Penyebab Website Loading Lama Ini Harus Kamu Ketahui Lho Gaes

Penyebab Website Loading Lama

Kita kadang sebal kalau pas lagi browsing tiba-tiba website yang akan dikunjungi mengalami LOLA alias loadingnya lama. Bayangkan kalau orang yang sedang mencari info tersebut sedang terburu-buru? Tentu dia akan kesal dan tak pernah lagi mengunjungi website tersebut. selain itu ada banyak dampak lain dari sebuah website yang loadingnya lama. Hal-hal yang menjadi penyebab website loading lama akan kita bahas bersama-sama di sini.

Pada awal tulisan kita sudah membahas bahwa sebuah web yang susah diakses akan membuat pengunjung kesal dan kapok berkunjung lagi. Ternyata ada dampak lain lho dari lemotnya website kita. Apa saja kira-kira dampak atau efek dari website yang lemot tersebut?

Dampak website loading lama;

  1. Membuat pengunjung kapok datang lagi ke website kita.
  2. Bounce rate tinggi (rata-rata durasi kunjungan rendah)
  3. Menurunkan traffic website karena loading lama.
  4. Mempengaruhi performa SEO Website.

Itulah kiranya hal yang akan terjadi pada website kita apabila loadingnya lama dan tidak mudah untuk masuknya. Sebuah website atau toko online yang mengalami hal seperti ini akan mengurangi produktifitas tokonya. Sebab banyak pengunjung yang seharusnya berpeluang besar jadi customer justru tidak jadi berkunjung.

Kalau ini kamu biarkan terus-terusan tentu akan membuat websitemu minim traffic, ber-seo  jelek, dan akhirnya nanti tenggelam entah di halaman berapa pencarian google. Jangan sampai ini terjadi pada web punyamu ya sobat. Dalam tulisan ini akan kita bahas bersama penyebab website loading lama. Dengan mengetahui penyebabnya ini semoga kamu dapat memperbaiki semoga kita dapat mencegahnya sebelum terjadi.

Baca juga :   Cara Membuat Time Schedule Kegiatan Selama Ramadhan untuk Bisnis

Faktor yang Menjadi Penyebab Website Loading Lama

  1. Terlalu Banyak Memakai Plugin

Bagi kamu yang sering memakai platform wordpress, tentu akan sering dan banyak menginstall plugin untuk berbagai kebutuhan optimasi web. Di antara plugin misalnya adalah checker, seo tools, dan lain-lain. Siapa sangka ternyata itu adalah penyebab website loading lama.

Pada dasarnya sebuah plugin bisa kita ibaratkan sebagai sebuah aplikasi di android. Semakin banyak aplikasi tentu hape akan semakin lemot. Semakin banyak install plugin juga akan memperlambat kinerja wordpress.

Solusinya adalah dengan memilah kembali apa saja plugin yang dibutuhkan oleh website kamu. Installah plugin yang dapat mengerjakan berbagai tugas sekaligus, misalnya adalah yoast seo. Di mana tools tersebut dapat berguna untuk cek penulisan sekaligus untuk mengecek SEO. Dan yang terpenting adalah kurangi penggunaan plugin yang fungsinya dapat kita gantikan misalnya adalah check viewer. Itu bisa kamu dapatkan di Google search console.

  1. Kebanyakan Widget

Tak ada yang menyangsikan memang kalau widget bisa meningkatkan kesan artistic dan visual dari website. Namun yang namanya widget juga merupakan sebuah beban untuk web. Terkadang kita tak sadar dan memasang widget yang tak perlu sehingga membuat web terkesan ramai. Ini juga salah karena dapat memberatkan web dan juga membuat pengunjung menjadi tidak fokus.

Solusi untuk mengatasi website loading lama karena kebanyakan widget adalah menggantikan peran widget dengan banner atau flyer. Untuk memberi informasi tentang suatu hal kita tak harus pasang widget. Cukuplah banner dan flyer yang rutin diperbaharui.

Lalu kamu juga perlu untuk rutin meminta pendapat orang lain apakah web kamu sudah eye catching atau belum. Kalau kamu rasa belum maksimal tampilannya, maka minta tolonglah pihak design web untuk merapikannya. Ini akan sangat bermanfaat untuk web kamu dan juga mengefektifka penggunaan widget yang tak perlu.

