Perbedaan Akun Pribadi Dan Akun Bisnis Di IG Jangan Sampai Tertukar

Perbedaan Akun Pribadi Dan Akun Bisnis

Beberapa hari lalu sempat ada peserta pelatihan di KDJ yang bingung kenapa akunnya tidak bisa diprivate.  Usut punya usut ternyata di hari sebelumnya para peserta sedang belajar tentang instagram bisnis. Setelah si peserta itu mengupgrade akunnya dari akun biasa menjadi akun professional ia kebingungan karena tidak bisa lagi mem-private akunnya. Ternyata si peserta ini belum paham betul apa perbedaan akun pribadi dan akun bisnis di IG. Tulisan ini akan berusaha membantunya agar paham dan bisa membedakan keduanya.

Terkadang perkembangan teknologi membuat kita dipaksa untuk mengikuti arusnya. Misalnya ketika kita ingin mempunyai akun bisnis di IG dengan segenap fitur terbarunya, namun di sisi lain kita masih ingin mempunyai privasi untuk sosmed kita. Ternyata itu tidak bisa jalan secara beriringan, sebab memang ada perbedaan fungsi akun pribadi dan akun bisnis di IG. Tulisan ini akan berusaha mengulasnya secara sederhana buat kamu.

Jadi nantinya tidak ada cerita lagi, orang yang ingin memprivate IG nya sementara ia masih ingin mendapatkan fitur dari IG Bisnis, seperti insight dan lain-lain. Maka dari itu kita akan membahas dulu mengenai definisi apa itu akun pribadi, lalu kita membahas definisi tentang akun bisnis di IG, serta apa perbedaannya dengan akun professional. Dan di akhir kita akan membahas tentang lebih efektif mana akun pribadi atau akun bisnis di IG untuk berjualan.

  1. Pengertian akun Pribadi Instagram

Seperti halnya namanya, maka akun pribadi di instagram mempunyai fitur standar untuk instagram. Artinya tidak ada fitur yang berfungsi sebagai sebuah akun umum. Di dalam akun pribadi, kita masih bisa upload foto, share story, likes, komen, dan lain-lain. Selain itu kita juga bisa memilih mem-private atau tidak mem-private akun kita. Di sinilah letak perbedaan akun pribadi dan akun bisnis di ig. Jika akun pribadi maka kita mempunyai pilihan private or public. Nanti beda lagi dengan akun bisnis.

Baca juga :   Cara Membuat Akun Tiktok Menghasilkan Uang Ala Kampus Dosen Jualan

Akun pribadi, secara fitur yang sangat standar memang diperuntukan bagi seorang person. Yang mana person tersebut tentunya mempunyai lingkungan pertemanan dan followers yang terbatas. Sehingga instagram memberinya keleluasan untuk menentukan siapa yang bisa memfollow dan siapa yang tidak. Buat kamu yang ingin instagramnya lebih terfilter dan lebih private maka gunakan akun pribadi. Hampir semua akun instagram awalnya adalah akun pribadi. Barulah ketika pemiliknya memutuskan untuk mengalihkan ke akun bisnis maka otomatis segala keunikan dari akun pribadi akan hilang. Sebab ada harga yang harus dibayar untuk meningkatkan fitur ke bisnis.

  1. Maksud Dari Akun Bisnis Di Instagram

Akun bisnis memang sebuah akun yang peruntukannya untuk sharing ke publik. Jadi ketika kita sudah membulatkan tekad untuk menjadikan akun pribadi ke bisnis maka jangan harap lagi akan mendapatkan privasi di IG. Maka dari itu kita harus paham betul apa yang kita dapat setelah mengupdate akun ke bisnis. Jika memang kalian belum begitu perlu untuk melakukannya dan masih membutuhkan privasi maka tidak usah diupdate.

Sebab memang fitur di dalam  akun bisnis lebih banyak peruntukannya bagi sebuah bisnis atau official akun. Mungkin kita ingin memiliki akun bisnis dengan segenap fiturnya tapi tidak ingin membuat privasinya jadi publik. Ini susah, seperti halnya contoh peserta pelatihan di KDJ tadi. Instagram mempunyai rules-nya sendiri untuk penggunanya. Nah, baru jika kamu sudah bulat tekad untuk membuat akun menjadi  bisnis, maka jangan harap dapat private lagi.

