pencarian kata kunci tadi. Inilah mengapa kita harus melakukan riset kata kunci di setiap akan upload produk dan listing di google.

Di samping itu dengan adanya riset kata kunci kita akan dapat menarget orang-orang di wilayah tertentu. Kalau tidak menarget di wilayah tertentu, itu akan menyebabkan produk kita tak memiliki target pasar khusus di suatu daerah. Apalagi produk kita adalah produk yang skalanya lokal yang para pencarinya hanya dari sekitar kita.

Setelah kamu tahu apa pentingnya riset kata kunci, lalu kita akan beranjak ke cara riset kata kunci minim kompetisi. Simak cara-caranya berikut ini.

Tips Riset Kata Kunci Minim Kompetisi

Berikut adalah tips riset kata kunci minim kompetisi. Tentunya tips tips ini tidak banyak yang mengetahuinya, maka dari itu akan kami berikan kepadamu cara yang masih belum banyak orang tahu. Dari sini nanti kamu akan mendapatkan bayangan melalui mempraktekkannya di rumah. Simak caranya berikut ini agar kamu bisa mendapatkan customer tertarget.

  • Contoh Kata Kunci minim Kompetisi ada di Searching Google

Sebenarnya untuk riset kata kunci minim kompetisi tidak perlu bersusah-susah memakai banyak tools yang rumit. Sebab kita dapat mencarinya lewat google atau kolom searching itu.

Baca juga :   Cara Upload Short Video Youtube agar Banyak Penonton

Caranya adalah sebagai berikut ;

– Buka aplikasi atau halaman google.

– ketikkan kata kunci yang akan kamu target, misalnya “toko seafood di Bantul Yogyakarta”

– Lalu lihatlah persaingannya dengan mengetikkan “allintitle:” di depan kata kunci tersebut.

– kalau yang muncul masih di bawah 10 biji postingan, maka itu masih berpeluang kamu gunakan.

– Tapi kalau sudah di atas 20, mending kamu cari kata kunci yang lain.

Itulah tips untuk riset kata kunci minim kompetisi secara manual. Memang mudah, dan cara ini berpeluang besar untuk mempercepat artikelmu berada di halaman  pertama.  

  • Gunakan Google Trends untuk Mencari Kata Kunci Pilihan

Lalu bagaimana kalau kata kunci yang kita cari di atas masih mempunyai tingkat persaingan yang tinggi, di atas 20 misalnya. Maka untuk mengatasinya kamu harus mencari sinonim dari kata kunci itu lewat google trends. Sudah tahukah kamu apa yang disebut sebagai google trends?

Jadi google trends itu adalah fitur google yang mencatat segenap habits para pencari di sana. Misalnya berapa yang menggunakan kata “seafood” dan berapa orang yang mencari menggunakan kata “makanan laut”. Inilah pentingnya menggunakan google trends untuk riset kata kunci.

Lalu cara untuk riset kata kunci minim kompetisi dengan google trends adalah sebagai berikut;

-BUka halaman google trends di google

-masukkan frasa (terdiri dari 2 kata kunci) ke dalam kolom “enter a search term or a topic”

-lalu jika sudah muncul grafiknya, cari sinonim dari kata kunci tersebut, dan masukan sinonimnya ke dalam kolom “add comparison”.

-Kamu bisa melihat dari provinsi mana saja yang mencari dengan kata kunci tersebut.

-Jika memang provinsi yang kamu target cenderung menggunakan kata kunci itu maka gunakanlah untuk kata kunci pilihan.

Baca juga :   Contoh URL Website Blog yang Bagus untuk Nama Domain Kamu

Itulah tips riset keyword minim kompetisi menggunakan google trends. Dengan menerapkan tips di atas kamu juga dapat menarget pasar secara lebih detail lagi sob. 

  • Riset kata kunci youtube dan Website Tidak Beda jauh. Maka gunakan Kata Kunci yang Unik

Sebenarnya kata kunci youtube dan website itu tidak beda jauh. Maka dari itu kamu boleh mencari kata kunci yang benar-benar unik untuk keduanya. Carilah kata kunci dengan rumus berikut ini;

Untuk artikel jualan rumusnya adalah sebagai berikut;

Buying keyword + name product + place/market.

Misalnya penerapannya adalah sebagai berikut.

Toko kain ulos tenun tangan khas sulawesi di Makassar.

Tips dari kami adalah buatlah kata kunci yang benar-benar spesifik, mulai dari warna, hingga jenisnya.

Lalu untuk artikel edukasi, gunakanlah rumus sebagai berikut;

Cara + kata kerja + nama benda + keterangan 

Untuk penerapannya adalah sebagai berikut ini;

Cara menambahkan breadcrumb pada wordpress memakai yoast seo.

Pasti kamu akan bertanya-tanya kalau kata kuncinya panjang bagaimana? Ini tidak menjadi masalah, karena kata kunci yang panjang pun ketika dicari menggunakan queri yang kecil maka akan tetap muncul. 

  • Gunakan Tools Pencari Kata Kunci

Di atas kita sudah bahas tentang cara riset kata kunci minim kompetisi menggunakan cara manual. Oleh karena itu mari kita simak bagaimana cara ketika menggunakan tools.

Memang tools ini sifatnya memudahkan. Jadi ketika kamu menggunakan tools ini akan semakin memudahkan ketika mencari kata kunci.

Dengan tools-tools ini kita dapat menemukan kata kunci berikut volume pencariannya, serta tingkat kesulitannya.

Untuk prakteknya silakan mencari cara risetnya lewat ubersuggest, karena ini adalah salah satu tools yang paling gampang untuk dipakai.

Sekian tentang riset kata kunci minim kompetisi di atas semoga tips tersebut dapat bermanfaat.