Perbedaan Tiktok dan Reels Instagram

Perbedaan Tiktok dan Reels Instagram

Admin sempat tidak bisa membedakan antara tiktok dan reels instagram ketika kemunculan reels itu akhir Juni 2021 lalu. Mungkin banyak juga sobat yang beranggapan serupa, dan itu tidak salah karena memang sekilas terdapat sedikit sekali perbedaan tiktok dan reels instagram. 

Namun kalau kita jeli pasti akan menemukan banyak sekali perbedaan tiktok dan reels instagram. Perbedaan itu baik dari segi algoritma ataupun tampilan visualnya. Tentu  setiap orang punya selera masing-masing apakah menggunakan tiktok atau reels instagram. Tulisan ini tidak akan mengunggulkan salah satu platform, melainkan berusaha membandingkannya. 

Secara usia, jelas platform video tiktok muncul lebih dulu menguasai jagat platform video pendek. Aplikasi besutan developer Tiongkok ini sempat merajai platform video pendek berbasis sosial media di dunia. Namun kehadirannnya yang tidak diterima di beberapa negara membuat Instagram (facebook inc), menyambut peluang tersebut dengan meluncurkan reels instagram. 

Lalu apa sih perbedaan tiktok dan reels instagram? Pertama kita akan bahas fitur di platform video tiktok dulu ya sob. 

Platform Video Tiktok

Kemunculan tiktok adalah tonggak bagi berkembangnya platform video pendek di jagat dunia maya. Sebelumnya kita hanya dapat menikmati suguhan video dari post IG yang pendek ataupun dari video youtube. 

Tetapi kemunculan tiktok telah merubah kebiasaan berikut habits kita ketika melihat video di sosmed. Kita menjadi lebih senang dengan video yang pendek namun up to date. Dan di sinilah  tiktok mampu hadir dengan berbagai fitur yang semakin canggih.

Tiktok semakin meneguhkan posisinya ketika mereka hadirkan banyak fitur musik dan effect gambar yang melebihi instagram. Bahkan di tiktok kita juga dapat membuat video secara sinematis karena di sini menyediakan yang namanya pengaturan kecepatan video. 

Ada banyak sekali jenis konten tiktok untuk bisnis, jadi tidak hanya joget-joget saja ya sob. Kita dapat melihat di sana bahwa ramai sekali konten yang bertema sinema pendek. Bahkan ada juga yang temanya musik pendek. Semua ini turut meramaikan platform tiktok. 

Fitur Reels di Instagram

Sebenarnya fitur reels ini sudah ada semenjak beberapa tahun lalu. Kemunculannya tidak lama setelah kemunculan tiktok. Ada yang berasumsi bahwa reels ini merupakan kompetitornya tiktok karena dibuat untuk menghalau ekspansi tiktok. 

Fitur reels di instagram baru hadir ke Indonesia pada bulan Juni 2021. Jadi fitur ini terbilang gress atau anyar di Indonesia. Meskipun awalnya kita melihat kehadiran reels seperti menjadi penantang bagi dominasi tiktok, akan tetapi sebenarnya keduanya memiliki banyak perbedaan mendasar. 

Kita harus mengetahui perbedaan tiktok dan reels instagram itu agar dapat memahami bagaimana penggunaan fitur dan algoritmanya. Nanti kalau sudah perbedaanya, maka kamu akan bisa memilih mana yang cocok untuk ngeksis dan branding. Hehe.

Baca Juga : Ide Konten Instagram Reels

Perbedaan antara Tiktok dan Reels

Setidaknya ada lima perbedaan tiktok dan reels instagram. Perbedaan ini ada yang mendasar dan ada pula yang tak kasat mata. Ternyata ada lho perbedaan antara tiktok dan reels yang tak kasat mata, seperti algoritma dan juga demografi usernya. Yuk simak apa saja perbedaan tiktok dan reels instagram;

  • Demografi User-nya

Ini merupakan perbedaan yang tak kasat mata karena sekilas antara tiktok dan reels hampir sama saja. Namun tahukah kamu kalau orang-orang yang biasa memakainya ternyata punya rentang umur yang berbeda? 

Menurut survei yang ada, ternyata users tiktok rata-rata lebih muda daripada mereka pengguna reels. Menurut lembagai survei sosmed, Later, menyarankan kepada kita, jika ingin menyentuh target viewer dari kalangan milenial maka pilihlah fitur reels di instagram. 

