Strategi Jualan Mukena untuk Menyambut Ramadhan

Strategi Jualan Mukena

Strategi Jualan Mukena. Mukena merupakan salah satu perlengkapan ibadah bagi perempuan muslim. Mukenah digunakan para wanita muslim untuk sholat agar aurat mereka terjaga. Kebutuhan dan permintaan mukenah biasanya semakin meningkat menjelang datangnya bulan puasa. Momen ini dapat kita manfaatkan dengan menjual produk mukena untuk menambah penghasilan. Lalu kira-kira langkah dan strategi apa saja sih yang harus kita lakukan untuk jualan mukena?

Menentukan Jenis-jenis Mukena yang akan dijual

            Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum berjualan mukena adalah, menentukan jenis mukena yang akan dijual. Hal ini perlu dilakukan untuk membuat ciri khas pada online store kita. Kita bisa fokus kepada satu sampai tiga jenis mukena yang akan kita jual, contoh jenis mukena yang bisa kita jual antara lain; mukena terusan, mukena abaya, mukena katun rayon (mukena bali), maupun jenis mukena yang lainnya. Anda juga bisa menyediakan jenis-jenis mukena tersebut sesuai dengan usianya, yakni mukena anak-anak dan mukena dewasa. Menjual mukena dengan menentukan terlebih dahulu jenisnya membuat kita lebih mudah dalam melakukan penyetokan barang.

Baca juga :   Untuk Mendaftarkan Domain co .id dibutuhkan apa saja?

Baca  juga : Jajanan Takjil Paling Laris

Menyiapkan Akun Media Sosial untuk Penjualan Mukena

            Setelah menentukan jenis mukena yang akan dijual, selanjutnya kita bisa membuat akun media sosial sebagai sarana penjualan dan promosi. Anda bisa membuat akun Facebook, Instagram, Tiktok, maupun Twitter. Jangan lupa siapkan deskripsi akun yang menggambarkan produk yang anda jual. Selain itu, buatlah feed yang menarik agar orang-orang yang mampir di akun jualan anda. Berikut strategi berjualan mukena yang dapat anda lakukan dengan mengoptimalkan sosial media yang anda miliki.

  1. Strategi Menggunakan Content Marketing

Dalam berjualan online, hal yang harus kita pelajari dalam mengoptimalkan sosial media adalah content marketing. Apa sih content marketing itu? Content marketing adalah teknik promosi menggunakan konten-konten menarik berisi produk yang kita miliki. Dalam berjualan mukena, kita dapat membuat konten-konten berupa video pendek, info-info terkait produk, maupun konten religi bersifat informatif yang masih berkaitan dengan produk yang anda miliki.

  1. Membuat Feed dengan Tampilan yang Menarik

Masih berkaitan dengan content marketing, anda juga harus menyiapkan desain-desain kreatif yang mencerminkan kekhasan toko dan produk anda. Pastikan desain yang anda miliki tidak berubah-ubah sehingga online store anda memiliki tampilan dan template yang khas. Template yang telah anda buat bisa digunakan untuk keperluan upload foto maupun konten yang lain. Hal ini bisa membuat tampilan online store anda enak dilihat oleh orang yang mengunjungi profil toko anda.

  1. Buat Caption yang Menarik

Setelah menyiapkan konten berupa foto atau video yang akan diunggah, anda harus menyiapkan caption yang menarik dan persuasif agar pengunjung profil akun media anda berminat untuk membeli barang yang anda jual. Caption yang menarik adalah salah satu kunci keberhasilan promosi menggunakan media sosial. Berikut beberapa trik caption yang dapat menarik pembeli untuk jualan anda,

Baca juga :   Ide Usaha di Madiun yang Tengah Meroket

Promosi dengan Memberikan Jaminan

Caption yang dilengkapi dengan jaminan, dapat menarik minat pembeli. Pembeli akan merasa aman saat melakukan pembelian di toko anda.

Contoh caption :

“Jaminan uang kembali jika barang tidak sesuai deskripsi”,

“Jaminan gratis ongkir apabila barang terlambat dikirim dalam satu minggu.”

