Cara Live di Shopee Agar Banyak Penonton

Cara Live di Shopee Agar Banyak Penonton

Cara Live di Shopee Agar Banyak Penonton. Tahukah kamu, Shopee terdapat fitur untuk melakukan live stream. Fitur ini bernama Shopee Live. Dengan Shopee Live, kamu bisa memikat calon konsumen dengan penjelasan produk secara langsung dan interaktif. Lalu bagaimanakah cara jualan live di Shopee ini,  cara live di shopee bagi pemula serta syarat dan menentukan judul di live shopee ? Sebelum itu, simak penjelasan dari kami mengenai Shopee Live berikut ini.

Fitur Shope Live merupakan layanan live streaming yang memungkinkan para seller untuk menampilkan produk secara langsung. Dengan demikian calon konsumen pun akan semakin yakin untuk membeli produk-produk setelah melihat visual produk sesuai dengan keinginan.

Penjual pun dapat berinteraksi langsung dengan para penonton atau calon konsumennya tanpa meninggalkan halaman live streaming tersebut. Calon konsumen pun juga dapat mengajukan terkait pertanyaan-pertanyaan tentang produk melalui kolom komentar. Selain itu, calon konsumen juga dapatlangsung membeli barang melalui menu di fitur Shopee Live tanpa perlu meninggalkan live streaming.

judul live shopee yang menarik

salah satu cara agar Live Streaming kamu disaksikan olehak  ba penonynton dan dalam waktu yang lama adalah konten yang menarik dan tepat sasaran. Bayangkan, jika calon pembelimu sudah memiliki ekspektasi tinggi saat ingin menonton tayangan live-mu, namun konten yang kamu bawakan tidak sesuai dengan mereka, pasti mereka akan kecewa dong ya? Alih-alih menonton sampai habis, kamu mereka malah meninggalkan Live Streaming-mu. Agar hal itu tidak terjadi, kamu perlu membuat konten yang menarik dan sesuai dengan kategori produk.

Nggak perlu khawatir, kami telah menyiapkan Rumus untuk membuat judul live streaming Shopee yang  menarik.

Gunakan judul live streaming yang dapat mengundang daya tarik calon pembeli. Selipkan produk dan promo pada judul agar pembeli tertarik ya. Rumus penamaan judul live streaming yang menarik adalah Nama Produk + Promo. Berikut contoh judul yang menarik untuk live streaming.

  1. Beli TV GRATIS TV!
  2. ROMANO Disc Up To 50%
  3. Diskon Gede Pomade SMITH hingga 50%!
  4. Blouse This is April Beli 1 Gratis 1
  5. Nevada Cuci Gudang! Stok Terbatas!
Baca juga :   Cara Mengaktifkan Quick Reply Whatsapp Bisnis Biar Gak Dikira Sombong Sama Customer

Dari kelima contoh di atas, semuanya bisa membuat pembeli tertarik karena kalimat promo yang kamu berikan.

cara live di shopee bagi pemula

Cara live di Shopee bagi pemula sebenarnya sangat amat mudah. Kamu tinggal buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu ‘Saya’. Lalu, scroll ke bawah hingga menemukan ‘Live Streaming’.

  1. Buka Aplikasi Shopee dan Pilih Menu ‘Saya’

Buka aplikasi Shopee yang ada di smartphone kamu, kemudian masuk ke menu ‘Saya’. Scroll ke bawah, maka kamu akan menemukan tombol ‘Live Streaming’.

  1. Tambahkan Data yang Diperlukan untuk Live Streaming

Tambahkan data-data yang diperlukan untuk live streaming di Shopee dengan jelas dan lengkap, yaitu judul, deskripsi, foto, dan produk yang akan ditampilkan saat streaming.

  1. Mulai Live Streaming di Shopee

Jika sudah siap, kamu bisa klik tombol ‘Mulai Live Streaming’ dan sesi streaming akan segera berlangsung. Pengikut toko kamu akan mendapatkan notifikasi. Kamu bisa memunculkan produk toko yang sudah dipilih sebelumnya dengan klik tombol berbentuk tas belanja di pojok kiri bawah. Jika ingin mengakhiri sesi live streaming Shopee, cukup klik tombol ‘ X ‘ di ujung kanan atas.

syarat live di shopee

Setelah mengetahui bagaimana cara memulai LIVE di Shopee, kini saatnya Anda mencatat apa saja yang perlu Anda siapkan sebelum memulai sesi Livestream di Shopee. Berikut adalah beberapa persiapan yang tidak boleh Anda lewatkan saat ingin memulai Shopee LIVE:

Alur Program

Perlakukan sesi live stream kamu seperti layaknya menjalankan acara TV. Buatlah setlist acara yang jelas sehingga kamu dapat tetap berada pada tujuan awal yang mendorong kamu memulai sesi LIVE. Secara umum, ada empat poin dalam penyusunan alur program LIVE, yaitu:

