Strategi Viral Marketing untuk Pelaris Jualan Onlen

Viral Marketing

Tulisan ini saya rangkum dari live webinar di Youtube bersama dosen jualan Bapak Suryadin Laoddang. Materi webinar kali ini berkaitan dengan viral marketing yang mungkin sudah tidak asing bagi para pelaku bisnis di tanah air. Dalam kesempatan kali ini, Bapak Suryadin tidak akan menjelaskan apa itu viral marketing. Namun beliau sedikit memberikan gambaran viral marketing adalah bagaimana Anda membuat konten yang mana konten tersebut menjadi mudah di share dan dibagikan sehingga layak di share, di komen dan di like oleh orang banyak. Sehingga konten tersebut dapat di katakan viral.

Pelaris Jualan Dengan Strategi Viral Marketing

Menurut bapak Suryadin dari dosen jualan, “viral itu terletak pada kemampuan kita membuat konten sehingga konten itu menjadi memenuhi syarat dan layak untuk di viralkan oleh orang banyak”. Para pelaku dunia online banyak menggunakan rujukan tersebut. Secara lebih jelasnya dalam webinar ini, Bapak Suryadin akan menjelaskan tentang pola viral marketing. Bila berbicara mengenai viral marketing maka terdapat 3 langkah yang harus Anda persiapkan menurut dosen jualan, antara lain :

Benerin Dulu Akun Facebooknya

Langkah ini dilakukan jika Anda ingin menggunakan facebook untuk viral marketing. Begitu juga jika Anda ingin menggunakan instagram. Benerin akun facebook meliputi setting akun facebook dengan setting full publik. Fungsi viral marketing dalam poin ini adalah agar setiap postingan yang Anda buat bisa di lihat oleh siapapun dan tidak hanya dapat di lihat oleh teman facebook Anda saja. Settingan facebook yang tidak di buat publik maka ketika seseorang ingin share postingan atau konten Anda maka hal tersebut tidak bisa di lakukan.

Berikutnya perhatikan kualitas pertemanan, pastikan facebook Anda memiliki kualitas pertemanan yang bagus. Dalam hal ini Anda harus memastikan bahwa teman-teman Anda memiliki minat pada produk yang Anda jual. Misalnya, jika Anda menjual paket umroh maka pastikan teman-teman facebook Anda merupakan orang-orang yang suka traveling dan umroh.

Baca juga :   KDJ Duwe Gawe : Membincang Scrum & Agile Leadership di Kampus Dosen Jualan

Hidupkan Facebook Anda

Pastikan facebook Anda memang merupakan facebook yang hidup atau selalu aktif membagikan postingan maupun memberikan komentar. Dengan begitu teman-teman facebook akan melihat postingan dan akun facebook Anda. Agar akun facebook Anda lebih hidup, sebaiknya sering-seringlah memberikan like, komen dan share di postingan orang lain.

Hal ini akan menimbulkan mutualisme dua arah. Selain itu, facebook juga akan berbaik hati memunculkan aktivitas atau update Anda kepada lingkaran pertemanan Anda. Hidupkan facebook Anda dengan fenomena aminkanyuk. Misalnya dengan membuat postingan yang meminta teman-teman facebook agar memberikan komen “amin”. Gunakan fenomena-fenomena lainnya untuk menghidupkan facebook Anda.

Mainkan juga kuis pada facebook Anda misalnya kuis tebak gambar atau lainnya untuk mengundang komentar dari teman-teman facebook. Mainkan juga pertanyaan ask me anything, minta rekomendasi, tanyakan event, tanyakan nama benda, tanyakan hal pertama dan lain-lain. Lakukanlah cara-cara tersebut kurang lebih selama 2 minggu bertutur-turut. Pada minggu ketiga silakan membagikan postingan yang viral agar orang-orang tertarik untuk share postingan Anda.

Buatlah Konten-Konten yang Viral

Membuat konten yang viral memang tidak mudah. Menulis rangkaian kata atau kalimat di facebook bagi yang belum terbiasa memang cukup sulit. Nah, pola viral marketing yang bisa Anda lakukan adalah sering searching status orang lain yang sedang viral. Misalnya konten Asma Nadia, Indira dan lain-lain. Dengan sering membaca konten viral maka Anda bisa belajar tentang pemilihan kata yang bagus.

Kemudian tirulah gaya penulisan konten orang-orang yang menginspirasi Anda tersebut. Selanjutnya Anda belajar menulis konten dengan membuat konsep terlebih dahulu. Bagi pemula yang masih belajar membuat konten, dibutuhkan latihan terus menerus agar konten tersebut menjadi viral.