Sedangkan kalau ingin meraup target market dari kalangan gen Z dengan segala keviralannya, maka pilihlah platform tiktok. Di sini sangat memungkinkan bagi kita untuk memviralkan dan menjalin interaksi dengan jangkauan yang lebih luas. 

  • Tambahan Musik pada Akun Bisnis

Dalam hal tambahan effect video, maka tiktok lebih punya keunggulan di sini. Sebab kita dapat menggunakan ratusan ribu efek musik dan semuanya tersedia secara cuma-cuma. Kita dapat menggunakan musik jenis apapun yang sedang trend saat itu. 

Namun kalau anda menggunakan reels instagram, maka akan sangat terbatas sekali efek musiknya. Bahkan di akun yang belum beralih ke bisnis, maka kita harus menambahkan musik atau sound sendiri untuk ditambahkan ke postingan. Dan ketersediaan musik atau sound berbahasa indonesia masih sangat sedikit sekali di reels instagram

  • Penataan Menu dan Fiturnya

Ini adalah perbedaan yang kasat mata antara reels dan tiktok. Kalau kita lihat sekilas maka keduanya hampir sama dalam hal bentuk dan tampilan visualnya. Namun kalau ditelisik maka ada perbedaan mendasar lho sob.

Apa perbedaan tiktok dan reels instagram dilihat dari menu dan fiturnya? 

Kita bisa lihat pada menu di bagian bawah. Kalau tiktok mempunyai menu antara lain; Profil, tambahkan video, kotak masuk, search, dan juga beranda. Sedangkan di reels IG maka yang ada di menu bagian bawah adalah ; Home, search, reels instagram, IG Market, dan juga profil pengupload. 

Itulah perbedaan tiktok dan reels dalam hal penataan menu dan fiturnya. 

  • Algoritmanya

Perbedaan algoritma tiktok dan reels instagram merupakan perbedaan yang tak kasat mata. Siapa tahu kalau perbedaan algoritma ini sangat kentara. 

Kita mengenal istilah FYP di tiktok, yang merujuk pada video-video yang menjadi preferensi kita dikombinasikan dengan postingan yang sedang viral. FYP muncul begitu saja di beranda tiktok kita. 

Sedangkan algoritma reels instagram beda lagi. Dia lebih merekomendasikan video kepada usernya di bagian menu Searching atau pencarian. Kalah sebuah video sudah hadir di searching mu maka itulah video yang menjadi preferensi sekaligus konten yang sedang viral. 

  • Durasi Video

Tiktok dan reels jelas beda dalam hal durasi video. Kita tahu bahwa rata-rata video reels yang dapat kita buat berkisar 15 detik saja. 

Sedangkan durasi video yang ada di tiktok adalah antara 15, 30, hingga 60 detik. Ini semua menjadi perbedaan antara tiktok dan reels secara kasat mata. 

Nah, gimana sudah paham kan apa perbedaan tiktok dan reels instagram baik secara kasat mata maupun tidak? Kalau sudah paham bedanya, maka saatnya kamu memilah lagi berdasarkan kelebihan antara keduanya. 

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Reels Instagram

Baca juga :   Cara Menaikan Rating Google Maps untuk Bisnis dan Tokomu

Kelebihan Tiktok dan Reels

  • Kelebihan Tik Tok

Kita tidak akan mencari mana yang lebih baik antara keduanya. Tapi bolehlah kita mengetahui apa kelebihan tiktok dan reels masing-masing agar tahu cara memaksimalkan fiturnya. 

Kelebihan tiktok jelas sekali, bahwa di sana merupakan lahan basah tempat para generasi gen Z berada. Jika kita mampu mengolah pangsa pasar tersebut,  maka produkmu akan laku keras dan closing datang dari sudut yang tidak terduga-duga. 

  • Kelebihan Reels Instagram

Setelah kita tahu apa kelebihan tiktok, maka kamu juga harus tahu apa kelebihan reels instagram dari segi fitur. Kelebihan reels adalah pada tampilannya yang lebih simpel dan elegan. Kemudahan lainnya yang menjadi keunggulan reels adalah fiturnya yang terintegrasi kuat dengan instagram sehingga membuat orang dapat mengkombinasi penggunaannya. 

Kelebihan lainnya adalah target pasar di instagram juga masih belum banyak tergarap sehingga reels masih berpeluang besar menjadi platform jualan online favorit. 

Mungkin itu saja pemaparan singkat mengenai perbedaan tiktok dan reels instagram. Dari perbedaan yang ada tersebut semoga kita tidak bingung lagi ketika membedakan kedua platform ini, sehingga ketika menggunakannya kita tidak salah arah. Semoga manfaat.