Sistem Pembayaran Domain Ketika Membeli Website Baru

Sistem Pembayaran Domain

Sistem Pembayaran Domain. Website merupakan salah satu media yang paling bagus untuk promosi dan branding suatu produk atau jasa. Sebuah usaha yang belum punya website, maka terasa ada yang kurang. Apalagi di era digital seperti sekarang, kebutuhan untuk memunculkan diri di mesin pencari semakin besar. Sehingga ketika kamu tidak punya alat branding berupa website maka akan ketinggalan jauh dari pesaingmu.

Semakin tingginya kebutuhan bisnis pada website menyebabkan munculnya jasa-jasa penyedia pembelian domain dan hosting untuk membangun sebuah website. Di jaman sekarang kita tak perlu kesulitan untuk membuat website. Kalau dulu kita harus pandai coding dan otak-atik komputer dulu baru bisa membuat website. Kini dengan beberapa kali klik, lalu lanjut ke sistem pembayaran domain, ternyata sudah berhasil. Dan jadilah website yang kamu impi-impikan.

Dalam tulisan kali ini kita akan membahas mengenai sistem pembayaran domain. Berhubung domain ini tidak bisa kita buat sendiri, maka kita harus membelinya dari jasa-jasa penyedia. Di bagian bawah tulisan ini akan kita bahas juga beberapa penyedia domain murah yang bisa kamu tuju. Jika sudah klik maka kamu tinggal menghubungi mereka dan menyelesaikan sistem pembayaran domain.

Buat kamu yang masih bingung dengan apa perbedaan antara domain dan hosting maka simak penjelasan di bawah ini dulu ya sob. Jika sudah tahu maka skip dan lanjut ke inti pembahasan.

Perbedaan Domain Dan Hosting

Banyak pebisnis dan wirausahawan yang akan membuat website, belum tahu apa itu domain dan hosting. Keduanya memang sepaket ketika kita memerlukan untuk membangun website. Tapi keduanya juga merupakan hal yang berbeda, sehingga kitabisa membelilnya secara terpisah nantinya.

Buat kamu yang masih bingung perbedaan antara keduanya, maka simak ulasan di bawah ini ya sob. Semoga dapat membantu.

Baca juga :   Dewa Eka Prayoga, Dewanya Dunia Bisnis Jualan

Domain Adalah Alamat Sedangkan Hosting adalah Tanah

Bila kita ibaratkan website itu sebagai sebuah rumah, maka bisa jadi domain itu adalah alamat yang nantinya orang cari ketika akan datang ke rumah kita. sedangkan hosting adalah lahan atau tanah tempat nanti kita akan mendirikan rumah. Sebuah analogi yang mudah untuk kamu cerna kan?

Domain ini adalah alamat rumah kita. jadi ketika ingin membeli domain, maka kamu harus menentukan dulu apakah URL yang akan dipakai. Bisa jadi URL yang kamu inginkan sudah ada yang memakai, maka dari itu siapkan URL cadangan atau plan B nya. lalu hosting adalah lahan tempat kita membangun rumah. Kalau tidak membeli tanah dulu maka kita tak akan bisa membuat rumah. Hosting ini berhubungan erat dengan yang namanya space. Jadi nanti ketika ingin membuat website maka kamu harus sewa atau beli tempatnya dulu agar bisa membangun website. Itulah analogi sederhana dari domain dan hosting.

Pada lain kesempatan kita akan bahas mengenai cara pembelian hosting, tapi dalam kesempatan ini kita akan ulas dulu sistem pembayaran domain. Kita bisa membelinya di google ataupun di jasa penyedia domain. Nanti akan kita share juga di mana bisa membeli domain itu. Yuk simak tempat beli domain murah berikut ini.

Tempat Beli Domain Murah

  1. Cara Membeli Domain Di Google

Sebenarnya ada banyak sekali tempat kita bisa membeli domain di google. kamu tinggal pilih penyedianya dari dalam negeri atau luar negeri. Kalau domain luar negeri, tentunya sistem pembayaran domain akan lebih rumit daripada memakai jasa penyedia dalam negeri.

Jika kamu ingin mencarinya, maka searching di google dengan kata kunci “jual hosting murah tahunan”. Ini adalah cara ketika kamu ingin membelinya dalam kondisi baru. Jika ingin beli domain bekas yang sudah expired milik orang lain, maka kita akan bahas di lain kesempatan. Tulisan ini khusus untuk pembelian domain baru ya sob.