Cantumkan Harga pada Produk yang dijual

Mencantumkan harga produk pada postingan yang kita jual, dapat memudahkan pembeli dalam memilih produk yang dirasa cocok. Pembeli tidak perlu repot-repot untuk menanyakan harga secara personal, sehingga anda sebagai pengelola akun hanya akan melakukan proses pemesanan bagi para konsumen yang sudah pasti membeli produk anda.

Contoh caption :

“Hanya dengan Rp 75.000 anda sudah dapat membawa pulang mukena untuk si kecil!”

“Mukena yang cantik dan adem ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 200.000 saja!”

Promosi Agar Konsumen Merasa Rugi Kalau Tidak Beli

Anda bisa membuat caption yang membujuk konsumen secara halus dengan cara penggunaan kalimat seakan-akan kesempatan tersebut sayang untuk dilewatkan.

Contoh Caption:

“Hanya hari ini saja! Kapan lagi anda bisa membawa paket couple dengan si kecil dengan harga Rp 750.000 saja?”

“Stock limited edition. Jangan sampai kehabisan!”

Gunakan Promosi dengan Kata “Gratis”

Kata “Geratis” memang sangat ampuh untuk menarik minat pembeli. Maka, anda dapat menggunakan kata ajaib ini dalam postingan yang anda unggah.

Contoh caption:

“Gratis satu set mukena anak, setiap pembelian 5 pcs mukena dewasa.”

“Pembelian 5 setel mukena geratis ongkir ke seluruh Indonesia.”

Ciptakan Jargon untuk Produk Jualan Anda

Anda dapat menciptakan jargon yang menarik untuk produk yang anda jual. Sertakan jargon yang anda miliki pada setiap postingan produk anda. Pastikan jargon yang anda buat memuat keunggulan produk yang anda miliki.

Baca juga :   Kursus Digital Marketing Ini Punya Kampus Asri di Pedesaan

Contoh jargon :

“Safira Mukena; Mukena Trendy Kekinian.”

“Mukena ringan, Ibadah Pun Nyaman.”

Tuliskan Kelebihan Produk yang Anda Jual

Hal ini penting untuk dilakukan agar calon pembeli bisa memiliki gambaran yang baik atas produk yang anda jual.

Contoh caption :

“Dapatkan kenyamanan beribadah dengan menggunakan mukena dengan bahan yang ringan dan dingin dari Safira Mukena.”

Buat Akun Online Store Produk Anda dalam Marketplace yang Tersedia

            Setelah berhasil melakukan strategi marketing melalui sosial media, anda dapat membuka online store pada marketplace seperti shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain. Jangan lupa tautkan link akun marketplace pada akun sosial media yang anda miliki. Hal ini memudahkan calon pembeli untuk melakukan proses transaksi pembelian produk anda. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika anda sudah memiliki marketplace untuk produk yang anda jual antara lain;

  1. Rajin Update Ketersediaan Barang

Ketersedian barang merupakan salah satu komponen terpenting dalam berjualan di marketplace. Jangan sampai pembeli kecewa karena ternyata produk yang akan mereka beli sudah sold out padahal di marketplace masih tersedia. Hal ini akan mempengaruhi performa dan kepercayaan pelanggan terhadap toko anda.

  1.  Yakinkan Pembeli dengan Akun yang Sudah Terverifikasi sebagai Official Store

Hal ini juga penting dilakukan. Pembeli akan cenderung memilih toko yang sudah terverifikasi oleh pihak marketplace. Anda harus berlangganan pada market place yang ada agar toko anda bisa menjadi official store. Selain bisa membuat pelanggan merasa aman berbelanja di toko anda, pelanggan juga akan mendapat banyak benefit yang ditawarkan oleh pihak marketplace bagi pemilik official store. Benefit yang ditawarkan biasanya berupa gratis ongkir, potongan harga, hingga cashback. Tentu saja hal ini juga menguntungkan anda sebagai pemilik toko, karena akan semakin banyak orang yang akan memilih membeli melalui official store.

Berikut yang dapat mimin ulas untuk tema strategi jualan mukena kali ini. Bagaimana? Sudah siap untuk meningkatkan penjualan mukena di bulan ramadhan? (shs)