Kata-Kata Promosi Menjelang Lebaran

Kata-Kata Promosi Menjelang Lebaran

Kata-Kata Promosi Menjelang Lebaran. Buat kalian yang saat ini sedang menjalankan bisnis, pastinya kalian ingin produk kalian laku dan dibeli banyak orang, kan? Nah, untuk mencapai goal tersebut, maka kalian wajib mempromosikan produk kalian! Terutama di momen menjelang lebaran, biasanya orang-orang akan melakukan jumlah pembelian lebih banyak dari biasanya, lho. Bagaimana? Yuk simak kata-kata promosi menjelang lebaran berikut supaya keuntungan kalian bisa melesat ya!

Namun, sebelum mengetahui deretan contoh kalimat promosi yang kreatif, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu bagaimana strategi dalam memberikan diskon, jenis-jenis promo, tahapan dalam menentukan promo lebaran dan langkah menentukan strategi harga promo ya. Supaya pemahaman dan teknik yang akan kalian terapkan benar.

Strategi Pemberian Diskon atau Potongan Harga

Pemberian diskon atau potongan harga adalah salah satu strategi bisnis yang kerap kali digunakan  oleh para pebisnis. Karena pemberian harga khusus dapat mempengaruhi psikologi customer. Pada dasarnya pemberian diskon tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, lho. Apabila menggunakan strategi yang terencana, maka diskon atau penawarannya dapat menarik pelanggan baru dan meningkatkan omzet berkali-kali lipat.

Nah, sebelum menetapkan sistem harga produk atau memberikan promo edisi lebaran, kalian harus terlebih dahulu merencanakan dan memeriksa struktur harga produk, ya! Tujuannya adalah untuk memastikan agar margin keuntungan kalian tetap seimbang bahkan dapat meningkat dari bulan-bulan yang sebelumnya.

Jenis-Jenis Promo Lebaran

Berikut ini beberapa jenis promo lebaran yang bisa kalian tawarkan pada customer adalah:

Kupon Belanja; dapat diberikan apabila customer sudah melakukan pembelian produk kalian dalam jumlah tertentu atau telah mengikuti event promo yang berhadiahkan kupon belanja.

Buy One Get One Free; promo jenis ini memiliki tujuan untuk memberikan nilai tambahan pada pelanggan. Kalian tidak hanya bisa memberikan satu produk yang sama untuk satu atau beberapa pembelian, tetapi kalian juga bisa mengeluarkan produk yang kurang laku sebagai produk gratisnya.

Baca juga :   Trik Jadul Iklan FB ADS yang Menguntungkan

Pemberian Harga Khusus; Pemberian harga khusus seperti misalnya Rp. 99.990 akan memberikan efek psikologis pada keputusan pembelian customer. Walaupun sebuah produk berharga Rp. 99.990, customer tetap saja beranggapan masih lebih murah dari pada Rp. 100.000

Diskon; diskon atau potongan harga dapat kalian berikan dengan kisaran 5% sampai 10% atau dapat juga kalian berikan dengan persentase yang lebih besar seperti 20% atau 25% untuk mendorong penjualan.

Promo Cuci Gudang; promo yang satu ini bertujuan untuk menghabiskan seluruh produk kalian yang ada di gudang. Biasanya promo ini dilakukan untuk menutup akhir tahun atau pada saat penjualan mengalami penurunan. Persentase pemberian diskon biasanya cukup besar yaitu sekitar 50% hingga 70%, cukup banyak bukan?

Promo Gratis Ongkir; biaya pengiriman atau ongkos kirim kerap kali menjadi salah satu masalah terbesar untuk menunda pembelian. Mahalnya biaya pengiriman dari pada harga produk sama saja seperti customer membeli 1 produk dengan harga 2 produk. Maka tidak heran apabila banyak calon customer yang meninggalkan keranjang belanja sebelum proses transaksi karena melihat biaya ongkir.

Sebagai solusinya, strategi promo gratis ongkir dapat dilakukan untuk mendorong minat pembeli. Jenis promo ini biasanya menggunakan persyaratan minimal jumlah order untuk meningkatkan nilai pesanan dalam sekali pemesanan.

Tahapan dalam Menentukan Promo Lebaran

Beberapa tahapan yang harus kalian lakukan dalam menentukan promo lebaran antara lain:

  • Amati perilaku konsumen saat menjelang lebaran

Umumnya, para customer akan melakukan pembelian lebih banyak dari biasanya ketika menjelang lebaran. Oleh karena itu, perilaku yang menjadi kebiasaan menjelang lebaran ini bisa kalian jadikan sebagai faktor untuk meningkatkan omzet dan penjualan, lho. Pandai-pandailah dalam melihat peluang.