  1. File di Luar Teks Terlalu Besar (Foto, Video, dll)

Terkadang dalam sebuah postingan kita juga sertakan foto thumbnail dan bahkan video di dalam sebuah tulisan. Sebenarnya ini dapat meningkatkan kualitas SEO di depan google. Namun apabila tidak memperhatikan efektifitasnya justru malah akan memperburuk durasi loading website.

Baca juga :   Cara Melihat Video TikTok yang Tersimpan di Bookmark Tiktok

Foto dan video memang menjadi salah satu penyebab website loading lama. Apalagi foto yang kita sertakan adalah file yang berukuran besar yang memperberat website. Apakah ada solusinya? Nah, untuk solusi terhadap masalah ini sebenarnya ada banyak. Solusi yang memungkinkan kita dapat mengefektifkan file video sekaligus menjaga kualitas SEO dengan adanya foto dan video tersebut.

Cara untuk mengatasi masalah file terlalu besar adalah dengan mengkompress file foto terlebih dahulu sebelum upload. Nah, untuk penyisipan file video gunakanlah fitur embed youtube yang ada di wordpress. Selain itu kita juga bisa mengurangi gambar ilustrasi dengan penggambaran di bagian teks alias story telling.

Apabila semua cara di atas sudah kamu terapkan, maka dapat meminimalisir ukuran file di setiap postingan . BIasanya ukuran file normal setiap postingan adalah 2 megabyte. Lebih dari itu tentu akan membuat website lebih berat dan loading lama.

  1. Server Tidak Optimal

Tahukah kamu pentingnya server dalam sebuah website? Suatu server adalah tempat di mana semua data web tersebut tersimpan. Sekaligus tempat web mengambil data ketika ada yang ingin membuka (klik) atau mengunjungi web tersebut. Jadi dapat kita ibaratkan server ini sebagai flashdisk di mana kita menyimpan sekaligus mengambil kembali file.

Sebuah server karena beberapa sebab teknis, terkadang menjadi lambat dan susah untuk dipanggil ketika ada yang ingin mengunjungi website. Server yang seperti ini sangat menghambat dan tidak bisa diajak bekerja sama. Biasanya server seperti ini kapasitasnya minim dan tidak bisa memenuhi permintaan panggilan dari banyak pengunjung dalam satu waktu. Oleh karena itu kita sering mendengar adanya server ngadat ketika banyak orang mengunjungi.

Kenapa Server Lambat

Sudah sedikit kita bahas kenapa server website menjadi lambat. Memang dari sekian fakor penyebab website loading lama, inilah yang paling susah untuk kita carikan solusinya. Memang penyebabnya berasal dari tempat atau sumber di mana kita menitipkan data website tersebut.

Baca juga :   Peluang Usaha Mahasiswa di Jogja yang Menguntungkan

Kalau kita membeli hosting ketika membeli website, maka hosting itulah yang menyebabkan server kamu lemot. Sebab hosting yang ukurannya kecil biasanya juga lumayan lambat apabila ada banyak pengunjung dalam waktu bersamaan.

Cara Mempercepat Akses Ke Server

Solusi untuk mengatasi website loading lama karena server lelet adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kecepatan web kita. Sudah ada banyak speed checker yang dapat kita manfaatkan, antara lain adalah; Pingdom, GTMetrix, Webpage analyzer, dan sebagainya.  Dari sini kita akan tahu seberapa kecepatan web dan apa saja faktor utama penyebabnya.

Cara Agar Loading Cepat

itulah keempat penyebab website loading lama yang mungkin sering terjadi di website tua-tua yang sudah sepuh. Untuk mengatasi keempat masalah tersebut kita dapat merangkum solusi antara lain dengan menambah  jumlah kuota hosting atau server, mengurangi penggunaan widget, mengganti plugin dengan tools di google, serta mengkompress file foto sebelum ikut sertakan dalam sebuah postingan.

Semoga tulisan di atas dapat membantu dan memecahkan masalahmu terkait penyebab website loading lama. Kalau berminat untuk ikut kelas Manajemen Webiste dan SEO maka ikutlah Kelas Inkubator SEO Batch 8 di Kampus Dosen Jualan Jogja. Untuk info selengkapnya klik icon WA di bawah ya sobat. Salam inspirasi.