Memang awalnya akan sulit karena memang kita terbiasa dengan akun pribadi. Namun lama-kelamaan kita akan nyaman dengan akun yang publik atau bisnis tersebut. Sebab kita dituntut untuk membuat konten ataup mengupload foto yang tak hanya berbau kehidupan pribadi, tetapi juga yang bermanfaat dan menginspirasi orang banyak. Inilah esensi dari akun bisnis. Namun kadang kita juga bingung apa perbedaan antara akun bisnis dan akun professional. Jawabannya ada di bawah ini.

  1. Perbedaan Akun Kreator Dan Bisnis Instagram

    • Kekurangan Akun Bisnis Instagram

Sebenarnya antara akun bisnis dan akun professional hampir tidak ada bedanya. Perbedaannya adalah akun bisnis sudah pasti professional, namun akun professional belum tentu untuk kepentingan bisnis. Bisakah kamu membedakannya? Misalnya adalah seperti ini, jika kamu mengupdate akunmu menjadi pro berarti kamu bertujuan membangun ig mu sebagai platform jualan  ataupun untuk tujuan kreator. Namun setiap yang mengupdate akun menjadi pro, belum tentu juga untuk tujuan bisnis. Bisa saja ia memang kreator yang membutuhkan fitur di versi pro agar lebih powerfull.

Baca juga :   Cara Setting Akun Tiktok Untuk Pemula yang Pengen Jadi Creator

Kelebihan dari akun pro instagram adalah kita dapat menerapkan cara melihat insight di instagram. Memang insight  ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin melihat seberapa jauh performa kontennya ketika diposting. Mungkin ketika kita memakai account pribadi sama sekali tidak memerlukan ini karena kita hanya butuh melihat performa postingan dari likes dan komen saja. Sedangkan untuk seorang pebisnis atau kreator maka membutuhkan insight ini agar dia dapat meliaht bagaimana konten bekerja dan mendapatkan interaksi. Lalu dari situ dia bisa mengevaluasi jalannya konten.

Selain punya kelebihan, ternyata ada juga kekurangan akun bisnis di IG. Di antara yang menjadi kekurangannya adalah;

  1. Tidak ada privasi, karena memang tidak untuk aktifitas person, melainkan untuk personal branding.
  2. Harus mempunyai seribu follower jika ingin bisa LIVE IG. Tentunya susah juga untuk mereka yang ingin jadi kreator tapi followersnya minim.
  3. Tidak bisa membedakan mana close friend dan mana followers biasa. Apa yang kita bagikan semuanya adalah untuk publik.

Itulah beberapa kekurangan dari akun bisnis di IG menurut kami. Sekiranya ada tambahan maka akan sangat kami nantikan sharing kamu. Lalu yang sering juga ditanyakan oleh para peserta pelatihan selain perbedaan akun pribadi dan akun bisnis di ig adalah, apakah akun bisnis di IG itu berbayar?

  • Apakah Akun Bisnis Instagram Berbayar

Tentunya instagram tidak mematok bayaran untuk versi profesionalnya. Kita dapat mengganti akun pribadi menjadi akun professional semudah membalikan telapak tangan. Namun tetap saja ada kekurangannya, yakni jika kamu ingin mendapatkan versi insight yang lebih powerful maka gunakanlah versi berbayar. Mungkin ini saja versi akun bisnis di IG yang mengharuskan kita untuk membayar.

  1. Perbedaan Akun Profesional Instagram dan Akun Pribadi

Sekarang kamu sudah cukup paham apa perbedaan akun pribadi dan akun bisnis di IG. Sebab ulasan singkat di atas sudah cukup menjelaskan perbedaan keduanya. Nah di akhir tulisan ini sama-sama akan kita simpulkan apa perbedaan akun pribadi dan akun bisnis di instagram. Perbedaannya adalah sebagai berikut.

  • Akun pribadi mempunyai fitur yang terbatas namun lebih private, sedangkan akun bisnis punya banyak fitur tapi memang peruntukannya untuk publik.
  • Sebuah akun pribadi dapat berubah menjadi akun bisnis, namun akun bisnis perlu proses untuk kembali konversi ke akun pribadi.
  • Akun pribadi mempunyai pilihan close friend namun itu tidak ada di akun bisnis.
Baca juga :   5 Penyebab Jualan “Produk” Anda Tidak Laku di Instagram

Itulah beberapa perbedaan akun pribadi dan akun bisnis di ig yang bisa kami bagikan kepada anda. Jadi jangan bingung lagi ketika akun instagrammu tidak bisa diprivate. Itu berarti account-mu sudah menjadi professional. Semoga bermanfaat.