  • Atur waktu dalam melakukan promosi secara online

Ada waktu-waktu tertentu dimana customer lebih banyak mengakses internet selama bulan Ramadan, misalnya waktu menjelang buka puasa, waktu sahur atau siang hari. Tugas kalian adalah mencari tahu kapan para customer menghabiskan paling banyak waktunya untuk berselancar di internet atau sosial media.

Baca juga :   Cara Follow Up Agar Cepat Closing, Jangan Sampai Kendor

Ketika sudah mengetahui waktunya, pada saat itu jugalah waktu yang tepat bagi kalian untuk melakukan promosi secara online. Karena kemungkinan besar mereka akan melihat promosi yang kalian iklankan di jam tersebut.

  • Buatlah konten promosi yang menarik

Konten promosi yang kalian buat harus menarik dan eye-catching dan akan lebih baik apabila nuansanya mencerminkan kondisi bulan Ramadan dan menyambut hari Raya Idul Fitri. Tujuannya adalah supaya konten promosi lebih related dan menyentuh hati para customer.

Contoh kontennya adalah seperti pemberian lambang bulan sabit yang merupakan simbol dari umat muslim, lentera yang memiliki makna pencerahan, kaligrafi berbahasa Arab dan background yang berwarna hijau dan masih banyak lagi.

 

Langkah Menentukan Strategi Harga Promo Lebaran

Sebelum menentukan strategi harga promo lebaran yang akan kalian tawarkan, ada baiknya kalian mengikuti langkah-langkah berikut ini. Tujuannya adalah untuk dapat menarik minat customer dan memberikan dampak yang positif terhadap bisnis kalian.

  1. Identifikasi margin keuntungan, break-even point dan mark-up harga yang masuk akal
  2. Tentukan jenis penawaran yang ingin kalian berikan. Apakah diskon, promo cuci gudang, promo gratis ongkir, buy one get one free dan lainnya.
  3. Cari tahu apa yang kompetitor kalian lakukan dalam meningkatkan penjualan mereka, termasuk diskon dan promosi yang mereka lakukan.

 

Setelah mendapatkan penjelasan yang cukup mendalam mengenai pemberian promo menjelang lebaran, maka sekarang kita akan membahas tentang kata-kata promosi menjelang lebaran yang bisa kalian tiru. Yuk simak sampai selesai ya!

Kata-Kata Promosi Menjelang Lebaran

Simak beberapa contoh kalimat promosi kreatif berikut ini:

  • Gunakan Edisi Terbatas

Untuk membuat kata promosi menjelang lebaran yang menjual, kalian bisa mempromosikan produk kalian sebagai edisi terbatas dan hanya ada ketika menjelang lebaran saja.

Baca juga :   Contoh Kata Kata Pesan Diluar Jam Kerja, dalam Whatsapp Business

“Mukenah ‘Ramadan Pashmina” bisa kalian beli di Shopee sekarang juga ya! Limited Edition dan jumlahnya terbatas”.

  • Mainkan Perasaan atau Empati

Selama bulan Ramadan, perasaan atau emosi yang paling kuat biasanya adalah perasaan kepada keluarga terutama kepada orang tua. Kalian bisa manfaatkan kecenderungan emosi ini untuk menarik perhatian customer, lho.

“Bagikan hampers makanan untuk keluarga-keluarga tercinta”

“Baju lebaran terbaik untuk ibu tersayang”

  • Berikan Diskon

Contoh kata promosi menjelang lebaran yang terakhir adalah dengan memberikan kata-kata diskon. Dalam situasi apapun, diskon yang dilakukan dengan benar akan selalu berhasil menarik orang-orang untuk membeli produk kalian. Namun, pada momen menjelang lebaran, kalian perlu membuatnya sedikit berbeda dari biasanya dengan menambahkan kata “promo Ramadan”.

“Diskon Spesial Ramadan, beli 2 Pashmina, GRATIS 1 Mukenah”

“Promo Spesial Lebaran hingga 60%. Hanya sampai tanggal 31 April 2022”

Informasi di atas semoga bisa menambah pengetahuan dan membantu kalian dalam menetapkan promo lebaran. Praktekkan semua cara-cara di atas dengan benar, maka keuntungan yang akan kalian peroleh tidak perlu diragukan lagi. Semoga berhasil ya!

Hotmaria S

Pengunjung juga mencari:

  • kata2 promosi dapat voucer diskon