Sektor Usaha Paling Terdampak Corona dari tahun 2020-2021

Sektor Usaha Paling Terdampak Corona

Sektor Usaha Paling Terdampak Corona – Badai pandemi corona telah berlangsung kurang lebih 1,5 tahun di Indonesia maupun dunia secara keseluruhan. Banyak hal telah berubah, mulai dari interaksi antar manusia hingga aktivitas masyarakat itu sendiri. Banyak aspek dan bidang juga terkena imbas pandemi corona, mulai dari sektor mikro hingga makro.

Kalau keadaan seperti sekarang tidak berubah, mungkin akan banyak lagi sektor yang terdampak covid-19. Bahkan tidak hanya sektor kesehatan masyarakat yang terdampak tetapi juga bidang lain yang menentukan hajat hidup orang banyak.

Sebelum kita membahas tentang sektor usaha paling terdampak corona pada tahun 2020 hingga 2021, maka kita bahas dulu bagaimana dampak corona pada masyarakat Indonesia pada umumnya. 

Dampak Covid pada Masyarakat Indonesia

Para penentu kebijakan di tingkat atas membagi dampak covid pada masyarakat Indonesia menjadi dua, yakni dampak kesehatan dan dampak covid pada UMKM atau perekonomian pada umumnya. 

Dampak covid pada kesehatan jelas terjadi secara bertubi-tubi. Kita melihat sendiri bagaimana virus ini telah menginfeksi jutaan orang di Indonesia dan ada di antaranya yang meninggal dunia karena virus tersebut. Di setiap ledakan kasus, pasti akan diikuti oleh kolaps-nya fasilitas kesehatan yang ada. Virus ini juga merubah total kebiasaan masyarakat dari yang awalnya tidak peduli menggunakan masker menjadi lebih rajin memakai masker. 

Sedangkan dampak covid pada sektor ekonomi juga cukup parah. Banyak pabrik dan sektor usaha yang tutup, entah karena karyawannya terinfeksi ataupun karena terkena dampak pembatasan dari pemerintah. 

Pemerintah saat ini sedang sibuk untuk menyeimbangkan kedua dampak di atas. Berusaha meminimalisir dampak kesehatan dari covid, tetapi juga tetap meminimalkan dampak ekonomi pada masyarakat. Sebab memang virus ini sangat membawa dampak pada perekonomian di tingkat makro, dan lebih-lebih mikro. 

Lalu apa saja dampak covid pada perekonomian di tingkat makro tersebut? Setidaknya kita dapat membaginya ke dalam dua bidang, yakni UMKM dan Pariwisata. 

  • Dampak Covid terhadap UMKM

Secara tidak langsung, berbagai peraturan pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus telah menyebabkan dampak pada usaha mikro kecil menengah. 

Dampak covid terhadap UMKM itu dibarengi pula dengan kolaps-nya sektor kesehatan sehingga menyebabkan daya beli masyarakat menjadi menurun. Tentunya pemerintah juga harus memperhatikan sektor bisnis yang terdampak covid ini agar mereka bisa bertahan menghadapi pandemi. 

Baca Juga : Pengaruh PPKM terhadap UMKM

  • Dampak Covid pada Sektor Pariwisata

Lalu dampak selanjutnya adalah dampak covid pada sektor pariwisata. Jelas sektor ini menjadi tumpuan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab negara ini memang terkenal mempunyai keindahan alam dan tradisi yang unik. 

Pandemi covid telah melumpuhkan sektor pariwisata sehingga tidak hanya penyedia jasa wisata saja yang kolaps melainkan juga masyarakat di sekitar daerah wisata. Katadata juga merilis bahwa sektor pariwisata juga termasuk salah satu dari enam sektor yang paling terimbas covid-19. 

5 Sektor BIsnis yang Terdampak Covid Paling Parah

Kita sampai pada pembahasan mengenai apa saja sektor usaha paling terdampak corona. Sebenarnya pengaruh covid itu hampir mengenai semua sektor usaha. Bahkan sektor usaha yang tidak terdampak corona pun pasti akan merasakan bagaimana corona merubah pendapatan mereka. 

Namun, 5 sektor usaha berikut ini sepertinya menjadi sektor usaha paling terdampak corona paling parah. Apa saja sektor bisnis yang terdampak covid tersebut? Yuk daripada kepo, kita ulas bersama-sama di bawah ini. 

  • Usaha di Bidang Transportasi

Semua usaha di bidang transportasi merasakan sendiri semenjak awal Maret 2020 bahwa pandemi telah menyebabkan pendapatan mereka turun lebih dari 60%. Mungkin sektor jasa ojek online dapat kita kecualikan di sini. Sebab mereka justru mendapatkan kenaikan pendapatan meskipun tidak banyak pada masa pandemi seperti sekarang. 

