Bagaimana Video Marketing Bekerja? Tren & Prospeknya di Masa Depan

Bagaimana Video Marketing Bekerja

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan posisi sebagai script writer. Iya, itu adalah salah satu jenis dari copywriter namun dengan spesialisasi di bidang pembuatan video marketing. Ternyata tren saat ini yang berkembang di kalangan pemain bisnis online adalah mengandalkan video untuk berpromosi. Lalu bagaimana video marketing bekerja sehingga bisa menjadi tren akhir-akhir ini? Simak ulasan di bawah ini.

Sebenarnya sudah banyak yang bilang kalau video marketing bakal menjadi tren yang akan menggeser media lainnya. Dan ternyata asumsi itu benar sehingga banyak yang kepo bagaimana video marketing bekerja. Sebenarnya apa enaknya menggunakan video untuk promosi barang dan jasa yang kita punya? Simak pentingnya video marketing berikut ini;

  1. Memancing orang untuk share karena efisien.
  2. Mampu menarik perhatian siapa saja. Terutama yang tidak tertarik membaca pesan teks.
  3. Akan banyak yang bisa dijelaskan.
  4. Sangat kompatibel dengan smartphone.
  5. Google lebih prioritaskan untuk masuk page one.
  6. Dapat membangun trust dari netizen.
  7. Lebih mengundang pemasukan tambahan (endorsement, iklan, dll).
  8. Lebih memancing hasrat beli calon pembeli.

Masih juga belum berminat pada video marketing? Mungkin setelah menyimak pentingnya video marketing di atas dapat membuatmu mengalihkan perhatian pada  cara promosi paling baru ini. Namun untuk eksekusi promosi lewat video ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kita harus paham dulu bagaimana video marketing bekerja, sebelum itu mari kita bahas dulu apa saja jenis-jenis pemasaran lewat video berikut ini.

Jenis-Jenis Video Marketing

Tulisan ini akan ulas dulu apa saja jenis-jenis video marketing yang selama ini telah berkembang di dunia maya. Apa saja kira-kira jenisnya? Di antara yang menjadi jenis video marketing adalah video demonstrasi, branding, live report, pemaparan pakar, tutorial atau tips, penjelasan (klarifikasi), animasi, dan juga video testimoni.

Baca juga :   Story Telling dalam Pemasaran (Story Selling)

Mungkin di antara jenis-jenis di atas kamu sudah menerapkannya untuk promosi. Atau mungkin justru kamu baru mendengar jenn-jenis tersebut? Itu tidak masalah sebab kita akan ulas bersama bagaimana video marketing bekerja.

KDJ sendiri sudah beberapa bulan belakangan ini promosi produk menggunakan media audio visual. Mungkin lewat pengalaman yang pendek tersebut dapat menjadi inspirasi sobat KDJ semua untuk memulainya juga. Karena memang kita sudah tertuntut untuk mulai mengengok pada promosi berjenis ini.

Memang di awal tidak mudah karena mana ada proses taking dan editing video yang mudah. Namun berkat ketekunan akhirnya kami dapat berhasil menghidupkan akun Youtube dan Tiktok Kampus Dosen Jualan.

Contoh Video Marketing yang Sudah KDJ Terapkan

Ada dua platform sosial media yang menjadi andalan KDJ untuk mempromosikan produk lewat video. platform tersebut adalah Tiktok dan juga Youtube, serta kadangkala instagram. Kami akan share bagaimana video marketing di KDJ bekerja agar kamu barangkali bisa mendapat inspirasi dari sini.

Contoh-contoh video marketing yang KDJ hasilkan di antaranya adalah;

  1. Video Testimoni Kelas.
  2. Video tutorial.
  3. Live dan pemaparan Coach.
  4. Video animasi (tips singkat).
  5. Live Report.
  6. Dan video branding dengan trending di tiktok.

Itulah beberapa contoh konten video untuk pemasaran yang sudah KDJ kembangkan. Yang mana sudah kami siapkan pula platform andalan untuk berpromosi menggunakan video marketing tersebut. Karena kami merupakan sebuah lembaga pendidikan formal, maka kami menawarkan produk yang berkaitan dengan itu misalnya adalah video tutortial, dan video testimony kelas.

