Trik Promosi Via WA Marketing ,Salah Satunya Membutuhkan Mental dan Keberanian

trik promosi via WA marketing

Trik Promosi via WA Marketing yang membutuhkan keberanian

Saking dekatnya Whatsapp dengan kita sampai-sampai orang lupa bahwa whatsapp juga dapat menjadi alat penghasil uang. Bagi para pengusaha mungkin berbisnis via whatsapp adalah hal yang kuno. Namun trik promosi via WA Marketing untuk bisnis pemula sangatlah disarankan. Pada masa pandemi sekarang, cara promosi melalui whatsapp ini dapat  meningkatkan omset penjualan. Ibuk-ibuk dan  sodara-sodara bisa mempromosikan secara gratis jualannya hanya dengan bermodal aplikasi whatsapp. Mau tau caranya? Oke, kita bahas satu persatu.

Sebelumnya, mari kita siapkan dahulu “peralatan tempur” untuk mempromosikan produk melalui whatsapp. Yang kita perlukan antara lain, data Kontak Whatsapp Calon Customer, materi atau konten promosi, dan Aplikasi Whatsapp Bisnis. Untuk memudahkan pembahasan, mari kita bahas satu persatu. Dimulai dari,

Aplikasi Whatsapp Bisnis

Nah, para pengusaha wajib hukumnya menginstall aplikasi whatsapp bisnis. Selain lebih memudahkan promosi, aplikasi WA bisnis juga bermanfaat untuk membedakan mana akun pribadi dan mana akun untuk jualan. Kalau kata Dosen Jualan, Suryadin Laoddang, pembedaan ini perlu dilakukan agar kontak customer dan kontak private tidak bercampur baur menjadi satu. Yakali mau jualan ke customer malah kena omongan tetangga. Ada banyak fitur whatsapp bisnis yang akan memudahkan trik promosi via WA Marketing. Fitur apa saja? Tentunya adalah fitur profil bisnis yang lebih memadai untuk mengenalkan produk. Kalau di akun whatsapp pribadi kita hanya bisa mencantumkan Bio dan juga nama user. Sedangkan di whatsapp bisnis, kita dapat mencantumkan katalog produk, alamat usaha, dan jam buka toko kita. Untuk itu buruan install whatsapp bisnis sekarang.

Baca juga :   Kata-Kata Untuk Merekrut Reseller Ampuh Datangkan Mitra Bisnis

Kontak Whatsapp Calon Customer. Udah punya berapa ribu?

Nanti kita akan mengenalkan produk dengan broadcast pesan ke seluruh kontak yang ada. Nah disinilah masalahnya. Kita sudah punya berapa ribu kontak yang akan menerima promosi produk itu nantinya? Oke, bagi yang sudah punya database WA bisa langsung stop membaca. Tapi bagi yang belum punya yuk lanjut ke langkah berikutnya. Setidaknya ada dua cara untuk mendapatkan kontak WA calon customer. Dan salah satunya cukup menguji mental kita. Butuh keberanian lebih, serta trik promosi via mulut yang canggih. Oke mari kita bedah satu persatu. Trik promosi via WA Marketing. Cara mendapatkan kontak whatsapp calon pembeli,

Dapet Kontak Secara Organik.

Kenapa disebut organik? Karena memang cara-caranya sangat manual dan murni menggunakan usaha manusia biasa. Cara-cara ini sangatlah kuno dan butuh keberanian tinggi. Jadi buat yang tidak terbiasa dengan taktik ini mending langsung skip ke langkah berikutnya. Oke, cara terbaik untuk mencari nomor Whatsapp calon customer adalah dengan pergi ke counter pulsa dan handphone. Di sana setiap harinya ada puluhan nomor telepon yang ditulis oleh penjual pulsa. Kita bisa meminta data itu kepada penjualnya. Kalau tidak boleh, kita bisa membelinya dari mereka. Gimana? Cukup menguras adrenalin bukan?

Pak satpam juga bisa membantu trik promosi via whatsapp ini

Tetapi kalau tidak berani, kita bisa mencoba cara lain yang lebih ekstrem. Hehe. Caranya adalah dengan meminta secara baik-baik kontak whatsapp dari satpam perumahan. Tentunya pak satpam mempunyai data kontak seluruh penghuni perumahan. Data itu nantinya dapat digunakan untuk promosi barang yang sering dipakai oleh penghuni perumahan. Semisal tempat sampah plastik. Kalau cara tersebut terlalu ekstrem, kita bisa cari kontak WA dari media cetak, seperti majalah atau koran. Di dalam koran biasanya ada nomor telepon orang yang sedang kehilangan barang (STNK, misal). Kita bisa mengumpulkannya. Tentunya tidak untuk menipu mereka tetapi untuk promosi produk kita ya sodara-sodara. Sebenarnya ada banyak cara lain, tetapi cukuplah untuk sesi ini. Oke, kita lanjut ke langkah berikutnya,

Baca juga :   Tips Membina Reseller dari Mas Erwin Winardi – Liputan Sharing Session

Dapet Kontak Dari Mbah Google

Mbah kita satu ini emang sangat baik hati. Apa saja dikasih tahu ke kita. Termasuk salah satunya adalah kontak WA. Google dapat bermanfaat untuk mencari list Grup Whatsapp yang bisa kita masuki dalamnya. Ini salah satu trik promosi via WA marketing yang paling manjur. Jangan dicoba-coba. Awas ketagihan. Hehe. Oke, lalu bagaimana kita bergabung ke grup whatsapp tersebut  TANPA harus melalui verifikasi admin. (Yakali mau gabung grup tapi gak kenal adminnya. Ada caranya sodara-sodara. Iya, cara yang sangat simpel tapi tidak banyak yang tahu.

Caranya, buka terlebih dahulu search engine google, lalu ketikkan site:facebook.com https://chat.whatsapp.com …

Setelah itu jangan langsung di-ENTER ya sodara-sodara. Setelah link tulislah nama kota sesuai target pasar kita

Formulanya adalah site:facebook.com https://chat.whatsapp.com (nama kota target)

Dari sana kita mendapatkan link untuk masuk ke grup whatsapp kota target.  Kita memakai contoh Kota Surabaya. Jadi di grup seputar Surabaya tadi kita akan join dan mulai memakai trik promosi via WA Marketing. Dosen Jualan, Suryadin Laoddang, menjelaskan bahwa setelah bergabung  grup kita wajib menyapa penghuni grup tersebut. Jadi jangan langsung mempromosikan produk ke mereka, karena akan menimbulkan respek yang tidak baik ke depannya. Nah, di samping menyapa, kita juga boleh sedikit-sedikit mencuri data kontak Whatsapp penghuni grup untuk dibikin list calon customer. Sampai sini sudah paham? Oke lanjut ke langkah terakhir, yaitu

Menyiapkan Konten Promosi

Konten promosi bisa berbentuk teks, gambar, ataupun video. Kita harus membuatnya semenarik mungkin agar setiap kontak calon customer merasa nyaman melihat promosi kita. Boleh memakai video, namun jangan terlalu panjang dan berukuran besar. Karena customer juga tidak nyaman apabila aplikasi WA-nya ngadat gara-gara ada notifikasi dari kita.

Baca juga :   Tugas dan Kualifikasi Content Writer dan Perbedaannya dengan SEO Specialist

Cukup itu saja trik untuk hari ini. Trik ini sudah bisa kita terapkan untuk promosi via wa marketing agar lebih memaksimalkan penjualan dan omset. Trik lainnya dapat disimpak di postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat buat bapak-bapak/ibuk-ibuk semua.