Tipe Tipe Konsumen dan Cara Menghadapinya

Tipe Tipe Konsumen dan Cara Menghadapinya

Tipe Tipe Konsumen dan Cara Menghadapinya – Selama menjadi reseller dan pebisnis online, kamu sudah menghadapi tipe tipe konsumen yang seperti apa ini? Ada tidak sih konsumen yang cuma bikin capek tapi tidak jadi beli produkmu? Pasti pernah kan? Tenang, admin akan share cara menghadapi konsumen dengan berbagai model dan tipe.

Banyak sekali tipe-tipe konsumen yang nanyain produk yang pengen dia beli. Walaupun kadang menyebalkan, tapi sebagai penjual online harus tetap melayani customer dengan sabar. Tujuannya biar konsumen kita gak lari ke penjual lain. Karena kalau sampai konsumen pergi ke lain hati akan membuang peluang kita untuk bisa melancarkan penjualan. 

Memang terkadang ada tipe konsumen yang menyebalkan, namun kalau kita sudah tahu pendekatan yang pas untuk menghadapi mereka pasti akan lebih mudah. 

Oh iya, kita harus tahu tipe tipe konsumen dan cara menghadapinya lho sob. Agar supaya kita dapat menghadapi para konsumen tersebut,  sehingga kelak mereka semua akan terpuaskan. 

Bayangkan kalau satu saja customer terpuaskan, pasti akan menimbulkan efek domino kepada teman-temannya yang lain. Itu bisa menjadi sarana untuk promosi secara tidak langsung. 

Lalu apa saja tipe tipe konsumen dan cara menghadapinya? Etis, sebelum itu mari kita bahas dulu tipe-tipe konsumen menurut para ahli di bidangnya. 

Tipe tipe Konsumen Menurut Para Ahli

Customer adalah kumpulan orang yang membeli produkmu dan berperan penting untuk menaikkan omset jualanmu. Customer banyak tipe yaa, di sini admin akan share tipe tipe konsumen dan cara menghadapinya agar bisa closing. 

Baca juga :   Cara Optimasi Youtube Meningkatkan Kualitas Konten

Sebenarnya kita tak perlu tahu apa saja tipe tipe konsumen menurut para ahli. Sebab pengalaman berjualan pasti sudah mengajarkan kita bertemu berbagai tipe pembeli. Seiring waktu pasti kamu akan paham apa saja tipe tipe konsumen berikut cara menghadapinya. 

Kami akan bagikan 8 tipe konsumen yang pernah kami temui. Siap-siap ya jangan sampai kamu emosi dibuatnya. Hehe. 

8 Tipe Konsumen dan Cara Menghadapinya

  • Tipe Pendiam

Konsumen yang pendiam cenderung tidak banyak bicara dan hanya fokus cari produk yang dia inginkan sehingga tidak banyak ngomong. Tips untuk menghadapi pembeli tipe pendiam adalah kita sebagai seller yang harus banyak dan aktif bertanya. Berikan pertanyaan dan jangan pernyataan supaya tetap terjadi komunikasi antara seller dengan konsumen.

Saat konsumen tanya “Kak, jilbab pashminanya ready stok?”, sebagai seller jangan hanya menjawab dengan “iya ready kak” Kalau kamu pasif, kemungkinan terjadi interaksi setelahnya akan kecil. Sebagai seller, kamu bisa menjawab “iya ready kak, kakak cari warna soft atau bold?”. Seorang seller harus aktif untuk menghadapi konsumen dengan tipe pendiam ini yaa

  • Tipe Cerewet

Sebagai seller, kamu beruntung kalau bertemu konsumen tipe ini. Biasanya konsumen tipe cerewet adalah konsumen yang banyak omong dan aktif ngajak ngobrol penjualnya. Tipe cerewet ini biasanya mereka mau lhoo kalau diminta untuk merekomendasikan produk kamu di sosmednya secara gratis. Lumayan, bisa numpang promosi gratis yaa. 

Saat kamu ketemu konsumen tipe ini, kamu bisa minta dia buat rekomendasiin produk kamu dan kamu memberikan gift kecil ataupun sedikit diskon sebagai tanda terimakasihmu.

