Apa Tujuan Riset Keyword untuk Memetakan Peluang Bisnis?

Apa Tujuan Riset Keyword

Dalam SEO, kegiatan riset keyword adalah hal yang lumrah. Banyak orang yang menanyakan apa tujuan riset keyword. Malah, hal tersebut adalah sesuatu yang seharusnya dilakukan pertama kali ketika membangun sebuah situs. Jadi, pastikan untuk melakukan riset keyword sebelum kalian membuat konten untuk situs. Sebab, dengan penggunaan keyword yang tepat, konten yang kalian buat bisa bersaing dengan konten yang lain. Persaingan itu tentu untuk mencapai suatu target dalam SEO, yaitu menduduki page on Google.

Salah satu target utama seorang pelaku bisnis digital dalam menayangkan konten, ya tentu supaya konten tersebut bisa berada pada halaman pertama di Google. Dengan begitu konten yang dibuat akan lebih mudah ditemukan oleh para audiens. Sebelum lanjut ke bagian apa tujuan riset keyword, pahami dahulu pengertian dari riset keyword berikut ini.

Baca juga : Cara Riset Kata Kunci

Pengertian Riset Keyword

Riset keyword merupakan proses kegiatan riset dalam menentukan kata kunci yang cocok digunakan ketika membuat artikel di situs. Riset keyword juga disebut sebagai salah satu bagian dalam strategi SEO atau optimasi bagi mesin pencari. Dengan melakukan riset keyword, kita bisa mengetahui kata kunci apa saja yang sering dipakai dan dicari orang-orang ketika melakukan pencarian suatu topik di kolom pencari browser mereka. Untuk jenisnya, kata kunci terbagi menjadi 2 jenis yaitu, Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword.

Ketika kalian melakukan riset keyword, kalian bisa mengetahui tentang kata kunci apa yang potensial untuk dijadikan sebagai konten. Kalau sudah mendapatkan kata kunci yang potensial, hal tersebut akan memudahkan konten kalian mendapatkan trafik dan mendapatkan banyak pengunjung website kalian. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat. Bahwa meningkatkan jumlah pengunjung dan menjadikan halaman situs kalian berada di posisi teratas mesin pencari bukanlah satu-satunya tujuan yang kalian capai.

Baca juga :   Ciri-Ciri Bahasa yang Terkandung dalam Iklan Internet

Kalian perlu juga perlu mempertimbangkan kata kunci yang bisa tepat sasaran. Sebab ketika kalian sudah menargetkan banyak kata kunci. Dan setelahnya halaman kalian berada di posisi teratas dengan pengunjung yang bertambah. Akan tetapi tidak ada satupun pengunjung yang tertarik untuk menghubungi kalian untuk membeli produk yang ditawarkan di halaman. Tentu hal tersebut akan mengecewakan. Oleh karena itu, perbaiki dahulu tujuan kalian. Yaitu, tidak hanya menemukan kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak serta mendatangkan banyak pengunjung, tetapi yang terpenting adalah tepat sasaran.

Pentingnya Riset Keyword

Sebelum ditanya apa tujuan riset keyword, kalau ditanya seberapa penting sih riset keyword? Jawabannya tentu sangat penting. Sebab, ia berfungsi untuk menentukan kata kunci yang berpotensi dan dengan adanya riset kita jadi tahu topik apa saja yang sedang dicari orang-orang di Google. Ketika sudah tahu topik apa yang sedang dicari, maka hal tersebut akan memudahkan kita dalam membuat artikel yang berkualitas dan tertarget akan kata kunci tersebut.

Tujuan Riset Keyword

Jika ditanya apa tujuan riset keyword? Seperti yang sudah dibahas di atas, yaitu untuk mengetahui topik apa saja yang paling banyak dicari orang di mesin pencari Google. Yang mana topik tersebut masih berhubungan dengan blog dan bisnis kalian. Berikut keunggulan dari riset keyword secara singkat :

  • Keyword yang potensial akan mendatangkan pengunjung ke blog, atau calon client ke website bisnis.
  • Bisa mengetahui perkiraan pengunjung yang mencari keyword tertentu
  • Menganalisa persaingan yang ada di mesin pencari atas keyword tertentu
  • Memudahkan dalam menyusun prioritas; keyword mana yang akan dijadikan keyword utama dari blog/bisnis.

Langkah Persiapan Riset Keyword

  • Tetapkan Tujuan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum melakukan riset keyword adalah menetapkan tujuan terlebih dahulu. Apa tujuan riset keyword untuk keperluan blog kalian? Hanya sekadar mendapatkan keyword yang nantinya untuk mendatangkan pengunjung yang banyak? Atau untuk mendapatkan pembeli yang berpotensi? Hal tersebut harus ditentukan dari awal. Sebab, jika tanpa tujuan yang jelas, itu hanya akan mempersulit dalam riset keyword.

