Materi Dasar Digital Marketing di Kampus Dosen Jualan

Materi Dasar Digital Marketing

Materi Dasar Digital Marketing di KDJ –Hari ini kita sampai pada hari di mana dunia digital dan internet sudah mempengaruhi sendi-sendi kehidupan manusia. Saat ini hampir tidak ada yang tidak meng-online-kan segala hal. Mulai dari warung, toko, kios, hingga lapak semuanya memasang jejaring virtual untuk menggaet customer. Jumlah pemasaran barang dan jasa lewat internet meningkat dengan pesat, mengakibatkan banyak pelaku bisnis harus mengupgrade diri agar mampu bersaing dengan kompetitornya.

Di balik gempita digitalisasi barang dan jasa itu ternyata terselip cerita dari sebuah sisi, bahwa ternyata masih banyak pebisnis yang tidak tahu kemana akan membawa arah bisnisnya. Mereka sebenarnya ingin mengejar ketertinggalan, namun kadang perkembangan teknologi bergerak terlalu cepat sehingga mereka tidak pernah berhasil sampai ke sana. Dari sinilah Kampus Dosen Jualan hadir sebagai mitra bagi pebisnis online yang ingin mengikuti perkembangan teknologi. KDJ adalah mitra yang setia membantu pengembangan bisnis online yang masih mau dan mampu untuk belajar, untuk mengejar ketertinggalan.

Kampus Dosen Jualan aktif kembali setelah sempat terhantam badai pandemi pada bulan Juni 2020. Dari sinilah Kampus Dosen Jualan kembali menemukan jati dirinya, sebagai sekolah digital marketing untuk pemula maupun menengah. KDJ tidak minder dengan sematan tersebut, justru itu adalah pelecut semangat bagi KDJ untuk membersamai pebisnis-pebisnis yang mempunyai semangat belajar tinggi. Kampus Dosen Jualan adalah rumah kedua bagi pebisnis online yang mempunyai masalah, bisnisnya gulung tikar, maupun anak muda yang penuh daya juang dan semangat. Mereka senang dan bangga menjadi bagian dari Kampus Dosen Jualan. Sebenarnya apa kelebihan Kampus Dosen Jualan dari segi materi maupun pembelajaran digital marketing?

Baca juga :   Pilih Karir atau Keluarga ? Mana yang Lebih Utama

Materi Dasar Digital Marketing di Kampus Dosen Jualan

Kita Bisa Menyebut bahwa materi dasar digital marketing di Kampus Dosen Jualan sangat ramah pada pemula. Banyak orang yang bukan pemain online marketing ternyata dapat merasakan manfaat setelah beberapa hari belajar ilmu di KDJ. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya peserta Inkubator Jualan Online (Program Tiga Bulanan) merupakan pebisnis pemula yang kebanyakan lulusan SMA dan SMK. Mereka menganggap materi di Kampus Dosen Jualan sangat mudah diterapkan dan tidak terlalu ribet untuk orang yang baru belajar. Lalu seperti apa gambaran materi dasar digital marketing di Kampus Dosen Jualan?

Belajar Jurnal Digital Marketing Yess, Praktek Yess

Konsep pembelajaran di Kampus Dosen Jualan adalah 20% Teori, dan 80% Praktek. Kampus Dosen Jualan sama sekali tidak menyepelekan teori karena teori adalah landasan pengetahuan awal. Namun porsi teori tidak seberapa besar daripada praktek. Kampus Dosen Jualan mempunyai tagline, BELAJAR SAMBIL PRAKTEK. Jadi peserta yang belajar di KDJ harus membawa peralatan belajar sendiri agar proses pembelajaran dapat lancar dan praktek langsung di tempat. Terkadang ada peserta yang belum sempat pulang ke kosannya, ternyata sudah mendapat closingan saat di dalam kelas. Sontak hal itu membuat kaget peserta lainnya. Namun Pak Dosen Jualan sudah tidak kaget dengan hal tersebut. Sebab memang materi yang diberikannya sangat aplikatif dan solutif. Hehe. Lalu apa rahasia Kampus Dosen Jualan dapat memformulasikan materi yang sejitu itu? Berikut adalah rahasianya.

Dari Jurnal Digital Marketing menjadi Ilmu Renyah Tiada Tara

Bagi pembelajar pemula, tentu belajar digital marketing adalah sesuatu yang susah. Ibarat belajar berenang saat tangan sudah tidak lagi lincah. Namun formulasi materi dasar digital marketing di Kampus Dosen Jualan sudah teruji oleh waktu dan pengalaman. Bapak Dosen Jualan, Suryadin Laoddang, sebagai penggagas KDJ sudah merancang ilmu itu dari banyak jurnal digital marketing ilmiah internasional. Lalu beliau mengujinya secara otodidak pada bisnis beliau, kemudian jika berhasil akan diajarkan kepada seluruh peserta KDJ yang bergabung di kelas beliau. Pak Suryadin Laoddang mempunyai banyak buku rujukan digital marketing, bahkan makalah dari universitas tentang pemasaran. Beliau mempelajari itu semua lalu merubahnya menjadi materi digital marketing yang asik untuk kita pelajari.