Pola dalam viral marketing memang bisa di buat oleh siapa saja. Untuk media marketing sebaiknya gunakan yang paling bersahabat atau paling mudah Anda gunakan.  Selanjutnya tentukan target market Anda yang harus disesuaikan dengan usia pengguna media tersebut. Sebab untuk facebook kebanyakan penggunanya berusia 28 tahun ke atas. Sedangkan instagram penggunanya kebanyakan adalah usia remaja hingga orang dewasa.

Baca juga :   Alasan Seseorang Berani Memulai Bisnis Online Tidak Takut Rugi

Jika jumlah pertemanan Anda di facebook memiliki 4000 teman, maka belum tentu semua orang teman tersebut bisa melihat postingan Anda. Sebab kebanyakan yang bisa melihat postingan Anda adalah orang-orang yang menjalin interkasi dengan anda dalam 7 hari terakhir. Sehingga Anda harus menghidupkan akun facebook Anda supaya aktif dan mudah menjalin interaksi dengan teman-teman di facebook.

Seperti apa viral marketing itu?

                Viral marketing dapat berupa gambar, video ataupun tulisan. Sebab apapun konten yang berpotensi viral maka akan viral. Akan jauh lebih bagus jika viral marketing dapat berupa penggabungkan 3 unsur yaitu gambar, tulisan dan video dalam viral marketing. Bagi pemula yang belum mampu membuat gambar dan video menarik, maka bisa membuat tulisan yang menarik supaya viral. Ketika membuat konten viral, maka tidak harus memposting konten sesuai produk yang Anda jual. Tetapi viral marketing dapat berupa gambar yang diberikan sesuai dengan narasai atau isi teks yang Anda posting tersebut.

Supaya konten Anda viral, tidak ada batasan untuk memposting berapa kali dalam sehari. Namun dibutuhkan konsistensi dalam membuat postingan tersebut agar menjadi viral marketing. Jadi bila Anda membuat dua postingan hari ini pada jam 9 maka di hari berikutnya buatlah postingan di jam yang sama. Supaya lingkaran pertemanan Anda melihat konten yang Anda bagikan di hari-hari berikutnya.

Komentar negatif yang muncul dalam facebook pasti akan berdampak negatif juga pada bisnis Anda. Agar tidak muncul komentar negatif maka Anda harus mengupayakan untuk mencegah munculnya komentar negatif. Caranya dengan membatasi komentar di facebook di bagian setting dengan mengaktifkan pengaturan agar tidak muncul komentar negatif.

Mengenai cara setting menyaring komentar negatif maka Anda bisa melihat tutorialnya di Youtube Dosen Jualan. Jika ingin menggunakan facebook sebagai viral marketing maka gunakan media yang paling familiar bagi Anda. Namun jika Anda sudah berbicara mengenai omset maka Anda harus memakai semua media. Supaya pembeli mudah menemukan Anda.

Dimana tempatnya?

Hingga saat ini facebook masih dijadikan sebagai media viral marketing oleh para pelaku bisnis. Peminat facebook memang masih tinggi namun hanya rentang usia penggunanya yang lebih terbatas. Sehingga ketika membuat konten di facebook sebaiknya tinggal dipaskan saja target marketnya dan gaya bahasanya. Pada facebook hindari menggunakan bahasa yang alay.

Baca juga :   Skill Seorang Customer Service

Dari waktu ke waktu sosial media mengalami perkembangan meskipun awal mulanya di bully. Tetapi lama kelamaan menjadi powerfull. Mulai dari sekarang sebaiknya silakan gunakan media-media marketing karena bisa jadi di masa yang akan datang dapat memberikan peluang untuk marketing.

Menurut Dosen Jualan, konten itu viral jika di bagikan ke facebook lalu tersebar juga di instagram, LINE Today dan lain-lain. Agar viral jika di bagikan oleh 30 orang dan di komentari sekitar 100 orang. Perlu dipahami bahwa viral marketing adalah tidak bertujuan untuk closing, tetapi fungsi viral marketing yaitu  untuk memberitahu tentang diri Anda barulah nanti akan memberi peluang closing produk jualan Anda.

Tetapi jangan sampai lupa mencantumkan alamat website produk Anda. Perlu di ingat bahwa ketika memposting konten gambar atau video yang bukan milik anda sendiri sebaiknya sertakan kredit darimana asal konten tersebut. Perlu di ingat bahwa tidak ada perubahan dalam alogaritma sosial media, tetapi yang berubah adalah perilaku konsumennya.

Semoga bermanfaat tulisan rangkuman saya di atas mengenai viral marketing dari live webinar Youtube bersama Founder Dosen Jualan Bapak Suryadin Laoddang.

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