Cara Mendaftarkan Usaha ke GoFood 2022

Cara Mendaftarkan Usaha ke GoFood

Cara Mendaftarkan Usaha ke GoFood 2022. GoFood atau GrabFood tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Terutama pada saat pendemi Covid-19 melanda, mayoritas orang memilih untuk membeli makanan secara online melalui aplikasi. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi ke luar rumah dan mengurangi risiko penularan virus corona. Perubahan perilaku konsumen ini bisa sangat menguntungkan pelaku bisnis apabila dimanfaatkan dengan baik, lho. Pasalnya, bahkan pedagang kaki lima pun memiliki kesempatan untuk menjajakan dagangannya secara online melalui aplikasi apabila memenuhi persyaratannya. Oleh karena itu, mari simak cara mendaftarkan bisnis di Gojek berikut ini yang terdiri atas 2 bagian: Cara mendaftarkan usaha di GoFood dan cara mendaftarkan usaha di GrabFood.

Cara Daftar GoFood 2022

Mendaftarkan usaha ke GoFood bisa kalian lakukan melalui aplikasi GoBiz terbaru, lho. Cara Mendaftarkan Usaha ke GoFood 2022 cukup mudah! Pada aplikasi GoBiz, kalian bisa memanfaatkan Daftar Mandiri untuk melakukan pendaftaran, mengecek status verifikasi hingga aktivasi akun secara mandiri.

Ada dua jenis tipe usaha yang bisa kalian daftarkan di GoFood, antara lain:

  1. Usaha milik pribadi; yaitu usaha yang dimiliki secara perorangan dan sebelumnya belum pernah terdaftar di GoBiz
  2. Usaha milik perusahaan; yakni usaha yang tidak dimiliki secara perorangan dan sudah memiliki badan hukum terpisah, misalnya PT, CV, Yayasan.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk mendaftarkan usaha ke GoFood melalui aplikasi GoBiz. Yuk simak sampai selesai!

  1. Download aplikasi GoBiz melalui Play Store, lalu klik Daftar Gobiz
  2. Pilih jenis pendaftaran sesuai dengan tipe usaha kalian
  3. Isi data pemilik atau pengguna sesuai dengan data pemilik yang ditunjuk oleh perusahaan, misalnya direktur perusahaan atau wakil lain yang sudah ditentukan. Kemudian, klik Kirim data pemilik/pengguna. Email dan nomor HP yang kalian isi pada halaman pengisian data akan digunakan untuk menerima pesan komunikasi tentang proses pendaftaran, masuk ke aplikasi GoBiz, laporan pendapatan, validasi perubahan data rekening dan hal-hal penting lainnya.
  4. Masukkan kode OTP yang kalian terima melalui SMS, lalu klik Konfirmasi
  5. Lengkapi data usaha sesuai dengan tipe usaha yang kalian pilih
  6. Pastikan semua data sudah kalian lengkapi
  7. Centang dan pelajari Syarat & Ketentuan, lalu klik Verifikasi data usaha saya dan pilih Kirim
  8. Selanjutnya data usaha kalian akan diverifikasi selama kira-kira 2 hari kerja
  9. Setelah terverifikasi, proses selanjutnya aktivasi layanan GoFood. Kalian akan diminta untuk melengkapi data-data: Profil restoran, daftar menu dan jam operasional.
Baca juga :   Kursus Jualan Online Bandung ke Kampus Dosen Jualan Aja

Perhatian: Kalian sebaiknya selalu mengecek email dan aplikasi GoBiz secara berkala, ya selama dalam proses pendaftaran untuk mengetahui hasil dan langkah selanjutnya.

 

Biaya Daftar GoFood

Untuk biaya pendaftarannya sendiri kalian tidak perlu khawatir. Pasalnya, pendaftaran GoFood melalui aplikasi GoBiz ini sangat murah dan tidak dipungut biaya apapun. Sementara untuk biaya layanan GoFood terbaru yaitu: Setiap transaksi GoFood yang diproses melalui aplikasi GoBiz akan dikenakan biaya sebesar 20 persen dari nilai transaksi. Biaya tersebut masih ditambah Rp. 1.000 per transaksi (untuk wilayah Jabodetabek)/Rp. 800 per transaksi (untuk wilayah di luar Jabodetabek).