Baca juga :   Di kelas IJO, Database Email Senjata bagi para pengusaha

Anak-anak KDJ tidak Berarti tidak Bisa Bikin Makalah Digital Marketing

Memang materi dasar digital marketing di KDJ kita sajikan secara renyah dan gampang kita kunyah, namun tidak berarti materi di KDJ cenderung permukaan. Banyak yang bilang bahwa materi di KDJ sangat runtut dan mudah untuk dipahami. Bahkan ada beberapa alumni yang mendirikan sekolah serupa termotivasi oleh ilmu yang ada di KDJ. Hal ini dapat menjadi indikator bahwa ilmu di KDJ selain renyah dan gurih ternyata juga merupakan ilmu daging yang tidak sembarang orang dapat  menguasai.

Treatment yang Bapak Dosen Jualan gunakan untuk mendidik peserta pelatihan adalah dengan menyuruh menuliskan resume atau ringkasan dari materi. Banyak peserta malah membuat makalah digital marketing setelah melewati satu materi di KDJ. Hal ini merupakan sebuah bukti bahwa KDJ tidak hanya tempat untuk praktek, praktek, dan praktek. Tetapi juga kawah candradimuka untuk pebisnis online yang ingin mendalami digital marketing.

Materi Digital Marketing ppt ? NO. KDJ Biasa Pake Screen Proyektor Langsung Praktek

Kalau di kampus-kampus lain mungkin pembelajaran akan di sajikan di proyektor dengan sajian power point atau slide presentasi. Namun Kampus Dosen Jualan jarang sekali memakai metode terssebut. Di sini, baik peserta maupun pemateri sama-sama praktek bareng. Pemateri membagikan screen laptopnya kepada peserta di Proyektor. Melalui metode ini para peserta dapat mengetahui langkah-langkah sebuah cara dalam digital marketing secara langsung. Dengan begini ilmu yang terserap kepada peserta akan semakin banyak daripada hanya mendengarkan di slide power point.

Pemateri di KDJ Memberi Contoh Digital Marketing Secara Langsung

Belajar melalui contoh adalah sebaik-baiknya belajar. Dengan cara ini para peserta dapat melihat sendiri bagaimana runtutan pengetahuan sehingga bisa mereka dapatkan. Setiap ada kelas di KDJ dengan pemateri dari dalam maupun luar kampus, selalu menerapkan pemberian contoh konkret digital marketing. Misalnya para peserta sedang belajar Facebook ADS. Maka pemateri akan memberikan tutorial dan langkah-langkah dalam memasang Ads di Facebook. Selain itu pemateri juga akan mengecek satu persatu pekerjaan dari peserta sampai mereka mahir memasang iklan di facebook.

Baca juga :   Cara Menurunkan Spam score Blog dan Website

Konsep Digital Marketing di Kampus Dosen Jualan

Konsep digital marketing di kampus dosen jualan adalah belajar bisnis dari pemula sampai mahir. Artinya ilmu di KDJ berawal dari ketidaktahuan menuju pengetahuan. Ilmu di Kampus Dosen Jualan tidak memandang seberapa jauh pengetahuanmu namun seberapa besar capaianmu dari awal belajar sampai dapat menerapkan ilmu digital marketing. Banyak pelaku bisnis online di Jogja juga merupakan alumni Kampus Dosen Jualan, seperti Didik Arwinsyah, Kang Erdy, hingga Iswanto SEO. Mereka semuanya mendapatkan materi dasar digital marketing dari KDJ untuk kemudian berkembang sesuai bidangnya masing-masing. Oleh karena itu konsep di KDJ adalah tumbuh dan menumbuhkan. KDJ tumbuh, namun menumbuhkan tunas-tunas baru di sekelilingnya.

Artikel tentang Digital Marketing Ini Mewakili Orang yang Pernah Belajar di KDJ

Artikel ini tidak mewakili Kampus Dosen Jualan secara kelembagaan. Namun mewakili segenap orang yang pernah belajar di KDJ. Semoga tulisan ini menjadi refleksi kita semua, bahwa Kampus Dosen Jualan mempunyai keunikan tersendiri di hati orang-orang yang pernah belajar di dalamnya. Tentunya kita tidak dapat menerka-nerka apa saja materi digital marketing di Kampus Dosen Jualan hanya dari tulisan ini. Kalau mau, kalian dapat datang kapan saja di KDJ. Untuk belajar, juga untuk sharing ilmu. Terima kasih. Semoga bermanfaat.