Produk kami tersebut selama ini terbukti dapat menghasilkan lead atau interaksi yang masuk. Sebab orang yang mencari produk kami kalau tidak terkait caranya (edukasi) maka lebih kepada pengalaman (penggunaannya). Setiap produk punya pendekatan masing-masing dalam memasarkannya lewat video. jika produkmu makanan maka kamu harus tahu kapan harus promosi lewat video dan kapan lewatmedia lainnya. Oleh karena pentingnya membuat perencanaan video marketing maka kami akan berikan ulasan nyata tentang bagaimana video marketing bekerja terhadap sebuah pemasaran  produk.

Baca juga :   Kelebihan dan Kekurangan Video Marketing

Bagaimana Cara Memasarkan Barang Melalui Video Marketing

  1. Cara Membuat Video Marketing

Ada banyak tahapan yang harus kita jalani dalam membuat video dan strateginya marketing. Secara umum terdapat beberapa tahap dalam perjalanan bagaimana video marketing bekerja. Tahapan itu antara lain; perencanaan strategi, taking video, editing video, finishing, evaluasi.

Kelimanya adalah tahapan yang mungkin tidak harus secara bertahap dijalani, sebab semua menyesuaikan dengan kondisi. Misalnya taking video baru kamu lakukan sendiri, maka jalanilah evaluasi sendiri juga. Tanyakan kepada kerabatmu tentang kualitasnya misalnya.

Dalam proses produksi video, tim kami di KDJ biasa menggunakan dua jenis kamera untuk taking video. Yakni kamera hape biasa, dan kamera professional (untuk live, siaran tutorial, dan lain-lain). Untuk video yang membutuhkan durasi panjang maka kami gunakan kamera professional agar tidak mengganggu penonton.

Pun ketika kita hanya take video pendek untuk tiktok maka akan memakai kamera hape agar cepat dalam proses pengolahannya yang meliputi, editing dan uploading di tiktok. Nah, tahapan yang juga jangan sampai kamu lupakan ketika bahas bagaimana video marketing bekerja adalah terkait strategi video marketing. Simak uraiannya di bawah ini.

  1. Strategi Video Marketing

Seperti halnya berpromosi memakai media lainnya, maka promosi di video juga harus memakai perencanaan yang matang agar jangan sampai kita lakukan karena tuntutan up to date saja. Lalu bagaimana merancang strategi video marketing ala Kampus  Dosen Jualan? Caranya adalah sebagai berikut;

Kamu harus membuat tabel konten selama sebulan yang mana konten setiap harinya usahakan selalu ada unsur videonya, entah itu dalam bentuk konten edukasi, interaksi, ataupun konten jualan. Jangan takut untuk eksekusi sendiri karena sekarang sudah gampang bikin video lewat canva ataupun postermywall.

Baca juga :   Jadwal Posting Konten dan Cara Gampang Membuatnya: Road to Kelas Manajemen Konten Juni 2021

Dari tabel konten itulah kamu harus membuat tema-tema yang mudah teraplikasikan ke dalam video. misalnya kamu ada tema tentang manfat tidur siang untuk pegawai. Maka di sana buatlah video yang berisi seorang karyawan sedang membagi waktunya demi tetap bekerja dan beribadah misalnya.

  1. Tips Video Marketing

Kampus Dosen Jualan memberikan tips terkait promosi lewat video, di antaranya adalah jangan stuck pada satu cara dan satu platform jualan saja. Cobalah semua platform yang kamu bisa. Tidak harus sempurna, namun boleh lewat trial dan error.

Contohnya adalah Mas Rizki Pahlawan dan Mas Erdy, di mana ketika belum jadi seperti sekarang, mereka berdua juga berjualan dan berbisnis dengan kemampuan yang minim. Tapi keduanya yakin mampu sampai kepada customer, oleh karenanya seiring waktu dapat memperbaiki ilmunya tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Video Marketing

Tentunya ada banyak kelebihan dan kekurangan dari video marketing. Apalagi mengingat kemampuan kita dalam memahami bagaimana video marketing bekerja masih sangat minim dan terbatas. Tentunya ilmu kita masih demikian dangkal. Namun secara umum, kelebihan dari cara promosi menggunakan video adalah bentuknya yang sedemikian mudah terpahami bahkan oleh anak kecil sekalipun.

Sedangkan kekurangannya adalah proses pembuatan konten promosinya memang tidak pernah mudah, karena sebuah konten video untuk jualan pasti membutuhkan setidaknya beberapa hal, seperti foto, gambar, teks, dan juga kemampuan editing. Semoga kemauan kita untuk terus belajar dapat dipermudah oleh Allah. Semoga bermanfaat. Salam inspirasi.