Cara Daftar GrabFood

Cara Mendaftarkan Usaha ke GoFood 2022 juga cukup mudah. Karena kalian bisa melakukan pendaftaran secara online. Selain itu, biaya pendaftarannya pun gratis, lho! Nah, sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya kalian memperhatikan dan memenuhi persyaratannya terlebih dahulu:

Syarat Daftar GrabFood Merchant

  1. Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku dengan jelas. Jika KTP dalam kondisi rusak atau fotonya buram, kalian bisa lampirkan dokumen tambahan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), paspor atau Kartu Keluarga (KK)
  2. Harus ada foto diri dengan memegang KTP dengan jelas
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) asli dan difoto
  4. Mencantumkan foto daftar menu restoran lengkap beserta harganya yang akan ditampilkan pada aplikasi Grab
  5. Yang terpenting foto makanan sesuai dengan menu. Foto makanan boleh lebih dari satu
  6. Yang terakhir foto tampak luar restoran. Pastikan restoran terlihat jelas dan lengkap dengan tulisan nama resto yang ada di spanduk, stieker atau kertas jelas. Untuk outlet rumahan, kalian perlu melampirkan foto pemilik dengan banner
  7. Foto tampak dalam restoran. Dalam foto tersebut, pastikan terlihat kasir, meja makan atau dapur dengan jelas, ya. Outlet rumahan wajib memperlihatkan foto pemilik resto beserta produk makanan yang dijual dalam dapur. Wajah pemilik restonya pun harus sesuai dengan foto yang ada di KTP dan pastikan wajah pemilik toko dan produk makanan menghadap ke kamera dan tampak jelas.
  8. Foto logo restoran (jika ada)
  9. Foto buku tabungan atau tampilan e-banking. Pastikan nomor rekening tampak jelas. Lampirkan juga surat kuasa jika pemilik rekening berbeda dengan penanggung jawab utama usaha.
Baca juga :   Waktu Pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadan

Nah, setelah menyiapkan dan melengkapi persyaratan di atas, kita akan lanjut ke cara mendaftarkan usaha ke GrabFood.

Cara Mendaftarkan Usaha ke GrabFood secara Online

  1. Buka link https://www.grab.com/id/merchant/food/?grab_external=true
  2. Isi formular berupa nama restoran, alamat restoran, nama pemilik, alamat email dan nomor ponsel, kemudian pilih Daftar
  3. Tunggu sekitar 15 menit untuk melakukan proses verifikasi via email
  4. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke alamat email pada link yang telah disediakan
  5. Pilih tipe pendaftaran GrabFood, seperti merchant baru atau penambahan outlet, lalu pilih Next
  6. Selanjutnya, isi informasi tentang pemilik usaha dan penanggung jawab usaha, lalu klik Next
  7. Unggah foto KTP, selfie sambil memegang KTP, NPWP, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Pastikan seluruh dokumen yang kalian unggah masih berlaku dan tampak jelas ya!
  8. Lengkapi informasi restoran dengan mengunggah foto restoran, foto menu dan lainnya
  9. Kemudian, tim GrabFood akan mengirimkan email berisi kontrak yang wajib ditandatangani oleh pemilik usaha
  10. Pemilik usaha akan diminta kembali melakukan verifikasi email outlet dengan batas waktu selama 72 jam
  11. Lalu, pemilik usaha harus melakukan proses verifikasi OVO sebagai platform pembayaran antara penjual dan pembeli GrabFood. Selanjutnya, tim OVO akan menghubungi pemilik usaha tersebut untuk melakukan validasi informasi terkait bisnis yang didaftarkan
  12. Terakhir, pemilik usaha akan menerima email berisi bahan training tentang cara menggunakan aplikasi.

Sangat mudah bukan Cara Mendaftarkan Usaha ke GoFood 2022 dan GrabFood merchant meskipun mungkin dokumen yang diperlukan cukup banyak. Hal ini tentu bertujuan baik, yaitu untuk menjamin keamanan GoFood dan GrabFood merchant dengan pembeli, kok.

Penjelasan di atas tentunya memberikan informasi pada kalian mengenai cara mendaftarkan bisnis di Gojek. Bagikan artikel ini ke teman-teman kalian juga yang membutuhkan ya! Yuk ikuti cara daftar GoFood atau daftar GrabFood merchant di atas! Semoga berhasil.

Baca juga :   Pembicara Webinar Terkenal KDJ Mengisi Mentoring Onboarding Bank BI

 

Hotmaria S