Panduan Membuat Artikel Di Website Pasti Jago

Panduan Membuat Artikel Di Website. Apa sih menulis artikel itu? Bagaimana menulis artikel? sesud menulis artikel apa yang harus dilakukan?

Banyak yang menyepelekan artikel, padahal jika kita mempunyai tulisan bagus dan dijadikan artikel tersebut dapat kita jual. Bagaimana cara menulis artikel yang sesuai dengan prosedur penulisan. Nah, disini akan ada penjelasan tentang menulis artikel.

Apa itu menulis artikel

Menulis artikel adalah kegiatan menyusun ide kreatif yang dituangkan dalam tulisan sehingga menjadi kalimat yang mempunyai tujuan di dalam tulisan tersebut, sehingga membuat orang berminat untuk membaca artikel yang kita buat postingan di website. Untuk menulis artikel tidaklah mudah, kita harus belajar dan memiliki pandangan luas agar muncul ide-ide yang ingin kita jelaskan menjadi sebuah artikel. Semua orang bisa saja menulis artikel dan menganggap remeh tentang penulisan artikel, tapi tidak semua artikel yang dibuat sesuai dengan prosedur tentang penulisannya. Selanjutnya disini akan membahas Panduan Membuat Artikel Di Website dengan prosedur yang baik dan benar. 

Cara menulis artikel website

Ada beberapa langkah-langkahnya Panduan Membuat Artikel Di Website agar artikel yang kita buat sesuai dengan metode penulisan dan menarik untuk dibaca. Langkah yang harus kita lakukan yaitu:

Menentukan kata kunci

Yang pertama harus dilakukan yaitu menentukan kata kunci atau judul dari artikel yang ingin kita gunakan, jika sudah menentukan kata kunci, nanti bisa ditambah dengan fungsi dari apa yang dibuat kata kunci atau ditambah nama kota. Tetapi kata kunci utama harus tetap ada di depan agar tidak mempengaruhi performa pencarian. Mencari kata kunci kita bisa pakai cara manual yaitu dengan mengetik kata kunci yang ingin kita gunakan di google pencarian. Untuk mengetahui tingkat kesulitan bisa dicek menggunakan allintitle diawal langsung diikuti kata kunci, semakin sedikit hasilnya yang muncul maka semakin besar peluangnya untuk memunculkan artikel kita di halaman pertama google.

Membuat kerangka artikel

Setelah menemukan kata kunci lanjut dicopy untuk membuat kerangka artikel dengan diseleksinya di related keywords dari kata kunci yang sudah ditentukan. Nanti yang muncul di keyword itu bisa digunakan untuk menjadi sub judul artikel kita. Tetapi tidak semua yang muncul di pencarian harus digunakan untuk sub judul, kita harus menyesuaikan artikel yang ingin kita buat. Jika artikel yang dibuat hanya 500 kata, maka bisa ambil 3 sub judul. Jika artikel mencapai 1000 kata, bisa menggunakan sampai 8 sub judul. Intinya semakin banyak kata yang dibuat artikel semakin banyak pula sub judul yang harus digunakan.

Menulis artikel

Yang dilakukan terlebih dahulu untuk menulis artikel di kalimat pertama harus ada kata kunci, setelah itu tinggal menulis isi artikel sesuai ide yang ingin ditulis. Di Dalam isi artikel juga harus menyisipkan beberapa kata kunci, dan diulang-ulang sesuai rumus. Beberapa rumus tentang penyisipan kata kunci, antara lain:

  1. Jika artikel kita sekitar 500 kata maka kata kunci bisa diulang 4 sampai 5 kali, dan penempatannya tidak di satu tempat, bisa juga ditempatkan di setiap paragraf satu kata kunci.
  2.   Jika artikel mencapai 1000 kata maka kata kunci yang harus diulang sekitar 8 sampai 10 kali, tetapi yang harus diperhatikan, terlalu banyak pengulangan kata kunci nanti akan membuat google mendeteksi menjadi spam atau pengulangan terlalu banyak, artikel akan menjadi tidak menarik untuk dibaca. Jadi menggunakan pengulangan kata juga harus menyesuaikan dari jumlah isi artikel yang kita buat.

