Apa itu Facebook Ads?

fb ads

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang memiliki banyak pengguna. Seperti diktahui, Facebook memiliki pengguna kurang lebih 1 miliar dan merupakan jejaring sosial terbesar di dunia. Mulai dari kalangan remaja hingga orang tua sekarang ini menggunakan jejaring sosial yang satu ini.

Facebook tidak hanya digunakan untuk hiburan semata, namun sekarang ini banyak yang menggunakan Facebook sebagai media untuk beriklan atau mempromosikan suatu produk.

Sekarang ini, bisnis online sudah mulai menjamur dikalangan masyarakat. Mereka berbondong-bondong mempromosikan produknya melalui media sosial, salah satunya adalah Facebook. Hal ini karena semakin banyaknya pengguna Facebook dan semakin banyak pula orang yang ingin berbelanja dengan cara mudah dan praktis, sehingga omset penjualan akan mengalami peningkatan.

Cara beriklan di Facebook adalah dengan menggunakan Facebook Ads. Kira-kira apa yang kalian ketahui tentang Facebook Ads? Yuk temukan jawabanya di bawah ini!

 

Apa iu Facebook Ads?

Facebook Ads merupakan layanan berbayar yang dimiliki oleh Facebook dengan tujuan untuk mempromosikan berbagai macam produk dengan berbagai macam target pasar. Facebook Ads memberikan kemudahan kepada bagi para penggunanya untuk mempromosikan produk mereka. Selain itu, Facebook Ads memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengatur sendiri iklan produknya sesuai dengan kebutuhan. Semisal kalian ingin mempromosikan produk berupa pakaian dewasa, maka kalian dapat mengatur target pasarnya berdasarkan jenis kelamin, usia, status pernikahan, wilayah geografis, pendidikan dan lain-lain.

Iklan yang ditayangkan menggunakan layanan Facebook Ads hanya akan tampil di media sosial Instagram dan Facebook saja. Meskipun demikian, beriklan di Facebook Ads adalah pilihan yang tepat untuk kalian para pemilik usaha.

Kapan dan Dimana Facebook Ads didirikan?

Pada awal berdirinya, jejaring sosial Facebook diluncurkan dengan nama Face Mash yang didirikan pada Juli 2003, kemudian berganti nama menjadi Facebook. Facebook mulai diluncurkan pada 4 Januari 2004 oleh Mark Zuckerberk.

Baca juga :   Perluas Pemasaran Produk dengan Ikuti Bimbingan Digital Marketing Bisnis Online

Facebook adalah jejaring sosial asal Amerika dan juga berbasis di Menlo, California, Amerika Serikat. Kemunculan Facebook ini disambut dengan antusiasme yang luar biasa dari para pendaftar. Hal ini membuat Mark Zuckerberk merasa kewalahan, dan kemudian mencari patner untuk membantunya dalam mengelola programnya. Kemudian Dustin Moskovitz bergabung bersama Mark Zuckerberk lalu disusul oleh 2 orang teman lainya yakni Andrew Mc Collum dan Chris Hugheshyang. Mereka membantu dalam memperkenalkan Facebook kepada publik.

Untuk mengembangkan bisnisnya ini, Mark Zuckerberk juga dibantu ole teman dekatnya, Eduardo Saverin dengan investasi sebesar $1.000.

Pada awal kemunculannya, Facebook hanya dikhususkan untuk Mahasiswa/Mahasiswi Harvard saja. Dengan demikian pengguna Facebook hanya dari anggota yang memiliki email Harvard. Seiring perkembangannya yang sangat pesat, pada 26 September 2006, Facebook mulai dibuka untuk universitas lain di dunia.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, Facebook mulai digunakan untuk beriklan. Kemudian Facebook mengeluarkan Facebook Audience Network yang digunakan di aplikasi mobile. Dari situlah Facebook Ads mulai bisa diakses melalui business manager.

Di Indonesia sendiri Facebook Ads mulai popular pada tahun 2010 lalu. Namun penggunanya belum banyak hanya beberapa kalangan saja. Kemudian pada 2014, Facebook Ads sudah mulai dikenal oleh hampir seluruh kalangan dan siapapun bisa mengaksesnya.

 

Siapa Pengguna Facebook Ads?

Layanan Facebook Ads tidak hanya digunakan oleh perusahaan skala kecil namun perusahaan berskala besarpun juga mengggunakan Facebook Ads untuk memngiklankan atau memasarkan produknya. Seperti yang kita ketahui banyak bisnis-bisnis kecil yang sudah menggunakan Faceboo Ads sebagai media promosi. Perusahaan besar yang menggunakan Facebook Ads antara lain Mozilla, Microsoft dan perusahaan besar lainnya.

 

Kenapa Harus Facebook Ads?

Kenapa banyak perusahaan yang menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan atau mempromosikan produk mereka? Karena seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di dunia dengan jumlah pengguna kurang lebih 1 miliar. Facebook digunakan tidak hanya di satu Negara saja melainkan di berbagai Negara.

Baca juga :   Sekolah Manajer Jualan Online

Berdasarkan data, pengguna Facebook di Indonesia sampai pada Januari 2020 mencapai 60 juta lebih.

 

 

data fb ads

 

Data pengguna Facebook

Dari data di atas, Facebook sangat potensial untuk digunakan sebagai media promosi. Hal ini jika dilihat dari sisi bisnis. Sehingga Facebook menjadi wadah yang tepat untuk beriklan memasarkan suatu produk.

 

Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads?

Beriklan menggunakan Facebook Ads sudah mulai menjamur dikalangan para pebisnis. Syarat utama untuk beriklan di Facebook Ads, pengguna harus memiliki Fanpage terlebih dahulu. Jika kalian menggunakan akun pribadi maka kalian tidak bisa beriklan apa yang kalian posting. Jadi, lebih baik kalian memiliki Fanpage Facebook untuk beriklan sekalipun usaha yang kalian miliki belum pada skala yang besar.

Tujuan dari membuat Fanpage adalah untuk memasang iklan. Ada yang menggunakan Fanpage hanya untuk brand awareness saja, ada yang membuat Fanpage agar ada transaksi yang terjadi pada iklan yang ditayangkan. Hal ini disebut sebagai tujuan Campaign. Selanjutnya kalian akan diberikan pilihan seperti target audiens mulai dari gender, letak geografis, bahasa dan lain-lain. Selain itu ada juga yang membuat Fanpage hanya untuk komunita, hobi dan lain-lain.

Nah setelah membaca pembahasan di atas, apakah kalian tertarik untuk beriklan di Facebook Ads? Jika kalian adalah seorang pengusaha beriklan di Facebook Ads adalah pilihan yang tepat untuk kalian sekecil apapun usaha kalian.

Semoga artikel ini bermanaat. Terimakasih sudah memaca.

 

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Baca juga :   Cara Jualan di Marketplace Facebook

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi bisnis coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