Widget yang Wajib Ditambahkan pada Halaman Blog

Widget yang Wajib Ditambahkan pada Halaman Blog

Pernah dengar istilah widget gak sob? Jika kamu hobi blogging atau bermain website pasti paham dengan apa itu widget. Kalau kita berkunjung ke sebuah blog atau website pasti akan menemukan tools-tools, seperti kalender dan bahkan banner iklan di dalamnya. Semua itu merupakan beberapa contoh widget atau elemen. Sebenarnya ada banyak sekali widget yang ada di dunia per blogging-an. Lalu apa widget yang wajib ditambahkan pada halaman blog kamu? 

Tanpa adanya widget maka website atau blog kamu akan nampak sepi. Tapi ternyata ada juga lho manfaat dari elemen ini selain untuk meramaikan blog. Kalau kita ibaratkan, maka widget adalah furniture di dalam sebuah rumah. Tanpa adanya widget, sebenarnya blog kita sudah dapat bisa digunakan. Namun adanya elemen sepertinya akan lebih membuat blog atau website kamu akan nampak cakep. Berhubung ada banyak sekali widget, maka kita akan ulas saja tentang widget yang wajib ditambahkan pada halaman blog kamu. 

Lalu apa sih sebenarnya widget itu? Kita harus tahu pengertiannya, agar ketika kamu ingin memasang berbagai macam elemen blog, maka tidak bingung lagi untuk mencarinya di dashboard. 

Baca Juga : Contoh Tulisan Artikel SEO

Apa itu Widget dalam Blog?

Sebenarnya kita sudah bahas tentang apa itu widget dalam blog. Tetapi kita harus tahu bentuk nyata dari elemen tersebut serta pengertiannya. Jadi widget adalah elemen pada blog atau website yang berfungsi untuk menambahkan konten pada bagian sidebar, header, ataupun footer. 

Jadi ketika suatu saat kamu mengunjungi sebuah blog, dan ada tulisan yang melayang di atas bagian atas blog, maka itulah salah satu contoh kegunaan dari widget. Sekarang kamu sudah paham kan tentang apa itu widget. Jadi widget ini adalah semacam properti tambahan pada sebuah website dan blog. 

Manfaat Widget dalam Blog

Kemudian apa saja manfaat dari widget dalam blog ini? Tentu masing-masing elemen punya fungsi masing-masing. Tapi secara umum manfaat adanya elemen adalah untuk;

  1. Mempercantik tampilan website dan blog. 
  2. Sebagai navigasi untuk mempermudah pengunjung berselancar di website tersebut. 
  3. Meringkas isi dari website, sehingga masing-masing bagian dari website tidak menghabiskan space di halaman utama. 
  4. Tempat menanam backlink atau link yang mengarah ke website lain. 
  5. Dan lain-lainnya. 

Tentu ada banyak manfaat dan fungsi dari widget. Namun jangan sampai kamu terlalu banyak memasang elemen karena itu akan membuat website kamu berat dan sulit dibuka. Jadi lebih baik pasang widget yang bermanfaat dan kamu butuhkan saja. Tulisan ini akan ulas tentang apa saja widget yang wajib ditambahkan pada halaman blog dan website. 

Untuk itu mari kita bedakan elemen menjadi dua jenis. Yakni widget pada blogger dan juga pada wordpress. Keduanya harus kita bedakan, karena elemen dari jenis masing-masing mempunyai perbedaan. Tapi untuk fungsinya tetap sama yakni untuk mempermudah pengunjung ketika berselancar di blog tersebut. 

Jenis-jenis Widget di Blog

  • Widget Blogger Gratis

Kalau blogger biasanya akan menyediakan banyak sekali widget blogger gratis. Sebab tampilan blogger lebih simpel, sehingga ketika ingin meningkatkan aspek visual harus menggunakan widget. 

Sepertinya kumpulan widget pada blogger lebih lengkap daripada wordpress. Sebab wordpress hanya mempunyai elemen yang terbatas mengingat kita bisa membangun tampilan visualnya dengan html. 

  • Widget pada WordPress

Jenis widget kedua adalah widget pada wordpress. Jadi ini merupakan elemen yang membantu kita ketika ingin mengoptimalkan tampilan wordpress. Sebenarnya ada banyak juga elemen pada wordpress. Namun widget di sini cenderung biasa-biasa saja, seperti recent post, ataupun kategori. 