Mengatur SEO artikel

Panduan Membuat Artikel Di Website Selanjutnya setelah selesai menulis artikel maka yang harus dipastikan terlebih dahulu yaitu kita mempunyai website yang nantinya digunakan untuk menginstall Yoast SEO dan memposting artikel. Setelah terinstal kita langsung membuka Yoast SEO. Untuk mengatur atau menulis kata-kata atau bisa juga menyalin sebagian dari isi artikel yang ditempatkan di meta description agar website bisa terindex di google.  ada 3 jenis Meta description, antara lain:

  1.    Untuk yang pertama Meta deskripsi website di dalam web biasanya digunakan agar bisa menginstal yoast SEO.
  2.   Meta deskripsi page yaitu menu-menu di dalam artikel yang sudah kita posting, biasanya berisi profil, contact us dan sebagainya.
  3.   Yang terakhir Meta deskripsi artikel bisa juga disebut postingan, biasanya kolom diisi dengan ulasan artikel yang sudah dipilih atau dibuat. Nanti di laman google muncul di bawah judul artikel yang akan mempunyai peluang untuk di dibuka oleh orang karena berminat dan dinilai artikel tersebut sesuai apa yang dicari.

Cara memposting artikel di website

Setelah semua artikel sudah siap maka kita tinggal memposting hasil artikel kita di dalam website yang juga sudah kita buat. Memposting artikel sendiri harus melalui langkah-langkah postingan, langkah-langkah memposting artikel tersebut antara lain:

  1.   Yang pertama harus dilakukan click ke post dan pilih add new
  2.   Masukkan judul artikel yang sudah dibuat dan bisa ditambah dengan nama kota atau imbuhan kata lainnya, akan tetapi tetap harus sesuai dengan fakta isi artikel agar tidak membuat kecewa orang yang membukanya, karena itu akan berpengaruh juga ke postingan-postingan lainnya di dalam website kita.
  3.   Setelah judul artikel tinggal menulis ide kita yang ingin dijadikan artikel atau menyalin hasil artikel yang dibuat, dan ditempatkan di kotak yang sudah disediakan, dan tidak lupa kata kunci ditulis awal paragraf.
  4.   Mengatur sub judul dengan mengubah menjadi Penajukan 2, jika nanti ada poin-poin bisa diubah menjadi penajukan 3. Untuk penajukan 1 sudah masuk di judul jadi tidak perlu diatur.
  5.   Selanjutnya kata kunci disalin di yoast SEO, dan jika masih ada tanda merah maka harus disesuaikan sampai simbol atau tanda yang ada menjadi hijau.
  6.   Menambahkan gambar untuk artikel yang dibuat, gambar tersebut harus dikasih nama sesuai dengan apa yang ada di kata kunci artikel.
  7.   Mengatur kategori artikel yang dibuat.
  8.   Sebelum memposting harus mengatur tag yang juga bisa disebut potongan-potongan kata kunci. Kita bisa memakai 5 sampai 10 tag
  9.   Setelah semua selesai disimpan draf baru setelah itu artikel bisa diposting.

Itu tadi rangkaian penjelasan tentang Panduan Membuat Artikel Di Website. Jika kita ingin menguasai untuk pembuatan artikel yang sesuai prosedur di website kita harus ada pembiasaan serta banyak-banyak lagi belajar tentang artikel, dikarenakan menulis artikel itu tidak mudah dan tidak bisa dikuasai dengan cepat.

Namun jika nanti kita sudah terbiasa dengan menulis artikel maka akan terasa gampang. Untuk mempelajari banyak tentang artikel lainnya bisa juga untuk membuka website dosenjualan.com

Baca juga :   Cara Jadul yang Masih Ampuh Buat Iklan ini Trik Iklan di FB Ads