Jasa transportasi seperti perusahaan otobus, sewa kendaraan, penyeberangan, penerbangan, mungkin telah menjadi sektor usaha paling terdampak corona sampai saat ini. Apalagi beberapa momentum besar, seperti Idul Fitri dan Umroh juga tidak dapat mereka raup keuntungannya karena pembatasan dari pemerintah. 

  • Sektor Perdagangan

Kemudian sektor bisnis yang terdampak covid selanjutnya adalah sektor perdagangan. Di beberapa kota telah terjadi penutupan besar-besaran mall-mall yang tak dapat bertahan selama pandemi, seperti Matahari di Jogja dan Giant di Surabaya. 

Semuanya ini dapat menjadi indikator bahwa pola jual beli dan transaksi telah berubah dari tatap muka menjadi online. Oleh karenanya ini sebenarnya peluang bagi industri kecil yang mampu mengolah sumber dayanya menuju online. 

  • Agen Pariwisata

Kita sudah sebutkan di awal bahwa sektor pariwisata  yang terdiri dari penyedia jasa, tour guide, hingga jasa penitipan kendaraan,semuanya telah terdampak semenjak corona merajalela pada awal maret 2021.

Dampak covid pada sektor pariwisata tidak main-main karena sebelumnya pemerintah sempat berupaya menggencarkan sektor ini pada awal tahun 2020. Setelah semua fasilitas mendapatkan percepatan pembangunan, tapi siapa sangka pandemi datang dan memupuskan harapan sebagian besar masyarakat.

  • Jasa Event Organizer

Dampak selanjutnya yang paling merasakan tentunya adalah jasa event organizer, seperti EO Konser, wedding, sound system, penyewaan ballroom, dan lain-lain. Semuanya tidak dapat menjalankan unit bisnisnya karena memang terjadi pembatasan dari pemerintah. 

Mungkin hanya beberapa waktu lalu mereka sempat mengambil nafas lega karena adanya izin dari pemerintah untuk menggelar acara. Namun itu tidak lama karena angka covid kembali meledak lagi dan mempengaruhi sektor ini kembali.

  • Sektor Akomodasi dan Perhotelan

Katadata menyebutkan bahwa sektor akomodasi, seperti perhotelan, penginapan, resort, dan lain-lain juga termasuk yang terkena imbas dari covid 19. 

Sebab semua sektor ini sangat berkaitan erat dengan yang namanya mobilitas dan pariwisata. Jika sektor pariwisata menurun, maka otomatis akomodasi akan menurun pula. Jika mobilitas menurun, maka darimana mereka akan mendapatkan target pasarnya kembali? 

Kelima sektor di ataslah yang menjadi sektor usaha paling terdampak corona. Mungkin dari beberapa di antaranya ada  yang hidup di sektor mikro. Bahkan kebanyakan sektor bisnis yang terdampak covid ini adalah usaha berskala mikro dan menengah. 

Lalu bagaimana strategi bisnis di masa pandemi untuk bisa bertahan dan mengembalikan pendapatan? 

Strategi Bisnis di Masa Pandemi untuk UMKM dan Sektor Pariwisata

Ketika berbicara tentang strategi bisnis di masa pandemi, maka kita akan fokuskan pada dampak covid pada sektor pariwisata dan UMKM. Keduanya harus menjadi perhatian terlebih dahulu karena merekalah yang merasakan dampak secara langsung. Sektor bisnis raksasa mungkin telah lebih dulu bangkit karena kucuran dana dan modal yang tak terkira. 

Lalu bagaimanakah strategi bisnis di masa pandemi untuk setidaknya bertahan dan tidak bangkrut? Berikut adalah tips nya;

  1. Mulai merambah pemasaran dan branding produk secara digital. 
  2. Buatlah bundle produk baru yang telah disesuaikan dengan kondisi new normal.
  3. Tawarkan bundle baru tersebut kepada customer lama anda yang loyal.
  4. Buatlah orientasi baru dalam berbisnis yang lebih menekankan pada pemasaran daripada distribusi secara offline. 
  5. Buat proporsi antara toko online dan offline. Sesuaikan dengan kondisi kebijakan pemerintah yang sedang berlangsung.

Mungkin baru beberapa tips tersebutlah yang dapat kami berikan kepadamu semua. Mungkin berbagai tips tersebut dapat menjadi pegangan dan pedoman bagi sektor usaha paling terdampak corona. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :   Pelatihan Digital Marketing Jogja yang Eksis Menemani Sejak 2014