  • Sesi pembukaan. Anda hanya membutuhkan kurang lebih 30 detik dalam sesi ini. Tujuan dari sesi ini adalah untuk memberi perkenalan tentang tujuan dari dibuatnya sesi livestream yang sedang berjalan.
  • Topik utama. Pada sesi ini, Anda mulai memperkenalkan produk-produk yang ingin Anda promosikan. Durasi dari sesi ini juga tergantung pada banyak tidaknya produk yang Anda munculkan dalam sesi live stream.
  • Sesi CTA atau Call to Action. Pada sesi ini, audience yang menonton live stream Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan voucher dan hadiah yang telah Anda sediakan. Jika Anda juga mengadakan giveaway, sesi ini adalah waktu yang tepat untuk mengumumkan pemenang.
  • Sesi penutup. Pada sesi ini Anda dapat memberikan ucapan terimakasih atas partisipasi para penonton yang sudah meluangkan waktu hadir dalam livestream Anda sekaligus mengumumkan jadwal live stream Anda berikutnya, jika ada.
Baca juga :   Teknik Pengambilan Video Cinematic Bikin Video Jadi Lebih Estetik

Peralatan Livestreaming dan Backdrop yang Mendukung

Cara Live di Shopee Agar Banyak Penonton. Sesi live streaming tidak akan berjalan dengan sempurna jika tidak didukung oleh peralatan yang mumpuni. Beberapa peralatan yang wajib untuk Anda persiapkan saat ingin melakukan live streaming antara lain:

  • Kamera. Pastikan Anda menggunakan kamera dengan kualitas gambar yang jernih dan bagus.
  • Tripod. Untuk menjaga agar gambar yang terekam saat live stream berlangsung tetap stabil, Anda perlu menggunakan tripod sebagai penyangga.
  • Microphone external. Anda perlu memastikan suara Anda terdengar jelas agar penjelasan Anda tentang setiap produk dapat dipahami dengan jelas oleh audiens. Karena itu, memasang microphone external sangatlah diperlukan.
  • Koneksi internet yang stabil. Dalam menjalankan siaran langsung, koneksi internet merupakan hal utama yang harus Anda periksa. Pastikan Anda terkoneksi pada jaringan 4G di ponsel pintar Anda ditambah dukungan WiFi dengan kecepatan minimal 5 Mbps. Nyalakan keduanya saat siaran berlangsung demi menjaga kelancaran siaran langsung.
  • Pencahayaan. Pastikan cahaya dalam ruangan tempat siaran live stream berlangsung tidak terlalu gelap maupun terlalu terang. Anda dapat memanfaatkan bantuan ring light jika diperlukan.

Lakukan pengecekan terhadap setiap peralatan yang Anda gunakan untuk memulai siaran langsung. Untuk berjaga-jaga, pastikan Anda telah menyediakan baterai cadangan di daerah yang dapat Anda jangkau dengan tangan.

Anda juga perlu memastikan ruangan tempat Anda akan menjalankan livestream dalam kondisi layak. Artinya, pastikan background / backdrop pada area pengambilan gambar selama livestream terlihat rapi dan bersih. Jangan lupa nyalakan fitur “Do Not Disturb” pada ponsel yang akan Anda gunakan untuk melangsungkan siaran LIVE sehingga Anda tidak akan terganggu oleh notifikasi pesan masuk selama LIVE berjalan.

Baca juga :   Trik Berbisnis Make Up dari Anisa Kusuma, Sang Manajer Fabil Beauty Group

cara pin komentar di live shopee

Cara Live di Shopee Agar Banyak Penonton. Jika Anda mengadakan giveaway, memberikan informasi penting, atau highlight produk, tulis komentar dalam streaming Anda dan pin komentar tersebut untuk ditampilkan pada bagian paling bawah komentar secara permanen selama streaming.

Berikut adalah beberapa contoh kapan Anda harus pin komentar:

  • Mengajak penonton untuk tonton streaming hingga akhir karena akan ada voucher/giveaway.
  • Memberitahu Syarat & Ketentuan promosi toko Anda atau informasi lainnya yang perlu diketahui penonton.
  • Mengajak penonton untuk klik Like sebanyak-banyaknya/berdasarkan jumlah likes yang diinginkan.
  • Mengingatkan penonton untuk mengikuti toko Anda dan menonton sesi streaming yang akan datang.

Anda bisa pin komentar untuk ditampilkan di bagian bawah kolom komentar dengan memilih Pin Komentar. Untuk unpin komentar, klik komentar yang sudah di-pin, lalu klik Unpin Komentar. Itulah beberapa tips dan Cara Live di Shopee Agar Banyak Penonton. Semoga bermanfaat.