Jenis Konten Tiktok Untuk Bisnis, Sumber Ide Untuk Promosi Online

Jenis Konten Tiktok Untuk Bisnis

Seiring perkembangan teknologi, kita semakin disuguhi banyak sekali pilihan. Salah satunya adalah pilihan dalam melakukan promosi online di internet. Kalau dulu untuk mempromosikan barang saja kita harus membeli iklan baris di koran, maka saat ini semuanya tinggal semudah klik dan tap di gadget saja. Salah satu aplikasi yang saat ini sedang naik daun sebagai platform bisnis online adalah Tiktok. Aplikasi dengan jumlah 800 juta pengguna di seluruh dunia ini mempunyai banyak jenis kontennya. Tulisan ini akan bahas mengenai jenis konten tiktok untuk bisnis.

Tiktok memang sedang naik daun dan telah memunculkan bintang-bintang baru di dunia maya. Tidak hanya itu, di sini juga tempat berkumpulnya para pemain bisnis dari skala mikro hingga perusahaan besar. Melihat keterbukaan persaingan di tiktok, ternyata buat kita para pemain pemula harus paham betul bagaimana membuat jenis kontan yang menjual. Tulisan berikut akan bahas jenis konten tiktok untuk bisnis buat kamu.

Sebelum itu kita akan sebutkan beberapa keuntungan yang akan kamu dapat ketika memanfaatkan platform tik tok untuk promosi atau pemasaran online;

  1. Mudah untuk meraba target pasar.
  2. Penggunanya kebanyakan merupakan kalangan usia produktif.
  3. Lebih cepat trending dengan effort yang tak seberapa.
  4. Banyak pilihan jenis kontennya.
  5. Persaingannya terbuka dan fair, sehingga bisnis kecil bisa saja mengalahkan promosi bisnis besar.

itu tadi sekilas manfaat apabila kamu gunakan tik tok untuk memasarkan produk dan jasa di internet. Lalu apa saja macam dan jenis konten tiktok untuk bisnis yang bisa mulai kamu cobakan di akunmu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Ide Konten Tiktok Yang Menarik untuk Promosi Online

  1. Ide Konten Tiktok Bermanfaat dengan Konten Edukasi

Buat kamu yang selama ini Cuma jadi intel di tik tok, alias Cuma lihat video tanpa pernah mencoba bikin, maka sudahi aktifitas itu dan mulailah berkonten. Tidak sulit kok sobat ketika kamu berniat bikin konten di tiktok.

Baca juga :   Cara Jadul yang Masih Ampuh Buat Iklan ini Trik Iklan di FB Ads

Nah, konten yang wajib ada saat ini di akunmu adalah konten edukasi, alias yang memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada penontonnya. Jenis konten tiktok untuk bisnis ini bisa kamu bikin misalnya dengan memberikan tips pemakaian produk, atau tips sederhana lainnya yang anti mainstream. Ingatlah bahwa netizen akan menyukai tips yang berada di luar nalar mereka. Kamu bisa bikin misalnya tips menghadapi hari senin meskipun kesiangan bangun sahur, dan sebagainya. Itu kelihatan biasa, tapi akan memberi pemahaman lebih kepada penonton.

  1. Konten Tiktok Untuk Pemula dengan Roomwork Tour

Selanjutnya adalah konten tiktok berbentuk roomwork tour. Pernah dengar roomtour bukan? Ini merupakan salah satu jenis konten tiktok yang mulai ngetrend setelah pandemic menyebabkan orang terkungkung di rumah saja.

Roomwork tour hanyalah salah satu varian dari room tour, di mana dalam hal ini kamu dapat membagikan aktifitas kamu dan tim selama seharian berada di ruang kerja. Hal ini bisa menjadi salah satu poin positif untuk membangun kepercayaan dari customer lho. Dengan begini kamu lebih dapat mengenalkan produkmu dari sisi yang lain.

Kegiatan yang mungkin bisa kamu share di sini misalnya adalah kegiatan packing dan packaging barang untuk konsumen. Siapa yang tidak ingin mendapatkan toko online yang gercep dan melayani konsumen dengan sepenuh hati? Kalau kamu bagikan hal-hal yang receh begini tentu akan menambah kepercayaan customer terhadap tokomu.

  1. Contoh Konten Tiktok Jualan adalah Showing Katalog

Lalu jenis konten tiktok untuk bisnis online selanjutnya adalah dengan showing katalog. Ini merupakan salah satu konten yang sangat rekomended untuk para penjual baju alias fashion. Sebab di sini kita dapat menampilkan katalog semurni dan semenarik mungkin.