  • Cari Keyword Dasar

Ketika sudah yakin dengan tujuan utama, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari kata kunci dasar sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Keyword dasar atau short tail keyword ini biasanya terdiri dari satu hingga dua kata saja.

  • Cari Keyword Turunan

Keyword turunan atau long tail keyword ini biasanya berisi penjabaran atau detail lebih lengkap dari keyword dasar yang sebelumnya sudah Anda tentukan. Dalam mencari keyword turunan ini, kalian perlu memakai tools pencari keyword. Tools pencari keyword sendiri banyak jenisnya, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Bisa dipilih sesuai kebutuhan dan budget yang kalian miliki.

  • Analisis Tingkat Persaingan di Mesin Pencari

Perlu diingat bahwa ada poin terpenting dalam kegiatan riset kata kunci. Yaitu melakukan analisis pada tingkat persaingan kata kunci yang ada pada mesin pencari. Kalian bisa menggunakan beberapa tools yang tersedia dalam melihat seberapa besar tingkat persaingan kata kunci yang kalian targetkan. Dengan analisis ini juga, kalian akan mendapatkan informasi mengenai volume pencarian atas kata kunci yang kalian targetkan. Jika kalian tidak melakukan pemasangan iklan sebaiknya, lakukan analisis ini secara manual, jangan menggunakan Google Ads. Sebab, nanti hasilnya akan berbeda jika menggunakan Google Ads. Terakhir, setelah kalian mendapatkan kata kunci yang sesuai, kalian bisa langsung segera mengeksekusi kata kunci tersebut untuk dibuatkan kontennya.

Baca juga :   Perlu Konsultan Digital Marketing di tahun 2021?

Tool Gratis untuk Riset Keyword

Tentu untuk melakukan kegiatan riset kita perlu bantuan dari tool-tool yang ada untuk mengefektifkan waktu juga. Sudah banyak aplikasi dan tool gratis yang beredar, guna membantu dalam upaya riset keyword yang tepat untuk suatu bisnis. Berikut beberapa aplikasi dan tool gratis yang bisa dijadikan pilihan dalam kegiatan riset keyword.

  • Google Keyword Planner

Aplikasi dari Google ini bisa mencarikan keyword baru dan juga menyediakan statistiknya setiap keyword. Termasuk juga ada informasi tentang besarnya pencarian dan perkiraan biaya rata-rata per klik. Google Keyword Planner merupakan tahap awal permulaan yang dapat membantu dalam memilih kata kunci yang tepat. Jadi, aplikasi ini bukanlah satu-satunya yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi ini hanya cocok untuk dimanfaatkan sebagai arahan dasar menentukan kata kunci.

  • Ubersuggest

Ubersuggest berisi untuk memberikan data dari Google serta mesin pencari yang lainnya melalui kata kunci pertama, dengan menambahkan huruf atau angka di kata kunci. Aplikasi ini juga bisa merekomendasikan kalian kata kunci. Selain itu, Ubersuggest dapat membantu kalian untuk menghasilkan ide baru yang dapat memperbanyak daftar kata kunci.

  • Keyword Tool

Hampir mirip dengan Ubersuggest karena sebab sama-sama berkonsep Google Autocomplete, aplikasi ini dikatakan lebih unggul selangkah. Karena bisa memberikan hingga 750 rekomendasi kata kunci. Keyword Tool ini bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sifatnya user-friendly.

  • WordStream Free Keyword Tool

Dibanding dengan Keyword Planner, aplikasi ini menyediakan lebih banyak dan beragam kata kunci yang panjang. Walaupun fiturnya terbatas. Selain itu, rekomendasi kata kunci yang dihasilkan lebih relevan daripada rekomendasi kata kunci dari aplikasi lainnya.

Itulah beberapa penjelasan seputar apa tujuan riset keyword. Kesimpulannya riset keyword merupakan suatu hal kegiatan yang penting untuk dilakukan. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh pada elektabilitas website. Tujuan dari riset keyword sendiri tidak main-main, ada pengaruhnya pada peringkat dalam mesin pencari Google. Jika kalian asal-asalan memasukkan keyword pada SEO, maka tamatlah konten yang anda buat. Penilaian dalam SEO nya akan jelek. Yang mana akan menurunkan peringkat dalam mesin pencari.

Baca juga :   Tips Membina Reseller dari Mas Erwin Winardi – Liputan Sharing Session