  • Tipe Sombong

Konsumen tipe ini cenderung membanggakan apa yang dia punya. Cara menghadapinya adalah dengan memberikan pujian dan setujui pendapat mereka. Pembeli tipe ini biasanya membanggakan barang yang dia punya dan membandingkan produk yang kamu jual dengan produk serupa yang sudah dia punya. Saat seperti ini, seller cukup mengiyakan pendapatnya dan juga mengungkapkan bahwa produk yang dijual tidak kalah bagus kualitasnya dengan produk yang sudah konsumen punya. Tetap berikan pujian kepada customer jika dirinya pandai memilih produk ya.

  • Tipe Impulsif

Customer tipe ini adalah customer yang tidak mikir panjang untuk beli produk sehingga lebih mudah untuk dijadikan target pasar. Sebagai seller, tugasmu saat bertemu customer tipe ini adalah meyakinkan target pembeli sehingga muncul rasa optimis dari calon customer untuk membeli produk yang kita jual. Jangan lupa untuk memunculkan nilai tambah atau kelebihan produk yang kita jual agar customer semakin yakin untuk membeli produk kita. Jadi, kamu harus paham dan hafal keunggulan serta deskripsi produk kamu ya.

  • Tipe Hemat

Customer tipe hemat biasanya akan banyak mikir dan banyak pertimbangan sebelum membeli produk. Pembeli tipe ini cenderung tidak mau rugi setelah membeli barang sehingga pengambilan keputusan untuk membeli produk prosesnya cukup lama. Buat mengatasi pembeli tipe ini, seller bisa menjelaskan manfaat produk kepada customer dan kasih tahu perhitungan produk serta menunjukkan bahwa uang yang customer keluarkan tidak akan sia-sia saat membeli produk kita.

  • Tipe Arogan

Seller akan agak susah saat ketemu pembeli tipe ini, karena tipe pembeli arogan cenderung keras kepala dan merasa pendapatnya paling benar dan tahu tentang semua hal. Penjual harus mengerti dan memberikan kesempatan kepada calon customer untuk paham sama produk yang kita jual sesuai dengan keinginan customer. Disini kamu harus memahami pemikiran dia dan ikuti pemikiran customer yaa. Usahakan produk kamu sesuai dengan pemikiran customer tipe ini. Seller harus menjadi pendengar yang baik untuk memahami pola pikir customer tipe ini.

  • Tipe Pembanding

Customer tipe pembanding sebelum membeli produk biasanya akan mencari tahu kekurangan dan kelebihan produk sejenis dari beberapa penjual dan termasuk kompetitor kita. Customer tipe ini biasanya akan membanding-bandingkan harga, kualitas, manfaat, dan lain lain. Sehingga, kamu sebagai seller harus lebih tahu daripada customer tentang nilai dan detail produk yang dijual serta kasih penjelasan terkait produk. 

  • Tipe Gak Sabaran

Saat ketemu pembeli tipe ini, kamu harus super sabar menghadapi customer ini. Customer cenderung tidak sabaran seperti menanyakan kapan produk jadi, kapan produk dikirimkan, kapan produk sampai dan lainnya. Dalam menghadapi pembeli tipe ini, kamu bisa memberikan pengertian dan alasan saat terjadi keterlambatan. Kamu bisa menjelaskan di awal bahwa ada estimasi waktu yang diperlukan atau lainnya.

Baca juga :   Kelas Inkubator Angkatan 54

Ciri-ciri Pelanggan dan Cara Menghadapinya

Setelah kamu tahu apa saja tipe tipe konsumen dan cara menghadapinya, maka lewat proses praktek yang panjang akan membuatmu semakin paham. Jadi ilmumu dalam menghadapi customer akan terasah di sini. Sehingga kita sudah tahu ciri-ciri pelanggan, sehingga ketika menghadapinya akan lebih mudah. 

Kalau pengalaman kamu masih minim, tentu akan kaget ketika bertemu dengan kedelapan tipe customer tersebut. Itu tidak masalah, yang penting kamu sudah siap ketika bertemu mereka. Pasti sudah siap kan?

Baca Juga : Tipe-tipe Pelanggan dan Cara Menghadapinya

Sudah Siapkah anda untuk Menghadapi Tipe-tipe Pelanggan Tersebut?

Nahh, banyak sekali tipe-tipe konsumen yang harus dihadapi oleh seller dan cara menghadapinya pun juga berbeda-beda. Sebagai reseller yang menjual produk kamu perlu menguasai seluk beluk produkmu dan juga berbagai manfaat serta nilai tambah dari produk yang kamu jual. Tetap semangat dalam menangani berbagai tipe pembeli yaa. Kalau rezeki, tidak akan kemana untuk jadi customer tetapmu kok.