Baca juga :   Cara Membuat Video Tiktok FYP

Mungkin selama ini kita hanya mengenal katalog yang berbentuk daftar atau list produk saja. Itu akan kurang menarik apabila promosinya lewat tik tok. Maka kamu harus memberikan katalog tersebut dalam bentuk bahasa video, misalnya dengan menampilkan orang dengan atraksi sulap perubahan tampilan baju. Sudah pernah viral kok jenis konten ini, sobat KDJ bisa mencobanya.

  1. Contoh Konten Tiktok Yang Menarik adalah Behind The Scene

Beda produk beda juga treatment pemasarannya. Kalau tadi bisnis fashion menggunakan atraksi sulap pakaian, maka di bidang bisnis makanan kita bisa memakai jenis konten tiktok untuk bisnis dengan menampilkan behind the scene.

Misalnya konten behind the scene tersebut adalah proses memasaknya, proses memotong dagingnya, proses penyimpanan bahannya, proses pemberian toppingnya, dan sejenisnya. Selain memenuhi rasa penasaran pemirsa,ternyata konten jenis ini juga dapat menambah rasa percaya customer kepada toko kita lho sobat KDJ. Coba deh kalau tidak percaya.

Oh iya, konten tentang packing dan packaging di atas juga bisa kita masukan ke dalam konten behind the scene ini karena menampilkan bagaimana kondisi produk sebelum sampai di tangan customer.

  1. Konten Tiktok Yang Bermanfaat dengan Tutorial Produk

Nah, ini adalah salah satu ide konten tiktok bermanfaat untuk penonton semuanya. Kalau kita pernah beli produk tentu akan disertakan pula yang namanya manual book atau buku manual. Di sinilah letak pentingnya konten tiktok dengan bentuk tutorial produk.

Setiap customer, apalagi yang baru, tentu butuh yang namanya petunjuk untuk penggunaan atau aturan pakai. Di sinilah kesigapan kita untuk menyiapkan segala keperluan customer tidak hanya barang tetapi juga pengetahuan.

Jenis konten tiktok untuk bisnis dengan tipe tutorial ini cukup mudah sekali pembuatannya, asalkan kita punya product knowledge yang mumpuni. Dan ditambah lagi dengan proses editing video yang kreatif agar penonton tidak bosan dengan tutorial yang ada. Sebab bagi mereka yang tidak sedang butuh video tutorial, maka menontonnya adalah hal paling membosankan yang pernah mereka rasakan.

  1. Konten Tiktok Viral dengan Hashtag Viral

Terakhir adalah jenis konten tiktok dengan bentuk atau penawaran hashtag viral. Untuk jenis konten tiktok untuk bisnis ini memang cukup agak menguras isi kantong kamu. Kamu dapat mengkampanyekan sejenis hashtag tentang sesuatu lalu mengkaitkanya dengan produk.

Baca juga :   Tools Pencari Keyword Gratisan yang Bikin Belajar SEO-mu Makin Asyik

Contohnya adalah hashtag yang sedang viral di tiktok, yakni #TokopediaHaul. Tagar challenge ini dapat meluaskan jangkauan atau reach dari akun tiktok lho sobat. Jadi sangat rekomended banget buat kamu yang punya bisnis gede yang ingin segera untung.

Nah, itulah enam jenis konten tiktok untuk bisnis online yang semoga dapat menginspirasi kita semuanya. Lalu apa saja sih yang kita butuhkan untuk membuat konten tiktok itu? Simak uraian singkat di bawah.

Cara Membuat Konten Tiktok untuk Bisnis

Setelah tadi bahas macamnya, maka sekarang akan dibahas tentang eksekusinya. Beberapa aplikasi yang kamu butuhkan untuk membuat konten tiktok bisnis adalah di antaranya;

  1. Kamera handphone yang pixel-nya mencukupi.
  2. Aplikasi edit video, misalnya Kinemaster.
  3. Pemahaman pada fitur-fitur edit suara dalam tiktok.
  4. Mengerti cara penggunaan tools di tiktok untuk editing.
  5. Riset hastag menggunakan tools agar tiktok banyak like.

Mungkin itulah beberapa hal yang kita butuhkan untuk meracik jenis konten tiktok untuk bisnis tadi. Semoga dapat menginspirasi dan manfaat buat strategi marketingmu. Salam inspirasi.