  1. Beli Domain Tanpa Hosting

Siapa bilang beli domain harus sepaket dengan hostingnya? Memang sih domain saja tanpa hosting itu tidak bisa kita pakai untuk bikin website. Tapi jika kamu sudah mempunyai hosting maka tidak perlu lagi membeli atau menyewanya. Kamu cukup membeli domainnya saja dan itu lebih murah. Rata-rata harga untuk domain berekstensi .com adalah sekitar 90-150k rupiah per tahunnya. Kalau ingin berekstensi id maka akan lebih mahal sedikit.

Baca juga :   Inilah 5 Aset Digital Marketing Terpenting, Persiapkan Mulai Sekarang

Oke, langsung saja kita akan bahas tentang cara membeli domain dan di mana saja tempat yang menyediakan pembelian itu. Yuk simak pemaparan di bawah ini.

  1. Jasa penyedia Domain

Ada banyak jasa penyedia domain berbayar di Indonesia. Tentunya tiap penyedia mempunyai keunggulan dan harganya masing-masing. Berikut adalah beberapa jasa yang sudah terbukti dan terpercaya di Indonesia.

  • Niagahoster
  • Domainesia
  • Rumahweb
  • Idwebhost
  • Tokoweb
  • Jagoanhosting
  • Dan lain sebagainya.

Silakan pilih berbagai penyedia di atas. Tentunya tiap penyedia berbeda dalam hal kualitas dan harga. Kalau admin menyarankan kalian pilih niagahoster atau domainesia. Tapi penyedia lain juga recommended kok. Nah jika sudah tahu tempat belinya, maka kita akan bahas bagaimana cara membeli domainnya.

Cara Membeli Domain

Sebelum kita menginjak sistem pembayaran domain baru, maka simak dulu tentang tips cara membeli domain berikut ini ya sob. Semoga dapat membantu langkah-langkahnya;

  1. Kunjungi website penyedianya.
  2. Cari kolom “cek ketersediaan website”
  3. Tuliskan URL yang akan kamu miliki.
  4. Jika sudah tidak tersedia (not available) maka cari URL lain.
  5. Cek ketersedian.
  6. Biasanya dari situ akan muncul ekstensi dan harga sewanya per tahun.
  7. Pilih ekstensinya (id, com, net, co, sch, ataupun ac).
  8. Selesaikan sistem pembayaran domain.

Bagaimana sob? Cukup mudah bukan caranya. Barulah sekarang yang menjadi PR kita adalah sitem pembayaran domainnya. Agar kamu tidak bingung bagaimana menyelesaikan transaksinya berikut ke mana akan transfer maka simak penjelasan di bawah ini.

Cara Pembayaran Domain

Biasanya setiap jasa penyedia website atau hosting sudah mempunyai tools pembayaran di dalam websitenya. Tapi kalau kamu belum tahu, maka lebih baik kamu sign up dulu untuk membuat user baru agar lebih mudah ketika menghubungi jasanya tersebut. berikut langkah-langkahnya sistem pembayaran domain;

  1. Pilihlah URL dan ekstensi yang kamu pilih.
  2. Jangan langsung klik beli, tapi carilah dulu tombol sign up.
  3. Daftarkan dirimu dengan email dan username.
  4. Cek verifikasi email.
  5. Konfirmasi akun.
  6. Login ke situs penyedia website tersebut.
  7. Lalu di TAB yang awal tadi pilihlah check out untuk URL dan ekstensi yang akan kamu beli.
  8. Klik bayar.
  9. Lalu akan muncul invoice pembayaran berikut harganya dan detail fasilitas apa saja.
  10. Pilih metode pembayaran.
  11. Lalu selesaikan pembayaran (transfer/gopay/dana/dll)
Baca juga :   Ini Dia Manfaat Website Untuk Bisnis

Itulah beberapa langkah sederhana untuk menyelesaikan sistem pembayaran domain di beberapa jasa penyedia website yang ada di Indonesia. Cukup mudah dan tidak ribet caranya. Kalau setelah membeli domain dan kamu masih bingung langkah selanjutnya maka simak tulisan mengenai langkah setelah membeli domain dan hosting.

Cara Daftar Domain Gratis

Pada dasarnya tidak ada penyedia yang punya jasa daftar website gratis. Sebab domain berekstensi com, net, co, ataupun ID biasanya harus berbayar. Tapi jika kamu ingin mendapatkan URL yang murah, maka pantengi terus sosial media penyedia website di atas. Biasanya di momen-momen tertentu mereka mempunyai promo dan potongan harga. Sekian tulisan mengenai sistem pembayaran dan pembelian website. Semoga bermanfaat.