Bagaimana cara menambahkan elemen pada wordpress? Simak langkahnya berikut ini;

  • Masuk ke dasbor wordpress dengan username dan password.
  • Pada dasbor pilihlah menu appearance. Lalu pilih widgets. 
  • Lalu akan muncul widget apa saja yang terpasang pada halaman blog. 
  • Di situ ada banyak jenis widget, seperti kategori, sosmed feed, footer, dan lain-lain. 
  • Jika ingin tambahkan, maka klik tanda (+) di bagian atas. 

Itulah cara menambahkan widget pada wordpress. Sesuaikan dengan kebutuhanmu ya sob. Jangan sampai kebanyakan juga memasang widget karena akan memberatkan blog kamu. 

Lalu biar tidak keberatan, maka kita harus memilih elemen yang wajib ditambahkan pada halaman blog. Yuk simak apa sajanya di bawah ini. Rekomendasi ini mungkin akan bagus juga untuk kita terapkan pada blog/website untuk jualan. 

Rekomendasi Widget untuk Blog dan Website

Ini merupakan rekomendasi dari kami untuk kamu yang ingin memasang widget pada blog dan website. Sebenarnya untuk memasang widget di website pun hampir sama, sebab kebanyakan website juga dikelola lewat CMS WordPress dan blogger. Inilah beberapa elemen yang wajib ditambahkan pada halaman blog;

  • Widget Recent Post Blogger

Berhubung blogger merupakan platform blogging yang semi-sosial media, maka biasanya tiap postingan akan berbentuk seperti kronologi. Jadi postingan baru akan menimbun postingan sebelumnya. Kalau tidak diatur maka ini akan menyebabkan postingan tersebut menumpuk di halaman utama website kamu.

Maka dari itu pasanglah widget recent post blogger. Sudah tersedia secara gratis kok di blogger. Dengan widget tersebut, kamu dapat menyimpan postingan yang lama dalam sebuah link di bagian sidebar. Sehingga tidak merusak visualisasi homepage kamu.  

  • Calendar Widget Blog

Lalu elemen yang wajib ditambahkan pada halaman blog selanjutnya adalah kalender. Jadi ini merupakan widget yang bisa membantu pengunjung ketika melihat tanggal dan traffic di hari itu. Kalender ini akan memudahkan pengunjung karena mereka dapat melihat postingan sesuai tanggalnya. 

  • Widget Blog Afiliasi

Kalau kamu pernah belajar buat blog di sekolah dulu pasti paham dengan widget blog afiliasi. Jadi fungsi widget ini adalah untuk memasang link blog teman kamu agar tampil di halaman blog kamu. Biasanya ini berfungsi untuk saling dukung backlink, sehingga masing-masing akan dapat naik ranking di google. 

Sebenarnya masih banyak lagi elemen yang bisa membantu tampilan blog kamu. Tapi itu tadi merupakan widget yang wajib kamu pasang. Widget lainnya mungkin hanya tambahan dan dapat kamu pasang kapan saja kalau membutuhkan. 

Ternyata kita harus pasang juga lho di wordpress. Meskipun wordpress lebih banyak pilihan untuk tampilan dan templatenya, tapi elemen tetap menjadi sesuatu yang kita butuhkan di sana. 

Dashboard Blog pada WordPress juga Harus dikasih Widget, apa saja Rekomendasinya?

  • Widget Kategori

Rekomendasi widget untuk wordpress yang dapat kamu pasang adalah widget kategori. Jadi manfaat memasangnya adalah untuk memudahkan pembaca mencari artikel lain dalam satu kumpulan tema. 

Misalnya kita ingin cari artikel bertema pendidikan, maka klik kategori pendidikan. Maka website akan menampilkan semua artikel yang berkaitan dengan pendidikan. Itulah manfaat dari widget kategori. 

  • Widget CTA (Call to Action) atau Kontak Person

Lalu elemen yang harus ada di websitemu selanjutnya adalah CTA (atau call to action). Ini merupakan elemen yang akan mengarahkan pembaca kepada instruksi tertentu, misalnya menghubungi nomor whatsapp, atau mengontak admin website. Ini merupakan contoh dari elemen CTA pada sebuah blog atau website.

Itulah widget yang wajib ditambahkan pada halaman blog. Jika kamu belum pasang, maka lekas pasanglah agar blog kamu nampak lebih keren. Selamat mencoba

Baca juga :   Info Pelatihan Digital Marketing 2021 dalam Rangka Sambut Ramadhan